Rekomendasi Jasa Konsultan Marketing, Simak Tips Memilihnya!

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
August 31, 2023
Updated:
August 31, 2023

Pernahkah kamu berkeinginan untuk menggunakan jasa konsultan marketing?

Mengutip Indeed, jasa konsultan marketing memberi perusahaan analisis dan saran ahli untuk meningkatkan kampanye pemasaran mereka, menjangkau pelanggan baru, dan mengembangkan strategi marketing baru. 

Perkembangan teknologi digital serta komunikasi menimbulkan pergeseran kebiasaan dalam melakukan berbagai aktivitas manusia. Tidak terkecuali pada aktivitas bisnis dimana saat ini para pelakunya berbondong-bondong beralih ke dunia digital.

Alhasil, perusahaan yang masih awam dengan dunia ini akan lebih memilih menggunakan jasa konsultan marketing. Meski harus merogoh harga yang lebih tinggi, namun dapat menghemat dana yang harus dikeluarkan semisal perusahaan mengalami kegagalan.

Biar bagaimanapun, tidak semua orang mampu mengelola aktivitas pemasaran digital secara efektif sebab berbagai alasan. Ini menimbulkan ketertinggalan perusahaan di tengah persaingan yang kian global dan ketat.

Agar lebih jelas dan paham tentang jasa konsultan marketing, di bawah ini adalah rangkuman tentang informasi lengkapnya. Jangan lupa disimpan, siapa tahu kamu membutuhkannya kelak!

Apa Itu Jasa Konsultan Marketing? 

Jasa konsultan marketing adalah layanan yang memberi nasihat kepada perusahaan tentang cara menjangkau konsumen di pasar sasaran dan mengubahnya menjadi pelanggan yang melakukan transaksi.

Peran jasa konsultan marketing mirip dengan koordinator marketing dan manajer marketing.

Berikut adalah beberapa perbedaan penting yang mungkin akan kamu temukan, dilansir dari Coursera:

  • Koordinator marketing bertanggung jawab untuk membantu mengkoordinasikan upaya pemasaran perusahaan, dan dapat bertanggung jawab untuk melakukan riset pasar, membuat konten, dan memantau kampanye iklan. Koordinator dapat melapor kepada manajer pemasaran.
  • Seorang manajer marketing sering menjadi pemimpin dalam tim pemasaran, mengembangkan rencana pemasaran dan mengawasi pelaksanaannya.
  • Jasa konsultan marketing sering kali merupakan pihak luar, yang disewa oleh perusahaan untuk memberi nasihat tentang langkah selanjutnya.

Peran jasa konsultan marketing dapat bervariasi tergantung pada perusahaannya, karena konsultan marketing  dapat menggunakan beberapa platform media untuk mempromosikan kampanye di industri yang berbeda. 

Adapun jasa konsultan marketing dapat memberikan analisis dan laporan ahli tentang kampanye yang ada dan membuat kampanye baru. Pihak konsultan juga dapat menerapkan alat atau teknologi pemasaran yang berguna untuk membantu kampanye ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan Marketing

Konsultasi marketing sebagai layanan jasa memungkinkan bisnis untuk mengakses pengetahuan pemasaran yang sangat canggih dengan persyaratan yang dapat diandalkan. 

Umumnya, bisnis mempekerjakan profesional konsultan marketing berdasarkan kebutuhan mendesak dan waktu kerja yang singkat.

Manfaat utama dari jasa konsultan marketing dapat diringkas dalam fitur utama berikut.

1. Pengetahuan Khusus

Bisnis selalu mencari pendapat yang sangat terspesialisasi dan bantuan ahli untuk tidak hanya menyelesaikan tugas tetapi juga untuk memberikan keunggulan kompetitif di pasar. 

Jasa konsultan marketing selalu dibutuhkan untuk memberi nilai tambah pada merek dan kegiatan pemasaran dan bukan hanya untuk melengkapinya. 

Manfaat utama jasa konsultan marketing adalah kemampuan mereka untuk memberikan visi ahli dan mencegah kesalahan pemasaran.

2. Sebagai Pemberi Saran Pihak Ketiga

Jasa konsultan marketing adalah sumber daya eksternal yang membawa pendapat baru ke meja pemangku kepentingan. Intervensi pihak ketiga dapat memberikan interpretasi baru terhadap situasi dan masalah pemasaran. 

Konsultan yang berpengalaman memiliki kemampuan untuk menunjukkan penelitian yang akurat dan memberikan hipotesis yang luas. Pada dasarnya, menjadi sumber eksternal memungkinkan jasa konsultan marketing untuk menyelidiki lebih lanjut dan memperluas analisis.

