Prospek Karir Project Manager yang Perlu Diketahui

Project manager mempunyai tanggung jawab yang besar dalam pekerjaannya, tapi bagaimana dengan jenjang karir dari project manager? Yuk ketahui dalam artikel ini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Setiap perusahaan memerlukan seseorang yang bisa membantu dalam pengembangan perusahaan dengan menyelesaikan berbagai proyek perusahaan secara benar. Orang yang biasanya bertanggung jawab dalam hal menyelesaikan proyek di sebuah perusahaan adalah project manager.

Keberadaan project manager diperlukan dalam sebuah perusahaan, supaya ada seseorang yang mampu mengatur dan memperhatikan jalannya suatu proyek hingga mencapai kesuksesan. Project manager harus bisa menjadi seorang pemimpin yang baik untuk dapat mengelola proyek perusahaan dengan baik bersama anggota timnya.

Tapi, bagaimanakah jenjang karir seorang project manager dalam sebuah pekerjaan? Mari simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Project Manager

Sebaiknya, kamu perlu mengetahui pengertian project manager terlebih dahulu sebelum beranjak untuk tahu tentang jenjang karir seorang project manager.

Project manager merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam membuat rencana, mengurus, dan melakukan pelaksanaan proyek dengan baik bersama anggota tim. Karena itu, project manager mempunyai tanggung jawab yang cukup banyak mulai dari awal perencanaan suatu proyek, pelaksanaan, hingga menemukan hasil yang diharapkan.

Dalam prosesnya, project manager menjadi orang yang memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan proyek sampai selesainya proyek. Project manager juga akan berhubungan dengan pembuatan strategi dalam pelaksanaan proyek, pemahaman, evaluasi (mengetahui kekurangan dan kelebihan sehingga dapat diantisipasi.

Skill yang Harus Ada Pada Project Manager

Untuk menjadi project manager, kamu perlu memiliki beberapa skill untuk mendukung pekerjaan kamu sebagai project manager. Lalu, apa saja skill yang dibutuhkan oleh project manager?

1. Kemampuan Perencanaan

Seorang project manager harus bisa membuat perencanaan untuk membuat proyek mulai dari perencanaan anggaran, jumlah sumber daya yang dibutuhkan, dan bagaimana cara untuk dapat menyelesaikan proyek dengan baik.

2. Kemampuan Mengidentifikasi dan Mengatasi Risiko

Project manager juga perlu memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi risiko agar dapat memperkecil kemungkinan munculnya risiko dalam pelaksanaan proyek. Jika terjadi masalah, project manager akan mengatasinya dengan cepat dan tepat.

3. Kemampuan Menulis dan Membaca

Project manager harus bisa untuk membaca dokumen-dokumen yang sulit, dan menuliskannya kembali dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua anggota tim. Jadi kemampuan membaca dan menulis ini cukup penting dimiliki oleh seorang project manager.

4. Kemampuan Mengelola Biaya

Project manager harus bisa mengelola biaya dengan baik dan memastikan anggaran akan aman, serta cukup dari awal proyek dimulai hingga proyek berakhir.

5. Kemampuan dalam Membuat Jadwal

Project manager juga diharuskan untuk dapat membuat jadwal untuk menyelesaikan proyek, dan membagi-bagi tugas kepada anggota tim dengan baik.

Tanggung Jawab Seorang Project Manager

Bagaimana dengan tanggung jawab seorang project manager? Tidak begitu sulit namun bukan berarti pekerjaannya adalah hal yang mudah. Project manager mempunyai tanggung jawab yang besar dalam sebuah perusahaan. Kontribusinya pun sangat tinggi dalam proses mencapai tujuan yang diharapkan perusahaan. Berikut ini tanggung jawab dari seorang project manager.

  • Membuat dan merealisasikan perencanaan, yang didalamnya terdapat sasaran, tujuan, serta pembagian peran setiap anggota tim dalam pelaksanaan tugas proyek untuk memenuhi kebutuhan klien
  • Melakukan pemeriksaan anggaran dan sumber daya yang ada untuk dapat menjalankan proyek
  • Mengatur dan memperhatikan proses pelaksanaan proyek, dan mengarahkan setiap anggota tim supaya bergerak sesuai dengan tugas dan tujuan dari proyek itu sendiri
  • Memberikan motivasi kepada seluruh anggota tim, agar memiliki semangat dan kekompakan yang tinggi
  • Mengenali dan menangani permasalahan atau resiko yang muncul pada saat proyek berjalan, supaya bisa kembali dilaksanakan dengan baik, dan selesai sesuai dengan tenggat waktu
  • Memantau setiap kegiatan yang dilakukan anggota tim dalam melaksanakan tugas proyek yang diberikan
  • Melakukan perubahan jika diperlukan ketika proyek dijalankan
  • Menyusun dan memberikan laporan secara berkala kepada klien maupun pihak perusahaan
  • Melakukan evaluasi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan, serta kekuatan dan juga kelemahan rencana proyek yang sebelumnya

Jenjang Karir Seorang Project Manager

Kamu tidak perlu khawatir ketika memilih bekerja untuk menjadi seorang project manager, karena posisi project manager mempunyai jenjang karir yang cukup bagus. Jadi kamu bisa terus berkembang jika menjadi project manager

Project manager menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan di berbagai industri seperti konstruksi, asuransi, pelayanan informasi, dan juga di bidang kesehatan.

Menurut laman Project Management Institute, akan ada banyak permintaan untuk posisi project manager dari berbagai perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain selama 10 tahun ke depan. Dalam sebuah analisis yang dilakukan project management institute oleh Anderson Economic Group (AEG) memperlihatkan peluang besar dalam posisi project manager. Pada tahun 2027 saja diperkirakan, hampir 88 juta orang akan dibutuhkan perusahaan untuk menjadi seorang project manager.

Hal ini tentunya sudah sangat menjelaskan bahwa posisi project manager merupakan posisi  yang memiliki kontribusi cukup besar dalam perkembangan dan kemajuan perusahaan.

Nah itu dia penjelasan tentang project manager yang memiliki jenjang karir cukup bagus untuk beberapa tahun ke depan. Pastikan untuk mempunyai dan mau mengasah skill yang sesuai, dan siap untuk mengemban tanggung jawab yang besar jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang project manager.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.