Rekomendasi Sertifikasi SEO Terbaik, Ada yang Tersedia Gratis!

Sertifikasi SEO memiliki beragam manfaat, terutama jika kamu ingin berkarir sebagai SEO Specialist. Simak manfaat serta rekomendasinya berikut ini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Sertifikasi SEO kini mulai banyak dicari, terutama karena peluang pekerjaannya yang menjanjikan. Dengan memanfaatkan platform digital, perusahaan berlomba-lomba untuk memaksimalkan pemasarannya menggunakan SEO.

Melansir Search Engine Journal, tidak ada satu pun sertifikasi SEO yang diakui secara luas. Tidak ada gelar SEO atau kurikulum umum, karena SEO adalah disiplin besar yang membutuhkan banyak keterampilan dan melibatkan banyak orang.

Bila kamu tertarik untuk mengikuti sertifikasi SEO namun masih belum tahu mencoba yang mana, ada baiknya simak penjelasan dan rekomendasi di bawah ini.

Apa Itu Sertifikasi SEO?

Dikutip dari Ahrefs, sertifikasi SEO diberikan kepada mereka yang menyelesaikan kursus SEO dan menunjukkan penerapan hal-hal yang mereka sudah pelajari dengan menyelesaikan tes atau kuis.

Meski sama-sama mempelajari seputar SEO, nyatanya tahapan dari sertifikasi SEO dari kursus SEO berbeda, lho.

Ini karena ketika kamu mengikuti sertifikasi SEO, maka kamu harus memenuhi tahapan ini:

  • Harus mengikuti kuis/tes baik lulus maupun gagal.
  • Setelah lulus kuis/tes, penyedia kursus harus memberikan bukti pencapaian.
  • Memperoleh sertifikasi dalam bentuk sertifikat atau lencana.

Jadi, bisa dikatakan bahwa sertifikasi SEO pada dasarnya adalah penghargaan yang diberikan setelah kamu menyelesaikan penilaian dalam optimasi mesin pencari. Ini menunjukkan bahwa kamu telah mendapatkan pelatihan dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja dengan optimalisasi mesin pencari.

Mengapa Sertifikasi SEO Penting?

Bagi kamu yang ingin memperdalam karir dalam bidang ini, tentu sertifikasi SEO bisa menjadi modal yang menguntungkan dan membuatmu memiliki nilai yang lebih di mata perusahaan dibandingkan pesaing lain yang tidak memiliki sertifikasi SEO.

Selain meningkatkan value, berikut ini adalah penjelasan mengapa sertifikasi SEO menjadi penting untuk kamu ambil!

1. Pelatihan & Pengembangan

Memiliki sertifikasi SEO akan sangat membantu dalam memahami apa saja konsep dasar dan tentunya dapat menambah pengalaman. Ini juga membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri sebagai seorang profesional SEO yang bersertifikat. 

Memiliki sertifikasi SEO juga menunjukkan bahwa kamu mengetahui keterampilan terbaru dan paling relevan. Memiliki pelatihan yang tepat akan memungkinkanmu menunjukkan pengetahuan dan keahlian dalam SEO. Poin plusnya, tentu sertifikasi akan sangat menguntungkan saat mencari pekerjaan.

2. Spesialisasi

Digital marketing memiliki berbagai peran yang bisa kamu coba dalam berkarir. Tetapi jika memiliki spesialisasi dalam bidang tertentu, ini akan memudahkan kamu fokus dan membangun jenjang karir yang baik. 

Karena SEO bersifat teknis, perusahaan mencari untuk menyewa seorang spesialis saat merekrut untuk posisi SEO. Memiliki sertifikasi SEO akan membantu memperkuat keterampilanmu. Selain itu, memiliki sertifikasi khusus menunjukkan tekad dan komitmen terhadap peran yang tersertifikasi.

3. Kredibilitas

Memiliki sertifikasi SEO membantu meningkatkan kredibilitas sebagai seseorang yang ahli dalam bidang ini. Utamanya, perusahaan akan mencari kandidat yang tidak hanya memiliki keterampilan dan pengetahuan tetapi juga yang telah menerima pelatihan bersertifikat. 

Memiliki kredibilitas karena sertifikasi akan memberikanmu keunggulan kompetitif dibandingkan kandidat lainnya.

