Sedang Naik Daun, Berikut 15 Alasan SEO Dibutuhkan untuk Bisnis!

SEO dibutuhkan untuk bisnis di era digital ini. Jika kamu belum tahu apa itu SEO, simak informasi lengkapnya yuk!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Baik bentuk bisnis yang kamu jalani adalah perusahaan multinasional besar atau pemula, Search Engine Optimization atau SEO, memainkan peran penting dalam pemasaran digital. 

Data yang dikutip Kenekt Digital menunjukkan bahwa rata-rata pencarian di Google mencapai 99.000 per detik, yang berarti menghasilkan lebih dari 8,5 miliar pencarian dalam sehari. Nah, ini adalah merupakan peluang besar yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik calon pembeli dan meningkatkan brand awareness dari produk yang kamu tawarkan.

Namun, bersaing dengan milyaran pencarian dan konten bukan hal mudah. Maka dari itu, diperlukan SEO untuk menunjangnya.

Apa saja alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis? Berikut ini Belajar Lagi sudah merangkum 15 diantaranya. Yuk, jangan sampai tidak disimak, ya!

Apa Itu SEO?

Jika kamu tertarik dengan dunia digital marketing, mungkin SEO bukan hal yang asing lagi.

Melansir Digital Marketing Institute, Search Engine Optimization atau lebih kita kenal dengan SEO adalah sebuah tindakan optimasi website yang dilakukan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian maka potensi untuk mendapatkan banyak traffic organik juga akan semakin besar. 

Lalu, mengapa SEO dibutuhkan untuk bisnis?

Ini karena, selain berfungsi untuk mendapatkan traffic organik dari hasil pencarian, SEO juga dapat membantumu dalam mendapatkan traffic yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan traffic organik dari mesin pencari yang sesuai dengan tujuan situs yang kamu kembangkan.

Nah, agar dapat mendapatkan traffic organik tinggi yang sesuai target, kamu harus mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan oleh mesin pencari dalam hal ini adalah Google. Jadi, pebisnis wajib mengetahui bagaimana SEO itu bekerja serta bagaimana cara memahami algoritma Google.

Cara Kerja SEO

Karena SEO dibutuhkan untuk bisnis, maka cara kerjanya adalah alasan mengapa metode ini kemudian menjadi tren baru di digital marketing.

Search Engine Journal memaparkan, beginilah cara kerja SEO sehingga bisa maksimal dan mendukung jalannya bisnis.

1. Crawling

Crawling atau Perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. 

Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

2. Indexing

Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. 

Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

3. Processing

Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja SEO” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.

4. Calculating Relevancy

Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian SEO”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

5. Retrieving Result

Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah diproses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.

Jenis-Jenis SEO

Setiap bisnis memiliki bentuk dan target market yang berbeda, begitu pula dengan SEO. Pasalnya, ada banyak jenis SEO yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga perlu dilakukan pemilihan yang tepat.

Apa saja kah itu? Berikut penjelasannya.

1. On-Page SEO

Jenis SEO pertama yang sering dimanfaatkan oleh para marketer di bidang content marketing adalah on-page SEO.

Menurut Sixth City Marketing, kategori SEO satu ini mengacu pada proses mengoptimalkan konten yang terdapat di situs web perusahaan.

Inisiatif ini dapat mencakup optimalisasi copy, keyword, header, meta description dan title, featured image, dan lain-lain.

Biasanya, dalam proses eksekusi metode on-page SEO, marketer perlu melakukan riset keyword, optimasi meta data, dan melakukan internal linking.

2. Off-Page SEO

Jenis metode SEO berikutnya yang sering dimanfaatkan oleh perusahaan ternama adalah off-page SEO.

Strategi off-page SEO sejatinya mengacu pada proses optimisasi elemen yang biasanya tidak terdapat di dalam situs web.

