Campaign Visual Brand Bikin Bingung? Bisa Jadi Karena Zeigarnik Effect 

2 mins read
Creative
Copywriting

Gambar iklan walls

Maksudnya iklan walls ini apa sih? Kamu penasaran? Kalau iya selamat kamu masuk perangkap "zeigarnik effect." Efek ini bikin kamu penasaran & ga puas kalau belum tau makna dari suatu iklan. Yuk kita bahas.

Apa itu Zeigarnik Effect?

Efek ini dicetuskan oleh psikolog Rusia Bluma Zeigarnik tentang pengaruh alam bawah sadar untuk solve suatu masalah yang dihadapkan pada kita. Dalam marketing, ketika kita diberi iklan "misteri" akan memancing emotional sense & mendorong kita untuk mencari tau arti iklan tersebut.

Case lainnya kayak creative ads oreo ini. Sekilas melihatnya, kita ga paham apa maksud dari iklan ini. Baru paham isinya ketika memahami setiap objek gambarnya. Secara ga sadar bikin kita terus memperhatikan iklan ini & diharapkan bisa meningkatkan ingatan merek konsumennya.

Bentuk lain dari efek zeigarnik ini adalah "cliffhanger strategy" atau clickbait. Judul yang clickbait mendorong rasa ingin tahu & rasa ingin meredakan emosional nya. Strategi ini biasa dipake media buat naikin traffic nya, meskipun berisiko punya bounce rate yang tinggi.

Sayangnya clickbait sekarang mulai kurang "beretika" ke konsumennya, cuman fokus marketing belaka. Clickbait yang ga punya etika bisa nurunin value brand & hilangnya respect konsumen sama brand tersebut.

Teman Belajar bisa juga loh mengintip lebih banyak lagi ulasan mengenai digital marketing dan studi-studi kasus lainnya di website belajarlagi.id dan twitter @belajarlagiHQ

Kalau kamu ingin lebih intensif mempelajarinya lagi, yuk segera daftarkan diri kamu di kelas umum maupun kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.