Kosakata SEO

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
July 25, 2023
Updated:
July 25, 2023

A

Algorithm: Algoritma adalah sekumpulan aturan dan proses yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat dan urutan tampilan hasil pencarian. Algoritma ini terus diperbarui dan dioptimalkan untuk memberikan hasil pencarian yang relevan.

ALT Text: ALT text adalah teks deskriptif yang diberikan pada gambar untuk memberi tahu mesin pencari tentang konten gambar tersebut. ALT text juga membantu pengguna dengan disabilitas visual karena dapat dibaca oleh pembaca layar.

Anchor Text: Anchor text adalah teks yang digunakan sebagai tautan (link) ke halaman lain. Anchor text yang relevan dan mengandung kata kunci dapat membantu meningkatkan peringkat halaman yang ditautkan.

Authority: Authority adalah otoritas dan kepercayaan yang dimiliki oleh situs web atau halaman tertentu di mata mesin pencari. Otoritas ini dapat ditingkatkan dengan mendapatkan backlink dari situs otoritatif lainnya.

B

Backlink: Backlink adalah tautan yang mengarah dari satu situs web ke situs web lain. Backlink dari situs web berkualitas dan otoritatif dapat membantu meningkatkan otoritas dan peringkat SEO situs web.

Black Hat SEO: Black Hat SEO adalah praktik SEO yang melanggar pedoman dan aturan mesin pencari dalam upaya untuk meningkatkan peringkat situs web dengan cepat. Ini termasuk manipulasi tautan, pembuatan konten ganda, dan keyword stuffing. Praktik ini dapat menyebabkan penalti dari mesin pencari.

Bounce Rate: Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan situs web setelah hanya melihat satu halaman tanpa melakukan tindakan lebih lanjut. Bounce rate yang tinggi dapat menunjukkan bahwa konten atau pengalaman pengguna tidak relevan atau menarik.

Broken Link: Broken link adalah tautan yang tidak lagi berfungsi atau mengarah ke halaman yang tidak ada. Broken link dapat merugikan pengalaman pengguna dan dapat mempengaruhi peringkat SEO.

Canonical URL: Canonical URL adalah versi preferensi suatu halaman yang dipilih untuk ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari. Ini membantu menghindari masalah konten duplikat.

CTR (Click-Through Rate): CTR adalah rasio antara jumlah klik pada tautan dengan jumlah tampilan tautan tersebut. CTR adalah faktor penting dalam menilai keberhasilan kampanye pemasaran online.

D

Deep Linking: Deep linking adalah tautan yang mengarah langsung ke halaman dalam situs web daripada ke halaman depan atau utama. Deep linking membantu meningkatkan navigasi pengguna di situs web.

Disavow File: Disavow file adalah file teks yang berisi daftar tautan yang ingin diabaikan atau tidak diikutsertakan dalam proses pengindeksan oleh mesin pencari. File ini digunakan untuk membersihkan profil tautan situs web dari tautan berbahaya atau spam.

Domain Authority (DA): Domain Authority adalah skor atau peringkat yang menunjukkan otoritas dan kredibilitas suatu situs web. Skor ini dikembangkan oleh Moz dan diukur dari 1 hingga 100.

Duplicate Content: Duplicate content adalah konten yang sama atau sangat mirip yang muncul di beberapa halaman web atau situs web. Konten duplikat dapat merugikan peringkat SEO karena mesin pencari mencari variasi dan unikitas dalam konten.

Dwell Time: Dwell time adalah lamanya waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di halaman web sebelum kembali ke hasil pencarian atau navigasi ke halaman lain. Dwell time dapat mempengaruhi peringkat SEO karena menunjukkan relevansi konten bagi pengguna.

E

EAT (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness): EAT adalah singkatan dari Expertise (keahlian), Authoritativeness (otoritas), dan Trustworthiness (kepercayaan). Konsep ini menjadi faktor penting dalam penilaian mesin pencari tentang kualitas konten dan otoritas situs web.

