Digital Marketing Agency: Arti, Peran, Rekomendasinya

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
June 21, 2023
Updated:
June 10, 2024

Memilih digital marketing agency yang kredibel berdasar kebutuhan sangat penting untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Simak ulasan tentang lanskap digital marketing agency dan bagaimana cara memilih digital marketing agency yang tepat.

Lanskap digital marketing agency di Indonesia

Seiring dengan munculnya masyarakat yang semakin paham dengan penggunaan teknologi dalam aktivitas belanja dan pelayanan digital, semakin banyak bisnis yang melakukan transformasi dan  investasi dalam strategi digital agar tetap bertahan di arus dunia yang semakin cepat serta beragam. 

Di samping itu, e-commerce juga menjadi hal yang semakin berkembang pesat. Saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di Asia. Hal ini sangat didorong oleh maraknya masyarakat yang membeli barang dan jasa melalui online, terutama selama pandemi COVID-19. Oleh karena itu, ada banyak peluang bagi bisnis untuk memasarkan dan menjual produk mereka melalui platform e-commerce terbesar di Indonesia seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, atau Lazada.

Tentu saja, teknologi digital dalam pemasaran tidak akan sempurna tanpa strategi SEO yang kuat. Search engine optimization atau SEO lebih penting lagi bagi bisnis di Indonesia saat ini. Proses optimasi SEO membantu bisnis meningkatkan peringkat situs web mereka pada hasil pencarian Google dan meningkatkan jumlah pengunjung organik ke situs web mereka. Hal ini sangat penting dalam membantu bisnis lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Melihat lebih jauh pada 2016, gerakan nasional 1000 startup digital Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi telah melahirkan banyak UMKM hingga bisnis rintisan berbasis online yang kini berkembang lebih pesat. Pada saat yang sama, banyak instansi yang gencar melakukan transformasi digital. Namun, brand, perusahaan, atau instansi berbasis online ini seringkali memiliki sumber daya pemasaran digital—digital marketing—yang terbatas atau bahkan minim pengalaman.  

Melihat lanskap digital marketing yang sangat dinamis dan terus berkembang di Indonesia pasca pandemi, penting bagi bisnis untuk mengadopsi strategi pemasaran digital dalam menjalankan bisnis mereka. Dalam menentukan strategi pemasaran digital yang efektif, perusahaan harus mempertimbangkan tren dan fakta tentang lanskap digital marketing saat ini seperti pertumbuhan penggunaan internet, penggunaan media sosial, teknologi mobile, adopsi e-commerce, dan pentingnya SEO. Dengan mempertimbangkan hal ini, bisnis bisa menjalankan pemasaran digital yang lebih efektif dan mengambil peluang bisnis yang lebih besar bahkan bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.

Data dari We Are Social mengungkapkan sebanyak 77 persen atau 212 juta jiwa dari keseluruhan populasi di Indonesia telah menggunakan internet. Pengguna internet di Indonesia yang meningkat tiap tahun, membuat peluang ini sangat besar bagi bisnis dalam mempromosikan produk mereka melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan platform digital lainnya. Sedangkan di sisi lain agensi periklanan digital juga mendapat peluang besar dari pertumbuhan tersebut. 

Apa itu digital marketing agency?

Hingga saat ini, ratusan ribu brand  yang hadir di pasar Indonesia, baik berupa produk lokal maupun multinasional. 

Bagaimana Nestle, Unilever, P&G, Apple, Uniqlo, HMNS, Wings, Indofood sukses mengakuisisi pasar Indonesia dan Anda gunakan sehari-hari? Tepat sekali, brand-brand besar tersebut tak luput dari keterlibatan agensi periklanan yang kini bertransformasi menjadi digital marketing agency, pihak ketiga yang membantu para pelaku bisnis untuk merancang, mengelola, mengevaluasi, hingga menindaklanjuti kegiatan pemasaran dengan berbagai strategi yang dilakukan di platform digital.

Oleh sebab itu, pelaku bisnis atau lembaga dapat memanfaatkan layanan digital marketing agency baik berupa perusahaan atau orang yang bisa mengoptimalkan kehadiran brand, produk, maupun jasa layanan di platform-platform digital. 

Apa saja peranan digital marketing agency?

Menyediakan akses ke alat dan teknologi terbaru dengan fitur yang lebih canggih

Hal ini bisa membantu meningkatkan skala bisnis Anda. Perusahaan harus terus mengikuti tren terbaru di layanan digital. Adopsi teknologi baru mungkin membutuhkan waktu dan sumber daya yang tidak terlalu terjangkau bagi bisnis kecil dan menengah. Namun, untuk tetap bersaing di era digital saat ini, penting bagi bisnis untuk mempertimbangkan penggunaan digital marketing dalam strategi pemasaran.

