Siapa itu Konsultan Digital Marketing dan Kenapa Perlu Merekrut Mereka ke dalam Perusahaan?

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
October 18, 2023
Updated:
October 18, 2023
Praktisi konsultan digital marketing saat brainstorming proyek

Kamu lagi punya bisnis dan mencoba memanfaatkan digital marketing untuk scale up bisnis atau meningkatkan penjualan, namun masih terbatas mengikuti semua tren digital yang cepat berganti? Atau tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola seluruh aspek digital marketing? Salah satu solusi yang patut kamu coba adalah bekerja sama dengan konsultan digital marketing untuk menangani strategi digital marketing. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dan energi untuk fokus menjalankan bisnis secara menyeluruh.

Mungkin bisa dikatakan kalau marketing adalah “sumber kehidupan” sebuah bisnis, mulai dari menciptakan brand awareness untuk target market, mengkomunikasikan keunggulan produk kamu di kanal-kanal digital, hingga sampai pada tujuan menghasilkan prospek penjualan. Di artikel ini, tim Belajarlagi mengeksplorasi lebih jauh tentang profesi ini. 

Kenalan dulu yuk, dengan peran para konsultan digital marketing sebelum memutuskan bekerja sama dengan mereka!

Konsultan digital marketing dan tugasnya

peran konsultan digital marketing untuk bisnis

Digital marketing adalah salah satu aspek penting dari strategi bisnis modern. Para wirausahawan atau pemilik bisnis memang bisa mempelajari skill membuat rencana pemasaran dan melaksanakan digital pemasaran yang efektif, namun perlu waktu yang panjang dan pengetahuan yang luas untuk memahami digital marketing secara menyeluruh. 

“Konsultan digital marketing adalah para praktisi atau profesional yang berperan penting dalam memahami lanskap bisnis digital beserta dengan strategi marketingnya, dan memanfaatkan saluran online yang tepat untuk menghasilkan prospek dan meningkatkan konversi.”

Para praktisi konsultan digital marketing ini bisa bekerja sama dengan tim yang ada untuk mengembangkan, memperluas, atau menerapkan strategi marketing yang lebih terukur.  Mereka dapat membantu kamu untuk meningkatkan brand awareness di media sosial dan menjalankan email marketing untuk meyakinkan pelanggan. Selain itu, mereka juga bisa membantu kamu memanfaatkan strategi iklan digital melalui konten-konten yang menarik dan mengoptimasi kata kunci yang relevan dengan bisnis yang sedang kamu jalankan di mesin pencari, sehingga banyak orang yang mengetahui bisnismu melalui kata kunci yang dimasukkan di google. 

Dengan pengetahuan, spesialisasi, serta portofolio mereka dalam memahami data dan mengatur strategi, para konsultan digital marketing bisa menawarkan saran kepada kamu tentang cara membangun brand yang bisa memberi keuntungan dalam jangka panjang. 

Tugas konsultan digital marketing merencanakan strategi marketing

Tugas para spesialis ini adalah mengidentifikasi cara paling efektif bagi bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan kamu melalui serangkaian analisis pasar yang mendalam, penyesuaian strategi, dan pemanfaatan berbagai tools untuk menunjang aktivitas digital marketing.

Namun perlu digaris bawahi bahwa kamu juga perlu tahu apa yang ingin dioptimasi dan masalah apa yang perlu ditangani. Sebab, agar strategi pemasaran memiliki peluang berhasil, para konsultan digital marketing perlu mengetahui permasalahan utama secara jelas dari strategi digital marketing kamu jalankan sebelumnya. 

 

Misalnya saja jika situs web kamu ingin mendapatkan banyak pengunjung dan relevan dengan barang atau jasa yang kamu tawarkan, maka rencana pemasaran yang efektif bisa berupa optimasi SEO dan penyesuaian desain web yang membutuhkan waktu dan sumber daya tambahan. 

Fasilitas yang ditawarkan oleh konsultan digital marketing

Layanan konsultan digital marketing sangat bervariasi selaras dengan perkembangan masa dan kebutuhan proyek maupun klien. Beberapa layanan konsultan digital yang populer di Indonesia adalah riset pasar, pengelolaan media sosial, manajemen marketing, SEO, Key Opinion Leader (KOL) Management, digital ads, dan lain sebagainya. Layanan tersebut sekilas mirip dengan apa yang ditawarkan oleh digital agency, namun keduanya memiliki perbedaan, loh, Teman Belajar. Tapi, jangan sampai salah pilih jasa, ya!

Sekilas perbedaan digital marketing agency dan konsultan digital marketing

Sebelum memutuskan untuk menggunakan konsultan digital marketing, tampaknya perlu memahami perbedaan mendasar layanan antara konsultan dengan agensi agar sesuai dengan proyek dan budget. Secara umum, perbedaan utama antara konsultan digital marketing dan digital marketing agency adalah sebagai berikut.

