7 Tips Memilih Jasa SEO Agency Untuk Perkembangan Bisnis

Simak tips memilih jasa SEO agency terbaik dalam pemasaran digital. Dengan SEO yang tepat, sebuah bisnis dapat menjangkau audiens lebih luas. Baca disini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Seperti apa peran SEO agency dalam pemasaran digital sebuah bisnis? Seperti kamu tahu, SEO merupakan strategi yang masih banyak digunakan perusahaan untuk menjangkau orang lebih luas. Karena tidak semua perusahaan punya sumber daya yang kompeten di SEO, maka peran agensi sangat penting di sini.

Sekarang begitu banyak agensi yang menyediakan layanan pengelolaan SEO untuk bisnis, mulai dari skala kecil hingga besar. Pertanyaannya, jenis agensi SEO seperti apa yang paling tepat buat perusahaan? Ingat, bekerja sama dengan pihak eksternal tentunya memiliki risiko tersendiri juga.

Nah, artikel berikut ini akan menjawab pertanyaan tadi. Tim Belajar Lagi secara khusus sudah menyiapkan ulasan mengenai tips memilih SEO agency yang tepat untuk bisnis. Buat perusahaan yang tengah mencari agensi SEO, harus banget simak artikel ini, ya!

Apa Itu Jasa SEO Agency?

SEO merupakan komponen penting dalam meningkatkan visibilitas sebuah bisnis secara online. Caranya adalah dengan meningkatkan lalu lintas organik yang harapannya dapat turut menaikkan pendapatan. Besarnya ketergantungan pengguna pada mesin pencari menjadi dasar kenapa sebuah bisnis harus menggunakan strategi SEO dalam pemasaran.

SEO agency adalah jenis jasa yang memberikan pelayanan dalam pengelolaan SEO bagi banyak bisnis atau perusahaan. Tugas utama dari agensi ini adalah meningkatkan peringkat situs website di halaman mesin pencari, misalnya Google.

Menurut Semrush, click through rate (CTR) cenderung tinggi ketika situs website berada paling tidak di ranking tiga teratas. Di bawah itu, CTR-nya pun akan semakin menurun. Oleh sebab itu, sebuah bisnis harus meningkatkan visibilitas agar terus berada di ranking teratas Google.

Tentunya tidak semua perusahaan memiliki sumber daya kompeten di bidang SEO ini. Maka, beberapa bisnis memutuskan untuk bekerja sama dengan SEO agency. Perusahaan SEO biasanya akan melakukan beberapa pendekatan dan strategi tertentu untuk menjangkau audiens yang tepat.

Selain itu, agensi SEO bertugas melaporkan strategi, kemajuan, dan hasil dari pekerjaan mereka. Dari hasil analisis agensi SEO, perusahaan dapat ikut mengamati seberapa jauh dampak SEO ke perkembangan bisnis. Pertumbuhan bisnis pun dapat ikut terukur lewat strategi SEO ini.

Tips Memilih Jasa SEO Agency yang Tepat

Sementara, kendala terbesar perusahaan adalah bagaimana memilih SEO agency yang paling tepat untuk bisnis. Menentukan partner kerjasama ini jelas tidak boleh sembarangan. Ada serangkaian proses yang tidak bisa disepelekan.

tips memilih jasa seo agency

Berikut ini beberapa tips yang bisa perusahaan praktikkan dalam menentukan agensi SEO-nya:

1. Pahami dulu SEO secara garis besar

Perusahaan akan kesulitan memilih agensi ketika perusahaan sendiri tidak tahu apa-apa tentang SEO. Itu artinya, perusahaan setidaknya harus memahami SEO secara garis besarnya dulu. Misalnya, kenali layanan apa saja yang biasa diberikan agensi SEO.

Dari mengenali dan memahami jenis layanannya, perusahaan dapat lebih mudah membuat keputusan terkait agensi yang akan dipakai. Maka, beberapa hal ini semestinya perusahaan ketahui terlebih dahulu:

  • SEO auditing. Secara ringkas, SEO auditing merupakan pengecekan apakah kondisi SEO sebuah website tergolong “sehat”. Cakupan audit ini cukup luas. Mulai dari kinerja konten, elemen teknis, tautan balik, hingga peringkat dalam mesin pencari.
  • On-site SEO. Ini merupakan upaya meningkatkan komponen tertentu agar kinerja website makin baik. Beberapa hal yang jadi fokus antara lain kata kunci, meta description, teks halaman, tautan internal maupun eksternal, gambar, dan lain-lain.
  • Off-site SEO. Guna menaikkan peringkat di mesin pencari, ada pula strategi yang dijalankan di luar website. Contohnya melalui content marketing (lewat media sosial, podcast, forum, dan lain-lain), link building, hingga ulasan.
  • Technical SEO. Fokusnya terletak pada memperbaharui situs web agar lebih mudah dan nyaman digunakan pengguna. Cara yang dilakukan antara lain mengatur halaman web agar lebih rapi, meningkatkan kinerja seluler, mengoptimalkan gambar besar, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Mudah Belajar SEO Untuk Pemula Dari Dasar

2. Tentukan tujuan strategi SEO

Agensi SEO akan lebih mudah bekerja ketika perusahaan mengerti tujuan seperti apa yang ingin dicapai. Untuk melakukan hal itu, perusahaan mesti paham bisnis sedang berada di perkembangan seperti apa dan akan membawanya ke arah bagaimana.