4. Keuntungan Gaji

Profesional bersertifikat berpenghasilan lebih tinggi jika dibandingkan dengan profesional non-sertifikasi. Jika kamu memiliki keterampilan dan pengetahuan serta sertifikat dari lembaga yang bereputasi, perusahaan umumnya akan bersedia menawarkan paket gaji yang besar. 

Memiliki sertifikat meningkatkan nilai kelayakan kerjamu secara keseluruhan yang memungkinkan kamu bisa mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi.

5. Ketenagakerjaan

Memiliki sertifikasi SEO meningkatkan prospek dirimu untuk dipekerjakan. Karena dengan sertifikat yang kamu miliki, ini menunjukkan bahwa kamu sangat berkomitmen. Jadi, meskipun beralih karier, memiliki sertifikasi secara signifikan meningkatkan peluang untuk dipekerjakan. 

Karena SEO sangat kompetitif, memiliki keunggulan sertifikasi SEO dibandingkan kandidat lain akan sangat bermanfaat bagimu.

Rekomendasi Sertifikasi SEO

Bagaimana, semakin tertarik untuk mengambil sertifikasi SEO? 

Ada banyak lembaga yang menyediakan sertifikasi ini. Namun jika kamu kesulitan untuk memilih, ada baiknya intip rekomendasi berikut ini. Jangan lupa dicatat, ya!

1. HubSpot Academy

HubSpot juga tak ketinggalan menawarkan kursus dan sertifikasi SEO. Dalam kursus yang disediakan, terdapat 15 video materi untuk para peserta yang berdurasi kurang lebih selaam 5 jam secara keseluruhan.

Materi yang diajarkan mulai dari dasar SEO hingga pengembangan strateginya untuk menjalankan kampanye. Kemudian, ada pula materi soal link building hingga pemilihan topik konten yang menarik.

Setelah mempelajari materi, peserta bisa mengikuti kuis untuk menguji pengetahuan dan bisa langsung mengetahui sampai dimana pemahamanmu soal SEO.

Menariknya, peserta yang mengikuti kursus ini tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun atau gratis, lho. Cukup menarik, bukan?

2. SEO ClickMinded

Sertifikasi SEO ini ditawarkan oleh ClickMinded. Kehadirannya telah banyak membantu perusahaan rintisan, agensi, pengusaha, dan bahkan siswa untuk tidak hanya mempelajari pengoptimalan mesin pencari, tetapi juga untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, trafik yang lebih banyak, dan juga membantu peserta mendapatkan sertifikasi SEO.

Di proses sertifikasi SEO ini, kamu akan diajarkan pelatihan tentang cara kerja SEO, yang mencakup pengenalan alat SEO yang berguna, saran penelitian kata kunci, dan lain-lain.

Kursus ini paling cocok jika kamu adalah orang non-teknis yang ingin belajar teknis SEO dan ingin mendapatkan sertifikasi SEO. Adapun biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar $997.

3. Google Digital Garage

Dilansir dari SEMrush, Google sebenarnya tidak menawarkan sertifikasi SEO secara khusus. Mereka hanya menawarkan sertifikasi untuk Google Ads, Display, AdSense, dan Google Analytics.

Namun, buatmu yang ingin terjun di dunia SEO tidak ada salahnya untuk mengantongi sertifikasi yang ditawarkan oleh Google tersebut.

Seorang SEO specialist juga harus paham mengenai Google Analytics. Jadi, kamu bisa mengambil sertifikasi Google Analytics untuk membuktikan kemampuan tersebut.

Kursus yang disediakan oleh juga Google Digital Garage sepenuhnya gratis. Namun, kursus ini lebih ditujukan untuk pemula sehingga materi yang diberikan terbatas pada dasar-dasar SEO.

4. Yoast SEO Training

Sertifikasi SEO secara lengkap satu ini adalah kursus video yang sederhana dan mudah dicerna oleh pembuat plugin SEO WordPress paling populer di dunia, Yoast.

Kursus ini mencakup lebih dari tiga jam video, diiris menjadi 39 klip pendek. Pelajaran diajarkan oleh para profesional SEO dari Yoast, termasuk pendiri mereka Joost de Valk.

Kamu dapat menguji pengetahuanmu dengan beberapa kuis selama kursus yang akan membantumu melatih pengetahuan yang baru diperoleh dari kursus. Nantinya, kamu memerlukan setidaknya skor 80% untuk lulus setiap kuis.