3. Fleksibilitas

Peran jasa konsultan marketing dapat menjadi pendekatan untuk mendorong taktik strategis tertentu. 

Dalam beberapa kasus, konsultasi dapat berbasis proyek atau bahkan langsung untuk mendapatkan keuntungan dan KPI. 

Fleksibilitas dalam mempekerjakan dan mengelola kolaborasi ini telah mengubah departemen pemasaran untuk melakukan pendekatan yang lebih berani dan teknologi dan saluran vertikal baru. 

Selain itu, lebih mudah untuk mengevaluasi konsultan dengan meninjau riwayat pekerjaan mereka serta melakukan test drive untuk mengeksplorasi kemampuan mereka dalam memecahkan masalah saat ini.

Tidak seperti marketing penuh waktu, jasa konsultan marketing dipekerjakan secara sementara untuk melaksanakan proyek tertentu. Ini memberikan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi dan kemajuan untuk layanan konsultasi. 

Ada berbagai model komitmen yang dapat dipilih bisnis seperti tarif per jam atau berdasarkan proyek. Dalam beberapa kasus, ini dapat memungkinkan perusahaan memiliki kontrol anggaran yang efisien. 

Selain itu, konsultan juga terjamin lebih berpengalaman dan kontribusi mereka sangat terkonsentrasi yang dapat menghemat biaya. 

4. Kustomisasi

Secara tradisional, divisi marketing akan membutuhkan karyawan baru untuk mengejar teknologi baru dan memenuhi tugas yang berbeda. 

Nah, dalam hal ini jasa konsultan marketing dapat memberikan lebih banyak kemampuan dalam menguji teknologi marketing dan menentukan arah yang akurat dengan pengalaman yang mereka miliki.

Alhasil, jasa konsultan marketing memungkinkan pendekatan yang dapat disesuaikan tanpa perlu menandatangani komitmen penuh atau anggaran belanja di jalur yang tidak pasti.

Jasa konsultan marketing dapat melibatkan berbagai jenis perusahaan dan merek berdasarkan skala, anggaran, dan ukuran pasar mereka. 

Namun, perusahaan konsultan terkenal lebih menyukai perusahaan besar. Sedangkan penyedia jasa konsultan marketing independen dan freelance biasanya fleksibel dan dapat memberikan layanan yang disesuaikan.

5. Kontrol Budget Marketing 

Kesalahan penyusunan strategi juga sangat berpengaruh terhadap kondisi finansial perusahaan. Bagaimana tidak, kegiatan promosi menghabiskan biaya tersendiri, namun tidak menghasilkan keuntungan sepadan. 

Maka, ini menimbulkan masalah baru yaitu terkait dengan keuangan karena kegiatan marketing memerlukan biaya yang bisa dibilang cukup besar. Oleh sebab itu, perlu dipastikan kinerja kampanye promosi di berbagai platform. 

Ini menjadi salah satu lingkup kerja jasa konsultan marketing, dimana konsultan tersebut juga membantu dalam mengatur biaya pemasaran. Misalnya berapa budget yang diperlukan untuk melaksanakan strategi pemasaran A, serta menjawab pertanyaan seperti:

  • Apakah anggaran yang dikeluarkan sudah sesuai dengan output atau hasil campaign?
  • Apakah terdapat pos-pos pemasaran yang perlu ditambah atau dikurangi anggarannya?
  • Serta lain sebagainya. 

Jangan ragu untuk menyampaikan permasalahan dan kondisi perusahaan kepada jasa konsultan marketing. Konsultan ini akan membantu memberikan solusi terbaik yang efektif untuk menyelesaikan persoalan seputar pemasaran digital.

6. Konsultasi dan Transformasi Pemasaran

Mengubah peran marketing dalam bisnis adalah nilai inti di balik proses konsultasi. Terutama, konsep marketing umumnya terkait dengan proses transformasi digital dalam bisnis. 

Konsultasi marketing adalah salah satu pendekatan yang paling efektif dalam mengevaluasi dan merencanakan transformasi marketing. 

Pada akhirnya, konsultasi di sini dapat mencakup beberapa tugas seperti rencana otomasi pemasaran, struktur pemasaran, penilaian teknologi pemasaran, kerangka kerja analisis data, dan yang terpenting pembinaan dan pelatihan.