1. Digital marketing agency

Agensi bidang digital marketing dapat membantu Anda dalam aspek

a. Strategi untuk menetapkan tujuan dan prioritas, serta mengembangkan action plan untuk mencapai tujuan jangka panjang yang spesifik. 

b. Perencanaan untuk menentukan langkah strategis yang perlu diambil untuk mencapai tujuan.

c. Eksekusi atau pelaksanaan rencana dan mengaplikasikan strategi yang telah direncanakan untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. 

4. Konsultan digital marketing

Sebaliknya, konsultan digital marketing biasanya khusus hanya dalam strategi dan perencanaan. Sedangkan yang menjalankan perencanaan dan strategi marketing dilakukan oleh sumber daya manusia atau pegawai dari perusahaan atau bisnis kamu dengan dibawah pengawasan konsultan. 

Setelah strategi dan perencanaan dijalankan, tugas konsultan belum berakhir. Mereka kemudian membantu untuk mengumpulkan data, melakukan analisis, dan mengevaluasi keberhasilan proyek campaign berdasarkan metrik tertentu. 

Jalankan bisnis lebih mudah bareng konsultan digital marketing, jika…

Berdasarkan perbedaan tugas dan layanan seperti yang telah dijabarkan di atas, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa konsultan digital marketing ketika:

1. Perlu panduan untuk meningkatkan strategi digital marketing

Melakukan digital marketing secara mandiri selama beberapa waktu terasa materi baru yang perlu dipelajari tiada habisnya. Dunia digital marketing yang dinamis terus menerus berubah. Terkadang mesin pencari punya pendekatan baru, atau terkadang algoritma media sosial kerap kali berubah. 

Sederhananya, digital marketing tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya strategi yang relevan dan spesifik untuk bisnis kamu. Bisnis atau perusahaan yang sedang kamu jalankan sudah mempunyai tim yang solid, namun mereka menemukan permasalahan saat mengerucutkan strategi yang memiliki kemungkinan besar untuk berhasil.

Nah, konsultan digital marketing akan duduk bersama, menganalisis bisnis secara menyeluruh. Dengan melihat kondisi bisnis dari sudut pandang yang berbeda dan menyeluruh, para konsultan bekerja untuk mengembangkan strategi pemasaran yang jelas dan menginformasikan dengan lugas. Baik ketika kamu ingin meningkatkan SEO, membuat campaign pada email marketing, atau strategi-strategi lainnya. Strategi digital marketing yang dikembangkan secara intensif dan terukur akan meningkatkan traffic, leads (kontak) yang berkualitas untuk di follow up bagian sales online atau customer service.  

2. Fokus pada upaya pemasaran

Seiring dengan perkembangan strategi marketing, seorang konsultan digital marketing yang ahli dan berpengalaman akan mengetahui strategi mana yang akan atau tidak akan berhasil untuk bisnis atau industri tertentu. Bukan hanya sekadar menerawang tren, namun mereka mempelajari pola-pola strategi berdasar data secara jeli. 

Dengan melihat analisis, serta mengamati taktik marketing yang ada, seorang konsultan digital pemasaran bisa menemukan celah pada strategi marketing bisnis kamu dan menghilangkan proses yang tidak perlu. Mereka juga sering berbagi informasi yang bisa kamu perlukan untuk dipelajari lebih lanjut. Hal ini bisa membantu praktik bisnis agar berjalan lebih efisien dan efektif di kemudian hari.  

Tidak hanya sampai di situ, terkadang mereka juga membantu kamu untuk tetap mengikuti tren terbaru, sehingga bisa mendorong kamu untuk memanfaatkan trend terbaru atau tools penunjang terbaru dalam strategi marketing kamu. 

3. Tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari digital marketing atau tidak memiliki keahlian pada bidang tersebut

Wirausahawan atau pemilik bisnis biasanya berfokus pada aspek-aspek bisnis yang lain, sehingga minim waktu untuk memikirkan strategi dan rencana digital marketing secara menyeluruh mengingat potensi data yang bisa dikumpulkan bisa sangat banyak dan algoritmanya berubah-ubah. Namun, campaign digital marketing yangs sukses juga berperan penting untuk brand awareness atau menarik konsumen potensial atau memperluas jaringan konsumen. 

Tugas utama seorang konsultan digital marketing adalah membantu kamu menerapkan strategi marketing yang sukses dengan menggunakan pengetahuan dan keahlian yang telah mereka miliki. Saat mencari konsultan digital marketing, coba carilah individu dengan keterampilan yang luas dan selalu update dengan perkembangan digital marketing, sehingga lebih menguntungkan bagi kamu. 

4. Punya banyak leads, tapi minim konversi

Leads atau kontak baru adalah gerbang untuk menjaring konsumen potensial sesuai dengan marketing funnel. Jika tim kamu bisa mendatangkan leads, namun belum mampu menghasilkan banyak closing order, konsultan digital marketing yang profesional bisa memahami pemicu dan mengubah teknik agar leads bisa menjadi pelanggan atau klien. Sebenarnya hal tersebut bergantung pada jenis bisnis kamu, konsultan digital marketing akan melihat dan mereview target audience, dan merekomendasikan konten yang paling cocok untuk menyampaikan pesan brand atau produk ke komunitas target market kamu, misalnya seperti genk ibu-ibu muda, atau orang-orang yang menganut gaya hidup sehat. 

