Segini Loh Gaji Digital Marketing buat Pemula, Tertarik?

Besaran gaji digital marketing untuk pemula bergantung pada jenis pekerjaannya. Yang jelas, penghasilan dari profesi ini cukup menarik buat kamu loh.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Segini Loh Gaji Digital Marketing buat Pemula, Tertarik?

Sebenarnya berapa sih gaji dari profesi digital marketing, terutama untuk pemula? Pertanyaan ini mungkin kerap muncul di benak para Teman Belajar. Menjadi digital marketer bukan hanya populer, tetapi juga menawarkan jenjang karier yang cukup menjanjikan untuk tahun-tahun mendatang.

Nah, kali ini Teman Belajar bisa loh sedikit mengintip seluk-beluk pekerjaan pada bidang digital marketing. Mulai dari perannya pada perusahaan, apa saja ruang lingkup kerjanya, sampai kisaran nominal gajinya. Siapa tahu nih kamu menjadi punya gambaran untuk merintis karier sebagai digital marketer mulai dari sekarang!

Peran Digital Marketer

Sebelum mengulik gaji digital marketing lebih mendalam, ada baiknya kamu pahami dulu peran pekerjaan tersebut. Menurut Marketing Online, pada dasarnya peran seorang digital marketer jelas ada pada ranah pemasaran melalui media internet.

Tanggung jawab seorang digital marketer juga sangat luas. Mulai dari melakukan riset tentang target market, merancang konten marketing, menganalisis ads campaign, mengoptimasi website, dan lain-lain. Dari sini Teman Belajar dapat membayangkan bahwa keberadaan digital marketing sangat vital dalam pemasaran sebuah produk maupun jasa.

Melalui digital marketing, kegiatan pemasaran dapat lebih efektif, tepat sasaran, dan pastinya cepat. Ini jauh lebih menguntungkan daripada hanya sekadar mengandalkan pemasaran secara konvensional. Seiring dengan perkembangan zaman, profesi pada bidang digital marketing niscaya akan makin perusahaan butuhkan sampai beberapa tahun ke depan.

Ruang Lingkup Kerja Digital Marketing

Seperti yang sudah kamu baca sebelumnya, lingkup dari digital marketing mencakup segala bentuk pemasaran lewat daring. Beberapa cakupan kerja dari bidang ini antara lain:

Search Engine Optimization (SEO). Brand awareness biasanya akan dibentuk melalui konten-konten yang ada pada website. Digital marketer bertugas melakukan riset akan kata kunci, mengoptimasi kinerja website, serta membuat konten yang relevan buat pembaca.

Content Marketing. Tugasnya adalah menyiapkan konten berkualitas dan menarik bagi konsumen serta target market. Konten-konten nantinya muncul pada beberapa platform, misalnya media sosial, email marketing, ads, dan lain-lain.

Social Media Marketing. Media sosial tentu saja menjadi ranah penting dari digital marketing. Apalagi kebanyakan konsumen masa kini pasti sangat familier dengan berbagai platform media sosial. Sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, bahkan TikTok.

Online Ads. Selain social media marketing, seorang digital marketer juga mahir dalam mengelola ads campaign pada kanal media sosial. Tujuan dari online ads ini adalah untuk menjangkau konsumen dengan target yang lebih tepat.

Gaji Digital Marketing Berdasarkan Jenis Pekerjaan

Kamu sudah mempunyai gambaran mengenai ruang lingkup digital marketing. Nah, sekarang waktunya kamu menengok berapa sih gaji dari digital marketing, terlebih untuk pemula?

Melansir dari Indeed, rata-rata gaji dari digital marketer berada pada kisaran 5-6 juta rupiah per bulannya. Angka ini biasanya berlaku untuk pemula, tetapi tergantung juga dari kebijakan perusahaan, jenis pekerjaan, serta UMR daerah yang ada.

Berikut ini estimasi gaji digital marketer dari masing-masing jenis pekerjaan yang ada. Kamu bisa cek nih minatmu ada pada bagian yang mana.

Content Strategist

Buat kamu yang tertarik mengeksplorasi aneka bentuk konten, pekerjaan sebagai content strategist dapat menjadi pilihan. Tugas seorang content strategist adalah membuat draft atau ide konten sesuai target market perusahaan.

Untuk pemula (level staf), gaji digital marketing pada lingkup kerja ini berkisar antara 5-6 juta rupiah per bulan. Biasanya angka gaji ini juga tetap menyesuaikan UMR tiap masing-masing daerah.

