Kenapa Perusahaan Butuh Konsultasi Digital Marketing?

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
December 19, 2023
Updated:
December 19, 2023
Manfaat konsultasi digital marketing

Sering kali perusahaan butuh melakukan konsultasi digital marketing dalam menjalankan upaya pemasaran, terutama secara daring. Pasalnya, tidak semua perusahaan memiliki sumber daya yang cakap untuk mengelola pemasaran digital.

Keberadaan konsultan digital marketing dapat membantu perusahaan. Konsultan tersebut biasanya akan memberikan masukan dan strategi terkait pemasaran. Perusahaan yang belum banyak memanfaatkan digital marketing biasanya akan sangat memerlukan bantuan konsultan ini.

Tim Belajar Lagi sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai pentingnya konsultasi digital marketing lewat artikel berikut ini. Kamu dapat mempelajarinya sebagai bahan untuk mengoptimalkan pemasaran digital di perusahaan, lho.

Peran digital marketing bagi perusahaan

Sebelum membahas mengenai konsultasi digital marketing, ada baiknya kamu memahami dulu peran pemasaran digital ke perusahaan. Dewasa ini, pemasaran secara konvensional perlahan mulai ditinggalkan dan bergeser ke arah digital. Pesatnya perkembangan teknologi juga menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan harus mulai beralih ke digital marketing.

Melansir dari MailChimp, digital marketing merupakan bentuk promosi dan pemasaran yang melibatkan internet dan komunikasi digital lainnya untuk terhubung dengan audiens. Cakupan dari digital marketing sangat luas, beragam, dan terus berkembang. Contohnya, media sosial, email marketing, PPC, dan lain-lain.

Sebenarnya perusahaan bebas menggunakan strategi marketing apa pun. Mau konvensional ataupun digital, semua punya kelebihan masing-masing. Namun, jangan lupa juga bahwa menurut data terdapat lima miliar pengguna internet secara global pada tahun 2022. Sebuah fakta yang tentunya sangat mendukung penggunaan digital marketing di perusahaan, bukan?

Begitu banyak cara untuk berkomunikasi dengan audiens lewat digital marketing. Waktu yang audiens habiskan dengan internet pun amat tinggi. Catat juga, biaya untuk digital marketing cenderung lebih murah daripada konvensional sehingga strategi ini pun cocok untuk bisnis kecil.

Manfaat digital marketing

Mengenali manfaat dari digital marketing

Digital marketing memiliki banyak bentuk yang bisa perusahaan aplikasikan sesuai kebutuhan. Beberapa jenis digital marketing antara lain:

  • Search engine optimization
  • Content marketing
  • Social media marketing
  • Pay per click marketing
  • Influencer marketing
  • Email marketing

Dalam menentukan tipe digital marketing yang tepat, perusahaan mesti membuat tujuan dan target yang jelas. Beda audiens bisa beda pula tipe dan strateginya. Sayangnya, belum semua perusahaan mampu memahami karakteristik dari setiap jenis digital marketing.

Lantas, apakah perusahaan harus mengabaikan digital marketing? Tentu saja tidak. Pasalnya, secara umum digital marketing dapat memberi manfaat sebagai berikut:

Jangkauan lebih luas

Ketika perusahaan memasang iklan secara daring, siapa pun dapat menemukan dan melihatnya, tanpa batasan waktu ataupun tempat. Ya, digital marketing sangat mungkin menjangkau audiens lebih luas.

Hal ini membuat perusahaan dapat bertemu dengan audiens dengan pasar lebih luas melalui berbagai kanal digital. Bahkan, audiens yang didapatkan pun bisa lebih spesifik, tergantung target seperti apa yang perusahaan inginkan.

Makin luas jangkauan, makin besar pula peluang mendatangkan pelanggan baru. Potensi memperoleh leads dan konversi tinggi pun terbuka lebar.

Hasil terukur dan jelas

Untuk mengetahui bagus tidaknya sebuah strategi pemasaran, perusahaan mesti tahu berapa banyak pelanggan yang tertarik dari melihat iklan atau konten. Tak hanya itu, dari iklan yang ada, berapa banyak pendapatan yang bisa perusahaan peroleh?

Tanpa digital marketing, hasil yang terukur dan jelas tentu mustahil perusahaan dapatkan. Berbagai platform digital marketing dengan mudah dapat melacak jumlah leads, traffic, hingga konversi yang berakhir ke kegiatan pembelian. Dengan begitu, perusahaan bisa mengevaluasi strategi yang telah dilakukan untuk menyiapkan perbaikan selanjutnya.

