10+ Manfaat Media Sosial untuk Bisnis, Seberapa Penting, Sih?

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
April 29, 2024
Updated:
May 22, 2024

Media sosial telah menjadi alat yang sangat penting dalam dunia bisnis modern. Istilah ini merujuk pada social media marketing. Penggunaan platform seperti Facebook, Instagram, TikTok,  X, dan LinkedIn memberikan berbagai manfaat yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama media sosial untuk bisnis. Yuk, simak!

Baca Juga: Kosakata Social Media Marketing

Keuntungan dan Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

Sebagai Identitas Bisnis

Media sosial membantu bisnis dalam membentuk dan memperkuat identitas mereka atau biasanya disebut brand building. Melalui profil, posting, dan interaksi, perusahaan dapat menunjukkan nilai-nilai, budaya, dan visi mereka kepada audiens. Identitas yang konsisten dan kuat di media sosial membuat bisnis lebih mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan, yakni dengan cara USP (Unique Selling Product) yang dilakukan oleh Susu Murni Nasional.

USP susu murni nasional

Kamu bisa mencontoh brand building yang dilakukan Arief Muhammad di X (Twitter) dengan hashtag  #TimPakeSendok #TimPakeTangan saat sedang makan nasi padang. Dari segi visual kamu bisa pakai strategi Zeigarnik Effect. Dalam konteks pemasaran, iklan "misteri" memanfaatkan efek ini untuk memancing respons emosional dan mendorong audiens mencari tahu lebih lanjut tentang makna iklan tersebut.

Meningkatkan Brand Awareness

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Dengan memanfaatkan berbagai platform, bisnis dapat menjangkau jutaan orang dan memperkenalkan produk atau layanan mereka secara luas. Konten yang menarik dan kampanye yang strategis dapat membuat merek lebih dikenal dan diakui oleh audiens yang lebih besar.

Meningkatkan Penjualan

Media sosial bukan hanya alat promosi, tetapi juga dapat meningkatkan penjualan secara langsung. Fitur seperti shoppable posts di Instagram, Facebook Shops hingga TikTok Shop memungkinkan pelanggan untuk membeli produk langsung dari platform tersebut. Kampanye iklan yang ditargetkan juga membantu dalam mencapai audiens yang tepat dan meningkatkan konversi penjualan.

Baca Juga:  Apa Sih yang Bikin TikTok Banyak Penggunanya?

Mendapatkan Pasar yang Lebih Luas

Melalui media sosial, bisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas tanpa batasan geografis. Ini sangat bermanfaat bagi bisnis kecil yang ingin memperluas jangkauan mereka ke level nasional atau bahkan internasional. Dengan strategi pemasaran yang tepat, bisnis dapat menarik pelanggan dari berbagai belahan dunia.

Membangun Interaksi Langsung dengan Pelanggan

Interaksi langsung dengan pelanggan melalui media sosial memungkinkan bisnis untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan lebih baik. Tentu saja, pelanggan bisa kembali membeli produk kita dengan jika kita menerapkan CRM (customer relationship management). Melalui komentar, pesan langsung, dan berbagai bentuk engagement, bisnis dapat mengumpulkan informasi berharga yang dapat digunakan untuk meningkatkan produk atau layanan.

Baca Juga: Intip Langkah Customer Relations ala HMNS Perfum

Membangun Komunitas Pelanggan

Media sosial memungkinkan bisnis untuk membangun komunitas pelanggan yang aktif dan loyal. Melalui grup, halaman, atau forum diskusi, bisnis dapat menciptakan ruang bagi pelanggan untuk berbagi pengalaman, memberikan umpan balik, dan merasa menjadi bagian dari komunitas yang lebih besar. Dalam hal ini, komunitas terbentuk karena mereka saling bertemu sesuai ketertarikan mereka yang mereka temukan di media sosial. 

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tentu saja setelah membangun interaksi dan terbentuknya komunitas, maka otomatis kepuasan pelanggan akan meningkat. Media sosial memungkinkan bisnis untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, memberikan tanggapan yang cepat terhadap pertanyaan atau keluhan, dan membangun hubungan yang lebih baik. Interaksi yang responsif dan perhatian terhadap umpan balik pelanggan dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Tips Kelola Social Media Biar Followers Cepat Naik

Meningkatkan Kinerja SEO

Aktivitas di media sosial juga berkontribusi pada peningkatan kinerja SEO (Search Engine Optimization). Konten yang sering dibagikan dan mendapatkan banyak interaksi di media sosial dapat meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari. Link dari media sosial juga dapat meningkatkan otoritas domain situs web bisnis. Ini biasa disebut SEO off page. Tak hanya itu di media sosial juga bisa di optimasi yang biasa disebut SMO (Social Media Optimization). Keduanya tentu saja saling berkaitan untuk mendukung sebuah bisnis.