Di dalam digital marketing, psikologi manusia dan perilaku konsumen bisa terbaca dari kecenderungan pencarian orang. Konsultan kamu bisa melihat dan mengetahui apa saja sih yang mendorong mereka untuk bertindak atau setidaknya menarik perhatian mereka, sekaligus membuat rencana tindakan yang lebih baik. 

5. Aggaran terbatas dan perlu kerja sama jangka pendek

Pertimbangan budgeting untuk menggunakan jasa konsultan digital marketing

Jika bisnismu masih kecil, akan lebih bijak jika bekerja sama dengan seorang pekerja lepas konsultan digital marketing berdasarkan proyek atau jangka waktu tertentu. Dengan begitu, kamu tidak dikenakan biaya tambahan dan juga tidak perlu khawatir tentang biaya jangka panjang jika dibandingkan dengan bekerja sama dengan digital agency.

Kamu juga bisa menggunakan jasa konsultan digital marketing saat kamu membutuhkan layanan mereka, atau tidak bergantung setiap hari. Dan keuntungan lainnya adalah mereka bisa menerima layanan dari jarak jauh dan menemukan konsultan digital marketing yang kompeten dari mana saja. Menyenangkan, bukan? 

Jika kamu merupakan seorang wirausaha yang paham mengenai digital marketing, maka kamu mungkin akan menggunakan jasa mereka untuk sekadar mempelajari konten marketing dan mempraktikkan secara mandiri setelah kamu memahami tren digital marketing terkini. 

Dengan begitu, akan lebih sedikit pengeluaran, waktu untuk belajar, dan akan ada lebih banyak anggaran untuk menjalankan roda bisnis.

Bagaimana cara memilih konsultan digital marketing profesional yang tepat, dan berapa budgetnya?

Untuk memastikan kalau kamu mau bermitra dengan konsultan digital marketing yang tepat buat keperluan bisnis kamu, perhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Jadi realistis

Pertimbangkan budget dan berapa banyak investasi yang perlu dikeluarkan untuk membayar konsultan digital marketing profesional dan berkualitas. Melansir dari berbagai sumber, budget yang kamu keluarkan untuk menyewa jasa konsultan digital marketing berkisar antara 2-120 juta rupiah dengan fasilitas konsultasi yang beragam, seperti strategi digital marketing, budgeting, rencana Key Performance Index (KPI), digital branding, social media management, digital marketing channel, analytics, audit, dan website audit beserta SEO nya dengan pengerjaan selama satu bulan atau hingga kurang lebih satu tahun. 

2. Cari keahlian konsultan yang relevan

Konsultan digital marketing adalah orang yang ahli dan memiliki pengetahuan mendalam tentang digital marketing dan dapat memberikan wawasan yang berharga untuk bisnis kamu. Meskipun beberapa konsultan menawarkan konsultasi profesional untuk berbagai bidang, namun mereka cenderung memiliki spesialisasi dalam satu bidang. Misalnya saja social media marketing atau digital ads.  

Pertimbangkan dengan cermat bidang keahlian apa yang penting untuk mendorong bisnismu, dan bandingkan pengetahuan mereka dengan kebutuhan mu. 

3. Referensi, Kredensial, dan Portofolio

Pastikan untuk meminta referensi dari konsultan yang sudah kamu pertimbangkan. Lihat portofolio nya, dan cari tahu tentang hasil, penghargaan, atau sertifikasi yang menjamin dan mengakui kualitas pekerjaan mereka. 

Selain itu, Teman Belajar juga bisa membaca ulasan dan testimoni mereka baik di web, media sosial, atau linkedin setiap calon konsultan. Kami akan belajar mengenai pengetahuan yang mereka kuasai, keterampilan, dan juga profesionalitas mereka. Termasuk juga bagaimana si calon konsultan tersebut memperlakukan klien, melakukan pendekatan yang dipersonalisasi serta menghasilkan strategi dan perencanaan yang terukur. 

4. Komunikasikan dengan baik dan jelas

Hal ini mungkin sering diabaikan oleh klien dan calon konsultan. Memberitahu dengan jelas tujuan akhir dan goals yang ingin kamu capai dalam bisnis ternyata penting banget loh. Jika yang kamu butuhkan sejak awal adalah konsultasi untuk menyempurnakan rencana marketing yang sudah ada, maka komunikasikan dengan jelas sejak awal. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebingungan, menetapkan ekspektasi yang jelas, dan kinerja konsultan bisa lebih terarah. 

Kesimpulan

Apakah kamu sudah berencana untuk mengubah strategi dan rencana marketing bisnismu yang perlu dilaksanakan dengan cepat dan efisien? Pertimbangkan untuk mengontak konsultan digital marketing. Para praktisi ini bekerja dengan tekun berbasis proyek untuk membantu kamu mencapai apa yang bisnis kamu inginkan. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba, ya!

#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.