External Link: External link adalah tautan yang mengarah ke halaman web dari situs web lain. Tautan eksternal dapat membantu meningkatkan otoritas situs web, terutama jika berasal dari situs yang berkualitas dan relevan.

F

Featured Snippet: Featured snippet adalah blok yang ditampilkan oleh mesin pencari di atas hasil pencarian utama sebagai jawaban ringkas untuk pertanyaan pengguna. Memenangkan featured snippet dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda di hasil pencarian.

Footer Link: Footer link adalah tautan yang terletak di bagian bawah halaman web, biasanya di footer situs. Footer link seringkali digunakan untuk navigasi internal di situs web.

Fresh Content: Fresh content adalah konten baru yang terus diperbarui di situs web. Konten yang segar dapat membantu meningkatkan peringkat SEO karena menunjukkan bahwa situs web aktif dan relevan.

G

Google Analytics: Google Analytics adalah alat analisis web gratis yang disediakan oleh Google untuk melacak dan menganalisis lalu lintas situs web. Ini memberikan wawasan tentang perilaku pengguna dan kinerja situs web.

Google My Business: Google My Business adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan bisnis untuk mengelola informasi mereka di Google, termasuk daftar bisnis, lokasi, jam kerja, dan ulasan.

Google Search Console: Google Search Console (sebelumnya Webmaster Tools) adalah alat gratis dari Google yang membantu pemilik situs web melacak dan mengelola kinerja situs web mereka di hasil pencarian Google.

Gray Hat SEO: Gray Hat SEO adalah praktik SEO yang berada di antara Black Hat SEO dan White Hat SEO. Praktik ini seringkali mengikuti aturan tetapi dengan cara yang mencurigakan dan dapat menyebabkan penalti mesin pencari.

H

Heading Tags: Heading tags (H1, H2, H3, dst.) adalah tag HTML yang digunakan untuk memberi hierarki pada judul dan subjudul di halaman web. Penggunaan heading tags yang tepat dapat membantu mesin pencari memahami struktur konten Anda.

Hidden Text: Hidden text adalah teks yang disembunyikan dari pengguna dengan menggunakan warna teks yang sama dengan latar belakang atau ukuran teks yang sangat kecil. Ini adalah praktik Black Hat SEO dan dapat menyebabkan penalti dari mesin pencari.

HTML (Hypertext Markup Language): HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dan mengatur struktur dan konten di dalamnya.

I

Indexing: Indexing adalah proses di mana mesin pencari menambahkan halaman web ke database mereka (indeks) sehingga dapat ditampilkan dalam hasil pencarian.

Inbound Link: Inbound link adalah tautan yang mengarah ke halaman web Anda dari situs web lain. Inbound link juga disebut backlink.

Internal Link: Internal link adalah tautan yang mengarah dari satu halaman di situs web Anda ke halaman lain di situs web yang sama. Internal link membantu pengguna dan mesin pencari untuk mengikuti dan menjelajahi halaman di situs Anda.

J

JavaScript: JavaScript adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat efek interaktif dan dinamis di situs web. Mesin pencari modern dapat mengindeks konten JavaScript, tetapi perlu diimplementasikan dengan benar.

K

Keyword: Keyword adalah kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi di mesin pencari. Pemilihan kata kunci yang tepat dan penggunaan mereka secara strategis adalah bagian penting dari optimasi SEO.

Keyword Cannibalization: Keyword cannibalization terjadi ketika beberapa halaman di situs web bersaing satu sama lain untuk peringkat di hasil pencarian untuk kata kunci yang sama. Ini dapat menyebabkan penurunan peringkat dan kinerja keseluruhan situs web.

Keyword Density: Keyword density adalah persentase frekuensi kata kunci tertentu dalam konten. Mesin pencari mencari proporsi kata kunci yang alami dan relevan.

Keyword Research: Keyword research adalah proses mencari dan menganalisis kata kunci potensial yang relevan dengan bisnis atau industri Anda. Ini adalah langkah awal dalam strategi SEO.

