Berapa Sih Gaji Project Manager di Perusahaan Indonesia?

Gaji project manager disebut-sebut lumayan tinggi. Pantas saja jika profesi ini terbilang cukup menjanjikan. Yuk, simak berapa sih kisaran gajinya berikut ini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Gaji profesi project manager

Project manager menjadi salah satu profesi dengan gaji yang cukup menjanjikan. Belum lagi kebutuhan akan sumber daya di bidang project management akhir-akhir ini juga kian tinggi. Jadi, tidak salah jika pada akhirnya banyak orang berlomba-lomba buat menjadi project manager yang andal.

Pertanyaannya, berapa ya kisaran dan rata-rata gaji profesi ini di Indonesia? Hal apa saja yang bisa mempengaruhi pendapatan seorang project manager? Terus, bagaimana perbandingan gajinya dengan beberapa negara di Asia Tenggara?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu tersebut, Tim Belajar Lagi sudah merangkum ulasannya lewat artikel berikut ini. Yuk, simak berapa sih gaji project manager dan bagaimana peluang kariernya!

Kisaran gaji project manager di Indonesia

Project manager merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab atas terlaksananya suatu proyek, baik besar maupun kecil, dari awal sampai akhir. Peran seorang project manager sangat vital karena harus memantau setiap kemajuan proyek. Selain itu, project manager harus memastikan bahwa proyek yang dikerjakan dapat selesai tepat waktu dan tidak melebihi bujet.

Berbagai industri bisa memerlukan project manager, mulai dari manufaktur, konstruksi, digital marketing, hingga teknologi informasi. Maka, boleh dikatakan bahwa peluang kerja sebagai project manager sangat luas di banyak aspek. Makin lama seseorang berkecimpung di bidang project management, besar kemungkinan pendapatan yang diperoleh pun makin besar.

Menurut Jobstreet, gaji project manager di Indonesia ada pada kisaran angka 11 juta hingga 14 juta rupiah per bulannya. Karena sifatnya rata-rata, maka sangat mungkin ada pula perusahaan yang bisa memberi gaji lebih dari angka tersebut.

Kondisi geografis dan sosial ekonomi yang berbeda membuat pendapatan project manager di daerah bisa berbeda-beda. Dari data Jobstreet tadi, gaji tertinggi ada di Kepulauan Riau, yakni sebesar 18 juta rupiah per bulan. Sementara, di Jawa Tengah sendiri gajinya sekitar 7,2 juta rupiah per bulan.

Dengan menilik kisaran angka tadi, kamu bisa membayangkan betapa menjanjikannya pekerjaan sebagai project manager. Kebutuhan akan sumber daya project manager pun juga terus meningkat. Jadi, potensi kariernya masih akan sangat bagus.

Faktor yang mempengaruhi gaji project manager

Pendapatan project manager bisa berbeda-beda

Selain faktor geografis dan UMR per daerah, sebenarnya ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi pendapatan project manager. Inilah yang menyebab kenapa gajinya bisa berbeda-beda, sekalipun berada di kota yang sama.

Faktor-faktor tersebut misalnya pendidikan, sertifikasi, jenis industri, pencapaian, dan lain-lain. Agar lebih paham, simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

1. Pendidikan serta sertifikasi

Beberapa perusahaan masih menekankan pentingnya latar belakang pendidikan karyawannya. Oleh sebab itu, pendidikan juga menjadi salah satu tolak ukur perusahaan dalam memberi gaji. Latar pendidikan yang lebih spesifik dinilai lebih cocok untuk pekerjaan project management, misalnya teknik industri atau teknik informatika,

Selain pendidikan, perusahaan juga menitikberatkan ada tidaknya sertifikasi project manager. Beberapa pelatihan project management memberikan sertifikasi yang nantinya sangat berguna saat melamar pekerjaan. Perusahaan bisa memberi gaji lebih tinggi pada karyawan yang memiliki sertifikasi sebagai bukti dari kemampuan yang dimilikinya.

2. Pengalaman

Faktor berikutnya yang sangat mempengaruhi pendapatan project manager adalah pengalaman kerja. Tidak bisa dipungkiri, seseorang yang sudah punya banyak pengalaman bekerja tentu berpotensi memperoleh gaji yang lebih tinggi.