Metode ini mendorong marketer untuk menciptakan eksposur dan kredibilitas untuk perusahaan mereka, yang pada akhirnya bisa menghasilkan lebih banyak pengunjung dan penjualan.

Sebagian besar inisiatif off-page SEO difokuskan pada proses link building atau praktik membuat situs web terkemuka lain menautkan link kembali ke situsmu.

3. Local SEO

Kategori SEO ini merupakan variasi yang sifatnya lebih berfokus pada lokasi bisnis.

Dalam arti, ia mengacu pada proses meningkatkan kehadiran online situs di komunitas daerah bisnis dan mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan lokal.

Di sini, pihak marketer bisa memasukkan alamat, jam buka, deskripsi, ulasan, dan foto produk untuk meningkatkan kepercayaan dari pelanggan.

Halaman hasil search engine juga akan melihat kedekatan, relevansi, dan keunggulan berdasarkan permintaan pencarian pengguna, dan memilih bisnis perusahaan jika mereka memenuhi persyaratan.

Intinya, jenis SEO ini sifatnya lebih berfokus pada optimisasi elemen geografis ketimbang kategori-kategori lainnya.

4. Technical SEO

Technical SEO adalah jenis strategi SEO terakhir yang bisa digunakan oleh para marketer profesional.

Nah, apa itu yang dimaksud dengan technical SEO? Menurut Moz, strategi ini mengacu pada tindakan yang bisa membantu search engine merayapi situs web dan meningkatkan user experience (UX).

Pada dasarnya, cara kerja dan algoritma search engine akan selalu berubah menjadi lebih kompleks. Maka dari itu, proses kerja dari jenis SEO ini biasanya akan terus berkembang.

Sebagai contoh, inisiatif terbaru dalam metode technical SEO adalah memastikan bahwa tidak ada masalah dengan crawlability dan UX situs.

Tak hanya itu, perusahaan juga bisa memperbaiki website speed, mobile friendliness, dan struktur situs saat menerapkan strategi technical SEO.

Alasan SEO Dibutuhkan untuk Bisnis

Melansir Forbes, SEO dibutuhkan untuk bisnis terutama jika kamu berencana membuatnya bertahan lama. 

Ini karena SEO menciptakan brand awareness jangka panjang, memperluas target audiens dan membantu bisnis meraih lebih banyak pendapatan.

Selain hal-hal di atas, berikut ini alasan lainnya mengapa SEO dibutuhkan untuk bisnis!

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Kredibilitas bisnis merupakan modal awal untuk membuatnya dapat bertahan lama. Oleh karena itu, SEO dibutuhkan untuk bisnis dalam hal ini.

Ini karena yang berperingkat tinggi di halaman hasil mesin pencari biasanya dianggap berkualitas tinggi dan dapat dipercaya oleh mesin pencari, dan ini tentu dapat meningkatkan kredibilitas bisnis. 

Jangan lupa terus luangkan waktu untuk meningkatkan dan menambahkan konten ke situs yang kamu kelola, meningkatkan performa situs, dan meneliti kata kunci untuk membantu peringkat situs dapat menjadi lebih tinggi lagi.

2. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Apapun

Alasan berikutnya mengapa SEO dibutuhkan untuk bisnis karena dapat memberikan traffic organik secara cuma-cuma alias gratis.

SEO tidak memerlukan biaya apapun layaknya strategi pemasaran lainnya, seperti salah satu contohnya adalah bayar per klik. 

Dengan SEO, mesin pencari akan terus bergerak mengarahkan traffic ke situs milikmu 24/7, mempromosikan konten yang bermanfaat, dan membantumu menemukan pelanggan baru secara organik. 

Untuk memaksimalkan upaya SEO, alokasikan sebagian waktu untuk meninjau konten di situs berperingkat lebih tinggi dalam niche untuk kemudian menulis konten yang lebih baik daripada milik mereka. 