Terhubung dengan pelanggan

Adanya digital marketing juga memungkinkan perusahaan berkomunikasi dengan audiens secara real time. Ini sangat penting untuk meningkatkan kedekatan brand dengan pelanggan.

Tentu menyenangkan saat audiens dapat dengan cepat terhubung ke brand lewat sebuah konten. Apalagi jika konten tersebut lantas audiens bagikan ke banyak orang. Visibilitas brand akan meningkat dan potensi interaksi brand dengan audiens pun ikut naik.

Tingkat keterlibatan audiens dengan brand yang naik akan berpengaruh ke loyalitas konsumen. Pelan-pelan, brand akan membentuk pelanggan loyal dalam jumlah besar pula.

Konversi mudah

Pemasaran digital memudahkan audiens untuk segera melakukan tindakan pembelian setelah melihat iklan atau konten. Audiens cukup meng-klik tautan yang ada dan bisa langsung terkoneksi dengan brand. Inilah yang kemudian membuat digital marketing menjadi strategi pemasaran paling jitu di zaman sekarang.

Mengenal digital marketing consultant dan perannya

Menggunakan strategi pemasaran digital memang penting, tetapi tidak semua perusahaan mampu menjalankannya. Alasan paling umumnya adalah keterbatasan sumber daya dalam bidang tersebut. Solusi paling mudahnya adalah dengan melakukan konsultasi digital marketing ke ahlinya.

Digital marketing consultant merupakan pakar yang dapat memberikan saran kepada perusahaan perihal upaya pemasaran digital. Konsultan ini dapat bekerja sebagai individu, tetapi tidak sedikit pula yang bekerja pada sebuah agensi. Profesional ini ahli dalam berbagai hal terkait digital marketing, misalnya pembuatan konten, optimasi SEO, hingga pengembangan campaign yang efektif.

Menurut Indeed, peran konsultan digital marketing bagi perusahaan antara lain:

  • Meninjau strategi pemasaran digital untuk mengidentifikasi bagian yang perlu ditingkatkan perusahaan
  • Mengembangkan strategi campaign pemasaran yang baru pada berbagai platform digital
  • Menggunakan SEO untuk mengidentifikasi metode pemasaran digital yang berpotensi sukses
  • Melacak analisis data untuk mendampingi perusahaan dalam menyusun strategi
  • Membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awareness
  • Melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi tren yang tengah ada
  • Membantu perencanaan konten untuk perusahaan
  • Menganalisis platform pemasaran dan menentukan mana yang paling cocok untuk perusahaan

Dengan peran selengkap itu, tidak heran jika keberadaan konsultan pemasaran digital sangat perusahaan perlukan. Terlebih tidak semua perusahaan mampu mengikuti tren perkembangan digital. Tingginya perkembangan teknologi akan selalu menuntut perusahaan untuk beradaptasi secara cepat dan tepat jika tak mau kalah dari kompetitor.

Baca Juga: Siapa itu Konsultan Digital Marketing dan Kenapa Perlu Merekrut Mereka ke dalam Perusahaan?

Cara kerja konsultasi digital marketing

Bagaimana konsultasi digital marketing bekerja

Dalam praktiknya, konsultan digital marketing akan membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnis lewat strategi dan perencanaan. Hal ini menjadi sangat penting mengingat persiapan pemasaran yang matang akan berdampak ke hasil yang ingin perusahaan capai.

Sebagian perusahaan biasanya cukup mampu menjalankan pemasaran digital, tetapi hasilnya kurang maksimal. Oleh sebab itu, tidak jarang perusahaan kemudian memilih menyewa seorang konsultan. Baik itu secara individu maupun dari agensi.

Sebenarnya, bagaimana sih cara kerja konsultan digital marketing bagi perusahaan? Menurut Neil Patel, lima hal berikut ini merupakan langkah penting bagi seorang konsultan dalam bekerja:

1. Mengembangkan strategi komprehensif

Konsultan digital marketing akan menyusun strategi pemasaran dengan detail dan terperinci. Rencana tersebut nantinya siap untuk ditindaklanjuti dan pastinya sudah disesuaikan dengan target perusahaan. Dalam menyusun strategi, konsultan biasanya melakukan analisis mendalam mengenai brand dan target audiens-nya.

