Kosakata Social Media Marketing

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
July 25, 2023
Updated:
August 10, 2023

A

Algorithm: Algoritma adalah set aturan yang digunakan oleh platform media sosial untuk menampilkan konten kepada pengguna. Algoritma ini mempengaruhi apa yang terlihat oleh pengguna di umpan berita mereka.

Analytics: Analytics adalah data dan metrik yang dikumpulkan dari aktivitas pengguna di platform media sosial. Ini membantu dalam menganalisis kinerja kampanye dan strategi pemasaran.

Audience: Audience adalah kelompok orang yang mengikuti dan berinteraksi dengan akun media sosial tertentu. Mengetahui siapa audiens Anda membantu dalam menyusun konten yang relevan dan menarik.

Avatar: Avatar adalah representasi visual dari profil media sosial, biasanya berupa gambar atau logo yang mewakili merek atau individu.

B

Bio: Bio adalah bagian di profil media sosial yang berisi deskripsi singkat tentang diri Anda atau bisnis Anda.

Boost: Boost adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses membayar untuk mempromosikan postingan organik agar lebih banyak orang melihatnya.

Bots: Bots adalah program komputer yang otomatis berinteraksi dengan akun media sosial, seringkali untuk tujuan tertentu seperti menyebarkan spam atau mencuri informasi.

Branding: Branding adalah proses membangun dan memperkuat citra merek di platform media sosial melalui desain, gaya, dan pesan.

Branded Hashtag: Branded hashtag adalah hashtag yang unik dan khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi konten yang terkait dengan merek atau kampanye tertentu.

C

Click-Through Rate (CTR): CTR adalah persentase pengguna yang mengklik tautan atau iklan setelah melihatnya di platform media sosial.

Comment: Comment adalah respons tertulis yang diberikan oleh pengguna di bawah postingan di platform media sosial.

Content: Content adalah konten yang dibagikan dan dipublikasikan di platform media sosial, seperti teks, gambar, video, dan lain-lain.

Conversion: Conversion adalah tindakan yang diinginkan oleh pengiklan, seperti pembelian produk, pendaftaran newsletter, atau pengisian formulir.

Cover Photo: Cover photo adalah gambar besar yang ditampilkan di bagian atas profil media sosial, biasanya digunakan untuk memvisualisasikan merek atau pesan utama.

D

Direct Message (DM): Direct message adalah pesan pribadi yang dikirimkan dari satu pengguna ke pengguna lainnya di platform media sosial.

Engagement: Engagement adalah interaksi pengguna dengan konten atau postingan, seperti like, comment, dan share. Tingkat engagement adalah indikator kesuksesan kampanye media sosial.

Emoji: Emoji adalah gambar kecil yang digunakan untuk mengekspresikan emosi atau pesan singkat dalam postingan atau komentar.

Explore Page: Explore page adalah halaman khusus di platform media sosial yang menampilkan konten yang relevan dan menarik berdasarkan preferensi pengguna.

F

Follower: Follower adalah pengguna media sosial yang mengikuti dan menerima pembaruan dari akun media sosial tertentu.

Filter: Filter adalah efek visual yang digunakan untuk memodifikasi foto atau gambar sebelum dibagikan di platform media sosial.

Frequency: Frequency adalah jumlah kali iklan ditampilkan kepada satu orang di platform media sosial selama periode waktu tertentu.

G

Geotagging: Geotagging adalah proses menambahkan lokasi fisik pada postingan atau konten di platform media sosial.

GIF (Graphics Interchange Format): GIF adalah format gambar yang mendukung animasi ringan dan sering digunakan untuk konten yang lucu atau menghibur.

H

Handle: Handle adalah nama pengguna atau username yang digunakan untuk mengidentifikasi akun media sosial seseorang atau bisnis.

Hashtag: Hashtag adalah tanda pagar (#) yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengidentifikasi konten yang terkait dengan topik atau kata kunci tertentu.