3. Mendukung Pemasaran Konten

Konten original dan SEO bekerja bersama-sama, maka ketika kamu membuat konten yang bermanfaat bagi pengunjung, termasuk teks, gambar, dan video, peringkat situsmu akan lebih baik di hasil pencarian. 

Tetapi SEO juga dapat mendukung upaya pemasaran konten tersebut. Pastikan konten yang kamu unggah berkualitas tinggi dan dioptimalkan untuk kata kunci yang masuk dalam rangking pencarian. 

Selain itu, karena mesin pencari menyukai kesegaran konten dan tren, jangan lupa untuk perbarui konten di situs secara teratur

4. Memaksimalkan Penggunaan PPC

Meski SEO dibutuhkan untuk bisnis, tidak jarang perusahaan atau organisasi juga menggunakan PPC atau Paid Marketing Strategies yang berbayar.

Walau demikian, ternyata keduanya bekerjasama dengan sangat baik, lho.

PPC dapat membantu situs milikmu  muncul di bagian atas hasil pencarian berbayar, sementara SEO melakukan hal yang sama secara organik. Memiliki kedua hasil yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari meningkatkan kredibilitas bisnis dan menunjukkan bahwa kamu tidak hanya membuang uang pada iklan untuk menjadi yang teratas.

Selain itu, kamu dapat menggunakan SEO untuk memaksimalkan kampanye PPC. Misalnya, halaman berperingkat tinggi mungkin lebih baik jika digunakan sebagai bagian dari iklan PPC, terutama jika kata kunci memiliki biaya per klik yang rendah.

5. Membantu Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Sementara banyak kampanye pemasaran cenderung berfokus pada audiens target yang ditentukan, alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis adalah karena dapat menarik siapapun yang memiliki kesesuaian dengan brand. 

Jika kamu menargetkan kata kunci, bukan demografi, sebanyak mungkin dengan PPC atau iklan sosial, kamu dapat menarik lebih banyak prospek yang mungkin tertarik untuk mengunjungi situs milikmu.

Caranya mudah. Pertama, rangking terlebih dahulu kata kunci yang akan digunakan, kemudian, gunakan alat penelitian kata kunci untuk mengembangkannya. 

Terakhir, gunakan riset kompetitif untuk menyempurnakan daftarmu dengan mengidentifikasi siapa pesaing di bisnis yang sama, serta kata kunci apa yang mereka rangking dan di mana mereka memiliki backlinks, dan gunakan informasi ini untuk membuat strategi SEO yang lebih baik.

Tetapi yang perlu diketahui tidak semua pengunjung akan memberikan profit. Para pengguna mesin pencari biasanya akan mencari produk yang mereka inginkan dengan memakai kata kunci yang unik. Sehingga, mereka akan mendapatkan informasi-informasi atau rekomendasi yang tepat atas apa yang mereka inginkan. 

Jika mereka menemukan situs tepat dengan yang mereka cari, tentunya ini menjadi peluang yang besar, karena mereka akan menjadikan situs tersebut acuan dan sekaligus juga akan menjadi konsumer di situsmu. 

6. Meningkatkan Kegunaan Situs

Alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis berikutnya adalah tentang membuat situs menjadi search engine friendly dan  juga dapat meningkatkan pengalaman yang dirasakan pelanggan saat mengunjungi situs tersebut. 

Ketika optimasi SEO sudah diterapkan dengan baik, situs akan lebih mudah ditemukan dari berbagai kata kunci. Nah, dari sini kamu bisa menjangkau banyak audiensi menggunakan dari berbagai kata kunci yang berhubungan dengan topik utama kata kunci.

Contohnya, topik utama blog atau situs adalah kesehatan, maka ada banyak kata kunci berkaitan dengan kecantikan yang bisa kamu targetkan. Dari situ, konten yang direkomendasikan adalah kata kunci yang membahas tentang gejala-gejala penyakit, cara pola hidup sehat, cara menyembuhkannya, dan topic-topik lainnya yang berhubungan dengan kesehatan.