Membantu mempelajari segmen pasar, memantau, analisis, dan mengevaluasi campaign

Mengevaluasi campaign secara berkala penting untuk mengukur efektivitas campaign pemasaran yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Mengembangkan strategi pemasaran jangka panjang & pendek

Target pencapaian yang spesifik, terukur, dan dalam kurun waktu yang pasti, misalnya campaign selama 6 bulan dapat mendorong jumlah traffic sebesar X persen. Strategi pemasaran perlu selaras antara mitra digital marketing agency dengan bisnis yang Anda kembangkan. Kendati demikian, perlu adanya fleksibilitas untuk beradaptasi dengan perubahan dan pembaruan yang cepat. 

Mengelola anggaran iklan lebih efektif

 Digital marketing agency dapat membantu Anda membuat rencana anggaran yang realistis, mengalokasikan sumber daya untuk strategi Pay-Per-Click (PPC), Search Engine Optimization (SEO), konten digital, hingga optimasi media sosial Anda. Hal ini bisa membantu memetakan platform mana saja yang mendatangkan hasil paling optimal. 

Apa Saja Contoh Jasa Digital Marketing Agency?

Tiap-tiap digital marketing agency tentu memiliki spesialisasi di bidang periklanan. Namun, karena sumber daya manusia dengan keahlian marketing yang lengkap dan lebih beragam, tak jarang mereka juga menangani strategi marketing organik maupun berbayar seperti di bawah ini, seperti:

1. Social Media Organic Plan (SMO)

Social Media Organic ini erat kaitannya dengan content marketing dimana digital marketing agency membantu anda membangun media sosial secara organik dengan basis komunitas yang kuat sehingga mendatangkan konsumen yang loyal.

2. Social Media Marketing (SMM)

Media sosial kini bukan lagi menjadi alat bertukar kabar. Lebih dari itu, media sosial bisa dioptimalkan untuk berbisnis, membangun citra brand, sekaligus wadah berinteraksi dengan konsumen. Untuk mengoptimalkan media sosial untuk marketing, ia tak bisa berdiri sendiri, melainkan menggabungkan dengan kinerja SEO dan konten. Media sosial seperti halmya Twitter, Instagram, TikTok, dan Facebook memungkinkan orang-orang untuk berbagi konten dengan pengguna lainnya. 

Jenis pengoptimalan Social Media Marketing oleh praktisi di Digital Marketing Agency menyusun jenis iklan langsung yang interaktif. Sehingga hal tersebut dapat langsung memberikan keuntungan di bisnis Anda. 

3. Content marketing

Digital marketing agency dapat membantu Anda membuat variasi dan penyesuaian berdasarkan kebutuhan target audiens bisnis Anda melalui konten yang dibuat. Mulai dari membangun brand awareness, akuisisi pelanggan, mempersuasi konsumen pada level yang lebih mendalam, dan lain sebagainya. 

4. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah strategi memenangkan konten di mesin pencari internet. Setiap bisnis pasti membutuhkan website untuk memberikan informasi yang relevan dan lebih mendalam kepada audiens atau pelanggan yang potensial. Oleh sebab itu, tujuan utama dari pengoptimalan SEO yang dilakukan oleh digital marketing agency adalah memastikan bahwa halaman atau situs website bisnis Anda bisa muncul di halaman beranda yang paling relevan dengan kata kunci di mesin pencari. 

Pengoptimalan SEO ini masih diperlukan mengingat kecenderungan orang mencari informasi awal sebuah produk/jasa/layanan dengan mengunjungi situs website yang muncul di halaman pertama. Selain itu, SEO juga merupakan salah satu cara marketing yang memiliki dampak jangka panjang untuk branding dan promosi bisnis Anda. 

Cara memilih digital marketing agency yang tepat kredibel untuk bisnis Anda

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri  mitra digital marketing agency  yang tepat untuk meningkatkan citra perusahaan dan ataupun instansi di platform digital dengan biaya periklanan yang minimal. Tim Belajarlagi juga menyarankan Anda untuk mencari agensi periklanan, minimal dengan kompetensi seperti di bawah ini:

Memahami kebutuhan dan anggaran Anda

Langkah pertama saat memilih mitra digital marketing agency adalah mereka yang memahami kebutuhan bisnis Anda. Semakin baik dan rinci ketika mendeskripsikan kebutuhan bisnis Anda, maka semakin baik rencana pengembangannya dan penetapan anggaran dengan calon agensi periklanan. 