Pengalaman bertahun-tahun dapat menjadi jaminan atas kemampuan dalam memimpin dan mengelola proyek. Maka, seseorang yang sudah lama menjadi project manager bisa jadi memiliki gaji lebih tinggi daripada yang masih baru.

Untuk entry level dari fresh graduate, gajinya pun lebih rendah daripada yang sudah berpengalaman. Bahkan, biasanya para entry level terlebih dahulu memasuki posisi sebagai staf sebelum nantinya menjadi asisten ataupun project manager.

3. Keterampilan khusus

Seorang project manager tentunya dituntut memiliki banyak keterampilan dan kemampuan. Mulai dari komunikasi, manajemen waktu, analisis, perencanaan, kepemimpinan, dan lain-lain. Namun, ada kalanya project manager yang memang terlihat lebih menonjol karena kemampuan khusus.

Misalnya, project manager yang benar-benar menguasai keterampilan dalam teknologi dan informasi akan sangat berkontribusi bagi kemajuan proyek. Oleh sebab itu, besar kemungkinan perusahaan akan lebih banyak memberikan gaji padanya.

4. Bidang industri dan lokasi kerja

Project management diaplikasikan ke banyak industri atau bidang kerja. Nah, jenis industri yang berbeda bisa berpengaruh ke pendapatan project manager. Perusahaan di bidang teknologi, komunikasi, dan e-commerce biasanya mampu menawarkan pendapatan lebih tinggi untuk posisi project manager.

Bidang industri tadi juga nantinya terkait dengan lokasi kerja. Contohnya, gaji project manager untuk perusahaan teknologi di Jakarta bisa jadi jauh lebih tinggi daripada di Yogyakarta. Hal ini tergantung dari UMR masing-masing daerah.

5. Prestasi

Selain pengalaman dan keterampilan, prestasi dalam memegang proyek sebelumnya bisa menjadi pertimbangan perusahaan dalam menawarkan gaji. Seorang project manager yang pernah sukses mengelola banyak proyek biasanya bisa memperoleh pendapatan lebih tinggi.

Tentunya perihal prestasi ini harus benar-benar dikroscek kebenarannya, bukan sekadar info yang terpampang di resume semata. Perusahaan dapat menggali lebih dalam mengenai pencapaian project manager lewat proses wawancara.

6. Tanggung jawab dan proyek

Skala sebuah proyek juga berpengaruh pada besaran gaji. Selain itu, perusahaan akan melihat juga seberapa besar anggaran, risiko, dan dampak dari proyek. Proyek dengan risiko agak tinggi biasanya menawarkan gaji yang lebih sepadan pula.

Makin besar kompleksitas tanggung jawab manajer proyek, potensi gajinya pun kian tinggi. Apalagi jika jumlah anggota tim yang mesti dikelola sangat banyak dan melibatkan berbagai pihak eksternal.

Gaji project manager di negara Asia Tenggara

Bagaimana pendapatan manajer proyek di Asia Tenggara?

Setelah mengetahui kisaran gaji project manager di Indonesia dan faktor yang mempengaruhinya, kamu bisa mengintip gaji profesi ini di luar negeri. Tim Belajar Lagi mencoba menghimpun data pendapatan project manager di beberapa negara Asia Tenggara. Misalnya, Singapura, Thailand, dan lain-lain.

Rata-rata pendapatan project manager di Asia Tenggara:

  • Singapura: $6,140 per bulan
  • Thailand: THB62,000 per bulan
  • Filipina: ₱35,264 per bulan
  • Vietnam: $5,010 per bulan
  • Brunei Darussalam: $9,903 per bulan

Secara umum, beberapa negara di Asia Tenggara memiliki pendapatan lebih tinggi. Hal ini bisa dikarenakan oleh bidang atau industri di sana lebih maju. Misalnya, Singapura mempunyai industri teknologi yang berkembang lebih pesat. Maka, wajar jika kemudian pendapatan project manager-nya menjadi lebih tinggi daripada di Indonesia.

Namun, bukan berarti kualitas project manager di Indonesia bisa dipandang sebelah mata. Siapa pun yang berkarier sebagai project manager pasti memiliki kualifikasi tinggi karena pekerjaan ini tergolong amat kompleks.