7. Menciptakan Pertumbuhan Bisnis

Tidak berhenti sampai target yang sudah ada, seorang konsultan marketing akan dikatakan sukses jika kliennya mengalami growth atau pertumbuhan bisnis yang signifikan.

Untuk itu, biasanya jasa konsultan marketing tidak hanya mengerjakan apa yang sudah menjadi tugas utamanya seperti yang tertuang di kontrak kerjasama, namun juga akan mengupayakan pengembangan bisnis kearah yang lebih baik, agar mampu mendapat kepercayaan dari lebih banyak calon pelanggan lainnya.

Apa Saja Layanan Jasa Konsultan Marketing?

Berikut ini adalah beberapa layanan yang biasa kita temui ketika hendak menggunakan jasa konsultan marketing.

1. Jasa Konsultasi Marketing

Jasa konsultasi marketing adalah jasa konsultasi yang khusus menangani permasalahan marketing, branding dan penjualan bisnis yang baru dibuat maupun yang sedang berkembang.

a. Jasa Pembuatan Strategi Marketing

Merencanakan strategi marketing yang tepat bagi bisnis berkembang, bisnis baru maupun produk baru

b. Jasa Analisa Kompetitor

Menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing langsung dan tidak langsung dari bisnis.

c. Jasa Analisa Pasar

Menganalisa kondisi pasar yang ditarget sebelum memulai bisnis baru atau mengembangkan bisnis yang ada.

d. Jasa Branding

Menciptakan daya tarik kepada calon pelanggan bisnis dengan menyusun rencana pemasaran yang terintegrasi.

2. Jasa Digital Marketing

Jasa digital marketing adalah layanan branding dan promosi bisnis dan produk secara digital (menggunakan internet). Jenis jasa ini, meliputi :

a. Jasa Pembuatan Website

Website development menggunakan CMS Wordpres yang memiliki struktur SEO yang baik dan optimal (SEO Friendly).

b. Jasa SEO Ranking Website

Membuat website terindex pada page pertama di google untuk kata kunci yang di targetkan dengan cepat dan aman.

c. Jasa Sosial Media Marketing

Mengelola platform sosial media bisnis guna meningkatkan traffic website, engagement dan kepercayaan pelanggan.

3. Jasa Pembuatan Video dan Desain Grafis

Jasa pembuatan video dan desain grafis adalah salah satu layanan yang diberikan oleh konsultan dalam memenuhi kebutuhan akan marketing tools (perlengkapan marketing) yang akan digunakan oleh para sales tim atau untuk mempromosikan bisnis melalui media digital.

Jenis Jasa Pembuatan Video Marketing, meliputi :

a. Video Animasi 2D dan 3D

Video animasi untuk menjelaskan produk/service maupun menjelaskan suatu proses.

b. Video Company Profile

Video informasi bisnis, produk dan service yang dirangkai dalam sebuah cerita.

c. Video Liputan dan dokumentasi

Video yang mengabadikan kegiatan atau acara yang dilakukan seperti launching produk, kegiatan terkait pekerjaan, dll.

d. Video Creative Marketing

Video untuk berinteraksi dengan pelanggan seperti video tutorial produk, video testimonial pelanggan, video tips, dll.

Jenis Jasa Desain Grafis Kreatif, meliputi :

a. Pembuatan Brand Identity

Contoh brand identity adalah seperti logo, seragam, kartu nama, ID Card, company profile, kop surat, stempel, plang kantor, dll.

b. Pembuatan Brosur dan Katalog

Desain brosur, flyer, katalog, dll sebagai media untuk menjelaskan detail produk atau service yang ditawarkan.

c. Pembuatan X-Banner dan Spanduk

Membuat X-Banner, Spanduk, Backdrop, Poster, umbul-umbul dengan desain yang menarik perhatian calon pelanggan.

d. Pembuatan Packaging Produk

Seperti kemasan makanan, minuman, dan produk lain dengan berbagai material dan ukuran yang disesuaikan.

e. Pembuatan Merchandise

Contoh Merchandise seperti goodie bag, kalendar, payung, t-shirt, jam, mug, dll.

f. Pembuatan Desain Bangun Ruang

Contohnya seperti desain interior dan exterior kantor, cafe, dll maupun pembuatan stand/booth pameran dan acara, totem, dll.

Tips Memilih Jasa Konsultan Marketing

Menggandeng konsultan untuk menangani berbagai persoalan pada bisnis tentu tidak boleh sembarangan. Perlu ada beberapa kriteria untuk dijadikan sebagai pedoman dalam memilihnya. Berikut beberapa tipsnya agar tidak salah pilih.

