Ikut Sekolah Search Engine Optimization buat Bekal Kerja, Yuk!

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
January 24, 2024
Updated:
January 25, 2024
Sekolah search engine optimization

Pengetahuan tentang search engine optimization (SEO) jarang didapatkan di sekolah formal. Padahal, perkembangan teknologi belakangan ini menuntut banyak bisnis untuk menguasai SEO. Perusahaan dapat memakai SEO sebagai salah satu strategi marketing yang menguntungkan.

Itu artinya, makin banyak perusahaan yang membutuhkan orang yang ahli di bidang SEO. Maka, tidak heran jika kemudian profesi sebagai SEO specialist kian dicari. Nah, apakah Teman Belajar juga memiliki minat untuk menggali karier tersebut?

Pada artikel kali ini, Tim Belajar Lagi sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai apa itu SEO dan manfaat mempelajarinya. Sebagai bonus, ada rekomendasi sekolah search engine optimization yang bisa kamu coba. Pelajari dan cermati baik-baik, ya!

Apa itu SEO?

Melansir dari Semrush, search engine optimization merupakan rangkaian proses yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah situs website pada mesin pencari. Tujuan utamanya agar memperoleh peningkatan lalu lintas organik.

Dalam praktiknya, SEO harus mampu memenuhi kebutuhan pengguna yang aktif melakukan pencarian terhadap suatu topik tertentu. Jika ingin SEO berjalan baik, sebuah bisnis maupun perusahaan mesti menyiapkan konten yang relevan dan berguna bagi pengguna internet.

Saat memilih menggunakan strategi SEO untuk marketing, perusahaan harus ingat untuk tetap melakukan optimasi. Aktivitas optimasi SEO sendiri dapat dilakukan secara on page maupun off page. Secara umum, SEO sebenarnya melibatkan empat hal berikut:

  • Riset kata kunci
  • Pembuatan dan pengoptimalan konten atau artikel
  • Optimalisasi teknis
  • Link building

Selanjutnya, kamu akan belajar mengenai bagaimana mesin pencari maupun SEO bekerja. Ini akan memudahkanmu dalam memahami SEO.

Bagaimana mesin pencari bekerja?

Cara kerja mesin pencari

Setiap hari miliaran pengguna mesin pencari, sebut saja Google, melakukan berbagai pencarian informasi dan produk. Bayangkan saja, hampir setiap orang pasti mengakses Google. Alhasil, Google sendiri menjadi sumber lalu lintas terbesar di internet.

Sebuah bisnis dapat memanfaatkan tingginya lalu lintas di Google sebagai media marketing. Saat website perusahaan muncul pada pencarian teratas, besar kemungkinan akan banyak pengguna mengunjungi website tersebut.

Sederhananya, makin tinggi peringkat pencarian, maka makin besar peluang orang berkunjung ke website. Hasil pencarian di peringkat 1 memiliki kemungkinan lebih besar untuk di-klik pengguna daripada website di peringkat 10.

Artinya, mengabaikan SEO dapat menjadi bumerang bagi perusahaan. Bisnis yang melakukan optimasi SEO berpeluang memperoleh lalu lintas atau bahkan konversi lebih baik. Sebaliknya, bisnis tanpa strategi SEO kemungkinan besar akan minim konversi.

Sebagai salah satu mesin pencari paling banyak digunakan, Google menggunakan tahapan berikut dalam bekerja:

  • Crawling: Google menggunakan program komputer untuk menjelajahi berbagai website. Agar suatu website dapat ditemukan Google, halaman tersebut harus memiliki satu link yang mengarah ke website tersebut.
  • Indexing: Google menganalisis setiap halaman dan mencoba memahami setiap isinya. Informasi yang ada lantas tersimpan di Index Google, semacam halaman data base yang besar.
  • Serving results: Ketika pengguna memasukkan kata kunci, Google akan langsung menentukan mana website yang punya halaman terbaik. Baik dari segi kualitas konten maupun relevansinya ke pengguna.

Cara kerja SEO

Sebelum beranjak ke rekomendasi sekolah search engine optimization, kamu sebaiknya pelajari dulu bagaimana cara kerja SEO. Ingat, pada dasarnya Google mempunyai algoritma tertentu dalam menentukan peringkat halaman. Algoritma inilah yang nantinya berperan penting dalam memilih mana website yang layak berada di halaman teratas dan mana yang tidak.