Setelah menyelesaikan kursus, kamu akan mendapatkan sertifikasi SEO, dan juga bisa mengunduh file PDF yang dapat ditindaklanjuti untuk referensi lebih lanjut. Adapun biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp4,2 juta/tahunnya.

Beberapa kursus SEO dari Yoast lainnya yang bisa diikuti misalnya all-around SEO, technical SEO, hingga pelatihan SEO untuk pemula.

5. Market Motive

Market Motive, sebuah perusahaan pelatihan pemasaran internet, menawarkan “Pelatihan Sertifikasi SEO” untuk membantu menguasai proses mengarahkan lalu lintas secara organik ke situs web dengan mempelajari komponen penting seperti penelitian kata kunci, pengoptimalan di halaman dan di luar halaman, dan analitik SEO.

Kursus ini diberikan dalam pelatihan mandiri dan format kamp pelatihan online. Umumnya, peserta dari pelatihan ini adalah digital marketer, penulis konten, pengusaha, dan pemilik bisnis.

Untuk mendapatkan sertifikasi SEO tingkat lanjut, kamu harus menyelesaikan tiga proyek dan satu tes simulasi dengan skor minimal 60%.

Tidak ada persyaratan minimum untuk mengikuti kursus ini, tetapi Market Motive menyarankan siapa pun yang tertarik untuk menyelesaikan kursus dasar SEO terlebih dahulu.

6. Moz SEO Essentials Certificate

Kursus dan sertifikasi SEO yang diberikan oleh Moz juga bisa kamu pertimbangkan untuk diikuti. Dalam kursus yang ditawarkan ini, terdapat 6 modul video berbeda untuk dipelajari.

Kursus tersebut membahas secara detail mengenai esensi SEO dan memberikan peserta pengetahuan seputar cara menjalankan sebuah kampanye sendiri. Jadi, peserta akan mendapatkan materi mulai dari dasar SEO hingga cara mempraktekannya saat sedang menjalankan sebuah kampanye.

Jika tertarik mengikuti kursus dan mengambil sertifikasi SEO ini kamu harus menyiapkan biaya pendaftaran sekitar Rp8,4 juta.

7. Simplilearn

Simplilearn adalah penyedia pelatihan sertifikasi SEO terkemuka dengan lebih dari 400 kursus di berbagai bidang. Dalam platform mereka yang disebut SkillUp, mereka menawarkan kursus gratis yang membantu para pemula membangun keterampilan dasar yang kuat untuk pertumbuhan karier.

Program Advanced Search Engine Optimization (SEO) yang mereka adakan, menawarkan 36 jam video mandiri yang mencakup semua dasar-dasar yang perlu diketahui oleh seorang pemula SEO. Topik meliputi penelitian kata kunci, intelijen kompetitif, perencanaan situs web, dan tips tentang cara membangun karir di SEO.

8. UC Davis

Google tidak pernah memberikan sertifikasi SEO. Namun, Google merekomendasikan kursus sertifikasi SEO online gratis yang disebut Google SEO Fundamentals yang merupakan bagian dari seri Spesialisasi SEO yang dibuat oleh University of California, Davis, dan didukung oleh Coursera.

Kursus ini dipecah menjadi empat modul dan membutuhkan waktu sekitar 29 jam untuk menyelesaikannya, dengan sertifikasi SEO yang ditawarkan setelah menyelesaikan ujian akhir.

Setiap modul pembelajaran mencakup tutorial video dan kuis cepat di bagian akhir untuk menguji pengetahuan peserta.

Skill Penting Seorang SEO Specialist

Setelah mengikuti dan mendapatkan sertifikasi SEO, perjuanganmu belum selesai sampai disitu. Jika ingin menjadi seorang SEO Specialist, ada baiknya kamu latih dan kembangkan skill wajib berikut ini.

1. Penguasaan Tools SEO

SEO adalah ilmu yang cukup kompleks dan melibatkan banyak variabel. Sebagai SEO Specialist, kamu diharuskan mengelola berbagai data besar, seperti keywords, backlinks, kompetitor, content, broken links, dan banyak lainnya.

Mengolah keseluruhan data tersebut secara manual akan menghabiskan banyak waktu dan bahkan menjadi hal yang hampir tidak mungkin.

Itulah sebabnya kamu harus menguasai berbagai tools SEO yang dapat menunjang berbagai pekerjaan kamu.