1. Melakukan Pekerjaan Berbasis Riset

Pastikan memilih jasa konsultan marketing yang mengutamakan riset ketika melakukan pekerjaannya. Riset merupakan data-data nyata di lapangan yang dapat dijadikan sebagai acuan valid dalam menyusun berbagai perencanaan dan strategi.

2. Perhatikan Layanan yang Ditawarkan

Setiap jasa konsultan marketing biasanya memiliki penawaran jasa berbeda-beda. Pelajari apa saja penawaran layanan nya sebelum meneken kontrak. Pastikan agar jasa tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Beberapa layanan fundamental jasa konsultan marketing umumnya meliputi manajemen pemasaran di media sosial, pembuatan dan pengelolaan website bisnis, konten marketing management, email marketing, video marketing, dan sebagainya.

3. Perhatikan Portofolio dan Track Recordnya

Kompetensi sebuah perusahaan bisa dilihat dari profil portofolionya. Tanyakan apa saja brand yang pernah dikerjakan oleh jasa konsultan marketing tersebut dan pelajari apakah hasilnya sesuai dengan ekspektasi perusahaan. 

Sementara itu, reputasi perusahaan ditentukan dari track record atau rekam jejaknya. Meskipun bukan jaminan, namun track record dapat menjadi tolak ukur yang cukup ketika memilih konsultan. 

4. Pahami Model Bisnis yang Ditawarkan

Setiap jasa konsultan marketing memiliki cara kerja atau model bisnis yang berbeda. Perusahaan mempunyai karakter masing-masing dan mungkin sangat berlainan. 

Maka penting untuk mencari tahu bagaimana model bisnis yang dijalankan oleh suatu konsultan sebelum menggunakan jasanya. 

Mengetahui model bisnis jasa konsultan marketing sangat penting karena nantinya akan berkaitan dengan budget yang perlu dialokasikan. Selain budget, model bisnis setiap perusahaan juga berdampak pada workflow.

5. Berikan KPI

Hal terakhir yang harus menjadi pertimbangan sebelum menggunakan jasa konsultan marketing adalah key performance indicator. Ya, tim pemasaran harus menyediakan KPI untuk para konsultan.

Dengan itu, konsultan dapat memberikan gambaran mengenai efektivitas strategi pemasaran yang mereka terapkan.

Konsultan ternama biasanya membutuhkan parameter keberhasilan agar mereka dapat menganalisa kebutuhan sebuah perusahaan.

Rekomendasi Jasa Konsultan Marketing di Indonesia

Berikut ini merupakan jasa konsultan marketing terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan berbagai penghargaan di bidangnya.

1. Definite

Definite (PT Definite Maji Arsana) masuk sebagai salah satu jasa konsultan marketing terbaik di Jakarta, yang telah berkembang sebagai web agency dan menjadi penyedia layanan marketing yang dinamis.

2. Ogilvy Indonesia

Ogilvy Indonesia merupakan bagian dari Ogilvy Worldwide, salah satu jaringan marketing terbesar di dunia. Ogilvy telah mengelola berbagai brand ternama Indonesia dan multinasional. 

Pengalaman dalam mengelola klien-klien besar di Indonesia telah membawa Ogilvy Indonesia beberapa penghargaan bergengsi sebagai jasa konsultan marketing di seluruh dunia.

3. Leo Burnett Indonesia

Leo Burnett Indonesia menekankan bahwa kreativitas memiliki kekuatan untuk mengubah manusia. Salah satu jasa konsultan marketing terbaik ini memiliki prestasi yang gemilang, sehingga dipercaya oleh berbagai perusahaan besar untuk bekerja sama dengannya.

4. TopRank Indonesia

Bukan sekadar layanan agency, TopRank Indonesia merupakan jasa konsultan marketing di Indonesia, yang terdiri atas praktisi internet marketer. 

Selain itu, TopRank Indonesia juga mahir membantu para pebisnis karena memiliki strategi internet marketing yang terbukti bisa meningkatkan omzet penjualan melalui internet.

5. Dentsu Indonesia

Dentsu Indonesia merupakan salah satu jasa konsultan marketing dan digital creative agency terkemuka yang berbasis di Jakarta, yang meraih berbagai penghargaan dan klien dari berbagai brand ternama.

6. Future Creative Network (FCN)

Future Creative Network (FCN) menjadi salah satu jasa konsultan marketing dengan nama yang bersinar di kancah industri periklanan indonesia. Reputasinya yang baik membuat FCN dipercaya oleh para brand besar di Indonesia. 