Tidak ada yang sanggup memahami 100% algoritma Google. Yang paling mungkin dilakukan adalah memahami cara kerja SEO agar nantinya bisa makin optimal dan mendapatkan peringkat teratas di Google.

1. Temukan apa yang audiens cari

Tidak hanya sekadar mengejar peringkat nomor satu ataupun teratas, yang sebenarnya tidak kalah penting adalah memahami apa yang audiens cari. Maka, penentuan kata kunci adalah hal pertama yang mesti dilakukan.

SEO specialist biasanya menggunakan beberapa tools untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis dan masalah audiens. Tools tersebut antara lain Google Keyword Planner, Ahrefs, maupun Semrush.

Volume pencarian dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan kata kunci. Volume amat tinggi belum tentu pasti bekerja dengan baik karena pesaingnya pun banyak. Maka, seorang SEO specialist mesti jeli menganalisis kata kunci dengan volume tinggi, tetapi tingkat pencariannya tidaklah terlalu besar.

2. Buat konten yang relevan

Setelah daftar kata kunci tersedia, tugas selanjutnya adalah membuat konten relevan. Konten ini harus cocok dengan apa yang pengguna cari di Google. Bukan hanya itu, konten tersebut harus bermanfaat bagi pembaca.

Beberapa jenis konten populer yang bisa muncul di website antara lain:

  • Artikel blog
  • Video
  • Halaman kategori
  • Halaman produk

Topik dalam konten haruslah memenuhi kebutuhan pengguna, yakni memberi jawaban atas apa yang pengguna cari. Konten adalah pondasi penting, namun SEO specialist tetap butuh mengoptimasinya agar konten bekerja dengan baik. Konten atau artikel yang sudah sebaiknya rutin dievaluasi atau diperbaharui sesuai kaidah optimasi SEO yang ada.

Sebuah konten memang harus memuat kata kunci tertentu. Namun, bukan berarti kata kunci tersebut mesti terlalu sering muncul dalam artikel. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan konten antara lain:

  • Masukkan sub topik yang penting dan masih terkait dengan kata kunci. Keberadaan sub topik sangat memungkinkan Google untuk memahaminya sebagai bagian dari kata kunci yang sejenis.
  • Miliki sudut pandang yang unik. Satu kata kunci bisa menghasilkan banyak topik berbeda. Maka, sebaiknya buat konten dengan sudut pandang lebih menarik bagi pengguna. Hindari membuat konten yang nyaris sama persis dengan pesaing.
  • Konten harus mudah dibaca dan dipahami. Pengguna cenderung tidak ingin membaca konten yang bertele-tele. Pakai kata-kata sederhana. Jika bentuk artikel cukup panjang, gunakan format poin agar lebih nyaman dibaca.

3. Dapatkan backlinks

Secara singkat, backlinks merupakan tautan dari satu website ke website lainnya. Penggunaan backlinks dapat meningkatkan kualitas konten di mata pengguna.

Menurut Ahrefs, ada tiga cara mendapatkan backlinks:

  • Membuat konten menarik menggunakan aset yang dirancang untuk tautan balik, misalnya studi kasus, infografis, dan lain-lain.
  • Menambahkan eksternal link secara manual ke bagian konten.
  • Menjangkau orang-orang yang bisa menyertakan tautan ke link website mereka.

Fun fact seputar SEO

Fakta unik SEO

Praktik SEO tidaklah selalu mudah. Sebuah bisnis tidak serta merta memperoleh hasil bagus secara instan hanya karena menggunakan strategi SEO untuk pemasaran. Pada dasarnya, hasil kerja dari SEO juga membutuhkan waktu.