L

Landing Page: Landing page adalah halaman web khusus yang dirancang untuk mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian. Landing page umumnya memiliki CTA (Call-to-Action) yang jelas.

Latent Semantic Indexing (LSI): LSI adalah metode yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengidentifikasi hubungan antara kata kunci dan konten yang relevan, bahkan jika kata kunci itu sendiri tidak muncul dalam konten.

Link Building: Link building adalah proses mendapatkan tautan dari situs web lain ke situs web Anda. Backlink yang berkualitas membantu meningkatkan otoritas dan peringkat SEO situs web.

Long-Tail Keywords: Long-tail keywords adalah kata kunci yang lebih panjang dan lebih spesifik, biasanya memiliki volume pencarian yang lebih rendah tetapi tingkat konversi yang lebih tinggi.

M

Meta Description: Meta description adalah deskripsi singkat tentang konten halaman yang ditampilkan di hasil pencarian. Meta description dapat mempengaruhi CTR dan memberikan gambaran kepada pengguna tentang isi halaman.

Meta Tags: Meta tags adalah tag HTML yang memberikan informasi tentang halaman web kepada mesin pencari. Ini termasuk meta title, meta description, dan meta keywords.

Mobile-First Indexing: Mobile-first indexing adalah pendekatan mesin pencari di mana versi mobile situs web Anda diutamakan untuk indeksasi dan peringkat. Ini karena mayoritas pencarian dilakukan melalui perangkat mobile.

Nofollow: Nofollow adalah atribut yang ditambahkan ke tautan untuk memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengikutsertakan tautan tersebut dalam perhitungan otoritas halaman yang ditautkan.

Noindex: Noindex adalah tag yang diberikan pada halaman untuk menginstruksikan mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman tersebut. Hal ini sering digunakan pada halaman pembayaran, halaman pribadi, atau halaman yang tidak ingin ditampilkan di hasil pencarian.

O

On-Page SEO: On-page SEO adalah upaya mengoptimalkan elemen di dalam situs web Anda, seperti konten, judul, deskripsi, URL, dan tag heading, untuk meningkatkan peringkat dan relevansi dalam hasil pencarian.

Organic Search: Organic search adalah lalu lintas situs web yang berasal dari hasil pencarian alami dan tidak melalui iklan berbayar.

Outbound Link: Outbound link adalah tautan dari halaman web Anda yang mengarah ke halaman web situs web lain. Outbound link membantu mengarahkan pengguna ke sumber informasi yang relevan.

P

Page Authority (PA): Page Authority adalah skor atau peringkat yang menunjukkan otoritas dan kredibilitas suatu halaman di situs web. Skor ini dikembangkan oleh Moz dan diukur dari 1 hingga 100.

Page Speed: Page speed adalah waktu yang diperlukan oleh halaman web untuk dimuat sepenuhnya. Kecepatan halaman yang cepat adalah faktor penting dalam peringkat SEO dan pengalaman pengguna.

Panda: Panda adalah pembaruan algoritma Google yang diluncurkan untuk mengurangi peringkat situs web dengan konten berkualitas rendah atau konten duplikat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian.

Penguin: Penguin adalah pembaruan algoritma Google yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengenali tautan spam yang dibuat untuk meningkatkan peringkat situs web. Situs web dengan backlink berkualitas rendah dapat menerima penalti dari algoritma ini.

RankBrain: RankBrain adalah bagian dari algoritma Google yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami dan memproses pertanyaan pengguna. Ini membantu Google memberikan hasil pencarian yang lebih relevan.

Redirect: Redirect adalah proses mengalihkan pengunjung dari satu URL ke URL lainnya. Redirect berguna ketika halaman web mengalami perubahan atau ketika situs web ingin menggabungkan konten dua halaman menjadi satu.

