15+ Skill Project Manager yang Penting Dimiliki Agar Sukses

Ketahui skill project manager sebagai kunci untuk meraih kesuksesan karir di perusahaan. Cek sekarang!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Dalam setiap perusahaan, seorang project manager memiliki peran yang penting dalam mengawal kelancaran dan kesuksesan proyek. Namun, tahukah kamu bahwa skill project manager tertentu bisa menjadi kunci dalam menjalankan peran ini dengan baik? 

Artikel kali ini akan membahas tentang skill atau kemampuan apa saja yang sebaiknya dipertimbangkan oleh perusahaan ketika memilih atau mempromosikan seorang project manager, mulai dari kemampuan berkomunikasi yang efektif hingga kemampuan untuk mengelola tim dengan baik. Ayo kita ulas bersama, mengapa project manager perlu memiliki kemampuan-kemampuan tertentu dalam mengembangkan bisnis.

Namun sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu apa itu posisi project manager?

Apa itu Project Manager?

Apa itu Project Manager?

Seorang project manager adalah individu yang bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penyelesaian suatu proyek. Tugas seorang project manager adalah memastikan bahwa proyek tersebut diselesaikan sesuai dengan tujuan, batas waktu, dan anggaran yang telah ditetapkan. Mereka biasanya memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasikan tim proyek, mengelola sumber daya, mengatasi hambatan yang muncul, dan berkomunikasi dengan semua pihak terkait, termasuk klien, sponsor proyek, dan anggota tim.

Project manager bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai rencana, mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin muncul, dan menetapkan strategi untuk mengatasi masalah yang timbul. Mereka juga bertindak sebagai pemimpin bagi tim proyek, memberikan arahan, motivasi, dan dukungan untuk memastikan semua anggota tim bekerja menuju pencapaian tujuan bersama.

Peran seorang project manager sangat penting dalam kesuksesan proyek, karena mereka memiliki pengaruh besar terhadap bagaimana proyek tersebut dikembangkan, dilaksanakan, dan diselesaikan. Karena perannya yang penting, seorang project manager perlu memiliki skill dan kemampuan yang mendukung tugasnya. Gaji seorang project manager juga terbilang tinggi karena peran pentingnya dalam sebuah proyek.

Penasaran dengan gaji para project manager? Baca juga Berapa Sih Gaji Project Manager di Perusahaan Indonesia?

Soft Skill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager

Skill Project Manager

1. Kemampuan Komunikasi yang Efektif

Seorang project manager perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan semua orang di tim proyek, baik itu secara lisan maupun tertulis. Mereka harus jelas dalam menyampaikan sebuah instruksi, memecahkan masalah, dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait. Karena itu skill project manager dalam berkomunikasi harus dimiliki dan terus dikembangkan.

2. Kemampuan Manajemen Waktu

Project manager harus bisa mengatur waktu dengan baik untuk menyelesaikan tugas-tugas proyek sesuai jadwal yang ditetapkan. Ini termasuk membuat jadwal, menetapkan batas waktu, dan memprioritaskan tugas-tugas yang penting.

3. Kemampuan Memimpin Tim

Seorang project manager juga harus bisa memotivasi dan menginspirasi anggota tim untuk bekerja sama mencapai tujuan proyek. Mereka juga harus bisa memberikan arahan dan dukungan ketika diperlukan serta mengelola konflik yang mungkin timbul.

4. Kemampuan Pemecahan Masalah

Setiap proyek pasti akan menghadapi hambatan dan tantangan. Seorang project manager harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis penyebabnya, dan menemukan solusi yang efektif untuk melanjutkan proyek.

5. Kemampuan Mengelola Risiko

Seorang project manager harus bisa mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin muncul selama proyek dan membuat strategi untuk mengurangi dampaknya. Mereka juga harus siap untuk mengatasi masalah yang timbul akibat risiko tersebut.

6. Kemampuan Beradaptasi

Lingkungan bisnis selalu berubah, dan seorang project manager harus mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Mereka harus fleksibel dan bisa menyesuaikan rencana proyek sesuai dengan perubahan yang terjadi.