Sebelum mempelajari SEO lebih mendalam, coba simak dulu deh beberapa fakta uniknya berikut ini:

  • SEO bukanlah “menipu” Google. Sebaliknya, SEO adalah upaya untuk meyakinkan Google bahwa halaman website layak memperoleh peringkat atas pencarian karena memberikan info yang berguna.
  • SEO bukanlah usaha peretasan. Jangan terjebak pada tips SEO serba instan. Cukup lakukan prinsip-prinsip dasar SEO secara konsisten, nanti hasilnya juga akan terlihat.
  • SEO adalah strategi jangka panjang. Sekali lagi, hasil SEO tidaklah instan. Setidaknya butuh waktu beberapa bulan untuk melihat hasilnya.
  • Pekerjaan SEO “tidak akan pernah selesai”. Optimasi SEO adalah pekerjaan berkelanjutan. Jika ingin berada pada peringkat atas, optimasi SEO mesti terus dilakukan.
  • Kuncinya ada pada pemahaman akan audiens. Semakin mengerti apa yang jadi kebutuhan pengguna, makin mudah pula menjalankan strategi SEO.
  • SEO adalah bagian dari strategi. Optimasi sebaik apa pun akan sia-sia jika sebuah bisnis lupa untuk fokus pada kualitas produk atau pengembangan produk.

Baca Juga: Sedang Naik Daun, Berikut 15 Alasan SEO Dibutuhkan untuk Bisnis!

Kenapa mesti belajar SEO?

Menunda mengikuti sekolah search engine optimization sama artinya menunda mengikuti perkembangan zaman. Kemampuan dalam SEO bisa dibilang menjadi bekal penting dalam merintis karier, terutama jika masih duduk di bangku kuliah.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus belajar SEO sedari sekarang:

1. Pencarian organik masih tinggi

Menurut Ahrefs, statistik SEO sejauh ini masih menunjukkan betapa pengguna internet masih sangat bergantung pada pencarian organik:

  • 53,3% dari seluruh lalu lintas organik website berasal dari penelusuran organik
  • 92,96% lalu lintas global berasal dari Google Search, Google Images, dan Google Maps
  • SEO mendorong 1.000% lalu lintas lebih banyak daripada media sosial organik

Berkaca dari data tersebut, sangat wajar jika pada akhirnya banyak bisnis menggunakan SEO sebagai strategi marketing. Jika ingin lalu lintas website meningkat, cara paling mungkin dilakukan adalah memperoleh peringkat teratas di Google.

Selain itu, ingat pula bahwa kebutuhan pengguna untuk memperoleh informasi lewat internet masih sangat besar. Penelusuran di Google terbukti mampu membantu pengguna mengatasi masalahnya. Ketergantungan pengguna pada mesin pencari seperti Google masih akan terus ada setidaknya dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang.

2. Banyak web tak masuk traffic Google

Data lain menunjukkan bahwa sebanyak 90,63% halaman website tidak mendapatkan traffic dari Google. Itu artinya, masih banyak sekali website yang belum menerapkan prinsip SEO. Inilah yang kemudian menjadi peluang bagi sebuah bisnis agar visibilitasnya naik di Google.

Kenapa banyak website tidak muncul di Google? Beberapa kemungkinan alasannya adalah sebagai berikut:

  • Halaman tidak memiliki backlink
  • Website tidak memiliki konten yang sesuai dengan potensi target pencarian
  • Halaman tidak cocok dengan maksud pencarian pengguna
  • Website tidak terindeks oleh Google

Untuk memperbaiki kemungkinan tadi, caranya adalah menerapkan prinsip SEO, antara lain:

  • Membuat halaman terindeks Google
  • Melakukan riset kata kunci dan topik dalam pembuatan konten
  • Membuat konten yang relevan dan berguna bagi pengguna
  • Membangun backlink

3. SEO memungkinkan terjadinya konversi

Kebanyakan pengguna internet akan beralih ke Google ketika sulit mendapatkan informasi guna menemukan solusi. Lewat penelusuran Google, pengguna akan memperoleh beberapa opsi solusi akan masalahnya. Dia kemungkinan menemukan dua hingga tiga website setelah mengetik kata kunci.

Setelah itu, pengguna akan membuat keputusan akan pilihannya. Website mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Maka, konversi pun bakal sangat mungkin terjadi ketika pengguna akhirnya melakukan tindakan pembelian.

Tahapan tadi sudah sesuai dengan buyer’s journey yang selama ini sudah ada, yakni awareness, consideration, dan decision. Selama sebuah bisnis memiliki website yang senantiasa dioptimasi, peluang terjadinya konversi juga tinggi.

