Catat! Ini Tugas Marketing Agency yang Harus Kamu Tahu

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
August 8, 2023
Updated:
August 10, 2023

Ini tugas marketing agency yang harus kamu tahu

Pernahkah terbesit dalam pikiranmu mengenai tugas-tugas yang diemban oleh sebuah marketing agency? Apa saja, sih, tanggung jawab yang harus mereka emban? Terjun dalam dunia pemasaran bisa menjadi tantangan yang menarik, dan pengetahuan mengenai peran penting yang dimainkan oleh sebuah marketing agency dapat memberikan wawasan yang berharga.

Dalam industri yang serba dinamis, marketing agency berperan untuk membantu brand atau perusahaan mencapai goals yang diinginkan. Mereka bukan hanya sekedar "penjual iklan", tapi jadi partner yang merumuskan, melaksanakan, dan mengelola strategi marketing yang efektif.

Sebetulnya masih banyak penjelasan tentang marketing agency yang akan dijelaskan secara rinci di dalam artikel ini. Untuk itu, yuk disimak!

Apa itu Marketing Agency?

apa itu marketing agency?

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah "Marketing Agency", tetapi apa sebenarnya yang mereka lakukan? Bagaimana mereka beroperasi dan mengapa peran mereka sangat berarti dalam dunia bisnis?

Marketing agency adalah sebuah tim berisikan profesional dengan keahlian berbeda-beda terkait pemasaran bekerja sama merencanakan dan mengembangkan strategi untuk menggaet customer melalui berbagai media. Mereka berperan sebagai partner yang membantu brand atau perusahaan mencapai tujuan pemasaran mereka.

Salah satu tugas utama marketing agency adalah melakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami audiens target klien mereka. Dengan mempelajari trend dan preferensi konsumen, mereka dapat mengembangkan strategi pemasaran yang relevan dan mengena. 

Mulai dari perencanaan iklan yang tepat hingga strategi campaign yang menarik, marketing agency berperan dalam mengkomunikasikan pesan merek dengan cara yang efektif kepada khalayak.

Tidak hanya itu, marketing agency juga memainkan peran penting dalam penggunaan media sosial dan teknologi digital. Dalam dunia yang semakin terhubung ini, marketing agency menguasai alat-alat pemasaran digital seperti SEO (Search Engine Optimization), media sosial, periklanan online, dan strategi konten. 

Tugas Marketing Agency

tugas marketing agency

Marketing agency atau agensi pemasaran merupakan penyedia layanan yang berperan penting dalam dunia bisnis modern. Tugas-tugas mereka membentang luas dan memiliki peran yang krusial dalam membantu merek dan perusahaan mencapai keberhasilan yang diinginkan.

Jadi, apa saja sebenarnya tugas yang dijalankan oleh marketing agency? Berikut ini di antaranya: 

1. Riset dan Analisis

Riset pasar merupakan kunci untuk memahami perilaku dan preferensi konsumen. Proses ini melibatkan pengumpulan data yang luas tentang audiens target, tren pasar, serta persaingan bisnis. Dengan cara ini, perusahaan dapat menggali informasi berharga yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Saat melakukan riset pasar, marketing agency akan mengambil langkah-langkah yang cermat untuk memastikan data yang diperoleh akurat dan dapat diandalkan. Mereka akan menggunakan berbagai metode seperti survei, wawancara, dan pengamatan langsung untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini memungkinkan mereka untuk menggali lebih dalam tentang preferensi, harapan, dan motivasi di balik keputusan pembelian.

Setelah data dikumpulkan, tiba saatnya untuk menganalisisnya dengan cermat. Marketing agency menggunakan berbagai alat analisis yang kuat untuk mengurai dan menginterpretasikan data. Mereka mencari pola, trend, dan wawasan yang dapat membantu perusahaan memahami pasar dengan lebih baik. Analisis ini juga membantu mereka mengidentifikasi peluang baru, menentukan segmentasi pasar yang tepat, dan mengembangkan strategi yang sesuai.