7. Kemampuan Pengambilan Keputusan

Selain memiliki kemampuan dalam memimpin, skill project manager selanjutnya yang harus dimiliki adalah kemampuan pengambilan sebuah keputusan bisnis. Project manager harus mampu membuat keputusan yang baik dan cepat dalam situasi yang berubah-ubah. 

8. Kemampuan Negosiasi

Karena pekerjaan project manager seringkali berhubungan dengan orang lain, kemampuan untuk bernegosiasi dengan klien, anggota tim, dan pihak terkait lainnya merupakan hal yang penting bagi seorang project manager. Dengan kemampuan negosiasi yang mumpuni, akan memperbesar kemungkinan suksesnya sebuah proyek.

9. Kemampuan Adaptasi

Lingkungan bisnis pastinya selalu berubah dari waktu ke waktu, dan setiap project manager harus mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut, dengan merancang ulang strategi proyek jika memang diperlukan.

Hardskill yang Harus Dimiliki Seorang Project Manager

1. Project Planning

Perencanaan proyek, atau sering disebut sebagai project charter, adalah panduan utama yang mencakup elemen-elemen penting untuk keberhasilan proyek Anda. Biasanya, perencanaan proyek mencakup tujuh hal berikut:

  • Goals and project objectives
  • Success metrics
  • Stakeholders and roles
  • Scope and budget
  • Milestones, deliverables, and project dependencies
  • Timeline and schedule
  • Communication plan

2. Project Scoping

Project scoping merupakan kemampuan untuk menentukan lingkup proyek dengan jelas, termasuk ukuran, tujuan, dan batasan yang relevan seperti tenggat waktu dan alokasi sumber daya. Proyek yang memiliki lingkup yang ditetapkan dengan baik akan memudahkan dalam mengukur keberhasilan, menghindari perluasan lingkup yang tidak terkendali (scope creep), dan menjaga fokus selama proses pelaksanaan proyek.

3. Project Briefing

Project briefing melibatkan penyusunan dokumen yang merangkum tujuan proyek secara keseluruhan dan strategi yang akan diterapkan untuk mencapainya. Dokumen ini berfungsi sebagai panduan bagi tim proyek dan pemangku kepentingan lainnya, membantu memastikan semua pihak memiliki pemahaman yang sama mengenai visi, tujuan, dan rencana proyek. Seiring dengan perkembangan proyek, briefing ini bisa disesuaikan dan diperbarui sesuai kebutuhan.

4. Hosting/Lead Meeting

Kemampuan dalam memimpin rapat atau pertemuan sangat penting bagi seorang project manager. Rapat kick-off, misalnya, merupakan kesempatan bagi project manager untuk menyelaraskan pemangku kepentingan, menjelaskan tujuan dan lingkup proyek, serta membagikan informasi penting seperti peta jalan proyek atau ringkasan proyek. Memimpin rapat dengan efektif memastikan bahwa semua pihak terlibat dan memiliki pemahaman yang jelas tentang peran dan tanggung jawab masing-masing.

5. Project Roadmapping

Project roadmapping melibatkan pembuatan gambaran umum tentang langkah-langkah utama yang akan dilakukan dalam proyek serta jadwal waktu yang terkait. Peta jalan proyek ini membantu untuk mengkomunikasikan rencana proyek secara visual kepada semua pemangku kepentingan, memfasilitasi pemantauan kemajuan, dan mengidentifikasi ketergantungan antar-tugas. Dengan memiliki peta jalan yang jelas, project manager dapat memastikan semua orang berada pada halaman yang sama dan meminimalkan risiko kebingungan atau kesalahpahaman.

6. Kemampuan Teknis

Selain keterampilan manajemen proyek, seorang project manager juga perlu memiliki kemampuan teknis yang kuat. Ini termasuk penguasaan perangkat lunak dan alat-alat seperti Gantt charts yang digunakan untuk merencanakan, memantau, dan melaporkan kemajuan proyek. Kemampuan teknis ini memungkinkan project manager untuk secara efisien mengelola tugas-tugas teknis dalam proyek dan membuat keputusan berdasarkan data yang relevan.

7. Kemampuan Analitis

Skill lain yang harus project manager miliki adalah kemampuan dalam menganalisis data dan informasi untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengelola proyek. Mereka harus bisa menginterpretasikan data dengan baik untuk memahami perkembangan proyek dan mengidentifikasi area yang perlu perbaikan.

