6 Keuntungan Jasa Social Media Management untuk Bisnis

Jasa social media management sangat membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran. Apa saja sih keuntungan memakai jasa ini?

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]
Serba-serbi jasa social media management

Keberadaan jasa social media management akhir-akhir ini makin dibutuhkan banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnis. Pasalnya, pemasaran melalui media sosial menjadi strategi paling baik untuk membangun sebuah brand. Apalagi tren penggunaan media sosial saat ini akan terus meningkat hingga waktu-waktu mendatang.

Karena tidak semua bisnis mahir mengelola pemasaran media sosial, tidak mengherankan jika kemudian peran agency menjadi sangat vital. Bagi perusahaan yang belum memiliki tenaga ahli di social media marketing, bekerja sama dengan agency adalah solusi terbaik.

Pada ulasan kali ini, kamu akan belajar mengenai apa sih keuntungan memakai jasa social media management. Lalu, apa saja sih peran social media management ke perkembangan sebuah bisnis? Simak baik-baik ya, Tim Belajar Lagi sudah siapkan artikelnya buatmu!

Apa itu social media management?

Sebelum membahas jasa social media management, ada baiknya kamu pahami dulu mengenai apa itu pengelolaan media sosial dalam bisnis. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh gambaran yang cukup mengenai ruang lingkup pekerjaan ini.

Menurut Semrush, social media management merupakan aktivitas menggunakan media sosial secara strategis untuk meningkatkan jumlah audiens hingga pendapatan. Dalam praktiknya, pengelolaan media sosial erat kaitannya dengan mencapai tujuan sebuah brand dalam hal pemasaran, penjualan, dan pelayanan.

Orang yang bertanggung jawab pada pengelolaan media sosial biasanya akan bertanggung jawab pada kegiatan berikut:

  • Mengembangkan strategi media sosial
  • Membuat dan mengunggah konten media sosial
  • Membuat dan mengelola iklan media sosial
  • Terlibat aktif dengan pengikut dan memberikan pengaruh ke mereka
  • Menganalisis kinerja media sosial dan melaporkan metrik

Nah, beberapa perusahaan mempunyai tim sendiri yang mampu terlibat dalam pengelolaan media sosial. Namun, ada juga bisnis yang belum bisa melakukannya dan memilih menyewa jasa social media management.

Sekecil apa pun penggunaan social media management, hasilnya bisa berdampak signifikan ke sebuah bisnis. Bahkan, media sosial merupakan ladang paling bagus untuk membangun citra brand ke audiens. Maka, sayang sekali jika ada bisnis yang melewatkan pengelolaan media sosial.

Hal-hal penting dalam social media management

Aspek penting di social media management

Pemasaran lewat media sosial sifatnya gratis (selama itu merupakan organik dan bukan ads). Oleh sebab itu, sebuah bisnis harus memanfaatkannya sebaik-baiknya. Berbagai platform media sosial memberikan peluang pendapatan besar bagi sebuah brand.

Jangan lupa juga bahwa pengguna aktif media sosial di dunia tinggi, yakni sebesar 4,95 miliar orang. Orang yang menggunakan media sosial bahkan berinteraksi aktif dengan banyak brand. Entah itu berupa meninggalkan komentar, memberikan likes, hingga sukarela membagikan konten.

Saat sebuah bisnis memilih tidak menggunakan pemasaran media sosial, maka bisnis tersebut sebenarnya melewatkan kesempatan untuk menjangkau audiens lebih banyak. Padahal, kesempatan peningkatan penjualan pun bisa hadir dari pengelolaan media sosial yang baik.