Untuk mencapai tujuannya, mereka memiliki tiga pilar penting, yaitu creative storytelling, technology, dan content creation.

7. Havas Indonesia

Jasa konsultan marketing terbaik selanjutnya adalah Havas Indonesia. Perusahaan ini memiliki visi dan misi mengembangkan agency dengan menciptakan hubungan yang baik antara masyarakat dengan brand melalui kreativitas, media, dan inovasi. 

Melalui visi dan misi ini, Havas dipercaya oleh banyak brand besar di Indonesia untuk bekerja sama dengan mereka.

8. Blackstone Digital Agency

Blackstone Digital Agency telah beroperasi sejak 2009 dan berbasis di Jakarta. Agency ini memberikan beragam layanan termasuk jasa konsultan marketing, manajemen kampanye, pembuatan konten, pengelolaan media sosial, SEO, dan lainnya. 

Kampanye dan klien yang telah mereka tangani di antaranya adalah Sinarmas Land, BMW, Inter Milan, Starbucks, Fashion TV, Tesla, dan lain-lain. Layanan mereka terbukti berperforma tinggi dan membuat klien puas.

9. Imogen PR Agency

Telah berjalan selama 16 tahun, Imogen PR Agency memiliki keahlian khusus dalam public & government relations, policy, dan manajemen isu. Agency yang masuk dalam jajaran top 5 se-Indonesia ini telah menangani kampanye dan digital marketing Intel, Grohe, serta Unilever untuk Magnum Cafe-nya.

10. SAB Digital Marketing Agency

Dikenal dengan strategi digital marketing-nya yang unik dan berdampak, SAB Digital Marketing Agency menawarkan berbagai jasa konsultan marketing seperti SEO, iklan berbayar, manajemen media sosial, dan email marketing. 

Telkom Indonesia, Bosch, Waskita, dan Shopify adalah sebagian kecil dari klien mereka yang telah merasakan pertumbuhan bisnis dengan menggunakan jasa SAB.

11. Growinc Group Indonesia

Growinc Group Indonesia sebenarnya merupakan kesatuan dari agensi dengan layanan yang lebih spesifik: Growmint untuk digital marketing, NATA Software House untuk pengembangan platform dan teknologi, serta Nesvara untuk strategi branding. 

Maka, pelayanan yang diberikan oleh grup ini termasuk komplet. Agency dan jasa konsultan marketing yang berlokasi di Jakarta Selatan ini telah menangani berbagai kebutuhan klien dalam dan luar negeri, seperti Laurier, Domino’s Pizza, Aqua, dan Honda. Nesvara sendiri telah menangani festival persembahan Gojek.

12. The Fortuna

Kalau kamu sedang mencari agency yang memberikan layanan solusi digital lengkap, The Fortuna bisa jadi pilihanmu. Agency yang menyediakan jasa konsultan marketing terkemuka di Jakarta ini menawarkan layanan iklan, PR, perencanaan media digital, konsultasi brand, dan masih banyak lagi. 

Klien mereka berada di sektor industri yang cukup beragam, seperti TikTok, Allianz, Cadbury, Pertamina, BNI, dan lain-lain.

13. TwoMC

Jasa konsultan marketing satu ini memiliki pamor yang terjamin karena TwoMC juga telah melebarkan sayapnya sampai ke Toronto, Kanada, dan Hong Kong. Pengalaman lintas negaranya membuktikan performa dan kualitas mereka. 

McDonald, TedX, dan Manulife merupakan sebagian kecil yang telah merasakan kesuksesan jangka panjang lewat penggunaan tools dan strategi digital marketing oleh TwoMC.

14. Wave Digital

Jasa Wave Digital terbukti dalam meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis kliennya. Penyedia jasa konsultan marketing ini dikenal dengan pelibatan teknologi dan transformasi digital dalam pelaksanaan strateginya. 

Perusahaan yang telah bekerja sama dengan mereka diantaranya Sari Roti, Sido Muncul, BNI Syariah, Le Minerale, dan lain-lain.

Kesimpulan

Jasa konsultan marketing memang sangat beragam dan lengkap. Untuk itu, menggunakan jasa konsultan marketing untuk memenuhi kebutuhan bisnis adalah keputusan yang tepat.

Itu dia informasi lengkapnya, semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang membangun atau menjalankan bisnis dan hendak menggunakan layanan konsultan marketing. Ingat, jangan lupa perhatikan aspek di atas saat memilihnya, ya!

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.