Cara Mudah Belajar SEO Untuk Pemula Dari Dasar

Sebagai salah satu skill dan pekerjaan yang high demand, kamu sebagai pemula mungkin tertarik untuk belajar SEO. Yuk, cek cara mudahnya!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Cara Mudah Belajar SEO Untuk Pemula Dari Dasar

SEO atau Search Engine Optimization sedang sangat dibutuhkan dan dicari oleh banyak perusahaan. Maka, tak heran kalau banyak orang yang ingin mempelajarinya. Banyak cara mudah untuk belajar SEO bagi pemula.

SEO merupakan bagian dari digital marketing yang bisa memaksimalkan cara agar website perusahaanmu bisa muncul di halaman pertama search engine, umumnya Google. Dengan SEO, suatu website akan mudah mendapatkan traffic dari internet.

Apakah kamu termasuk dalam salah satu yang ingin mempelajari SEO dari dasar? Simak terus artikel dari BelajarLagi ini, ya!

Kenalan Sama SEO, Yuk!

Nah, sebelum kita membahas lebih dalam tentang cara belajar SEO untuk pemula, kamu perlu tahu dengan pasti pengertian dari SEO itu sendiri. 

Pengertian SEO menurut para ahli, Neil Patel, adalah sebuah proses atau metode yang digunakan untuk membantu sebuah website untuk berada di peringkat atau halaman pertama Google.

Sedangkan, menurut MOZ, SEO adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pengunjung web Anda melalui hasil mesin pencari secara organik.

Dari pengertian menurut ahli ini dapat disimpulkan bahwa SEO merupakan sebuah cara atau metode untuk meningkatkan jumlah pengunjung website (traffic) yang didapat secara organik melalui mesin pencari atau Google.

Cara kerja dasar dari SEO adalah dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang diketikkan oleh para pembaca di Google. 

Misalnya, kamu ingin mengetahui tentang SEO. Mungkin, kamu akan mengetikkan “Apa itu SEO?”, di sisi lain, orang lain mungkin mencari “pengertian SEO”. Kedua kata kunci ini berbeda, namun memiliki tujuan yang sama.

Maka dari itu, kamu perlu membuat konten dengan mengetahui kata kunci yang tepat, mengerti apa intensi dari para pembaca dan membuat konten yang relevan serta lengkap menjawab pertanyaan para pembaca. Kombinasi ketiga hal ini bisa meningkatkan peluang kontenmu muncul di halaman pertama Google.

Sampai sini, apakah kamu sudah mengerti pengertian dan prinsip dasar dari SEO?

Referensi Sumber Belajar SEO

Banyak metode yang bisa kamu gunakan untuk belajar. Apalagi, di jaman yang serba digital sekarang ini, kamu bisa mendapatkan banyak referensi yang ada di internet. Misalnya saja seperti media sosial, blog, podcast, video belajar on-demand, dan lain sebagainya.

Website-website yang rutin membahas SEO pun sudah banyak, beberapa diantaranya yaitu:

  1. Neil Patel
  2. MOZ
  3. Backlinko
  4. Semrush

Kamu juga bisa belajar SEO melalui video-video yang mereka buat untuk mendapatkan sertifikat di bidang SEO. Wah, menarik ya?

Teman Belajar juga bisa belajar SEO melalui media sosial profesional seperti LinkedIn. Di sana, ada banyak praktisi SEO yang sering membuat status dan membagikan ilmu mereka tentang SEO. Kamu juga bisa bertanya langsung kepada para ahlinya. Yuk, mulai gunakan media sosial secara profesional agar bisa membantu meningkatkan karier kamu!

Cara Belajar SEO Yang Mudah

Nah, kalau kamu sudah mencari tahu tentang SEO dari sumber-sumber yang tadi disebutkan, Teman Belajar bisa langsung belajar SEO. Salah satu cara terbaik untuk belajar SEO adalah dengan langsung mempraktekannya.

SEO sangat berkaitan dengan pengelolaan website. Maka dari itu, cara terbaik mempraktekkan SEO adalah dengan membuat blog yang bisa kamu kelola sendiri. Kamu bisa coba membuat blog dengan menggunakan Wordpress atau sejenisnya.

Dari sini, kamu bisa membuat blog dengan menulis konten-konten yang sesuai dengan kesukaanmu. Misalnya, kamu sangat tertarik dengan makeup, maka kamu bisa menulis segala hal yang berkaitan dengan makeup, mulai dari tips makeup, rekomendasi produk, dan topik-topik yang berkaitan dengan kecantikan lainnya.

Istilah SEO Yang Perlu Dipahami

Jangan lupa, kamu juga perlu memahami tentang tiga metode SEO, yaitu on-page, off-page, dan technical. Dengan menulis blog, kamu tentunya perlu memahami on-page agar konten yang kamu buat bisa muncul di halaman pertama Google.

Beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dari on-page SEO yaitu seperti penempatan keyword, struktur kepenulisan dan paragraf, alt text, internal link, dan lain sebagainya. Sedangkan off-page SEO berhubungan dengan backlink yang bisa didapat dari website lain.

Terakhir, ada technical SEO yang berhubungan dengan sisi teknis suatu website, seperti XML sitemaps, page speed, crawling dan indexing hingga structured data. Jangan khawatir kalau kamu belum memahami tentang technical SEO. Kamu bisa perlahan-lahan belajar sambil praktik, kok!

Selain memahami tiga teknik SEO tersebut, kamu juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara search engine bekerja. Google memiliki robot yang biasa disebut sebagai crawlers atau spiders yang bekerja untuk merayapi para website.

Pada dasarnya, ada tiga prinsip utama cara kerja SEO, yaitu:

  • Crawling: Proses dimana robot crawlers akan merayapi suatu website untuk menemukan konten, melihat kode/konten untuk setiap URL yang ditemukan.
  • Indexing:  Dalam proses ini, crawlers akan menyimpan dan mengorganisir konten yang ditemukan selama proses sebelumnya. Setelah halaman website berada dalam indeks, halaman tersebut masuk dalam proses untuk ditampilkan sebagai hasil dari kata kunci yang diketikkan user di Google.
  • Ranking: Dalam proses ini, Google akan menampilkan konten-konten yang dapat memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan user. Hasil akan ditampilkan berdasarkan halaman yang paling relevan.

Itulah beberapa informasi tentang cara mudah belajar SEO untuk pemula. Semua bisa kamu pelajari dengan perlahan sambil mempraktekkan metode-metode SEO yang ada. Yuk, belajar bersama BelajarLagi. Terus pantengin blog BelajarLagi untuk mendapatkan informasi-informasi selanjutnya, ya!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.