Singkatnya, media sosial adalah cara bagi sebuah bisnis untuk meningkatkan brand awareness, mendorong penjualan, hingga menaikkan kepuasan pelanggan. Maka, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan beberapa hal penting dalam mengelola media sosial:

  • Memilih platform yang tepat. Setiap platform media sosial mempunyai karakteristik tersendiri. Maka, sebuah bisnis mesti menentukan platform mana yang sekiranya paling tepat untuk brand. Tidak semua platform media sosial mesti dipakai, lho.
  • Optimasi profil bisnis. Jangan anggap remeh penulisan informasi pada bio media sosial. Bagaimana audiens mengenal sebuah brand berawal dari profil bisnisnya. Jika perlu, lakukan optimasi dengan memasukkan kata kunci penting ke dalam profil.
  • Mengunggah konten berkualitas. Meski tujuan pemasaran media sosial adalah untuk menjangkau audiens lebih banyak, ada baiknya sebuah bisnis tetap memperhatikan kualitas konten. Tidak semua konten bersifat selling, bisa pula berupa educating, entertaining, dan lain-lain.
  • Menyiapkan content calendar. Kunci keberhasilan pengelolaan media sosial berada pada content calendar. Selama pengelolaan konten dan waktu penayangan rapi, pemasaran media sosial berjalan dengan lancar.
  • Berinteraksi dengan audiens. Sebuah brand harus aktif membangun interaksi dengan audiens. Mulai dari membalas komentar, membalas pesan, hingga melemparkan pertanyaan menarik. Interaksi yang baik akan meningkatkan engagement serta berpotensi mendorong audiens untuk membeli produk.
  • Penggunaan ads. Ada kalanya pemasaran media sosial tidak hanya dilakukan secara organik, melainkan juga berbayar. Dalam hal ini, sebuah brand mesti menyiapkan konten terbaik untuk ditayangkan lewat ads. Tentunya harus memperhatikan bujet yang ada juga, ya.

Dengan kompleksnya ruang lingkup dari pemasaran media sosial, bekerja sama dengan jasa social media management pun menjadi opsi terbaik bagi perusahaan.

Keuntungan menggunakan jasa social media management

Jasa social media management bertanggung jawab atas pengelolaan media sosial sebuah brand. Agency semacam ini sebenarnya sangat menguntungkan sekaligus membantu perusahaan dalam menjalankan salah satu strategi digital marketing. Terlebih bagi perusahaan yang tidak punya tenaga profesional dalam bidang ini.

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa bisnis peroleh dari penggunaan jasa social media management:

1. Membangun brand

Sebuah brand mesti membangun citra yang baik bagi pelanggan dan audiens secara umum. Di era digital seperti sekarang, media sosial menjadi tempat untuk melakukan hal tersebut. Ya, kesempatan sebuah brand untuk bisa memperkenalkan citranya secara luas hadir lewat media sosial.

Tanpa mesti bertemu langsung, audiens dapat dengan mudah mengenali visi ataupun nilai perusahaan melalui media sosial. Bahkan, hampir tidak ada jarak dan batas yang berarti karena perusahaan pun bisa langsung berinteraksi dengan audiens.

Nah, penyedia jasa pengelolaan media sosial akan membantu perusahaan untuk membangun brand dengan cara lebih tepat. Mulai dari visual branding, pemilihan konten, hingga memantapkan brand’s voice. Secara tidak langsung, pengelolaan media sosial juga akan menaikkan brand awareness sekaligus menjangkau audiens lebih luas.

2. Mengoptimalkan pengelolaan konten

Mengelola media sosial harus mempunyai ide dan kreativitas yang tinggi. Agency yang bekerja dalam social media management jelas lebih berpengalaman dalam hal ini. Apalagi jika urusannya dengan pembuatan konten menarik yang berpotensi menjaring banyak audiens.

Pengelolaan konten media sosial sebuah bisnis akan lebih optimal dengan bantuan agency. Para tenaga yang ada dalam agency tersebut sudah terbiasa melakukan riset konten, riset kompetitor, pengolahan ide konten, pembuatan konten, hingga analisis kinerja media sosial.

Dengan pengelolaan konten yang maksimal, tujuan dari pemasaran media sosial pun dapat tercapai. Perusahaan bisa menggunakan data dan analisis dari agency untuk membuat keputusan lebih tepat terkait strategi berikutnya.

3. Meningkatkan jangkauan dan kesadaran merek

Pada tahun 2022, pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai angka 119 juta orang. Angka ini pastinya meningkat di tahun ini, mengingat hampir semua orang selalu terhubung dengan media sosial. Itu artinya, peluang memperbesar jangkauan audiens harus perusahaan manfaatkan melalui media sosial.

Social media management agency dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan jangkauan tersebut. Dengan pengelolaan yang sudah terstruktur dan efektif, perusahaan bisa memperoleh manfaat lebih dari pemasaran media sosial.