Baca juga: Prospek Karir Project Manager yang Perlu Diketahui

Bagaimana Cara Agar Project Manager Sukses?

Cara Project Manager Meraih Kesuksesan Proyek

Mensukseskan sebuah proyek melibatkan serangkaian langkah dan tindakan yang tidak mudah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang project manager dalam mensukseskan sebuah proyek yang dijalankan:

1. Lakukan Perencanaan yang Komprehensif

Mulailah dengan merencanakan proyek secara rinci. Tentukan tujuan proyek, identifikasi sumber daya yang diperlukan, buat jadwal yang realistis, dan tetapkan anggaran dengan cermat.

2. Komunikasi yang Efektif

Jaga aliran komunikasi yang terbuka dan efektif dengan semua pihak terkait, termasuk anggota tim, klien, dan pihak terkait lainnya. Pastikan semua orang memiliki pemahaman yang jelas tentang peran dan tanggung jawab mereka dalam proyek.

3. Bisa Manajemen Risiko

Identifikasi dan evaluasi risiko-risiko yang mungkin timbul selama proyek, lalu buatlah strategi untuk mengurangi dampaknya. Siapkan rencana darurat untuk mengatasi masalah yang tidak terduga.

4. Pengelolaan Tim yang Efektif

Berikan dukungan dan arahan kepada anggota tim, serta pastikan bahwa semua orang memiliki sumber daya yang cukup untuk menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Bekerjasama dengan anggota tim untuk memecahkan masalah dan mengatasi hambatan yang muncul.

5. Pemantauan Progress

Pantau kemajuan proyek secara teratur dan bandingkan dengan jadwal yang telah ditetapkan. Identifikasi area yang memerlukan perhatian ekstra dan lakukan tindakan korektif jika diperlukan.

6. Bersikap Fleksibel dan Siap Beradaptasi

Tetaplah fleksibel dan siap untuk beradaptasi dengan perubahan yang mungkin terjadi selama proyek. Jika ada perubahan dalam lingkungan atau persyaratan proyek, buatlah penyesuaian yang diperlukan dalam rencana dan strategi.

7. Lakukan Evaluasi dan Terus Belajar

Setelah proyek selesai, melakukan evaluasi menyeluruh untuk mengevaluasi pencapaian tujuan, kinerja tim, dan pelajaran yang dapat dipetik. Gunakan informasi ini untuk meningkatkan proses dan hasil proyek di masa depan.

Dengan melakukan langkah-langkah ini secara efektif, seorang project manager dapat meningkatkan peluang kesuksesan proyek dan memastikan bahwa tujuan proyek tercapai dengan baik.

Baca juga: Deretan Tugas Project Manager yang Mesti Kamu Ketahui

Frequently Asked Questions (FAQ)

Dimana Tempat Mengasah Skill Project Management?

Belajarlagi juga menyediakan Project Management Bootcamp buat kamu yang tertarik untuk pindah karier atau belajar bidang ini untuk karier profesionalmu, loh!

Dari kemampuan komunikasi yang efektif hingga kemampuan manajemen risiko yang proaktif, setiap skill project manager memiliki peran yang krusial dalam mengelola proyek. Kombinasi antara skill teknis dan soft skill yang kuat akan membantu project manager menjadi motor penggerak yang efisien dalam mengarahkan proyek menuju pencapaian tujuan yang diinginkan.

Mengapa pemahaman industri penting untuk Project Manager?

Memahami industri membantu Project Manager dalam membuat keputusan yang tepat, mengenali risiko potensial, dan menerapkan praktik terbaik yang relevan untuk proyek tersebut.

Apa dampak dari seorang Project Manager yang tidak memiliki skill yang cukup?

Kurangnya skill yang memadai dapat menyebabkan mismanajemen, keterlambatan, pembengkakan biaya, dan hasil proyek yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Apa manfaat memiliki Project Manager yang kompeten bagi perusahaan?

Project Manager yang kompeten dapat meningkatkan efisiensi proyek, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, meningkatkan kualitas hasil akhir, dan memberikan kontribusi signifikan terhadap kesuksesan perusahaan.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.