Tertarik Jadi SEO Specialist? Ini Dia 5 Rekomendasi Bootcamp SEO!

Menjadi salah satu profesi yang banyak dicari di era digital marketing, simak rekomendasi bootcamp SEO berikut ini jika kamu tertarik berkarir di bidang SEO Specialist

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Tertarik Jadi SEO Specialist? Ini Dia 5 Rekomendasi Bootcamp SEO!

Ada banyak profesi baru yang muncul di era yang sangat mengandalkan internet dan mesin pencari ini. Salah satunya adalah SEO Specialist, yang memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) dalam proses kerjanya.

Bagi sebagian orang, SEO masih terdengar asing. Namun, kini sudah banyak perusahaan yang menggunakannya terutama yang bergerak di bidang digital atau start up.

Ketika posisi SEO Specialist mulai banyak dicari perusahaan, nyatanya masih belum banyak orang yang memahami SEO dan tahu akan adanya profesi satu ini. Jika kamu berminat menjadi seorang SEO Specialist dan baru akan mencoba bidang ini, jangan khawatir! Teman Belajar bisa mengikuti kursus di bootcamp SEO yang sudah banyak tersedia untuk mengasah keterampilanmu dan membantumu berkarir sebagai SEO Specialist.

Jadi, Apa Itu SEO?

Melansir Google, SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas situs ketika user mencari suatu layanan atau produk sehingga muncul di deretan teratas di mesin pencarian.

Dengan meraih ranking tertinggi di mesin pencari, maka potensi trafik organik di situsmu akan meningkat. Hal inilah yang membuat SEO memiliki banyak manfaat dalam dunia digital marketing. Adapun manfaat lengkap dari SEO adalah: 

  1. Mendatangkan pengunjung website.
  2. Mendapatkan penjualan dari mesin pencari.
  3. Investasi jangka panjang.
  4. Meningkatkan brand awareness.
  5. Iklan selama 24 jam non stop.
  6. Menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.
  7. Mendapatkan penghasilan dari adsense lebih banyak.
  8. Bisa dipercaya pelanggan.

Cara Kerja dan Teknik SEO

Setelah tahu apa itu SEO beserta manfaatnya, Teman Belajar juga harus tahu cara kerja dan tekniknya. Dikutip dari Tech Target, ikuti cara dan teknik di bawah ini untuk membuat situsmu berada di halaman pertama mesin pencari:

1. Crawling

Proses yang pertama adalah mesin pencari akan melakukan crawling, dimana bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari seluruh website, mulai dari halaman hingga link. 

2. Indexing

Setelah berhasil melakukan crawling, selanjutnya web crawler akan menyimpan informasi tersebut ke dalam enty list: index.

3. Ranking

Dan tahap terakhir, search engine akan menampilkan hasil peringkat berdasarkan pencarian yang paling sesuai dengan konten yang relevan dengan keyword yang disasar.

Algoritma Google atau mesin pencari akan memastikan bahwa pengguna mendapatkan konten yang relevan dengan keyword yang mereka masukkan. Algoritma ini akan terus diperbarui untuk menyesuaikan tren dan perkembangan zaman, sehingga seorang SEO Specialist harus memperbarui keyword yang digunakan agar tetap relevan. 

Rekomendasi Bootcamp SEO

Menjadi salah satu keterampilan yang mulai banyak dicari, kini sudah banyak kelas-kelas SEO dibuka bagi siapapun yang berminat untuk mempelajari lebih jauh seputar teknik optimalisasi keyword mesin pencari ini.

Jika Teman Belajar tertarik untuk belajar SEO, berikut ini adalah beberapa rekomendasi bootcamp SEO yang bisa kamu ikuti. 

1. SEMRush Academy SEO Class

Rekomendasi bootcamp SEO yang pertama adalah SEMRush Academy, yang menawarkan kursus SEO secara online dan gratis.

Dengan mengikuti SEMRush, kamu bisa belajar seputar dasar-dasar SEO seperti,  cara riset kata kunci, backlink, cara membaca insight dari traffic website hingga sisi teknis SEO dan cara menggunakan toolkit SEMrush melalui materi yang ditawarkan. 

Jika kamu berminat mengikuti bootcamp SEO ini, Teman Belajar hanya perlu mendaftar di website SEMRush Academy dan memilih kelas SEO yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

2. Click Minded SEO Training Course

Click Minded adalah rekomendasi bootcamp SEO kedua yang Teman Belajar bisa ikuti.

Di bootcamp SEO Training Course-nya, kamu akan belajar cara menghasilkan 10 kali lebih banyak traffic dari Google. Kamu juga bisa belajar langkah-langkah untuk meningkatkan strategi SEO, seperti optimasi on-page dan off page, optimasi teknis, strategi kata kunci, analisis kompetitif dan pembaruan algoritma yang ada.

Kursus SEO online di sini bisa kamu ikuti secara gratis untuk bagian pengantar SEO. Jika berminat melanjutkan ke kelas yang lebih advance, maka kamu harus membayar sesuai dengan biaya yang ditentukan.

3. The Blue Print Training: SEO Bootcamp

Jika ingin belajar tentang penggunaan keyword yang mempengaruhi trafik, maka bootcamp SEO dari The Blue Print Training bisa jadi salah satu tempat kursus online yang kamu coba.

Bootcamp SEO ini menyediakan kursus langsung dengan video, template, dan tools SEO yang menunjang pembelajaran. 

Tersedia dalam beberapa level kelas yang bisa disesuaikan, dari pemula, menengah, hingga advance yang memiliki harga berbeda-beda.

4. HubSpot SEO for Beginner

Jika kamu mencari bootcamp SEO gratis lainnya, maka HubSpot bisa jadi salah satu yang kamu pertimbangkan.

Kursus SEO  yang diberikan HubSpot ini dilakukan dengan mengirimkan email berisi materi pembelajaran secara rutin selama lima hari kepada peserta. Kamu bisa membacanya dan belajar SEO dari sana. 

Pada dasarnya materi-materi yang diberikan adalah dasar-dasar yang dibutuhkan untuk membantu kamu sukses dalam SEO. Misalnya, bagaimana cara memilih kata kunci yang tepat, bagaimana mendapatkan tautan dari sumber eksternal, bagaimana search engines bisa memahami konten yang kamu buat di website, bagaimana search engines melakukan crawl website, hingga apa itu SEO on page dan off page. 

5. Belajarlagi SEO Bootcamp

Rekomendasi bootcamp SEO yang terakhir adalah kelas Complete SEO Bootcamp Belajarlagi: Beginner to Advanced.

Belajar Lagi menawarkan metode pembelajaran yang berbasis pengalaman, dimana para instruktur adalah seorang SEO Specialist dan Manager dari berbagai background top-tier companies. 

Kursus intensif ini bisa kamu ikuti selama dua hingga tiga bulan saja dengan harga yang terjangkau. 

Di bootcamp SEO ini, Teman Belajar akan mempelajari seputar pengenalan SEO, bagaimana cara membangun website, optimalisasi pencarian keywords, SEO Content Writing, Technical SEO, dan masih banyak lagi, mulai dari level pemula sampai jago bikin portofolio.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi bootcamp SEO yang bisa kamu coba sekarang. Jika kamu tertarik untuk mendalami bidang SEO dan berkarir sebagai SEO Specialist, maka jangan ragu untuk mengikuti kelasnya, ya!

Jadi, selamat Belajar lagi!

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.