8 Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Cara Jawabnya

Ada jadwal interview menggunakan Bahasa Inggris? Jangan takut! Ini bocoran pertanyaan dan cara menjawabnya yang bisa kamu praktikkan.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Interview menjadi salah satu tahap rekrutmen yang sangat menegangkan bagi para pelamar, apalagi kalau ternyata menggunakan Bahasa Inggris. 

Beberapa perusahaan dan posisi memang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan saat bekerja, terutama untuk memahami istilah-istilah yang ada. Misalnya saja, untuk pekerjaan di bidang digital marketing, ada istilah seperti Return of Investment (ROI), Call to Action (CTA), Click Through Rate (CTR), dan lain sebagainya.

Nah, kalau kamu mau lancar pada saat interview, berikut beberapa contoh job interview Bahasa Inggris secara singkat dan cara menjawabnya. Simak hingga akhir, ya!

Pertanyaan Dasar

Sama seperti interview pada umumnya, pada saat melakukan interview Bahasa Inggris pun kamu akan diminta untuk mengenalkan diri di awal percakapan. Berikut beberapa pertanyaan dan cara menjawabnya:

1. Tell me about yourself

Ini adalah pertanyaan utama yang akan diajukan. Recruiter ingin mengetahui latar belakangmu secara singkat dan padat. Kamu bisa sebutkan nama, usia, dan pengalaman atau skill yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Untuk menjawab pertanyaan “tell me about yourself” atau “please introduce yourself briefly”, kamu bisa menjawabnya dengan:

My name is Faiz, I'm 24 years old. I have two years of working experience in the digital marketing field, especially in SEO and social media.

Not only that, but I also love to share about self-education, clear thinking, and other personal development topics on my social media.”

2. Tell me about your work experience

Setelah mengenalkan diri, recruiter tentunya ingin mengetahui lebih dalam tentang pengalaman kerja dan pencapaian yang kamu miliki selama bekerja. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjawabnya dengan:

“I've always been interested in content writing. I believe in writing as a medium for me to share anything, especially in the self-development areas. Therefore, I'm working to sharpen my skills in SEO, content writing, and social media.

I previously handled a start-up social media, I managed to gain 2,000 followers in just one week. I also managed to increase the company's website's impressions up to 150%.”

3. Tell me about your education

Recruiter ingin mengetahui riwayat pendidikan yang selaras dengan posisi yang kamu lamar. Kamu cukup menyebutkan pendidikan terakhir. Jika ada pendidikan non-formal atau sertifikasi yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar, kamu juga bisa menambahkannya, loh! Contoh jawaban untuk pertanyaan ini, yaitu:

“I'm an Engineering Management graduate from Bandung Institute of Technology, but my interest in the digital marketing field also brought me to take a digital marketing boot camp.”

4. What are your strengths and weaknesses?

Pada pertanyaan ini, recruiter ingin mengetahui kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki. Tujuannya adalah untuk mengetahui, apakah kamu sudah mengenal diri sendiri dengan baik atau tidak. Selain itu, recruiter juga ingin mengetahui apakah kamu memiliki kualitas atau kelebihan yang dicari oleh mereka. Kamu bisa menjawabnya dengan:

“I can be a leader because I always take initiative. I led a group of 15 people that I managed directly. As a result, the project ran well and completed on time.

As for my weakness, I'm aware that I always need to fully focus on things that I do, but at the same time, sometimes I get too tired early. To overcome this, I came up with a to-do list and tried to manage my time wisely.”

Pertanyaan Seputar Posisi yang Dilamar

Setelah recruiter telah memahami siapa dirimu, maka pertanyaan selanjutnya akan lebih menjurus kepada posisi yang kamu lamar. Beberapa pertanyaan yang umumnya diajukan, yaitu.

1. What do you know about this company?

Pada pertanyaan ini, recruiter ingin tahu apakah kamu sudah mencari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar atau tidak. Kesiapan dan niat kamu akan dinilai oleh mereka. Untuk menjawabnya, kamu bisa menggunakan kalimat:

“Your company, Belajarlagi, is a fast-growing edu-tech startup that focuses on live and cohort-based boot camp. This company teaches digital marketing skills with the right blend of theory and project-based learning. Belajarlagi also provides B2B services & corporate training/bootcamp”

2. Why should we hire you?

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan menyebutkan semua kelebihan diri kamu yang cocok dengan posisi yang kamu lamar. Kamu bisa menjawabnya dengan:

“My experience is aligned with the requirements you asked for in your job listing. I'm an expert in this area, I also have made big progress in my previous company. I believe that with all my skills and experiences, I’m able to contribute myself to your company”

3. What is your salary expectation?

Kalau kamu sudah sampai tahap ini, tandanya interview akan segera berakhir. Recruiter ingin memastikan bahwa ekspektasi yang kamu miliki sesuai dengan budget perusahaan. Pertanyaan ini dapat kamu jawab dengan:

My salary expectation is between RpX – RpY, which is the average salary for a candidate with my level of experience in this city. However, it is still negotiable and we can discuss more.”

4. Do you have any questions?

Interview pada umumnya akan ditutup dengan pertanyaan ini. Pertanyaan penutup ini bertujuan untuk memastikan seluruh sesi interview berjalan dengan jelas dan semua informasi didapatkan dengan padat. 

Recruiter akan dengan senang hati menjawab pertanyaan kamu terkait sesi interview atau hal lain yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan, seperti:

“What are some of the challenges people typically face in this position?”

“What is the next step?”

“What do you like the most about working here?”

Itulah beberapa informasi seputar pertanyaan interview menggunakan Bahasa Inggris dan cara menjawabnya. Pada dasarnya, pertanyaan yang ditanyakan pun akan sama. Kamu bisa melatihnya dari sebelum waktu interview diadakan. Good luck!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.