Promosi yang Murah dan Efektif

Manfaat media sosial untuk bisnsi selanjutnya yakni media sosial sebagai tempat promosi gratis dan lebih murah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Media sosial gratis karena bisa langsung digunakan, dan jika ingin iklan pun bisa dan harganya murah. Iklan di media sosial dapat disesuaikan dengan budget yang fleksibel dan ditargetkan secara spesifik untuk mencapai audiens yang diinginkan. Hal ini membuat promosi lebih efektif dan efisien dari segi biaya. Adanya tools analisis gratis yang disediakan tiap media sosial pun membuat kemudahan bagi pemilik bisnis untuk melakukan evaluasi kinerja media sosial.

Baca Juga: 10 Social Media Tools yang Bisa Digunakan untuk Bisnis

Wadah Storytelling Bisnis

Media sosial adalah tempat yang sempurna untuk storytelling bisnis. Melalui posting, video, dan cerita, bisnis dapat berbagi perjalanan mereka, misi, dan nilai-nilai yang mendasari. Storytelling yang baik dapat menciptakan koneksi emosional dengan pelanggan dan membuat merek lebih menarik dan otentik.

Contoh brand yang sukses membangun storytelling adalah Marjan. Dirangkum dari Marjan case study Belajarlagi, brand ini mengandalkan pemasaran musiman yang menampilkan pesan tersembunyi (hidden message) untuk menarik perhatian penonton. Setiap iklan Marjan mengandung pesan moral yang kuat, seperti pentingnya gotong royong, menjaga lingkungan, merencanakan tindakan dengan matang, dan menggunakan sajian makanan sebagai cara mendamaikan suasana. Pendekatan storytelling ini membuat iklan Marjan lebih berkesan dan dinantikan setiap tahunnya, sehingga berhasil meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.

Kesempatan Bekerja Sama dengan Influencer

Tak kalah penting, manfaat media sosial yakni adanya kesempatan kerja sama dengan influencer di media sosial, yang biasa disebut influencer marketing. Influencer memiliki pengikut yang loyal dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Kolaborasi dengan influencer yang tepat dapat membantu bisnis menjangkau audiens yang lebih luas dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan potensial.

kerjasama bisnsi dengan influencer sebagai manfaat media sosial untuk bisnis

Perlu diperhatikan bahwa pemilihan influencer sesuai bisnis itu penting, lho. Misalnya bisnis kecantikan yang bekerjasama dengan influencer cantik atau tampan sempurna. Tak harus influencer lokal, sebuah brand besar tak jarang menggunakan influencer idol K-Pop, seperti White Lab x Sehun. Mereka berani mengambil kesempatan ini karena menurut riset dari Statista, lebih dari 39 persen orang di seluruh dunia sudah mengenal artis K-pop. Popularitas mereka sangat besar dan berpengaruh, terutama terhadap gaya hidup generasi muda saat ini. 

Baca Juga : Idol Korea Kok Laris Jadi Influencer di Indonesia?

Mengapa bisnis butuh jasa social media management?

Ada tiga alasan kenapa sebuah bisnis memerlukan jasa pengelolaan media sosial, yaitu hemat waktu, lebih efektif, dan lebih optimal. Ini sangat berlaku bagi sebuah bisnis yang belum mempunyai tenaga profesional di bidang pemasaran media sosial.

Nah, Belajarlagi Digital Agency bisa membantu perusahaan mengelola media sosial secara lebih efektif untuk tujuan tertentu. Belajar Lagi Agency sudah berpengalaman dalam mendorong bisnis makin bertumbuh lewat berbagai strategi digital, salah satunya media sosial.

Melalui layanan tersebut, sebuah brand akan dibantu oleh tim berpengalaman beserta konsultan yang sudah belasan tahun di industri digital. Pastinya akan sangat berguna untuk meningkatkan potensi bisnis, deh!

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek langsung di laman Belajarlagi Digital Agency, ya. Jangan ragu untuk mempercayakan pengelolaan media sosial ke Belajar Lagi Agency!

#
Social Media
#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.