Dari ini, kamu makin paham bahwa berkarier sebagai project manager memiliki potensi yang bagus. Tidak hanya dibutuhkan di dalam negeri, kamu bisa berpeluang menjajal karier hingga luar negeri.

Baca Juga: Tips Asyik Belajar Product Management buat Karier Masa Depan

Skill wajib project manager

Setelah mengetahui kisaran pendapatan project manager, apakah kamu mulai tertarik untuk mengenal atau bahkan mendalami project management? Kamu bisa lho menyiapkan diri mulai dari sekarang.

Belajar Lagi memiliki bootcamp Project Management yang pastinya bermanfaat banget buatmu. Bootcamp ini berfokus memberikan pemahaman tentang dasar project management hingga dipersiapkan secara langsung untuk menjadi seorang project manager.

Ada studi kasus dan praktik dalam kelasnya bersama mentor profesional. Kabar baiknya, harga kelasnya pun masih ramah kantong, kok. Untuk info lebih lengkap, silakan cek di website Belajar Lagi, ya!

Sebelum itu, kamu mesti pahami dulu skill atau kemampuan apa saja yang harus dimiliki seorang project manager. Melansir dari Indeed, berikut beberapa skill-nya:

  • Metodologi project management: Pengetahuan tentang metodologi project management harus kuat. Misalnya, waterfall, agile, scrum, dan lain-lain. Metodologi yang tepat akan memberikan hasil proyek yang bagus pula.
  • Kemahiran perangkat lunak: Beberapa software yang setidaknya mesti dikuasai antara lain Microsoft Office Suite, termasuk Excel, Word, dan Outlook. Menguasai perangkat lunak memudahkan project manager dalam mengelola data, analisis, dan bekerja kolaborasi.
  • Analisis data: Ini merupakan kemampuan yang penting karena tujuannya adalah untuk mengukur kinerja dalam project management.
  • Perencanaan: Project manager bertugas membuat perencanaan proyek serinci mungkin sesuai dengan anggaran dan batas waktu. Maka, kemampuan dalam perencanaan ini pun sifatnya wajib.
  • Anggaran: Kemampuan ini mencakup membuat rencana anggaran, meninjau anggaran, dan mengelola biaya seefektif mungkin. Anggaran biasanya berkaitan erat pula dengan pengelolaan sumber daya.
  • Manajemen waktu: Proyek yang sukses biasanya berasal dari manajemen waktu project manager yang berkualitas. Bukan hanya mengatur waktu personal, melainkan juga mengelola energi dan waktu para sumber daya yang ada.
  • Komunikasi: Kemampuan dalam komunikasi ini sifatnya verbal dan non verbal. Project manager harus mampu berkomunikasi aktif, baik ke klien, anggota tim, maupun pemangku kepentingan.
  • Mendengarkan aktif: Project manager yang baik juga harus mampu mendengarkan masukan dari anggota tim. Mendengarkan secara aktif dapat menjadi cara untuk memecahkan masalah yang bisa saja muncul.
  • Pemecahan masalah: Seorang project manager mesti sanggup memecahkan masalah dan menentukan solusi paling efektif. Maka, project manager juga biasanya punya skill manajemen risiko yang baik.

Prospek karier project manager

Lalu, bagaimana prospek karier dari project manager? Sejauh ini, pekerjaan di bidang project management masih sangat terbuka lebar. Banyak industri membutuhkan project manager andal untuk menyelesaikan banyak proyek.

Selama ditekuni, peluang karier project manager sangat menjanjikan, kok. Entry level dapat memulainya dengan menjadi staf project management. Saat pengalaman bertambah, bisa naik ke asisten project manager. Seiring bertambahnya pengalaman dan kemampuan, kesempatan menjadi project manager pun pasti datang.

Baca Juga: Mengenal Business Development: Skill, Tugas, Jenjang Karier, Hingga Gajinya

Kesimpulan

Secara umum, gaji project manager memang cukup menjanjikan. Kebutuhan akan sumber daya di bidang project management pun terus meningkat. Intinya, peluang karier sebagai project manager masih sangat bagus, setidaknya sampai tahun-tahun mendatang.

Namun, pendapatan project manager pun bergantung pada beberapa faktor tertentu. Misalnya, letak geografis, jenis industri, pengalaman, sertifikasi, hingga prestasi. Jangan lupa upgrade terus skill kamu agar siap menjadi project manager profesional dan andal!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.