Bagaimana Cara Memilih Jasa Digital Marketing yang Terbaik?

Jasa digital marketing sangat membantu perusahaan dalam menjalankan strategi pemasaran. Bagaimana ya cara memilih jasa digital marketing yang tepat?

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]
Jasa digital marketing

Jasa digital marketing sering kali perusahaan butuhkan ketika menemui jalan buntu dalam menjalankan pemasaran. Digital marketing kini menjadi strategi paling efektif untuk menarik perhatian audiens sekaligus menaikkan penjualan. Sayang, tidak semua perusahaan siap mengelola digital marketing.

Sebagian perusahaan mesti mencari tenaga berpengalaman dari luar untuk mengelola dan menjalankan digital marketing. Jasa dalam pemasaran digital pun beragam, bisa berbentuk agency (kelompok atau perusahaan) ataupun freelancer (pekerja lepas mandiri). Nah, perusahaan harus jeli dalam memilih penyedia jasa yang tepat.

Tim Belajar Lagi sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai peran jasa digital marketing serta bagaimana cara mencari yang paling tepat. Buat kamu yang sedang butuh jasa pemasaran digital, wajib simak dan cermati baik-baik, ya!

Apa itu jasa digital marketing?

Melansir dari Semrush, jasa digital marketing dapat didefinisikan sebagai individu atau kelompok yang menawarkan jasa berupa pemasaran digital melalui berbagai saluran. Channel-nya sendiri bisa mulai dari email marketing, SEO, media sosial, website, dan lain-lain.

Kamu tentu sudah tahu bahwa aspek terpenting dalam digital marketing adalah menyebarluaskan produk atau jasa kepada audiens secara langsung. Pemasaran tersebut mesti mampu menarik audiens yang sesuai target market. Tidak menutup kemungkinan juga digital marketing mampu mendatangkan lebih banyak pelanggan baru.

Nah, tugas dari jasa pemasaran digital adalah memastikan strategi yang mereka kerjakan dan jalankan mampu memenuhi tujuan utama perusahaan. Entah itu berupa meningkatkan brand awareness, menaikkan konversi, hingga meningkatkan penjualan. Tujuan yang berbeda tentunya membutuhkan strategi dan saluran yang berbeda pula.

Perlu diingat juga bahwa jasa digital marketing merupakan pihak eksternal yang menjadi partner perusahaan. Itu artinya, ada risiko yang mestinya perusahaan cermati juga. Misalnya, seberapa jauh penyedia jasa tersebut bisa mengerti dan memahami value brand, apakah pesan brand mampu mereka sampaikan dengan baik, dan lain-lain.

Peran jasa digital marketing dalam bisnis

Keuntungan menggunakan jasa digital marketing agency bagi perusahaan

Sebelum membahas bagaimana cara menentukan jasa digital marketing yang tepat, kamu harus tahu dulu apa saja sih peran mereka dalam bisnis. Kira-kira seberapa besar dampak jasa pemasaran digital ke perusahaan? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Meningkatkan pertumbuhan bisnis

Zaman sekarang, beberapa bisnis pelan-pelan meninggalkan pemasaran secara konvensional. Baik itu lewat televisi, radio, reklame, dan media konvensional lainnya. Persaingan bisnis menuntut semua perusahaan untuk bisa lebih dekat dengan audiens dan cara terbaik adalah dengan digital marketing.

Hampir semua orang terhubung dengan internet setiap hari, entah untuk urusan pekerjaan ataupun hiburan. Itu artinya, peluang sebuah bisnis untuk memasarkan produk justru harus ada dalam kegiatan internet para audiens. Maka, perusahaan akan kalah bersaing dengan kompetitor jika tidak memanfaatkan digital marketing.

Keterbatasan sumber daya yang ahli menjalankan pemasaran digital tentu menjadi kendala tersendiri. Oleh sebab itu, jasa pemasaran digital hadir untuk memberikan solusi ke perusahaan. Perusahaan dapat mengandalkan mereka untuk menjalankan strategi digital marketing.

Pada akhirnya, pertumbuhan bisnis pun pasti ikut meningkat seiring dengan kinerja agency digital marketing yang baik. Sebuah bisnis berpeluang tetap eksis sekalipun harus bersaing dengan banyak kompetitor.