Rich Snippet: Rich snippet adalah hasil pencarian yang menampilkan informasi tambahan, seperti rating, harga, dan ulasan, di bawah deskripsi halaman. Rich snippet dapat meningkatkan visibilitas dan CTR situs web Anda di hasil pencarian.

S

Schema Markup: Schema markup adalah kode tambahan yang ditempatkan di situs web untuk membantu mesin pencari memahami konten dengan lebih baik. Ini membantu meningkatkan kemungkinan situs web Anda ditampilkan sebagai rich snippet di hasil pencarian.

Search Engine: Search engine adalah program komputer yang digunakan untuk mencari dan mengindeks informasi di internet. Contoh search engine termasuk Google, Bing, dan Yahoo.

Search Engine Results Page (SERP): SERP adalah halaman yang ditampilkan oleh mesin pencari setelah pengguna memasukkan pertanyaan atau kata kunci tertentu. Halaman ini berisi hasil pencarian dan mungkin juga fitur khusus seperti featured snippet, gambar, atau daftar bisnis.

SEO Audit: SEO audit adalah proses pemeriksaan menyeluruh situs web untuk mengidentifikasi masalah teknis, optimasi konten, dan kesalahan yang dapat mempengaruhi peringkat SEO.

SEO-Friendly: SEO-friendly adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan situs web atau halaman yang dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari. Situs web yang SEO-friendly lebih mudah diindeks dan diberi peringkat lebih tinggi.

Sitemap: Sitemap adalah file XML yang berisi daftar semua halaman di situs web dan digunakan oleh mesin pencari untuk mengindeks halaman dengan lebih baik.

Social Media Signals: Social media signals adalah tanda atau sinyal dari aktivitas sosial di platform media sosial, seperti berbagi, like, dan komentar. Mesin pencari menganggap aktivitas sosial sebagai faktor dalam peringkat SEO.

SSL Certificate: SSL certificate adalah sertifikat keamanan yang menjamin bahwa data antara pengguna dan server situs web terenkripsi dan aman. Situs web dengan SSL certificate mendapatkan peringkat lebih tinggi di hasil pencarian.

T

Title Tag: Title tag adalah tag HTML yang memberikan judul untuk halaman web. Judul ini ditampilkan di hasil pencarian dan menjadi salah satu faktor penting dalam peringkat SEO.

TrustRank: TrustRank adalah algoritma yang dikembangkan oleh Yahoo! untuk mengukur otoritas dan kepercayaan situs web. Mesin pencari menggunakan TrustRank untuk mengidentifikasi situs web berkualitas dan otoritatif.

U

URL (Uniform Resource Locator): URL adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi halaman web di internet. URL yang deskriptif dan mudah diingat membantu mesin pencari dan pengguna untuk menavigasi situs web.

V

Voice Search: Voice search adalah metode pencarian di mana pengguna menggunakan suara manusia untuk mencari informasi melalui asisten suara atau perangkat voice-enabled seperti Siri, Alexa, atau Google Assistant.

W

Web Crawler: Web crawler (atau spider) adalah program komputer yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengindeks dan menelusuri halaman web di internet.

White Hat SEO: White Hat SEO adalah praktik SEO yang sesuai dengan pedoman dan aturan mesin pencari dalam upaya untuk meningkatkan peringkat situs web secara etis dan berkelanjutan.

WordPress: WordPress adalah platform manajemen konten (CMS) yang populer untuk membuat dan mengelola situs web. WordPress memiliki plugin dan tema yang SEO-friendly.

X

XML Sitemap: XML sitemap adalah file yang berisi daftar halaman di situs web dan digunakan oleh mesin pencari untuk mengindeks halaman dengan lebih baik. Sitemap ini dapat di-submit ke Google Search Console.

Y

Yoast SEO: Yoast SEO adalah plugin SEO populer untuk WordPress. Ini membantu pengguna dalam mengoptimalkan konten halaman mereka dengan memberikan saran dan rekomendasi SEO.

#
SEO Kosa Kata
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.