4. Cocok untuk rencana jangka panjang

Seperti sudah kamu baca sebelumnya, hasil dari strategi dan optimasi SEO tidak mungkin instan. Butuh proses lebih panjang, bahkan bisa saja beberapa bulan. Maka, SEO sendiri sebenarnya cocok untuk bisnis dengan rencana jangka panjang.

Jika sebuah bisnis ingin memperoleh hasil lebih instan, perusahaan sebenarnya bisa memanfaatkan Google Ads. Namun, biaya untuk Google Ads tentu saja tidak murah. Sementara, SEO jauh lebih hemat dari segi biaya sehingga bagus untuk jangka panjang.

Karena merupakan pekerjaan berkelanjutan, maka optimasi SEO mesti dilakukan secara rutin. Baik itu secara on page maupun off page. Kualitas konten pun harus senantiasa ditingkatkan dan diperbaharui agar tetap relevan dengan kebutuhan pengguna.

5. Memungkinkan sebuah bisnis muncul di maps

Bagi beberapa bisnis lokal yang hadir secara fisik, menggunakan strategi SEO sangat memungkinkan visibilitas bisnis muncul di Google Maps. Terutama saat pengguna mengetikkan kata kunci tertentu.

Untuk melakukannya, sebuah bisnis harus membuat Google Business Profile terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut:

  • Klaim profil bisnis
  • Tambahkan detail bisnis, misalnya jam kerja, alamat, dan lain-lain
  • Kelola profil, perbaharui info jika perlu, dan tanggapi ulasan dari pengunjung

6. Membangun kepercayaan audiens

Terakhir, menggunakan strategi SEO menjadi kunci penting dalam membangun kepercayaan audiens. Hampir semua pengguna internet lebih percaya pada brand yang website-nya muncul pada pencarian Google. Untuk sampai ke tahap itu, tentu saja sebuah bisnis perlu menerapkan SEO.

Ketika sebuah konten dari website selalu muncul pada bagian teratas Google, secara otomatis website tersebut lebih mudah mendapat kepercayaan audiens. Maka, peluang audiens untuk melakukan pembelian pun lebih terbuka lebar.

Sekolah search engine optimization

Belajar SEO

Nah, sekarang ini sebenarnya banyak pilihan untuk belajar SEO, terutama melalui internet. Memang topik search engine optimization tidak dipelajari di sekolah, tetapi kamu bisa lho mempelajarinya dari berbagai kursus.

Bahkan, ada pula kelas SEO yang sifatnya gratis dan cocok buat pemula. Kelas tersebut biasanya menawarkan materi-materi dasar SEO yang bagus untuk memperkuat pengetahuanmu. Sebagian kelas SEO gratis pun memberikan pilihan sertifikasi yang nantinya bisa kamu masukkan ke CV, lho.

Berikut ini ada beberapa sekolah search engine optimization yang bisa kamu coba. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Kelima kelas ini menawarkan pembelajaran online sehingga cukup fleksibel buat kamu.

1. Semrush SEO Crash Course with Brian Dean

Penyedia kursus: Semrush

Tingkat: Pemula

Durasi kelas: 50 menit

Cocok untuk: Pemilik bisnis pemula atau marketer yang butuh saran SEO secara praktis dan langsung diterapkan

Topik dalam Semrush SEO Crash Course:

  • Bagaimana mencari kata kunci yang tepat
  • Bagaimana cara mengembangkan konten yang disukai pengguna
  • Bagaimana cara melacak hasil SEO

Kelas dari Semrush ini memang tergolong kilat dan mudah untuk langsung dipraktikkan. Buat kamu yang butuh mengenal dasar-dasar SEO, kelas ini bisa jadi pilihan. Setidaknya pondasi penting dari SEO sudah bisa kamu pahami.

2. SEO for Beginners

Penyedia kursus: Great Learning

Tingkat: Pemula

Durasi kelas: 60 menit

Cocok untuk: Pemula SEO yang ingin memahami bagaimana memasukkan prinsip SEO ke dalam strategi pemasaran

Topik yang ada pada kelas SEO for Beginners:

  • Manfaat SEO untuk bisnis
  • Jenis-jenis SEO
  • Terminologi SEO yang harus dipahami

Banyak kelas SEO yang biasanya menargetkan orang-orang yang sudah lama berpengalaman di bidang tersebut. Namun, kelas dari Great Learning benar-benar ramah bagi pemula. Kelas ini bisa dibilang sebagai batu loncatan bagus untuk melanjutkan kelas SEO dengan jenjang lebih tinggi.

