Apa Itu Technical Skill? Simak Contoh, Tips Meningkatkan (Terbaru)

Ashya Ravika
8 Min Read
Published:
June 13, 2024
Updated:
June 13, 2024

Memiliki technical skill adalah dambaan setiap orang. Sebab, teknologi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Contohnya, kemampuan untuk menggunakan software komputer, mengoperasikan alat elektronik, atau merancang kode program.

Tapi, apa itu technical skill? Dan bagaimana cara meningkatkannya? Artikel ini akan mengajak kita menyelami dunia technical skill. Kita akan belajar tentang pengertian, manfaat, contoh, hingga cara mengembangkannya. 

Yuk, bersiap untuk menyelami lebih dalam seputar dunia technical skill!

Apa itu Technical Skill?

Berbeda dengan soft skill, technical skill adalah kemampuan yang kita butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan teknis. Contohnya, kemampuan untuk menggunakan software komputer, mengoperasikan alat elektronik, atau merancang kode program.

Memiliki technical skill yang baik dapat memberikan banyak keuntungan bagi kita di dunia kerja. Kita akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, meningkatkan produktivitas, dan membuka peluang karir yang lebih luas.

Manfaat Jika Punya Technical Skill yang Baik

kemampuan technical skill

1. Dibutuhkan Banyak Orang

Mengapa memiliki kemampuan technical skill dibutuhkan banyak orang? Ini karena tidak semua orang bisa melakukan skill teknis tertentu sesuai bakat yang kita punya. Misalnya, jika kita punya skill desain grafis tentu orang yang tertarik dan benar-benar passion di bidang ini akan lebih ahli dan ulet dalam skill teknis desain grafis sehingga ia akan lebih ulet dan paham dari 0 daripada orang pada umumnya yang sekedar paham saja.

2. Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Kerja

Manfaat punya technical skill yang baik dapat membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien. Hal ini karena kita memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tepat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang memerlukan teknologi. Sehingga, kita bisa lebih produktif!

3. Meningkatkan Kemampuan Adaptasi dengan Teknologi

Teknologi terus berkembang dengan pesat. Dengan memiliki technical skill yang baik, kita akan lebih mudah beradaptasi dengan teknologi baru yang digunakan di tempat kerja. 

4. Pemecahan Masalah yang Lebih Efisien

Memiliki technical skill dapat membuat kita bisa menganalisis masalah dengan lebih baik. Kita dapat memahami dengan lebih dalam akar permasalahan yang ada dengan bantuan teknologi dan alat yang relevan. 

Baca Juga: 20 Contoh Hard Skill dan Tips Meningkatkannya (Terbaru)

Apa Saja Contoh Technical Skill?

1. Pengembang Web (Web Developer)

Pengembang Web dihadapkan dengan tugas untuk membangun sebuah situs web e-commerce yang modern dan user-friendly. Untuk menyelesaikan tugas ini, mereka membutuhkan berbagai technical skill atau keahlian teknis, seperti HTML,CSS, JavaScript, PHP atau Python, Framework JavaScript, hingga database. 

2. Graphic Design

Desainer grafis membuat desain grafis yang menarik dan informatif untuk kebutuhan pemasaran dan branding menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop dan Illustrator. Banyak detail-detail yang harus mereka pahami mencakup warna, bentuk, pola, dan sebagainya.

3. Interior Designer

Desainer interior merancang dan menata ruang interior dengan mempertimbangkan aspek estetika, fungsionalitas, dan ergonomis menggunakan software CAD (Computer Aided Design) seperti SketchUp atau AutoCAD. Mereka sangat berjasa dalam mendesain sebuah ruangan yang sering kita lihat, misalnya cafe atau hotel.

4. Digital Marketing Specialist

bootcamp fullstack digital marketing

Digital marketing specialist bertugas mengelola kampanye pemasaran online dan mengoptimalkan situs web atau media sosial. Untuk meningkatkan traffic dan konversi, mereka menggunakan platform seperti Google Ads dan Facebook Ads. Sedangkan, untuk organik bisa dilakukan melalui SEO (Search Engine Optimization) atau SMO (Social Media Optimization).

Baca Juga: Segini Loh Gaji Digital Marketing buat Pemula, Tertarik?

5. Dokter Radiologi

Untuk menginterpretasikan hasil rontgen dan scan medis, Dokter Radiologi menggunakan software PACS (Picture Archiving and Communication System) untuk mendiagnosis penyakit.

Tips Melakukan Assessment Technical Skill 

Assessment technical skill

Assessment technical skill merupakan tahapan penting dalam proses seleksi kerja, terutama di bidang yang membutuhkan keahlian teknis. Berikut beberapa tips yang dapat membantumu menghadapi assessment technical skill dengan sukses:

1. Pahami Jenis Assessment

Pertama-tama, kita harus tahu jenis assessment yang akan dihadapi. Apakah berupa tes tertulis, praktek langsung, atau diskusi dengan tim teknis? Dengan memahami jenis assessment, kita dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.