Bisa jadi konsultan menggunakan metode analisis SWOT. Metode ini bisa mengukur kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang brand miliki. Analisis akan memberikan wawasan lebih luas kepada konsultan perihal cara menjalankan bisnis, efektif tidaknya pemasaran, bersaing dengan kompetitor, dan lain-lain.

Sementara, riset akan audiens kemungkinan besar akan menghasilkan citra pembeli. Konsultan bakal mencari cara terbaik untuk menjangkau audiens melalui digital marketing. Salah satunya melalui platform yang paling sering audiens gunakan.

Nah, informasi-informasi dari hasil riset itulah yang akan menjadi dasar penyusunan strategi. Secara tidak langsung, awal mula pengembangan bisnis sangat bergantung pada proses ini.

2. Membuat strategi penjualan dengan konversi tinggi

Perusahaan ingin meningkatkan penjualan ataupun menaikkan konversi secara signifikan? Konsultan digital marketing dapat membantunya. Misalnya, dengan beriklan.

Google bukan satu-satunya media untuk memasang iklan. Seorang konsultan akan mengarahkan saluran periklanan mana saja yang dapat memberikan ROI terbaik bagi perusahaan. Entah itu lewat mesin pencari, media sosial, video berbayar, dan lain-lain.

Selain itu, konsultan menentukan aspek-aspek yang berkontribusi pada keberhasilan suatu campaign. Contohnya, segmentasi audiens, penggunaan kata kunci, jam tayang konten, dan lain-lain. Singkatnya, konsultan bisa mengelola iklan dari proses awal sampai akhir dan memberi dampak ke penjualan.

3. Menetapkan KPI jelas

Perusahaan memang harus memiliki gambaran mengenai tujuan dari pemasaran. Namun, tidak semua perusahaan tahu atau paham apakah tujuan tersebut sudah tercapai atau belum. Nah, konsultan digital marketing bisa membantu menentukan KPI lebih jelas.

Konsultan akan membantu perusahaan perihal indikator dan metrik kerja mana saja yang mesti perusahaan perhatikan untuk mencapai tujuan yang spesifik. Tak hanya itu, konsultan dapat pula membuat sistem untuk mengukur dan melaporkan kinerja digital marketing ke perusahaan.

Bersama konsultan, perusahaan akan melakukan analisis dan evaluasi bersama-sama. Ini sangat membantu perusahaan dalam melacak pertumbuhan bisnis dari waktu ke waktu.

4. Memberi ide dan saran inovatif

Hal hebat lainnya saat bekerja sama dengan konsultan digital marketing adalah adanya perspektif segar yang biasanya berada di luar jangkauan perusahaan. Ada kalanya konsultan tidak sepenuhnya sepakat dengan strategi marketing perusahaan, tetapi juga menambahkan masukan tak kalah bagus.

Sebagai seorang ahli dalam pemasaran digital, konsultan akan selalu lebih up to date dengan tren. Ini mendorong konsultan mengutarakan ide-ide inovatif dan terbaru yang bisa mendorong bisnis terus bertumbuh.

Beberapa tren yang selama ini dapat konsultan tangani antara lain:

  • Pergeseran dari konten visual grafis ke video
  • Video pendek lebih mudah menarik perhatian audiens
  • Perubahan dan penyesuaian algoritma media sosial

Saat perusahaan butuh cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada, konsultan digital marketing dapat sangat membantu. Termasuk jika perusahaan ingin bersaing dengan kompetitor dalam hal menarik minat audiens.

5. Mendorong pertumbuhan

Penggunaan lebih dari satu kanal untuk pemasaran digital sangat mendorong pertumbuhan bisnis. Audiens akan lebih mengenal brand dari banyak platform. Selain itu, potensi menjangkau audiens lebih luas pun amat besar.

Konsultan digital marketing sangat berpengalaman dalam berbagai aktivitas platform. Sebut saja SEO, email marketing, hingga social media marketing. Maka, konsultan akan membantu perusahaan untuk memberikan hasil terbaik dari berbagai platform yang sudah disesuaikan dengan target audiens.

Persiapan konsultasi digital marketing

Karena akan bekerja sama dengan pihak luar, perusahaan harus melakukan persiapan sebelum melakukan konsultasi digital marketing. Dua hal penting yang bisa perusahaan siapkan antara lain:

Tentukan tujuan

Konsultan digital marketing tidak bisa bekerja secara ajaib untuk meningkatkan pemasaran perusahaan. Konsultan akan memberikan layanan terbaik, asalkan perusahaan juga sudah tahu tujuannya mau seperti apa. Perusahaan butuh menentukan target dan ekspektasi jelas sejak awal.