3. Keyword Research Course with Greg Gifford

Penyedia kursus: Semrush

Tingkat: Pemula hingga menengah

Durasi kelas: 50 menit

Cocok untuk: Pemula atau yang sudah punya sedikit pengalaman dalam SEO yang bertujuan ingin mempertajam riset kata kunci untuk mencari trik pemasaran

Materi yang dibahas dalam Keyword Research Course:

  • Bagaimana memahami maksud pencarian pengguna
  • Bagaimana melakukan riset kata kunci dari pesaing
  • Cara mengoptimalkan konten dengan pilihan kata kunci yang ada

Riset kata kunci adalah pondasi penting dalam strategi SEO. Maka, orang yang berkarir di SEO harus benar-benar menguasai area ini. Kelas Semrush ini banyak bicara tentang riset kata kunci secara cermat dengan penjelasan yang mudah dipahami.

4. Keyword Research for SEO

Penyedia kursus: HubSpot

Tingkat: Pemula

Durasi kelas: 30 menit

Cocok untuk: Pemasar yang membutuhkan penjelasan cepat dan tepat tentang riset kata kunci

Materi yang termuat dalam Keyword Research for SEO:

  • Bagaimana melakukan riset kata kunci yang sederhana
  • Bagaimana beradaptasi dengan algoritma Google
  • Cara membuat topik atau konten menarik untuk pengguna

Pengantar SEO dari HubSpot ini cukup menarik dan menjadi terobosan berupa kelas yang tidak membosankan. Kamu bisa mempelajari dasar-dasar SEO selama setengah jam. Bekal yang bagus untuk mengikuti kelas SEO lanjutan pada tingkatan lebih tinggi.

5. SEO Bootcamp Belajar Lagi

Selain keempat kelas tadi, kamu bisa juga lho ikutan SEO Bootcamp dari Belajar Lagi. Kelas ini merupakan program intensif dengan durasi selama enam pekan. Cocok untuk brand maupun personal dengan biaya belajar yang lebih terjangkau.

SEO Bootcamp ini menawarkan kelas dari praktisi terbaik SEO yang pastinya sudah berpengalaman. Kamu bisa belajar langsung dari para expert, jadinya seru, kan!

Selama enam minggu, kamu akan memperoleh kurikulum SEO serba lengkap. Antara lain seputar:

  • Apa itu SEO dan perannya dalam bisnis
  • Berbagai peluang karir SEO
  • Bagaimana membangun website dengan WordPress
  • Bagaimana melakukan riset kata kunci menggunakan tools tertentu
  • Pembuatan marketing content di website
  • Pembuatan konten atau artikel SEO
  • SEO on page, SEO teknis, dan SEO off page
  • Google Search Console dan Google Analytics
  • Analisis hasil SEO
  • SEO untuk e-commerce

Nah, mulai kebayang ‘kan bagaimana serunya ikutan SEO Bootcamp dari Belajar Lagi ini? Materinya lengkap dan pastinya sangat berguna banget buat bekal berkarier di bidang SEO nanti.

Biar nggak kehabisan kuota, pastikan kamu mengamankan slot kursimu mulai sekarang. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa cek di website Belajar Lagi, ya!

Baca Juga: Daftar SEO Ceklis yang Wajib Dicentang Saat Punya Website Baru

Kesimpulan

Mengikuti sekolah search engine optimization sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin berkarier di bidang SEO. Entah itu sebagai content writer, copywriter, ataupun SEO specialist. Jadi, tidak ada salahnya nih kamu ambil waktu luang untuk mengikuti kelas-kelas yang ada.

Ingat, tingkat ketergantungan pengguna internet akan pencarian organik di Google masih tinggi. Peluang karier SEO masih sangat terbuka lebar, mengingat banyak bisnis yang menggunakan SEO sebagai strategi marketing.

Yuk, persiapkan dirimu sebaik mungkin buat menjadi ahli SEO mulai sekarang!

#
SEO
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.