Umumnya, ada beberapa kategori tools yang mengharuskan kamu menguasainya:

  • Tools untuk melakukan riset:  Berguna untuk menganalisis kompetitor, keyword research, backlink, dan lainnya. Sebagai contoh: Ahrefs atau Ubersuggest.
  • Tools untuk optimasi:  Berfungsi untuk memahami kinerja kamu selama melakukan optimasi website sekaligus bagaimana cara meningkatkannya. Sebagai contoh: PageSpeed Insight atau Yoast SEO.
  • Tools untuk monitoring:  Digunakan untuk memantau performa SEO yang telah kamu jalankan. Sebagai contoh: Semrush atau WooRank.
  • All-in-one: Tools yang dapat melakukan riset, optimasi, dan monitoring sekaligus. Contohnya: Ahrefs atau Semrush.

2. Analisis

Salah satu skill penting bagi SEO Specialist yaitu kemampuan analisis. Nantinya, keseharianmu sebagai SEO Specialist akan selalu berhubungan dengan data. 

Untuk memahami cara membaca, menafsirkan, hingga membuat keputusan dari data tersebut kamu memerlukan kemampuan analisis yang kuat.

Dikarenakan SEO adalah proses yang mengacu pada hasil laporan dari data yang tersedia dan skill analisis berguna untuk meningkatkan performa.

3.Skill Riset

Dalam setiap campaign yang akan kamu jalankan di sebuah website, tentunya terlebih dahulu kamu memerlukan riset. 

Riset dalam SEO seringkali berhubungan dengan riset keyword, riset kompetitor, hingga tren yang berkembang di masyarakat dan berpotensi menaikkan ranking halaman website kamu.

Setelah melakukan riset mendalam, kamu harus bereksperimen untuk melihat apakah strategi konten yang kamu jalankan sudah cukup efektif menarik perhatian audiens.

4. Writing

SEO berhubungan erat dengan konten artikel yang ada di suatu website. Meski pada praktiknya penulisan konten dilakukan oleh SEO Writer, namun kamu juga harus memahami skill penulisan tersebut. 

Hal itu akan memudahkan kamu berkoordinasi dengan SEO Writer untuk mengoptimasi konten dan menaikkan ranking halaman website yang kamu kelola.

5. Basic Coding

Meski kamu tidak harus menjadi ahli programmer, sebagai SEO Specialist kamu tetap perlu memahami dasar-dasar coding. Hal ini diperlukan jika sewaktu-waktu terjadi masalah teknis dengan website yang kamu kerjakan. 

Dengan memahami coding, kamu bisa mengidentifikasi masalah tersebut dan bekerja sama dengan developer untuk mengatasinya.

6. Critical Thinking

Kemampuan berpikir kritis sebenarnya merupakan hal yang sulit diukur, namun skill ini cukup penting dimiliki SEO Specialist. Berpikir kritis akan membuat kamu mampu menghubungkan sebab-akibat dan mencari solusi setelahnya.

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengasah kemampuan berpikir kritis adalah dengan mengidentifikasi, memecahkan, serta mengukur sejauh mana kamu bisa melihat suatu kejadian.

Kamu bisa mempertanyakan 3 hal berikut ini saat dihadapkan dalam permasalahan yang mengharuskan kamu berpikir kritis:

  • Apa yang terjadi?
  • Mengapa kondisi tersebut bisa terjadi?
  • Apa yang seharusnya kita lakukan dengan hal itu?

Skill ini akan membawa kamu untuk menemukan potensi masalah pada website yang sedang dikerjakan. Berpikir kritis menjadikan kamu bisa membandingkan sejauh mana keefektifan antara campaign kamu dengan milik kompetitor guna menentukan strategi berikutnya.

7. Communication

Saat perusahaan membuka lowongan pekerjaan, komunikasi sering menjadi salah satu persyaratan skill di berbagai role.

Dalam posisi SEO Specialist, komunikasi diperlukan agar kamu bisa aktif berkomunikasi antar tim untuk menentukan strategi SEO yang sedang atau hendak dijalankan.

Kamu juga memerlukan skill komunikasi yang baik saat akan menjelaskan suatu konsep kepada klien, baik klien yang telah memahami maupun yang masih awam dengan konsep SEO.

8. Project Management

Project management adalah kemampuan untuk mengelola dan mengkoordinasikan semua sumber daya yang berkaitan dengan project SEO.

Saat bekerja sebagai SEO Specialist, kamu tidak hanya sekedar bekerja dari segi teknis, seperti riset keyword, meningkatkan kecepatan website, link building, dan lainnya. 