Terukur

Bagi pelaku bisnis, peran digital marketing agency yang terukur bisa memiliki benefit yang lebih besar dengan hasil iklan yang lebih positif dan mampu menjangkau target konsumen lebih luas, serta tepat sasaran. Bahkan pendapatan yang dapat diperoleh dari iklan melalui iklan digital pun bisa melampau iklan konvensional, seperti TV, Radio, Koran, dan lain-lainnya. 

Keahlian pada digital marketing channel dan spesialisasi yang beragam

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang saling terintegrasi antara data, psikologi konsumen, branding, pemasaran, dan lain sebagainya. Digital marketing agency yang baik tak hanya mengarahkan para pelaku bisnis memilih saluran periklanan misalnya menggunakan SEO saja, atau FB Ads saja, melainkan juga membantu Anda untuk menerapkan berbagai campaign baru yang lebih segar dan berdampak. 

Dengan keahlian sumber daya manusia yang beragam memahami berbagai channel digital, pihak digital marketing agency  dapat menyesuaikan layanan dan dukungan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, digital marketing agency juga akan lebih memahami cara menyesuaikan strategi marketing dengan anggaran, jenis industri dan target audiens Anda. 

Selain itu, digital agency yang baik juga perlu memperkaya tim spesialis atau tim ahli berpengalaman  yang beragam sehingga dapat mencakup  seluruh spektrum digital marketing, seperti halnya orang-orang yang ahli di bidang SEO, Google Ads, Facebook Ads, dan hal lain yang diperlukan untuk memanfaatkan semua channel digital. 

Pengalaman dan rekam jejak 

Kredibilitas adalah hal yang penting. Anda bisa melihat rekam jejak digital marketing agency melalui portofolio khusus berupa studi kasus, laporan, atau whitepaper berdasarkan campaign yang sudah pernah dijalankan. Rekam jejak pengalaman yang baik bisa ditelusuri melalui testimoni klien, situs website yang dimiliki. 

Dengan demikian, agensi dan Anda bisa saling memberikan wawasan tentang bagaimana digital marketing agency memproduksi dan menjalankan campaign dan apakah hal tersebut sesuai dengan ekspektasi Anda. 

Rekomendasi Digital Marketing Agency

Seperti yang sudah dibahas pada lanskap digital marketing agency di Indonesia yang sudah berkembang lebih dari 20 tahun, berikut beberapa digital marketing agensi terkemuka yang dipercaya oleh brand-brand di Indonesia.

Belajarlagi Digital Agency 

belajarlagi

Meskipun tergolong baru karena menangani klien sejak 2022, Belajarlagi Marketing Agency juga bisa menjadi opsi Anda ketika memilih agensi periklanan. Tak hanya menangani brand besar seperti Evermos, Grab, dan HMNS, Belajarlagi marketing agency juga dimanfaatkan oleh instansi pemerintah untuk pengelolaan media sosial mereka. 

Saat ini, Belajarlagi Digital Agency punya penawaran menarik untuk Anda. Dapatkan kesempatan konsultasi gratis dan digital strategi  1 bulan langsung dari para ahli di sini. 

Havas Group Indonesia

Havas Group jadi salah satu marketing agency senior di Indonesia yang terbentuk pada 1988. Kendati demikian, Havas tak berhenti jadi marketing agency konvensional saja, melainkan mengembangkan diri pada ranah digital, terutama pengoptimalan bisnis melalui media sosial. 

Klien yang ditangani oleh Havas pun beragam, seperti Hyundai, provider XL, hingga Curcuma Plus. 

Ogilvy Indonesia

Agensi periklanan ini merupakan bagian dari Ogilvy Worldwide yang merupakan salah satu jaringan marketing terbesar dan tertua di dunia. Ogilvy sudah menangani berbagai brand di Indonesia dan multinasional yang sukses mengantarkan bisnis dan dirinya di penghargaan dunia. 

Ogilvy Indonesia menyediakan jasa dalam bidang marketing effort untuk para kliennya, seperti branding dan identity, riset dan analisis pasar.  

Dentsu

Digital marketing agency berasal dari Jepang ini sudah lama berhasil masuk ke pasar Indonesia. Tak heran jika Dentsu identik dengan sederet brand asal Jepang seperti Yamaha, Pocari Sweat, Toyota, Gojek, OCBC, dan lainnya. Selain itu, Dentsu Indonesia juga telah meraih  penghargaan bergengsi seperti Citra Pariwara hingga New York Festival. 

Next Digital

Next Digital jadi salah satu digital marketing agency berbasis di Jakarta yang menyediakan layanan SEO management, digital marketing, social media marketing, serta web development. Mereka juga menangani klien dari brand tanah air yang cukup terkenal seperti Halodoc, Dulu, dan Electronic City.

Nah, setelah mengetahui manfaat dan cara memilih digital marketing agency, apakah Anda semakin tertarik untuk memanfaatkan layanannya?

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.