Tidak hanya itu, riset pasar dan analisis juga membantu perusahaan dalam mengantisipasi perubahan tren pasar. Dalam dunia bisnis yang terus berubah, perusahaan harus tetap selangkah di depan kompetitor. Dengan pemahaman yang mendalam tentang pasar, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat waktu, mengadaptasi strategi pemasaran, dan tetap relevan di mata konsumen.

Marketing agency juga berperan penting dalam memahami perilaku konsumen secara psikologis. Mereka melibatkan konsep seperti psikologi konsumen, motivasi, dan pengaruh sosial untuk memahami mengapa konsumen memilih atau menghindari suatu produk atau merek. Dengan pemahaman yang mendalam tentang konsumen, perusahaan dapat mengembangkan kampanye pemasaran yang menarik dan relevan.

2. Perencanaan dan Strategi Pemasaran

Marketing agency berperan penting dalam membantu perusahaan mengembangkan rencana pemasaran yang efektif dan terukur. Perencanaan dan strategi pemasaran adalah fondasi dari setiap kampanye pemasaran yang sukses. Tanpa rencana yang baik, upaya pemasaran bisa terjebak dalam kekacauan dan tujuan yang tidak jelas.

Perencanaan dimulai dengan pemahaman yang mendalam tentang target pasar dan tujuan bisnis. Marketing agency akan melakukan analisis mendalam tentang pasar, kompetitor, dan audiens target. Dengan informasi ini, mereka dapat membantu perusahaan menentukan segmen pasar yang tepat dan mengetahui kebutuhan serta preferensi konsumen.

Selanjutnya, marketing agency akan membantu merumuskan strategi pemasaran yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Mereka akan memilih saluran pemasaran yang tepat, seperti iklan televisi, media sosial, email marketing, atau kampanye iklan online, yang akan efektif mencapai audiens target. Strategi ini juga akan mempertimbangkan budget yang tersedia, waktu pelaksanaan, serta pesan dan nilai yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Selain itu, perencanaan dan strategi pemasaran melibatkan pengembangan pesan pemasaran yang kuat. Marketing agency akan membantu perusahaan dalam merumuskan pesan yang tepat, menarik, dan relevan yang akan menarik minat konsumen. Pesan ini juga akan diterapkan secara konsisten di berbagai saluran pemasaran untuk membangun citra brand yang kuat dan konsisten.

Tentu saja, perencanaan dan strategi pemasaran tidak berhenti hanya pada tahap perumusan. Akan ada pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi yang dilakukan secara berkala. 

Marketing agency akan memantau kinerja campaign pemasaran, mengumpulkan data, dan menganalisis hasilnya. Dengan wawasan yang didapat, marketing agency dapat melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas campaign.

3. Pengembangan Konten

Apakah kamu pernah melihat konten-konten yang menginspirasi, menghibur, atau bahkan membuatmu terinspirasi untuk melakukan sesuatu? Nah, rahasia konten tersebut terletak pada pengembangan ide yang kuat dan menarik.

Pengembangan konten merupakan seni dan ilmu untuk menciptakan materi pemasaran yang menarik, informatif, dan relevan. Konten yang baik mampu mengundang minat audiens dan menjalin hubungan yang emosional dengan mereka. Marketing agency memainkan peran penting dalam membantu perusahaan menghasilkan konten yang efektif.

Ketika membahas pengembangan konten, tidak hanya sekedar menulis artikel atau membuat video. Itu lebih dari itu. Marketing agency akan membantu perusahaan untuk menggali ide-ide kreatif yang unik dan menarik. Ide-ide ini akan didasarkan pada pemahaman yang mendalam tentang audiens target, tren pasar, serta tujuan pemasaran perusahaan.