Ketika pengelolaan media sosial sudah baik, maka brand awareness pun otomatis akan ikut naik. Lewat konten menarik dan relevan untuk audiens, sebuah bisnis pasti akan lebih mudah dikenal lebih banyak audiens.

4. Menaikkan interaksi dengan audiens

Indikator penting dalam pemasaran media sosial adalah tingkat interaksi dengan audiens. Dalam hal ini, perusahaan butuh mengenali karakteristik audiens secara cermat. Pasalnya, konten yang akan ditayangkan pun seharusnya mewakili apa yang jadi kebutuhan audiens.

Membangun interaksi yang bagus dengan audiens pun juga membutuhkan waktu dan proses tertentu. Tim dalam agency biasanya melakukan riset dan trial konten terlebih dahulu untuk memahami minat audiens. Dari situ, barulah perencanaan konten dilakukan.

Secara umum, agency akan sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan interaksi dengan audiens. Baik itu lewat share, likes, komentar, hingga membalas pesan yang masuk. Interaksi yang baik akan menaikkan engagement yang nantinya berpotensi meningkatkan jangkauan.

5. Meningkatkan penjualan

Pada akhirnya, setiap pemasaran, apa pun bentuknya, akan berakhir pada tujuan untuk meningkatkan penjualan. Nah, jasa pengelolaan media sosial berperan dalam menyiapkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Perusahaan tidak perlu memikirkan rinciannya secara mendetail. Para pakar di tim agency biasanya sudah mahir melakukan hal tersebut. Porsi perusahaan akan lebih banyak pada evaluasi dan membuat keputusan.

Cara kerja pengelolaan media sosial yang dilakukan agency juga beragam. Mulai dari membuat konten akan pengenalan produk, promosi, sampai penggunaan ads. Langkah-langkah itu diharapkan dapat membantu perusahaan meningkatkan penjualan.

6. Memperoleh analisis media sosial

Keuntungan yang tidak kalah penting dari menggunakan jasa pengelolaan media sosial adalah adanya analisis data dan kinerja. Jadi, agency bukan sekadar menjalankan pemasaran media sosial, melainkan juga melakukan analisis secara menyeluruh.

Laporan dari agency ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam menentukan kebijakan berikutnya. Bahkan, keputusan-keputusan penting terkait pemasaran pun bisa diambil berdasarkan hasil analisis media sosial.

Baca Juga: Social Media Marketing Agency: Definisi, Manfaat, Jenis Layanan, dan Tips Memilih Agensi!

Mengapa bisnis butuh jasa social media management?

Ada tiga alasan kenapa sebuah bisnis memerlukan jasa pengelolaan media sosial, yaitu hemat waktu, lebih efektif, dan lebih optimal. Ini sangat berlaku bagi sebuah bisnis yang belum mempunyai tenaga profesional di bidang pemasaran media sosial.

Nah, Belajar Lagi Agency bisa membantu perusahaan mengelola media sosial secara lebih efektif untuk tujuan tertentu. Belajar Lagi Agency sudah berpengalaman dalam mendorong bisnis makin bertumbuh lewat berbagai strategi digital, salah satunya media sosial.

Melalui layanan tersebut, sebuah brand akan dibantu oleh tim berpengalaman beserta konsultan yang sudah belasan tahun di industri digital. Pastinya akan sangat berguna untuk meningkatkan potensi bisnis, deh!

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek langsung di laman Belajar Lagi Agency, ya. Jangan ragu untuk mempercayakan pengelolaan media sosial ke Belajar Lagi Agency!

Baca Juga: 10 Social Media Tools yang Bisa Digunakan untuk Bisnis

Kesimpulan

Jasa social media management memegang peran penting dalam strategi pemasaran sebuah bisnis. Perusahaan bisa bekerja sama dengan agency untuk mengelola social media marketing secara lebih optimal.

Banyak keuntungan yang bisa perusahaan peroleh. Mulai dari kemudahan membangun brand, meningkatkan jangkauan, hingga meningkatkan penjualan. Bagi perusahaan yang belum mampu mengelola media sosial sendiri, berpartner dengan agency adalah solusi terbaik.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.