3 Unique Selling Point dari Susu Murni Nasional

2 mins
Marketing Theory

Eksistensi produk Susu Murni Nasional ternyata sudah berusia lebih dari 20 tahun, ya? Anak 2000an pasti gak asing dengan nama satu produk ini. Kadang Minjar kasihan melihat penjual susu murni Nasional yang sudah kalah saing sama minuman kekinian, tapi harus tetap bertahan dengan jualan keliling panas-panasan.

3 Alasan Susu Murni Nasional masih pakai strategi konvensional buat jualan

Ini beberapa alasan kenapa mereka tetap bertahan pakai strategi ini.

1. Door-to-door marketing.

Susu nasional ini fokus jualan lewat gerobak keliling yang dijajakan di area-area perumahan. Termos pendingin di gerobaknya bikin produknya selalu segar seharian.

Strategi ini efektif menjaga kualitas produknya, untuk menghindari produk disimpan di kulkas dalam waktu yang lama.

Tapi minusnya strategi ini kurang efektif karena kurang mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Cenderung sulit menjangkau desa desa terpencil. Selain itu, strategi ini bikin konsumen kesulitan untuk membeli produknya setiap waktu.

2. Fresh product quality

Varian rasa susu murni Nasional

Susu Nasional bilang kalau produknya terbuat dari susu sapi asli di Indonesia yang diperoleh dari koperasi susu. Bahkan kabarnya mereka produksinya sudah memakai alat yang canggih untuk pasteurisasi.

Produknya juga lewat QC yang ketat. Gak heran kalau rasanya selalu segar, gak banyak berubah sampai sekarang. Tapi, karena ini bukan susu UHT bikin produknya mudah basi jika tidak disimpan dengan baik dan benar.

Kekurangan ini bikin produknya kalah saing sama brand susu UHT. Karena konsumen tentu butuh produk yang simple dan mudah ditemukan kapan saja tanpa perlu khawatir basi. Selain itu penting juga menyesuaikan produk utama dengan isu kesehatan, terutama pengurangan gula. Mengingat mulai banyak konsumen yang sudah mulai aware dengan kandungan gula dalam minuman kemasan. 

3. Jingle marketing

Ini strategi andalan buat meningkatkan ingatan brand mereka. Setiap pedagang selalu dibekali jingle ini agar konsumen tau keberadaan penjualnya.

Susu murni nasionaal”

Apalagi jingle yang berbentuk nada sederhana bikin jinglenya mudah diingat oleh konsumen. Susu Nasional ini harus mulai berbenah agar bisa tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan industri susu kemasan. Apalagi value mereka yang ditawarkan dengan brand yang sudah dikenal luas masyarakat, bikin mereka seharusnya ga kesulitan buat rebranding produknya ini.

Nah, buat Teman Belajar  yang mau belajar lebih mengenai branding atau marketing secara luas, yuk ikutan boot camp Full Stack Digital Marketing Belajarlagi. Info selengkapnya bisa kamu pantau di website Belajarlagi.id dan kanal X  @belajarlagiHQ!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.