Lebih dari itu, kamu memerlukan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, sekaligus mengelola project SEO secara efektif dan teratur.

9. Decision Making

Saat menjalankan praktik SEO, kamu akan banyak menghadapi situasi yang membutuhkan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat.

Ini dikarenakan algoritma Google terus berkembang dan dalam setiap perubahan itu kamu perlu mengambil keputusan secepat mungkin agar bisa terus memaksimalkan optimalisasi yang selama ini telah dilakukan.

Seorang SEO Specialist perlu memikirkan keputusan terbaik yang harus diambil tanpa perlu menunggu pendapat dari banyak pihak dan tidak menunda keputusan terlalu lama.

Cara Melatih Skill SEO

Skill bisa dimiliki seseorang secara natural, namun demikian masih diperlukan banyak latihan untuk memaksimalkan. Namun, jika kamu menginginkan salah satu skill tapi masih belum pernah mencobanya, jangan ragu untuk belajar.

Beriktu ini adalah cara melatih skill SEO yang bisa kamu coba sendiri atau bersama teman-teman.

1. Buat Panduan SEO Sendiri

Saat belajar SEO, setiap orang bisa saja memiliki cara dan panduan berbeda. Tak ada salahnya kamu mencoba membuat panduan SEO untuk dirimu sendiri sebagai profesional pemula.

Ketika kamu menulis panduan, kamu akan otomatis menggali lebih jauh subjek atau pengetahuan yang perlu dipelajari. Kamu juga akan menjelaskan langkah demi langkah secara deskriptif dan terstruktur. Untuk melakukanya, tentu maka kamu perlu benar-benar memahami topik tersebut, bukan?

Hal itu mendorong kamu untuk terus mencari tahu dan memahami konsep dasar SEO hingga tingkatan yang lebih mahir.

2. Belajar dari Berbagai Sumber

Mengingat algoritma search engine Google bersifat dinamis, maka SEO juga akan terus berkembang mengikuti algoritma terbaru dan perilaku pengguna website. 

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk terus belajar dan mengembangkan pengetahuan SEO kamu melalui berbagai macam sumber, misalnya blog, e-book, YouTube, webinar, hingga podcast.

Beberapa sumber belajar yang bisa kamu gunakan untuk tetap up to date dengan perkembangan SEO antara lain:

  • MOZ blog
  • Ahrefs blog
  • Authority Hacker podcast
  • Neil Patel YouTube

3. Lakukan Audit Website secara Acak

Melakukan audit website yang sebenarnya bukan tanggung jawab kamu adalah salah satu cara terbaik agar kamu semakin mahir dan terlatih menjalankan SEO.

Untuk mengerjakannya, kamu bisa mencari berbagai website yang menurutmu menarik untuk diaudit dan dianalisis. Lakukanlah riset tentang bagaimana website tersebut berjalan sesuai kaidah SEO dan upaya optimasi yang dilakukan.

Menganalisis bagaimana cara kerja suatu website ketika menangani masalah yang terjadi dapat membantu kamu menemukan ide praktik SEO baru yang bisa saja belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.

4. Bagikan Ilmu ke Orang lain

Cara lain untuk mengasah skill SEO yaitu dengan membagikan ilmu SEO yang kamu miliki pada orang lain. Membagikan ilmu bisa dimulai dengan masuk dalam komunitas SEO yang ada di Facebook, Telegram, Discord, dan media lain.

Dalam komunitas tersebut, kamu dapat menjawab berbagai pertanyaan seputar SEO yang mungkin belum dimengerti orang lain.

Cara ini cukup efektif digunakan untuk melatih kamu dalam berpikir kritis, menyampaikan gagasan di hadapan klien atau atasan di kemudian hari, hingga kamu dapat lebih mudah mengingat ilmu yang telah kamu bagikan ke orang lain.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa rekomendasi sertifikasi SEO lengkap dengan penjelasan mengapa penting bagi seseorang yang ingin berkarir di bidang tersebut mengambilnya. Selain sertifikasi, jangan lupa juga untuk latih skill diri sendiri sehingga semakin menunjukan betapa kompetennya kamu sebagai seorang SEO Specialist.

Ada banyak jenis sertifikasi SEO dari yang gratis, berbayar, tingkatan dasar, dan tingkatan lanjutan. Kamu bisa mengambilnya disesuaikan dengan keperluan dna budget, ya.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.