Setelah konsultasi awal atau perkenalan, perusahaan bisa menyampaikan tujuan yang diinginkan. Konsultan dapat membantu perusahaan untuk merumuskan tujuan secara lebih terperinci, termasuk KPI yang semestinya dicapai.

Misalnya, perusahaan ingin meningkatkan traffic website sebesar 10% dalam sebulan. Konsultan akan mengolah tujuan dan menetapkan ekspektasi menjadi lebih realistis. Beberapa harapan yang bisa perusahaan sampaikan ke konsultan antara lain:

  • Bagian mana yang ingin menjadi prioritas perusahaan
  • Metode komunikasi seperti apa yang perusahaan inginkan
  • Seberapa sering perusahaan menerima update dari konsultan 

Bagikan akses

Tentunya akan ada beberapa akses pada akun tertentu yang seharusnya bisa konsultan akses. Perusahaan harus membagikan akses yang ada tersebut. Dan inilah poin terpentingnya: bekerja sama dengan konsultan yang benar-benar terpercaya.

Pertama, konsultan digital marketing membutuhkan laporan dan data pemasaran yang sebelumnya telah ada. Maka, perusahaan mesti membagi akses ke data tersebut. Misalnya, Google Analytics, akun media sosial, dan lain-lain.

Selain itu, beberapa dokumen terkait produk atau brand juga harus dibagikan. Konsultan memerlukan informasi terkait analisis pasar, riset audiens, misi perusahaan, hingga pedoman branding.

Mengingat hal ini cukup berisiko, penting bagi perusahaan untuk memastikan apa yang dibagi ke konsultan adalah hal-hal yang memang relevan. Tujuan dari proses pembagian akses ini adalah agar konsultan mempelajari banyak hal dari perusahaan untuk menyusun strategi digital marketing yang tepat.

Checklist mencari digital marketing consultant

Tips merekrut konsultan digital marketing

Seperti yang sudah kamu baca sebelumnya, kepercayaan sebenarnya kunci penting dalam konsultasi digital marketing. Apalagi ada risiko yang mungkin muncul dari bekerja sama dengan pihak luar.

Maka, perusahaan sebaiknya mempunyai checklist sebelum memutuskan menggunakan jasa seorang konsultan. Lima checklist berikut ini bisa jadi panduan bagi perusahaan:

1. Punya keahlian yang terjamin

Konsultan digital marketing jumlahnya cukup banyak dengan beragam keahlian dari pengalaman masing-masing. Dalam menentukan pilihan, perusahaan harus tahu kebutuhan digital marketing-nya yang seperti apa. Jika butuh untuk pemasaran konten, maka cari konsultan yang punya kemampuan bagus dalam bidang itu.

Selain itu, akan sangat bermanfaat andai merekrut konsultan yang punya riwayat kerja pada proyek industri yang perusahaan geluti. Perusahaan mesti cermat dalam meneliti klien-klien yang sebelumnya pernah bekerja dengan konsultan. Hasil kerja di masa lalu dapat menjadi bahan pertimbangan perusahaan.

Yang tidak boleh perusahaan lupakan, periksa juga jenis dan skala bisnis yang biasa konsultan tangani. Ini juga dapat menjadi indikator apakah konsultan tersebut sanggup membantu perusahaan dengan baik atau tidak.

2. Mampu menyampaikan strategi

Hal-hal penting yang perusahaan inginkan dari seorang konsultan digital marketing antara lain:

  • Seberapa besar dampak strategi konsultan terhadap hasil pemasaran?
  • Apakah konsultan mampu mencapai target perusahaan?
  • Apakah semua KPI terpenuhi

Nah, hal-hal tadi bisa perusahaan ketahui garis besarnya saat riset mencari konsultan. Cobalah memberikan studi kasus kepada calon konsultan. Perusahaan bisa juga meminta contoh relevan tentang campaign yang sukses saat sesi wawancara.

Sangat penting bagi perusahaan untuk menggali sedalam mungkin dari calon konsultan. Lihatlah, apakah calon konsultan tersebut dapat memberikan pemaparan atau strategi dengan jelas. Teliti juga, mampukan calon konsultan memasarkan dirinya sendiri sebagai mitra perusahaan.