Perusahaan perlu memikirkan apa harapan atau ekspektasi yang diinginkan dari agensi SEO. Contoh tujuan yang bisa direnungkan antara lain:

  • Butuh bantuan sejauh mana untuk membangun bisnis baru?
  • Apakah hendak memperluas pasar dan meningkatkan konversi?
  • Apakah tengah bersaing dengan kompetitor dan ingin memenangkan lalu lintas organik?
  • Jika selama ini sudah menjalankan strategi SEO, hasil seperti apa yang diinginkan dengan bantu agensi?

Katakanlah sebuah bisnis punya tujuan memasuki sebuah pasar baru. Dalam hal ini, perusahaan dapat mencari agensi SEO yang berpengalaman di pasar tersebut atau yang punya spesialisasi dalam menjangkau pasar.

Jadi, perusahaan harus punya tujuan jelas terlebih dahulu sebelum bekerja sama dengan agensi SEO. Jangan sampai perusahaan minim pemahaman tentang SEO dan sama sekali tidak tahu bisnisnya mau bergerak ke arah mana.

3. Pahami harga yang ada

Harga jasa antaragensi bisa sangat bervariasi. Maka, perusahaan harus mengerti penetapan harga yang ada termasuk jasa layanan apa saja yang ditawarkan. Hal ini sangat penting untuk membantu membuat keputusan tepat dalam memilih agensi SEO.

Sebagai gambaran, SEO agency memiliki sistem pembayaran yang berbeda-beda. Misalnya, ada yang harganya per bulan, per proyek, hingga per jam konsultasi.

  • Per bulan. Ini merupakan sistem pembayaran paling populer. Perusahaan akan membayar sejumlah biaya dengan jumlah yang konstan setiap bulannya ke agensi. Jenis agensi semacam ini cocok untuk bisnis yang berorientasi pada tujuan jangka panjang.
  • Per proyek. Berbeda dengan sistem bulanan, pembayaran per proyek ini sangat bergantung pada proyek apa yang ingin diupayakan perusahaan. Harganya yang ditetapkan pun bertolak pada ruang lingkup, jadwal, dan tujuan proyeknya. Sistem pembayaran ini cocok bagi perusahaan yang merasa belum yakin pada strategi SEO dan ingin mencoba untuk jangka pendek.
  • Per jam konsultasi. Untuk beberapa agensi SEO yang sudah sangat berpengalaman, ada sistem pembayaran berupa per jam konsultasi. Itu artinya, perusahaan mesti menyediakan dana cukup banyak untuk konsultasi strategi SEO. Ini lebih cocok untuk perusahaan yang sebenarnya sudah familiar dengan SEO dan membutuhkan masukan luar untuk mengembangkan strategi yang sudah ada.

Lalu, sistem pembayaran seperti apa yang paling tepat untuk perusahaan? Tentunya semuanya akan kembali ke tujuan dan budget yang perusahaan miliki.

4. Tetapkan budget

Yang tidak kalah penting sebelum memilih agensi SEO adalah menetapkan bujet. Penetapan anggaran akan mempersempit pilihan perusahaan dalam mencari agensi. Namun, pastikan bahwa anggaran yang ada masih sejalan dan masuk akal dengan tujuan yang diinginkan juga, ya.

Sebagai catatan, strategi SEO dalam pemasaran tidak bekerja secara instan. Dibandingkan dengan strategi digital marketing lainnya, SEO ini sifatnya butuh konsistensi dan hasilnya baru terlihat di jangka panjang.

Selain itu, harga agensi yang tinggi tidak menjadi jaminan kualitas kerjanya baik. Jadi, patokan perusahaan haruslah pada bujet dan tujuan yang diinginkan.

Sementara, anggaran yang ditetapkan juga sebaiknya bersifat fleksibel. Anggaran bisa ditingkatkan seiring perkembangan bisnis yang kian baik. Kebutuhan SEO bisa saja berubah dan tidak menutup kemungkinan ada kenaikan harga.