Setelah ide-ide ditemukan, sekarang saatnya untuk mengubahnya menjadi karya yang luar biasa. Marketing agency akan membantu perusahaan dalam merancang narasi yang menarik, menyajikan informasi dengan cara yang unik, serta menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan merek dan audiens target. Konten ini bisa berupa artikel, blog, video, infografis, atau bentuk konten lain yang relevan dengan industri dan target pasar.

Asal kamu tahu, pengembangan konten tidak berhenti pada tahap pembuatan saja. Marketing agency juga akan membantu dalam mengoptimalkan konten agar dapat ditemukan oleh audiens target. Ini melibatkan penerapan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang efektif, penggunaan kata kunci yang tepat, dan struktur yang mudah dibaca oleh mesin pencari. 

Pengembangan konten juga melibatkan interaksi dengan audiens. Marketing agency akan membantu perusahaan dalam merespons pertanyaan, komentar, dan feedback dari konsumen. Dengan berinteraksi langsung dengan audiens, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan memahami kebutuhan serta keinginan mereka dengan lebih baik.

Selain itu, pengembangan konten juga melibatkan pengukuran dan evaluasi kinerja konten. Marketing agency akan menganalisis data tentang interaksi pengguna, tingkat konversi, dan pengaruh konten terhadap tujuan pemasaran perusahaan. Dengan wawasan ini, perusahaan dapat memperbaiki dan meningkatkan konten di masa mendatang untuk mencapai hasil yang lebih baik.

4. Manajemen Sosial Media

Marketing agency berperan penting dalam membantu perusahaan memaksimalkan potensi media sosial sebagai alat pemasaran yang kuat. Mereka akan membantu mengembangkan strategi dan taktik yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Pertama-tama, manajemen sosial media melibatkan pemahaman yang mendalam tentang audiens target. Marketing agency akan membantu perusahaan mengidentifikasi platform media sosial yang paling relevan dan efektif untuk menjangkau audiens target. Mereka juga akan menganalisis perilaku dan preferensi konsumen di media sosial, sehingga perusahaan dapat menyampaikan pesan yang tepat pada waktu yang tepat.

Selanjutnya, manajemen sosial media melibatkan pengelolaan konten yang menarik dan relevan. Marketing agency akan membantu perusahaan dalam merancang konten yang dapat memikat perhatian audiens. Konten tersebut bisa berupa postingan, gambar, video, atau bahkan konten interaktif seperti kuis atau survei. Dengan konten yang berkualitas, perusahaan dapat membangun keterlibatan dan mendapatkan pengikut setia di media sosial.

Selain itu, manajemen sosial media juga melibatkan interaksi aktif dengan audiens. Marketing agency akan membantu perusahaan dalam merespons komentar, pesan, atau umpan balik dari pengguna media sosial. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan konsumen, menjawab pertanyaan mereka, dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Interaksi positif ini dapat meningkatkan citra merek dan membangun kepercayaan di antara pengikut.

Manajemen sosial media juga memerlukan pemantauan dan analisis yang cermat. Marketing agency akan melacak kinerja postingan, tingkat keterlibatan, dan pengaruh media sosial terhadap tujuan pemasaran perusahaan. Dengan menganalisis data ini, perusahaan dapat menilai efektivitas strategi sosial media dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasil.

Tidak dapat disangkal bahwa manajemen sosial media memiliki kekuatan yang luar biasa dalam dunia digital saat ini. Media sosial telah menjadi platform yang dapat membantu perusahaan menjangkau audiens yang lebih luas, memperkuat merek, dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, melibatkan marketing agency yang berpengalaman dalam manajemen sosial media dapat memberikan keuntungan kompetitif yang signifikan.

5. Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Pernahkah kamu memikirkan caranya website atau konten tertentu muncul di bagian atas hasil pencarian mesin pencari seperti Google? Jawabannya terletak pada optimasi mesin pencari (SEO). 

SEO adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat web di hasil pencarian mesin pencari. Hal ini dilakukan dengan memahami algoritma mesin pencari dan menerapkan strategi yang tepat. Di sini, marketing agency memainkan peran penting dalam membantu perusahaan mengoptimalkan situs web mereka untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik.