3. Kredibel

Kredibel atau tidaknya seorang konsultan bisa perusahaan ketahui melalui riset. Ingat, konsultan bebas mengklaim dirinya hebat dan berpengalaman. Namun, perusahaan tidak boleh mempercayainya secara mentah-mentah.

Lalu, apa yang bisa menjadi jaminan kredibilitas seorang konsultan. Paling sederhana, coba cek testimoni dari para klien berikut hasil kerjanya. Selain itu, pelajari juga kebenaran dari pengalaman dan kemampuan konsultan.

Beberapa konsultan biasanya juga mencantumkan sertifikasi yang pernah didapatkan. Cermati apakah sertifikasi keahliannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak. Intinya, teliti sebaik mungkin agar tidak mendapatkan konsultan yang abal-abal.

4. Pengetahuan luas

Tanggung jawab utama dari konsultan pemasaran digital adalah menyiapkan kesuksesan marketing hingga berkelanjutan. Oleh sebab itu, konsultan pun harus siap menjawab pertanyaan dan kebutuhan perusahaan. Dalam hal ini, katakanlah perusahaan belum punya pengetahuan seluas konsultan.

Itu artinya, konsultan harus mempunyai pengetahuan mendalam mengenai digital marketing. Bukan hanya wawasan, tetapi juga bagaimana praktik terbaiknya. Jadi, checklist penting yang tidak boleh perusahaan lewatkan adalah bekerja dengan konsultan yang benar-benar sudah berpengalaman.

Konsultan pemasaran digital harus selalu up to date sekaligus dapat memprediksi garis besar tren setidaknya tahun mendatang. Kualitas seperti itulah yang perusahaan butuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Bagaimana cara mengecek seberapa luas pengetahuan konsultan, sementara perusahaan masih agak “buta” mengenai digital marketing? Mudah saja, ajukan pertanyaan-pertanyaan apa pun ke konsultan. Cermati bagaimana caranya menjawab kesulitan-kesulitan yang biasa perusahaan alami. Kematangan seorang konsultan dapat tercermin dari jawaban-jawabannya.

5. Berada pada “frekuensi” sama

Cocok tidaknya seorang konsultan dengan perusahaan bisa jadi perihal selera. Namun, perusahaan perlu memastikan bahwa konsultan yang dipilih benar-benar berada pada “frekuensi” sama. Perbedaan visi dan pandangan akan menjadi konflik yang rentan muncul saat mulai bekerja sama.

Ketika melakukan riset atau wawancara, perusahaan bisa menggali nilai-nilai dan pendalaman konsultan lewat pertanyaan berikut:

  • Bagaimana cara Anda membantu klien seperti kami di masa lalu?
  • Seberapa dalam Anda mengenal industri kami?
  • Apakah Anda punya gambaran atau ide awal untuk pemasaran kami?
  • Apakah perusahaan akan Anda ajak dalam proses penyusunan strategi?
  • Andai strategi yang Anda dan perusahaan susun tidak berhasil, apa yang akan Anda lakukan?

Tidak ada jawaban salah atau benar dari pertanyaan-pertanyaan tadi. Yang jelas, perusahaan dapat menilai calon konsultan dari jawaban yang dia lontarkan. Apakah konsultan yang ada menjadi pilihan terbaik atau tidak, perusahaanlah yang bisa menilai dan menentukan.

Baca Juga: Mengenal Profesi Konsultan Digital Marketing, Apa Saja Tugasnya?

Kesimpulan

Ada banyak alasan kenapa perusahaan membutuhkan konsultasi digital marketing dengan orang yang berpengalaman. Mulai dari keterbatasan mengikuti perkembangan digital, kebutuhan bersaing dengan kompetitor, hingga meningkatkan angka penjualan.

Seorang konsultan digital marketing siap membantu perusahaan menemukan strategi pemasaran yang tepat. Tak hanya itu, konsultan juga mampu mendorong pertumbuhan bisnis. Ide-ide baru juga bisa perusahaan aplikasikan untuk meningkatkan penjualan.

Yang terpenting adalah melakukan tahap-tahap yang tepat untuk menemukan konsultan terbaik. Kredibilitas, pengalaman, dan kemampuan adalah hal-hal yang bisa perusahaan pertimbangkan dalam menentukan konsultan. Lebih dari itu, bangun kepercayaan yang kuat karena bekerja sama dengan pihak luar pastilah ada risikonya.

Jadi, sudah siapkah perusahaan untuk berkolaborasi dengan konsultan digital marketing untuk mencapai tujuan lebih baik?

#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.