Jika kamu  bekerja untuk menghasilkan konten yang bermanfaat dan berkualitas tinggi, membuat situs milikmu lebih cepat dan lebih responsif, menambahkan backlinks, dan menyempurnakan setiap halaman, ini dapat memaksimalkan kegunaan situs untuk mempromosikan brand di mesin pencari. 

Faktor-faktor yang meningkatkan kegunaan situs lainnya, termasuk struktur dan navigasi situs yang kuat, yang keduanya merupakan faktor bagaimana mesin pencari memberi peringkat situs.

7. Meningkatkan Brand Awareness

Kebanyakan orang biasanya melakukan pencarian terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mengetahui produk yang akan dibelinya secara mendetail, misalnya mulai dari bentuk fisik, bahan, harga produk, manfaat produk, cara pakai, dan sebagainya.

Nah, ini adalah alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis berikutnya karena kamu bisa bersaing dengan brand lainnya.

Misal, kamu adalah pemilik brand tas ransel dan telah berhasil mengoptimasi keyword “tas ransel anti air”, maka setiap orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut akan melihat situsmu di urutan pertama. Dengan demikian, popularitas brand juga akan semakin meningkat.

Semakin dikenalnya brand milikmu, maka akan semakin banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Misalnya saja, tingkat kepercayaan audiens yang meningkat, konversi audiens menjadi konsumen yang lebih tinggi, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan produk.

8. Mendapatkan Data Konsumen

Banyak pelaku bisnis online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media dengan tujuan untuk memperoleh data kontak seperti email, nomor ponsel, alamat, dan sebagainya dari audiens mereka.

Dengan mengetahui data audiens, maka suatu brand akan lebih mudah mengenali karakteristik ataupun perilaku audiens, sehingga brand tersebut dapat mendekati audiens mereka dengan lebih personal.

Dalam dunia pemasaran, pendekatan secara personal dengan audiens ataupun konsumen adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan, sekaligus meningkatkan loyalitas mereka sebagai konsumen. 

Untuk bisa memanfaatkan data audiens, kamu  juga perlu layanan lain untuk menyimpan data base tersebut. Misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list audiens yang pernah atau sering berbelanja di situsmu.

9. Meningkatkan Kualitas User Experience

User Experience (UX) yang baik adalah salah satu faktor kesuksesan suatu bisnis. Salah satu cara meningkatkan pengalaman pengguna adalah dengan membuat konten yang berguna bagi mereka.

Semakin berguna konten yang kamu buat dan sesuai dengan search intent, maka Google akan menganggap website-mu penting dan layak masuk ke dalam Search Engine Result Page (SERP). Dengan begitu, tentunya juga akan meningkatkan traffic organic pada website-mu.

Dapat disimpulkan jika alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis lainnya adalah dapat membuat website menjadi lebih SEO friendly yang juga akan meningkatkan kualitas user experience.

10. Menjangkau Pasar Lokal

Selain dapat membantu menjangkau pasar internasional, tentunya alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis yang lain yaitu dapat memaksimalkan performa bisnismu di tingkat lokal.

Metode local SEO cocok dilakukan untuk bisnis lokal berbasis lokasi seperti usaha rumahan, toko franchise, dan lain sebagainya. Kamu bisa mulai melakukan optimasi secara lokal dengan berfokus pada target pasar lokal. Termasuk pembuatan konten yang terkait dengan isu-isu lokal di wilayah tempat bisnismu berada.

Agar semakin ciamik, kamu juga bisa mengumpulkan testimoni melalui Google Review agar kredibilitas bisnis lokal mu semakin meningkat.

11. Investasi Jangka Panjang

SEO adalah investasi jangka panjang yang jika dilakukan secara konstan akan membuahkan hasil yang positif bagi perusahaan. Untuk itu, jadikanlah SEO sebagai investasi jangka panjang.

