Intip Langkah Customer Relations ala HMNS Perfume

Teman Belajar, pasti nggak asing dong dengan merek parfum dalam negeri HMNS? Meski merek ini baru lahir tiga tahun terakhir, alias merek baru banget, HMNS berhasil merebut hati konsumennya sehingga memiliki pertumbuhan yang kenceng parah.

Tapi tahu nggak sih, Teman Belajar? Kira-kira apa ya yang membuat HMNS sukses jadi parfum lokal yang disukai oleh konsumennya di Indonesia? Salah satu alasannya adalah mereka memiliki customer relation dengan konsumennya yang sangat powerful. Inilah yang membuat HMNS berhasil mendapatkan predikat top leading marketing

Nah, sekarang, yuk kita kulik customer relations apa saja yang dilakukan oleh merek parfum lokal HMNS berikut ini!

1- Konsep “Minta 1, Dapat 2”

Salah satu konsep customer relation yang digunakan oleh HMNS “Minta 2, Dapat 2”. Artinya, Customer Service (CS) atau Admin HMNS selalu memberikan balasan yang “lebih” jika mendapatkan permintaan atau pertanyaan dari konsumen.

HMNS menerapkan balasan yang melebihi ekspektasi konsumennya. Ini menguntungkan bagi konsumen, karena di sini mereka merasa diperhatikan dan merasa terbantu atas permasalahan yang dialaminya. Tentu ini adalah hal yang berbeda dan bahkan bisa menjadi pembeda dari pada CS atau Admin merek lain yang menjawab sesuai dengan pertanyaan konsumen saja.

Berikut adalah beberapa screenshot dari kolom tanya jawab antara konsumen dan CS HMNS di beberapa platform perbelanjaan yang ada saat ini.

2- Branding Relations

Langkah customer relation yang diterapkan oleh HMNS adalah branding relations. HMNS membangun branding relations dengan memperlakukan konsumen mereka layaknya teman sendiri.

Sehingga, jika ada konsumen yang mengeluh atau mempertanyakan pertanyaan seputar produk atau apa pun yang tengah terjadi dalam hidup konsumen, CS atau admin menanggapinya dengan sikap yang humanis bahkan romantis dan bukan robot. 

Perlakuan HMNS terhadap konsumen inilah yang terkadang membuat kita, orang yang berada di luar kedua relasi ini, merasa ikut terhibur dan tertarik. Tak jarang kita senyum-senyum sendiri ketika membaca jawaban comment atau reply di media sosial HMNS.

Melalui ini pulam HMNS juga turut membangun karakter pesona. Mereka membangun karakter pesona yang "genuine" di bidangnya. Berikut beberapa contohnya. 

3- Testimonial = Develop power!

HMNS juga menerapkan langkah yang brilian dalam rangka membangun customer relations: memanfaatkan testimoni atau review dari customer sebagai kekuatan untuk mengembangkan brand.

HMNS sering mengunggah testimoni atau review dari customer di media sosial resmi mereka. Tak jarang juga, mereka bijak dengan kritikan dan tidak membantah masukan dari customer. Mereka menyimpan masukan dan saran dari konsumennya sebagai amunisi untuk mendevelop produk-produk mereka.

Usaha HMNS membangun customer relations dengan beberapa langkah di atas membuahkan hasil, lho Teman Belajar! HMNS mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi di nasional.

Nah itu tadi ulasan yang bisa kita petik pelajarannya untuk kita terapkan di brand kita, Teman Belajar! Seru kan ulasannya? Kira-kira, HMNS akan mendapatkan sejumlah penghargaan apalagi ya di 2022 ini?

Teman Belajar yang masih ingin mengulik ulasan-ulasan lain seputar digital marketing atau studi kasus strategi marketing, kamu bisa mengeceknya di website belajarlagi.id atau twitter @belajarlagiHQ! Kamu juga bisa ikuti kelas umum dan kelas-kelas spesialisasi digital marketing yang tersedia di BelajarlagiHQ. Sampai jumpa!