2. Memberikan wawasan baru ke bisnis

Sebagai pihak eksternal, jasa pemasaran digital dapat memberikan saran ke perusahaan dalam mengembangkan bisnis. Beberapa strategi lama yang perusahaan pakai bisa mereka evaluasi. Dengan begitu, perusahaan pun dapat memperoleh masukan bermanfaat untuk memperbaiki pemasaran.

Selain itu, agency pun mampu menyediakan data dan analisis dari kegiatan digital marketing yang dilakukan. Perusahaan bisa ikut mengevaluasi wawasan yang agency berikan guna membuat keputusan lebih tepat pada strategi berikutnya.

Karena semua kegiatan pemasaran digital sifatnya dapat terukur, ini akan mempermudah perusahaan untuk mengamati kinerja yang ada. Perusahaan dapat lebih cepat membuat kebijakan ketika tahu ada strategi yang kurang berjalan baik. Sebaliknya, strategi yang memberikan hasil maksimal bisa perusahaan optimalkan lagi.

3. Menyediakan akses ke bermacam tools

Digital marketing tidak bisa lepas dari kecanggihan teknologi. Agar bisa memantau perkembangan dan kinerja digital marketing, perusahaan mesti punya akses ke beberapa tools. Perusahaan tak perlu cemas jika merasa kurang familiar dengan tools yang ada karena jasa digital marketing bisa membantunya.

Memiliki akses teknologi yang lebih baik akan menjadi kunci perusahaan memenangkan persaingan dengan kompetitor. Agency biasanya lebih mahir dan paham mengenai tools yang mesti perusahaan pakai dengan harga lebih hemat. Tujuannya agar semua kegiatan digital marketing dapat terkelola dan terpantau dengan mudah.

Dengan adanya akses ke banyak tools, evaluasi kinerja dari perusahaan pun menjadi lebih efektif. Perusahaan juga dapat memantau kerja dari jasa pemasaran digital secara berkala.

4. Memberi opsi biaya lebih hemat

Ketika perusahaan memutuskan bekerja sama dengan jasa pemasaran digital, tentu ada bujet tertentu yang mesti dikeluarkan. Inilah yang kemudian akan menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih agency yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Sekilas hal tersebut justru merupakan pemborosan karena perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk kegiatan marketing. Namun, bagi perusahaan yang tidak punya sumber daya berpengalaman di digital marketing, bisa jadi adanya agency bisa menghemat biaya operasional.

Bisa jadi menggunakan jasa agency justru lebih murah daripada harus memperkerjakan karyawan secara tetap dengan berbagai skill digital marketing. Selain itu, jasa digital marketing juga menawarkan orang-orang yang jelas sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya.

Ingat, agency punya banyak bentuk dengan tarif yang beragam. Perusahaan dapat memilih opsi penggunaan digital marketing untuk area tertentu saja jika ingin lebih menghemat biaya.

Baca Juga: Kenapa Perusahaan Butuh Konsultasi Digital Marketing?

Cara mencari jasa digital marketing terbaik

Tips memilih jasa digital marketing

Nah, Belajar Lagi juga menawarkan jasa digital marketing terbaik yang bisa perusahaan manfaatkan, lho. Bersama Belajar Lagi, perusahaan bisa mewujudkan campaign menarik dan berkualitas yang nantinya bisa mendorong return lebih tinggi!

Beberapa kelebihan Belajar Lagi sebagai jasa digital marketing bagi perusahaan:

  • Mampu mengelola digital marketing secara organik maupun berbayar
  • Punya tim berpengalaman dalam bidang digital marketing
  • Ada konsultan sebagai pemberi saran yang sudah belasan tahun di industri digital

Belajar Lagi akan membantu perusahaan menjalankan strategi digital marketing sesuai kebutuhan. Mulai dari pengelolaan media sosial, content marketing, digital ads, SEO, dan lain-lain. Info selengkapnya bisa kamu cek di website Belajar Lagi, ya!

Berikut ini beberapa tips untuk menentukan jasa digital marketing tepat yang bisa kamu praktikkan:

1. Cek website jasa digital marketing

Memiliki website merupakan hal wajib dalam bentuk bisnis apa pun, tak terkecuali untuk jasa pemasaran digital. Website ibarat etalase bagi agency dalam memperlihatkan karya dan kinerja ke calon klien. Maka, sangat penting untuk mengecek agency lewat website-nya.

Perusahaan bisa meneliti mulai dari layanan bisnis, studi kasus, hingga klien apa saja yang pernah menggunakan jasa agency tersebut. Dari situ, perusahaan setidaknya memperoleh gambaran umum mengenai kinerja agency.

