Pentingnya Social Media Management untuk Menjalankan Bisnis

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
November 9, 2022
Updated:
July 24, 2024

Pentingnya Social Media Management untuk Menjalankan Bisnis

Media sosial kini sangat digemari oleh banyak orang di berbagai kalangan, mulai dari yang muda hingga yang tua. Informasi apapun bisa didapatkan dengan mudah melalui media sosial, bahkan saat ini media sosial juga dimanfaatkan sebagai ladang untuk berbisnis.

Mengambil kesempatan perlu dilakukan, apalagi ketika peluang sudah ada di depan mata. Kamu bisa mulai mengoperasikan media sosial untuk menjadi tempat berbisnis.

Tidak hanya semata-mata membuat akun saja, kamu juga perlu mengelola akun media sosial perusahaan menjadi akun yang menarik dengan social media management. Dengan penerapan social media management yang benar, kamu bisa mendapatkan keuntungan di luar dari ekspektasi.

Karena itu, mari ketahui dulu apa itu social media management.

Pengertian Social Media Management

Social Media Management merupakan kegiatan mengelola media sosial dengan memanfaatkan tools, software, hingga layanan untuk digunakan sebagai wadah dalam menyebarkan informasi terkait produk atau jasa pada bisnis yang kamu punya. 

Hal-hal yang dilakukan dalam social media management di antaranya, menentukan jadwal untuk publish konten di media sosial, mengelola dan memberikan respon pada konsumen dengan cepat.

Untuk mempermudah kamu dalam melakukan pengelolaan media sosial, ada beberapa tools dari social media management, yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Tools ini bisa kamu gunakan untuk membantu dalam mempercepat dan mengefisiensi waktu kamu bekerja. Berikut ini beberapa tools social media management:

  • Hootsuite

Hootsuite dapat membantu mempermudah kamu dalam mengelola akun media sosial, pasalnya hootsuite bisa digunakan untuk membuat jadwal publish, memberikan respon, dan juga melihat traffic media sosial sekaligus. Hootsuite menjadi salah satu tools yang cukup dikenal pada social media management.

  • Buffer

Buffer berguna untuk membuat jadwal publish konten, dengan jangka waktu yang panjang. Jadi kamu tidak perlu repot untuk publish konten setiap harinya, karena dengan buffer kamu sudah bisa mengatur jadwal publish selama satu minggu.

  • SocialOomph

SocialOomph bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja pada media sosial, misalnya mengikuti seseorang di media sosial secara otomatis.

  • Tweepi

Tweepi merupakan tools yang digunakan pada akun media sosial twitter. Kamu bisa menaikkan jumlah pengikut, dan memudahkan kamu dalam mengatur pengikut akun media sosial bisnis kamu.

  • Social Bro

Social Bro menjadi tools yang sangat memudahkan kamu untuk membuat jadwal dan membuat campaign marketing bersama followers media sosial kamu. Social Bro ini merupakan sebuah web yang memberikan pelayanan dalam penyajian data yang bisa menaikkan tingkat penjualan.

  • BuzzSumo

Buzzsumo adalah tools yang bisa memberi data terkait hal apa saja yang sedang digemari banyak orang dengan memperlihatkan analisis data konten dalam tampilan dashboardnya. Buzzsumo juga mempunyai fitur yang bisa digunakan untuk mencari konten dengan kata kunci dan juga melakukan penyaringan konten.

Pentingnya Social Media Management dalam Bisnis

Berbagai tools social media management bisa membuat pekerjaan kamu menjadi lebih cepat dan mudah dilakukan. Maka dari itu, penggunaan social media management menjadi penting dalam bisnis. Berikut ini hal-hal yang bisa membuat kamu yakin tentang pentingnya social media management diterapkan dalam bisnis yang kamu punya:

1. Menaikkan Brand Awareness

Penerapan social media management mampu menaikkan brand awareness bagi para konsumen. Hal ini disebabkan karena pembuatan konten yang menarik dan juga jadwal publish yang konsisten akan menarik banyak orang untuk lebih mengenal dan mengetahui produk dan jasa yang kamu promosikan di media sosial.

2. Menjadi Wadah untuk Memberikan Informasi dan Melakukan Promosi

Dengan social media management, kamu bisa membuat media sosial menjadi wadah untuk memberikan informasi terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan, dan melakukan promosi supaya banyak orang di media sosial yang tertarik dengan bisnis kamu. Karena itu buatlah konten sebagus mungkin untuk membuat konsumen tertarik dengan apa yang kamu jual.

3. Menaikkan Tingkat Penjualan

Pada penerapannya, social media management beriringan dengan social media marketing. Sehingga, menerapkan social media management dalam bisnis mampu menaikkan jumlah konsumen yang ingin membeli produk kamu. Dengan begitu, akan terjadi peningkatan pada penjualan produk atau jasa.

4. Branding Perusahaan

Media sosial yang saat ini digunakan oleh banyak orang, bisa dimanfaatkan juga sebagai media untuk branding tentang perusahaan yang kamu punya, dan produk atau jasa apa yang ditawarkan. Jika memanfaatkan dengan baik, akan ada banyak orang yang mengenal perusahaan kamu dengan baik, hingga berubah menjadi konsumen untuk produk atau jasa milik perusahaan.

5. Memperlihatkan Kualitas Perusahaan

Media sosial juga bisa kamu jadikan ajang untuk memperlihatkan bahwa perusahaan beserta produk dan jasa yang kamu punya memiliki kualitas yang baik dari segi manfaat, kegunaan, dan juga ketahanan produk. 

Orang yang melihat bahwa perusahaan kamu berkualitas tinggi, pasti akan memilih untuk membeli produk dan menjadi konsumen setia.

Nah, jadi sudah tahu kan seberapa penting social media management ini diterapkan dalam bisnis yang sedang kamu kembangkan. Dengan ini, kamu bisa menjalankan bisnis dengan baik dan menghasilkan keuntungan baik untuk kamu maupun konsumen.

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.