SEO Specialist

Tanggung jawab SEO specialist adalah mengoptimasi website agar masuk ke halaman pertama pada mesin pencari agar konsumen mudah menemukannya. Dari sini, kamu dapat melihat bahwa peran SEO specialist cukup vital dalam digital marketing.

Gaji seorang SEO specialist biasanya ada pada rentang 7-9 juta rupiah. Namun, tergantung juga pada pengalaman kerja dan jenis perusahaannya.

E-commerce Specialist

Pekerjaan utama dari e-commerce specialist adalah membuat konten yang mesti sesuai dengan target market. Ruang lingkup dari bagian ini lebih luas, yaitu meliputi area marketplace, website, email marketing, dan lain-lain.

Untuk pemula, rata-rata gaji digital marketing pada bidang ini adalah sebesar 6 juta rupiah. Makin banyak pengalaman kerjanya, gaji tersebut bisa naik hingga 8 juta rupiah.

Social Media Manager

Seorang social media manager bertanggung jawab atas rencana marketing yang akan tampil pada berbagai media sosial. Kewajibannya mulai dari melakukan riset konten, membuat rencana konten, membuat jadwal konten, hingga membuat laporan media sosial.

Posisi social media manager biasanya masuk ke dalam senior level, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk fresh graduate. Gaji yang perusahaan berikan biasanya berdasarkan pengalaman kerja dan portofolio. Gaji social media manager berkisar antara 10-12 juta rupiah.

Content Marketing Manager

Jenis pekerjaan selanjutnya ini juga masuk ke dalam senior level. Seorang content marketing manager punya tanggung jawab terhadap semua proses pemasaran dari berbagai channel. Entah itu media sosial, website, e-commerce, sampai iklan.

Karena tugasnya mengawasi seluruh kegiatan konten pada digital marketing, gajinya pun cukup besar. Seorang content marketing manager bergaji antara 11-13 juta rupiah.

Digital Marketing Analyst

Orang yang bekerja sebagai digital marketing analyst biasanya erat dengan tugas-tugas analisis. Misalnya, menakar tren pemasaran, melakukan analisis pada kompetitor, dan mengumpulkan data-data. Nantinya hal-hal tadi akan jadi pertimbangan dalam menjalankan rencana marketing secara daring.

Dengan kewajiban tersebut, seorang digital marketing analyst dapat memperoleh gaji mulai dari 10 juta per bulan. Angka tersebut bisa bertambah seiring dengan pengalaman kerja yang pernah ada.

Gaji Digital Marketing Berdasarkan Level Kerja

Apakah Teman Belajar sudah menemukan gambaran mengenai kisaran gaji digital marketing buat pemula? Berikut rangkuman gaji tiap level kerja, mulai dari entry level sampai senior level.

Digital Marketing Staff (Entry Level)

Beberapa pekerjaan yang masuk ke dalam level ini antara lain content strategist staff, social media staff, content writer, copywriter, dan lain-lain. Rata-rata gaji untuk para pemula di digital marketing ada pada rentang 5-8 juta rupiah. Lokasi perusahaan, jenis perusahaan, serta pengalaman kerja sangat mempengaruhi besaran gaji.

Digital Marketing Specialist (Mid Level)

Mid level ini misalnya SEO specialist, e-commerce specialist, social media specialist, dan lain-lain. Gaji digital marketing untuk mid level berkisar antara 8-11 juta rupiah. Namun, pengalaman kerja juga sangat berpengaruh pada angka gaji tersebut.

Digital Marketing Manager (Senior Level)

Jika sudah sampai pada senior level ini, gajinya pasti meningkat. Misalnya, social media manager, content marketing manager, dan lain-lain. Gaji pada level ini mulai dari 12 juta sampai 18 juta rupiah.

Itulah tadi beberapa gambaran gaji digital marketing, mulai dari level pemula sampai senior. Tertarik berkarir di Digital Marketing? Daftar di Fullstack Digital Marketing Bootcamp dari Belajarlagi.

Bootcamp digital marketing

Program pembelajaran intensif ini mencakup materi dari berbagai aspek pemasaran digital. Selama 8 minggu, peserta akan memperoleh pemahaman menyeluruh tentang pemasaran digital, baik dari segi teori maupun praktik. Dapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dari para ahli, dan mulailah karir impian Anda. Daftar sekarang!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.