Beberapa poin ini dapat menjadi panduan saat melakukan riset agency melalui website:

  • Bagaimana tampilan website tersebut? Apakah mudah digunakan dan cukup informatif?
  • Apakah desain pada website agency mencerminkan value dan mewakili buyer’s persona?
  • Apakah komposisi tampilan teks, gambar, dan video dalam website sudah cukup baik?
  • Apakah agency selalu meng-update isi dan tampilan website?
  • Bagaimana dengan portofolio yang agency tampilkan dalam website?

Hal-hal tadi dapat menjadi pertimbangan dalam menilai kinerja agency. Sekalipun belum mengontak agency secara resmi, tampilan website sangat berpengaruh ke dalam penilaian perusahaan, lho.

2. Pelajari content marketing-nya

Pemasaran konten menjadi hal yang biasanya penting bagi sebuah bisnis. Guna mendapatkan jasa pemasaran digital yang berkualitas, perusahaan harus mempelajari content marketing yang selama ini agency sudah pernah buat.

Saat hendak bekerja sama dengan agency, perusahaan sebaiknya memastikan bahwa agency tersebut mampu membuat content marketing yang sesuai dengan value brand. Setiap agency biasanya punya gaya tersendiri pula dalam membuat content marketing.

Hal-hal ini bisa menjadi rambu-rambu untuk mengecek content marketing agency:

  • Seberapa sering agency membuat unggahan dalam website-nya?
  • Seberapa besar dampak content marketing yang pernah agency buat ke audiens?
  • Perusahaan apa saja yang pernah menggunakan jasa agency untuk content marketing?
  • Bagaimana kualitas content marketing agency tersebut?

3. Cermati pengalaman, reputasi, dan spesialisasinya

Selanjutnya, perusahaan harus mencari tahu dengan teliti bagaimana pengalaman serta reputasi kerja dari jasa pemasaran digital tersebut. Ini bisa perusahaan cek lewat testimoni klien ataupun dari beberapa konten yang pernah mereka buat.

Akan jauh lebih baik jika perusahaan mampu mengkonfirmasi langsung reputasi agency dari perusahaan yang pernah menggunakan jasa mereka. Jangan hanya mencari keunggulan, tetapi kenali juga kekurangan atau risiko yang mungkin muncul. Ini akan membantu perusahaan agar lebih dapat berpikir jernih dalam menentukan jasa pemasaran digital.

Selain pengalaman dan reputasi, perusahaan harus paham apa saja spesialisasi digital marketing yang agency tawarkan. Ada beberapa agency yang hanya menawarkan spesialisasi khusus, misalnya SEO, media sosial, paid ads, dan lain-lain. Namun, ada pula agency yang bisa memberikan semua layanan yang perusahaan butuhkan.

4. Sesuaikan dengan bujet yang ada

Terakhir, menentukan jasa pemasaran digital yang tepat juga harus mempertimbangkan bujet dan kebutuhan perusahaan. Ingat, harga mahal dari sebuah agency tidak lantas menjadi jaminan sanggup memberikan kualitas kerja yang bagus. Jadi, kuncinya adalah riset.

Perusahaan mesti tahu dulu area digital marketing mana yang hendak dikembangkan. Yang tidak kalah penting: apa tujuan dari pemasaran digital tersebut? Tanpa dasar atau tujuan jelas dari perusahaan, agency sebagus apa pun tentu akan kesulitan menjalankan digital marketing, lho.

Usahakan untuk memilih jasa pemasaran digital yang dari segi biaya tidak akan memberatkan perusahaan. Fokuskan pada hal terpenting dulu. Ingat, banyak risiko bisa terjadi ketika perusahaan memutuskan bekerja sama dengan pihak eksternal.

Baca Juga: Bagaimana Sih Cara Memilih Agency Marketing yang Tepat?

Kesimpulan

Peran agency atau jasa pemasaran digital dalam perkembangan bisnis sebuah perusahaan sangatlah besar. Dengan adanya perkembangan teknologi yang cepat, perusahaan harus cepat beradaptasi. Salah satunya dengan menerapkan strategi digital marketing.

Untuk memilih agency yang tepat dan terbaik, perusahaan mesti melakukan riset secara menyeluruh. Selain itu, perusahaan sebaiknya menetapkan tujuan dari kegiatan digital marketing agar dapat menentukan jasa yang sesuai dengan kebutuhan juga.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.