Penerapan SEO juga tidak bisa dilakukan secara instan. Hal ini karena “aturan main” SEO dapat selalu berubah-ubah. Sehingga, kamu harus selalu memantau dan mengikuti perkembangannya agar manfaat SEO yang kamu dapat terus maksimal.

12. Promosi Tanpa Kenal Waktu

Berbeda dengan iklan berbayar yang pada umumnya hanya dilakukan pada waktu tertentu, SEO bekerja untuk mempromosikan konten-konten di situs milikmu selama 7 hari seminggu, 24 jam sehari.

Ini membuat situsmu akan tetap bertahan di peringkat atas dan tidak akan hilang dalam semalam, kecuali jika melakukan pelanggaran terhadap ketentuan mesin pencari. Jadi, sekali menulis konten, promosi akan terus berjalan tanpa kenal waktu.

13. Meningkatkan Daya Saing

Para pebisnis pemula mungkin pada awalnya akan merasa kurang percaya diri untuk bersaing dengan perusahaan sejenis yang sudah lebih dulu ada dan tumbuh besar. Terlebih lagi dengan persaingan bisnis online yang makin hari makin ketat.

Sebetulnya tidak ada alasan untuk merasa minder karena Anda bisa meningkatkan daya saing dengan teknik SEO secara benar. Teknik ini sangat mudah dipelajari dan dipraktekkan.

Meskipun masih tergolong kecil dan baru, bisnis milikmu bisa memiliki daya saing yang kuat untuk berkompetisi dengan perusahaan yang lebih besar. Inilah mengapa SEO dibutuhkan untuk bisnis, bahkan yang skalanya masih kecil sekalipun.

14. Membantu Menyusun Strategi Bisnis

Mempermudah dalam proses penyusunan strategi bisnis ternyata merupakan alasan lainnya mengapa SEO dibutuhkan untuk bisnis.

Saat menggunakan teknik SEO pada situs, kamu akan bersinggungan dengan Google Analytics. Melalui tool dari Google ini, kamu akan memiliki akses dan mendapatkan data-data penting yang berkaitan dengan situs bisnis yang sangat berguna bagi kamu untuk menyusun strategi dalam rangka mengembangkan bisnis.

Data-data tersebut di antaranya:

  • Jumlah pengunjung situs
  • Demografi pengunjung situs
  • Halaman situs yang paling sering dikunjungi dan yang paling jarang dibuka
  • Durasi waktu membuka halaman situs

15. Membuat Metode Promosi Menjadi Lebih Menarik

Alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis yang terakhir adalah membuat metode promosi dari brand menjadi lebih menarik di mata audiens.

Teknik promosi secara konvensional pada umumnya bersifat menginterupsi, seperti iklan di media sosial (sponsored post), televisi, atau portal berita online, spam email, dan panggilan telepon. Saat ini, cara beriklan seperti itu sudah tidak menarik lagi, bahkan dianggap mengganggu.

Dengan menggunakan teknik SEO, kamu bisa menghindari cara beriklan yang membuat orang merasa tidak nyaman dan terganggu. Konten yang baik justru akan membuat masyarakat mengenal bisnis milikmu secara positif dan memberikan prospek yang sangat baik dalam meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Nah, setelah membaca informasi di atas, kini kamu sudah tahu 15 alasan SEO dibutuhkan untuk bisnis, baik bisnis besar maupun masih skala perorangan.

Di era modern ini, segala bisnis perusahaan tidak bisa lepas dari pemasaran lewat internet, baik itu Media Sosial, website, email, dan sebagainya.

Semua orang berkompetisi memproduksi konten terbaik, saat itulah pentingnya SEO menjadi bukti sebagai peran suksesnya bisnis perusahaan.


Bagi Anda yang butuh jasa SEO profesional untuk tingkatkan pemasaran bisnis, Anda bisa menggunakan jasa SEO terpercaya dari Sribu untuk proses optimasinya.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.