Highlights: Highlights adalah koleksi cerita atau postingan yang disimpan di profil media sosial untuk ditampilkan dalam waktu yang lebih lama.

Hootsuite: Hootsuite adalah alat manajemen media sosial yang memungkinkan pengguna mengelola beberapa akun media sosial dari satu dashboard.

I

Impressions: Impressions adalah jumlah kali konten atau iklan ditampilkan di platform media sosial.

Influencer: Influencer adalah individu yang memiliki pengaruh besar di media sosial dan seringkali bekerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Insights: Insights adalah analisis dan data yang disediakan oleh platform media sosial tentang kinerja dan interaksi pengguna dengan akun atau postingan Anda.

Instagram: Instagram adalah platform media sosial berbasis gambar dan video yang populer untuk berbagi konten visual.

J

Join Chat: Join chat adalah cara pengguna bisa berpartisipasi dalam obrolan langsung atau acara di platform media sosial.

K

Key Performance Indicator (KPI): Key performance indicator (KPI) adalah metrik dan ukuran yang digunakan untuk mengevaluasi kesuksesan kampanye media sosial.

L

Like: Like adalah tanda persetujuan atau suka yang diberikan oleh pengguna di bawah postingan di platform media sosial.

Live Streaming: Live streaming adalah proses menyiaran video secara langsung di platform media sosial.

LinkedIn: LinkedIn adalah platform media sosial yang berfokus pada koneksi bisnis dan profesional.

M

Mention: Mention adalah cara untuk menyebut atau mengacu pada pengguna lain dalam postingan atau komentar di platform media sosial.

Metrics: Metrics adalah data dan angka yang digunakan untuk mengukur kinerja dan hasil kampanye media sosial.

Micro-Influencer: Micro-influencer adalah influencer dengan jumlah pengikut yang relatif kecil tetapi sangat terlibat dan berpengaruh dalam kelompok target tertentu.

Meme: Meme adalah gambar atau video yang lucu atau menghibur yang seringkali dikaitkan dengan konteks budaya atau kejadian terkini dan dibagikan di media sosial.

N

News Feed: News feed adalah halaman di platform media sosial yang menampilkan postingan dari akun yang diikuti pengguna.

Notification: Notification adalah pemberitahuan atau notifikasi yang diberikan oleh platform media sosial untuk menginformasikan pengguna tentang aktivitas atau peristiwa tertentu.

O

Organic Reach: Organic reach adalah jumlah orang yang melihat konten Anda tanpa Anda membayar untuk promosi.

Outfit of the Day (OOTD): Outfit of the Day adalah postingan yang menampilkan pakaian atau busana yang dipakai oleh seseorang pada hari tersebut.

P

Paid Media: Paid media adalah bentuk iklan berbayar yang digunakan untuk mempromosikan konten di platform media sosial.

Periscope: Periscope adalah platform live streaming yang memungkinkan pengguna untuk menyiaran video secara langsung.

Pin: Pin adalah gambar atau konten yang diunggah ke papan di platform media sosial Pinterest.

Pinterest: Pinterest adalah platform media sosial berbasis gambar yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan menyimpan gambar dan konten menarik di papan mereka.

Platform: Platform adalah situs web atau aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi dan berbagi konten dengan pengguna lain.

Poll: Poll adalah cara untuk mengajukan pertanyaan dan meminta pendapat pengguna dengan memberikan pilihan jawaban.

Post: Post adalah konten atau pesan yang dibagikan di akun media sosial.

Profile: Profile adalah halaman atau akun yang berisi informasi dan konten yang dibagikan oleh pengguna di platform media sosial.

Promoted Post: Promoted post adalah postingan organik yang ditingkatkan dengan membayar agar lebih banyak orang melihatnya.

Q

QR Code: QR code adalah kode yang dapat di-scan oleh kamera ponsel untuk mengakses situs web atau informasi tertentu.