Awalnya, SEO melibatkan pemahaman yang mendalam tentang kata kunci yang relevan dengan bisnis atau industri perusahaan. Marketing agency akan membantu perusahaan melakukan riset kata kunci untuk mengetahui kata kunci apa yang dicari oleh audiens. Dengan menargetkan kata kunci yang tepat, perusahaan dapat memperoleh organic traffic yang lebih tinggi dan menarik pengunjung yang relevan.

Selanjutnya, SEO melibatkan optimasi konten pada situs web. Marketing agency akan membantu perusahaan dalam merancang dan mengoptimalkan konten agar sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Ini termasuk menulis judul yang menarik, deskripsi konten yang lengkap, dan mengatur struktur konten yang terorganisir dengan baik. Konten yang relevan, informatif, dan berkualitas tinggi akan membantu meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari.

Selain itu, SEO juga melibatkan optimasi teknis situs web. Marketing agency akan membantu perusahaan dalam memastikan bahwa situs web mereka memiliki kecepatan yang baik, tautan yang valid, struktur URL yang tepat, dan data terstruktur. Faktor-faktor teknis ini dapat berkontribusi pada peringkat situs web di mesin pencari.

Backlink juga merupakan aspek penting dalam SEO. Marketing agency akan membantu perusahaan membangun tautan berkualitas dari situs web lain yang relevan dan otoritatif. Tautan ini akan meningkatkan otoritas situs web perusahaan di mata mesin pencari dan membantu dalam meningkatkan peringkat.

Pemantauan dan analisis juga merupakan bagian penting dari SEO. Marketing agency akan melacak kinerja situs web, menganalisis data, dan membuat laporan. Dengan wawasan ini, perusahaan dapat memahami apakah strategi SEO yang diterapkan efektif atau perlu penyesuaian untuk mencapai hasil yang lebih baik.

6. Membuat KPI

Key Performance Indicators (KPI) adalah ukuran kinerja yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana tujuan dan target bisnis bisa tercapai. Dengan menetapkan KPI yang tepat, kamu dapat mengukur kemajuan dan mengidentifikasi area di mana perbaikan diperlukan. Marketing agency berperan penting dalam membantu perusahaanmu membuat KPI yang sesuai dengan tujuan bisnis.

Langkah awal dalam pembuatan KPI adalah mengidentifikasi tujuan bisnismu. Apa yang ingin kamu capai? Apakah itu peningkatan penjualan, pertumbuhan pangsa pasar, atau peningkatan brand awareness? Marketing agency akan membantu kamu dalam mengklarifikasi tujuan ini agar KPI dapat diarahkan dengan tepat.

Selanjutnya, KPI haruslah spesifik, terukur, dapat dicapai, dan relevan (SMART). Marketing agency akan membantu kamu dalam merumuskan KPI yang menggambarkan secara jelas apa yang ingin kamu capai dan bagaimana itu akan diukur. Misalnya, jika tujuanmu adalah peningkatan penjualan (sales), KPI yang relevan mungkin adalah persentase peningkatan penjualan bulanan selama enam bulan ke depan.

Pada tahap ini, juga penting untuk mengidentifikasi metrik yang paling relevan untuk mengukur kemajuanmu. Apakah itu pendapatan, jumlah pelanggan baru, atau tingkat retensi pelanggan? Marketing agency akan membantu kamu dalam menentukan metrik yang paling sesuai dengan tujuan bisnismu.

Setelah KPI ditetapkan, langkah berikutnya adalah menetapkan target yang realistis. Target ini haruslah ambisius, namun tetap bisa dicapai. Marketing agency akan membantu kamu dalam mengevaluasi faktor-faktor seperti pertumbuhan pasar, tingkat persaingan, dan sumber daya yang tersedia untuk menetapkan target yang memadai.