5. Mulai riset SEO agency

Mencari referensi menjadi langkah termudah sebelum memulai riset agensi SEO. Ini dapat dilakukan dengan bertanya ke kolega, teman, atau komunitas profesional yang pernah menggunakan jasa agensi SEO.

Cara umum berikutnya adalah dengan mencarinya secara online. Begitu mengetikkan kata kunci, mesin pencari pasti akan memberikan beberapa rekomendasi agensi. Kata kunci yang bisa dipakai misalnya:

  • Agensi SEO terbaik untuk [bidang industri perusahaan]
  • Agensi SEO teratas untuk [bidang industri perusahaan]
  • Agensi SEO terdekat [lokasi perusahaan]

Langkah awal dalam melakukan riset adalah membaca dan mencermati ulasan. Ulasan ini bisa ditemukan di website agensi maupun media sosial. Jika perlu, cek juga partner atau perusahaan yang pernah bekerja sama dengan agensi tersebut. Coba cari tahu, seberapa baik website mereka bekerja.

Jangan lupa cek juga harga yang agensi tawarkan. Lagi-lagi, sesuaikan dengan tujuan dan anggaran yang ada, ya.

Setelah itu, buat tiga sampai lima pilihan agensi teratas yang menurut perusahaan paling sesuai. Bandingkan masing-masing opsi yang ada. Setidaknya ada tiga aspek yang mesti dibandingkan: portofolio, teknis atau sistem bekerja, dan tim di dalamnya.

6. Kontak opsi agensi

Dari pilihan-pilihan yang sebelumnya sudah ada, kerucutkan kembali hingga menjadi dua atau tiga opsi. Nah, dari sini perusahaan bisa mulai mengontak agensi-agensi yang terpilih.

Tanyakan beberapa hal mengenai strategi yang biasa mereka gunakan, berapa pertemuan yang disediakan dalam sebulan, dan metrik apa yang mereka sertakan untuk mengukur keberhasilan SEO.

Komunikasi awal dengan agensi ini sangat bisa menjadi bahan pertimbangan yang baik. Dari situ, perusahaan bisa merasakan ada tidaknya kenyamanan dengan calon agensi terpilih. Jadi, pastikan ajukan pertanyaan yang tidak terlalu banyak, tetapi mutlak dibutuhkan. 

7. Minta dan cek proposal agensi

Terakhir, ini waktunya perusahaan memperoleh proposal dari SEO agency. Proposal ini merupakan presentasi agensi ke perusahaan. Dalam proposal ini, agensi berusaha menampilkan diri sebaik mungkin agar perusahaan yakin kepada mereka.

Cermati setiap proposal yang diajukan karena ini kesempatan untuk mengenali agensi secara lebih mendalam. Bayangkan perusahaan akan bekerja sama dengan agensi tersebut, apakah tujuan yang diinginkan kira-kira mampu tercapai bersama mereka.

Baca Juga: Keuntungan Memakai Jasa Social Media Management untuk Bisnis

“Red flag” SEO Agency

Guna menunjukkan diri sebagai agensi terbaik, tidak jarang ada agensi SEO yang terlalu melebih-lebihkan bahkan memberikan janji tak masuk akal ke perusahaan. Perusahaan harus waspada ketika ada agensi SEO yang menawarkan hal-hal ini:

  • Jaminan peringkat di mesin pencari yang sempurna
  • Janji memberikan hasil baik yang lebih cepat daripada agensi lain
  • Tawaran tujuan dan ekspektasi tidak masuk akal
  • Tawaran harga yang terlalu murah dibandingkan agensi lain

Hati-hati pada poin red flag SEO agency seperti di atas. Ingat, tidak ada agensi SEO yang mampu memberikan hasil sempurna dalam waktu singkat. Dalam mencari agensi SEO, fokuslah pada kinerja dan strategi seperti apa yang mereka tawarkan.

BelajarLagi Marketing Agency siap menjadi partner terbaik perusahaan dalam mengelola SEO. Salah satu layanan yang ditawarkan adalah mengaudit website dan mengembang SEO secara menyeluruh. Tujuannya tentu untuk membantu perusahaan meningkatkan lalu lintas website secara organik.

Jika tertarik, silakan langsung cek informasi selengkapnya di website Belajar Lagi, ya. Yuk, tingkatkan visibilitas website perusahaan bareng BelajarLagi Marketing Agency!

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Jasa Digital Marketing yang Terbaik?

Kesimpulan

Dalam memilih jasa SEO agency, perusahaan harus menetapkan tujuan yang diinginkan serta punya pemahaman cukup akan SEO. Harga yang ditawarkan agensi juga menjadi pertimbangan penting saat melakukan riset. Pastikan reputasi agensi SEO juga bagus jika dilihat dari ulasan, portofolio, kinerja, hingga strategi yang ditawarkan.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.