R

Reach: Reach adalah jumlah unik orang atau akun yang melihat konten Anda di platform media sosial.

Reactions: Reactions adalah opsi lain selain "like" yang digunakan oleh pengguna untuk memberikan feedback pada postingan di platform media sosial.

Retargeting: Retargeting adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk menargetkan kembali pengguna yang telah berinteraksi dengan situs web atau iklan sebelumnya.

Retweet: Retweet adalah cara untuk membagikan kembali postingan pengguna lain di platform media sosial Twitter.

ROI (Return on Investment): ROI adalah pengukuran kinerja yang digunakan untuk mengevaluasi efektivitas kampanye media sosial berdasarkan pengembalian dana yang diinvestasikan.

S

Scheduling: Scheduling adalah proses mempersiapkan dan menjadwalkan postingan di platform media sosial untuk waktu dan tanggal tertentu.

Selfie: Selfie adalah foto yang diambil oleh seseorang dari dirinya sendiri, seringkali dengan kamera ponsel.

Share: Share adalah tindakan membagikan konten dari akun media sosial Anda ke akun pengguna lain.

Snapchat: Snapchat adalah platform media sosial berbasis gambar dan video yang mengutamakan konten yang bersifat sementara.

Social Listening: Social listening adalah proses memantau dan menganalisis percakapan dan interaksi yang terjadi di platform media sosial tentang merek atau industri Anda.

Social Media: Social media adalah platform online yang digunakan untuk berkomunikasi, berbagi konten, dan berinteraksi dengan pengguna lain.

Social Proof: Social proof adalah bukti atau testimoni dari pelanggan atau pengguna lain yang menunjukkan kepercayaan dan pengalaman positif dengan merek atau produk Anda.

Social Media Marketing: Social media marketing adalah praktik pemasaran menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan dan berinteraksi dengan audiens.

Story: Story adalah konten yang bersifat sementara dan berada di atas umpan berita di platform media sosial, biasanya berupa gambar dan video.

Subscriber: Subscriber adalah pengguna yang berlangganan atau mengikuti akun media sosial tertentu untuk menerima pembaruan terbaru.

Swipe Up: Swipe up adalah opsi yang diberikan pada cerita di beberapa platform media sosial untuk mengarahkan pengguna ke tautan eksternal.

T

Tag: Tag adalah cara untuk mengidentifikasi atau menandai pengguna lain di postingan atau komentar di platform media sosial.

Target Audience: Target audience adalah kelompok demografis atau pengguna tertentu yang menjadi fokus kampanye pemasaran di platform media sosial.

TikTok: TikTok adalah platform media sosial berbasis video pendek yang populer di kalangan pengguna muda.

Trending: Trending adalah topik atau konten yang sedang populer dan banyak dibicarakan di platform media sosial.

Tweet: Tweet adalah pesan pendek yang dibagikan di platform media sosial Twitter.

U

URL (Uniform Resource Locator): URL adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi halaman web atau konten di internet.

V

Verification: Verification adalah tanda centang atau ikon yang menunjukkan bahwa akun media sosial tertentu adalah akun resmi dari orang atau merek yang terverifikasi.

Video Marketing: Video marketing adalah pemasaran menggunakan video untuk mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial.

Viral: Viral adalah konten atau postingan yang menyebar dengan cepat dan secara luas di platform media sosial.

W

Wall: Wall adalah halaman di profil media sosial yang menampilkan postingan dari akun yang diikuti pengguna.

Webinar: Webinar adalah seminar atau presentasi yang diadakan secara online dan dihadiri oleh audiens dari berbagai lokasi melalui internet.

WhatsApp: WhatsApp adalah platform pesan instan dan panggilan suara yang populer di seluruh dunia.

Whitepaper: Whitepaper adalah laporan atau panduan mendalam yang memberikan informasi tentang topik atau isu tertentu.

#
Social Media Kosa Kata
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.