Penting juga untuk mempertimbangkan pengukuran dan pelaporan KPI secara berkala. Marketing agency akan membantu kamu dalam menentukan frekuensi dan cara pelaporan yang efektif. Dengan pemantauan yang konsisten, kamu dapat mengidentifikasi tren dan perubahan yang memengaruhi kinerja bisnismu.

Terakhir, evaluasi dan penyesuaian KPI perlu dilakukan secara berkala. Marketing agency akan membantu kamu dalam menganalisis data dan memberikan saran untuk meningkatkan kinerja bisnismu. Dengan fleksibilitas yang tepat, KPI dapat disesuaikan sesuai dengan perubahan dalam bisnis dan lingkungan eksternal.

Manfaat Menggunakan Jasa Marketing Agency bagi Pertumbuhan Bisnis

manfaat menggunakan jasa marketing agency bagi pertumbuhan bisnis

Tidak bisa dipungkiri bahwa marketing merupakan salah satu pilar penting dalam menjalankan bisnis. Namun, mengelola marketing dengan efektif bukanlah hal yang mudah. Di sinilah peran jasa marketing agency muncul sebagai penyeimbang yang kuat untuk mencapai tujuan bisnismu. Mereka memiliki pengetahuan yang mendalam tentang tren pemasaran terkini dan strategi yang efektif dalam mencapai target audiens.

Salah satu manfaat utama menggunakan jasa marketing agency adalah keahlian mereka dalam memahami konsumen. Dengan melakukan riset pasar yang komprehensif, mereka dapat mengidentifikasi kebutuhan, keinginan, dan perilaku konsumen potensial. Informasi ini nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat sasaran untuk menarik perhatian dan mengajak konsumen memilih produk atau layanan yang kamu tawarkan daripada kompetitor.

Selain itu, marketing agency juga memiliki keahlian yang mendalam dalam penggunaan sosial media dan digital marketing. Mereka akan membantu menciptakan dan mengelola konten yang menarik, memaksimalkan visibilitas bisnismu di platform online, dan meningkatkan interaksi dengan audiens. 

Kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari analisis data yang cermat. Marketing agency akan melakukan pengumpulan dan analisis data tentang performa pemasaran, seperti tingkat konversi, peningkatan lalu lintas, dan ROI (Return on Investment). Dengan pemahaman mendalam tentang data ini, mereka dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan mengidentifikasi peluang baru yang dapat menghasilkan pertumbuhan bisnis yang signifikan.

Tidak kalah pentingnya, dengan menggunakan jasa marketing agency, kamu dapat fokus pada inti bisnismu. Dengan melepaskan tanggung jawab marketing kepada profesional, kamu dapat mengalihkan waktu, tenaga, dan sumber daya untuk mengembangkan produk atau layanan yang lebih baik, memperbaiki proses operasional, dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Dalam jangka panjang, hal ini akan memberikan keuntungan kompetitif yang berkelanjutan.

Pertumbuhan bisnis bukanlah perjalanan yang mudah, tetapi dengan menggunakan jasa marketing agency, kamu dapat meminimalkan risiko dan memaksimalkan peluang sukses. 

Marketing agency adalah partner yang dapat membantumu merumuskan strategi pemasaran yang efektif, mengelola campaign yang kreatif, dan menganalisis data dengan teliti. Dengan cara ini, bisnismu dapat tumbuh dan berkembang.

Jadi, apa yang kamu tunggu? Ambil langkah maju yang berani dan manfaatkan potensi penuh dari jasa marketing agency untuk mengantarkan bisnismu meraih kesuksesan yang kamu impikan. 

Buat kamu yang mau belajar dari ahlinya tentang digital marketing, SEO, dan sosial media, kamu bisa mengikuti bootcamp yang diadakan oleh Belajar Lagi. Di Belajar Lagi, kamu bisa dapat ilmu sekaligus kemampuan untuk bekerja di bidang digital yang kamu inginkan.

Nah, sekian artikel tentang marketing agency dari Tim Belajar Lagi, semoga informasi ini bisa berguna untuk kamu, ya!

#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.