2. Pelajari Pertanyaan Umum

Lakukan riset dan pelajari pertanyaan-pertanyaan umum yang sering muncul dalam assessment technical skill di bidangmu. Hal ini akan membantumu mengenali area yang perlu kita pelajari lebih mendalam.

Baca Juga: 8 Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Cara Jawabnya

3. Berlatih dengan Soal-Soal yang Mirip

Banyak sumber online yang menyediakan soal-soal latihan untuk assessment technical skill. Manfaatkan sumber-sumber tersebut untuk berlatih dan meningkatkan kemampuanmu dalam menyelesaikan masalah teknis.

4. Kelola Waktu dengan Baik

Pada saat assessment, manajemen waktu yang baik agar kita dapat menyelesaikan semua soal dengan teliti. Jangan terpaku pada satu soal yang sulit, lanjutkan ke soal lain dan kembali lagi ke soal tersebut jika masih ada waktu.

5. Percaya Diri

Meskipun kita merasa gugup, tunjukkan rasa percaya diri saat menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas. Sikap yang positif dan tenang akan membantu kita menunjukkan kemampuanmu dengan lebih baik.

Baca Juga: Tips Jitu Agar Langsung Diterima Kerja saat Interview

6. Berpikir Kritis dan Kreatif

Assessment technical skill bukan hanya tentang menyelesaikan soal dengan tepat, tetapi juga menunjukkan kemampuanmu dalam berpikir kritis dan kreatif. Gunakan pengetahuan dan pengalaman terbaik kita untuk menemukan solusi yang inovatif.

Bagaimana Cara Meningkatkan Technical Skill?

Technical skill adalah bekal penting untuk berjaya di dunia kerja. Dengan menguasai technical skill yang dibutuhkan, kita akan semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan dan mencapai kesuksesan dalam karirmu. Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan  technical skill:

1. Ikuti Pelatihan atau Workshop

Banyak lembaga pendidikan yang menawarkan pelatihan atau workshop untuk berbagai bidang technical skill. Dengan mengikuti pelatihan atau workshop, kita akan mendapatkan bimbingan dari instruktur yang berpengalaman dan mempelajari materi secara sistematis.

online bootcamp terbaik

Belajarlagi menawarkan pelatihan technical skill seperti digital skills dan sales skills hingga pelatihan soft skill yang dirancang untuk meningkatkan berbagai keterampilan karyawan internal ataupun karyawan baru. Sehingga, kita lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja. 

Baca Juga:  Pentingkah Investasi Skill Buat Karyawan Baru?

2. Belajar Online

Di era digital ini, kita memiliki akses yang luas untuk belajar technical skill secara online. Banyak platform online seperti Belajarlagi yang menawarkan free class, atau mini bootcamp dengan harga terjangkau.

Belajarlagi menawarkan berbagai program bootcamp yang bisa disesuaikan dengan bidang yang ingin kita kuasai. Di bootcamp ini, kita akan praktik langsung dengan real client, real budget, hingga portofolio. Sehingga, kita lebih siap memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. 

3. Berlatih Mandiri

Membaca buku pengembangan diri, tutorial, atau artikel online dapat membantumu mempelajari konsep dan teori dasar dari technical skill. Namun, kunci utama untuk menguasai technical skill adalah dengan berlatih secara mandiri. Carilah proyek atau tugas yang dapat kita kerjakan untuk menerapkan pengetahuan yang telah kita pelajari.

4. Terapkan Skillmu di Pekerjaan

Jika kita sudah memiliki pekerjaan, carilah kesempatan untuk menerapkan technical skill-mu dalam pekerjaan. Hal ini akan membantumu mempraktikkan skillmu secara langsung dan meningkatkan kemampuanmu dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan pekerjaanmu. kita bisa berdiskusi dengan perusahaan agar menyediakan pelatihan untuk karyawan dari Belajarlagi yang sudah dipercaya oleh Bank Indonesia hingga Pegadaian.

5. Ikuti Perkembangan Teknologi

Teknologi terus berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi yang terbaru di bidang technical skill-mu agar tidak ketinggalan jaman dan malah stuck disitu saja. Coba gabung ke komunitas, follow media sosial expert dibidangnya, mengikuti seminar atau konferensi, dan mencoba teknologi baru. Jika kita gabung bersama Belajarlagi tentu akan banyak komunitas alumni hingga koneksi bersama mentor dan expert, loh. 

Technical skill adalah bekal penting untuk berjaya di dunia kerja. Pengembangan technical skill juga merupakan sebuah perjalanan yang berkelanjutan. Teruslah belajar, berlatih, dan mengikuti perkembangan teknologi untuk menjadi profesional yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di masa depan! Semangat!

#
Karir
#
Personal Development
Belajarlagi author:

Ashya Ravika

SEO Writer dengan pengalaman lebih dari 5 tahun yang biasa menulis untuk berbagai macam topik dan gaya bahasa. Memiliki passion di bidang penulisan dan pendidikan.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.