SGE vs SEO: Apa Perbedaan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ashya Ravika
8 Min Read
Published:
June 22, 2024
Updated:
June 25, 2024

Apakah kamu pernah merasa bingung ketika mendengar istilah "SGE" dan "SEO"? Jika iya, kamu tidak sendirian. Dalam dunia digital yang semakin kompleks, kedua istilah ini sering kali muncul dan menjadi perbincangan hangat. Tapi, apa sebenarnya perbedaan antara SGE dan SEO? Dan yang lebih penting, bagaimana keduanya mempengaruhi strategi pemasaran digitalmu?

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan utama antara SGE dan SEO, bagaimana keduanya bekerja, serta bagaimana kita bisa memanfaatkan keduanya untuk keuntungan bisnismu. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Google SGE? 

Google SGE, atau Search Generative Experience, adalah inovasi terbaru dari Google yang bertujuan untuk meningkatkan cara kita berinteraksi dengan mesin pencari. SGE memanfaatkan Generative AI (artificial intelligence) untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan kontekstual berdasarkan pertanyaan kita. 

Alih-alih hanya menampilkan daftar link seperti pada pencarian tradisional, SGE berupaya memahami maksud dari pertanyaan kita dan memberikan jawaban yang lebih terperinci dan bermanfaat. 

Jadi, Google SGE ini lebih kepada perkembangan SEO yang memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman user yang lebih kompleks.

Baca Juga: Rekomendasi 18 Tools Google dan Berbagai Fungsinya, Wajib Disimak!

Perbedaan SGE vs SEO 

Ketika membandingkan SGE (Search Generative Experience) dan SEO (Search Engine Optimization), ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu kita ketahui untuk memahami bagaimana keduanya memengaruhi strategi digital marketing.

perbedaan sge vs seo

1. Perbedaan Pendekatan

SGE berfokus pada penggunaan artificial intelligence untuk memahami dan menjawab pertanyaan kita secara lebih kontekstual dan spesifik. Sementara itu, SEO adalah serangkaian strategi yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian tradisional.

2. Perbedaan Hasil

SGE biasanya lebih mendalam dan langsung menjawab pertanyaanmu, tanpa perlu mengklik banyak link. Sebaliknya, SEO mengoptimalkan konten dan struktur situs web agar muncul di halaman pertama hasil pencarian.

3. Perbedaan Sumber Data

SGE menggunakan data dari berbagai sumber untuk menyusun jawaban yang komprehensif. Sedangkan SEO lebih berfokus pada hal-hal fundamental SEO seperti kata kunci, meta deskripsi, dan backlink untuk meningkatkan visibilitas situs web.

4. Perbedaan Pengalaman Pengguna

SGE memberikan pengalaman yang lebih interaktif. Sehingga kita akan mendapatkan jawaban yang lebih cepat dan tepat tanpa harus mengklik banyak link. Ini mirip cara kerja machine learning. Di sisi lain, SEO berupaya mengarahkan pengguna untuk klik ke situs web yang paling relevan.

5. Perbedaan Pengaruh Terhadap Strategi Pemasaran

SGE memungkinkan kita untuk fokus pada kualitas informasi yang disajikan secara langsung kepada pengguna. SEO membantu meningkatkan visibilitas situs web kita di mesin pencari, mendatangkan lalu lintas organik, dan memperbaiki peringkat di hasil pencarian.

Baca Juga: Tertarik Jadi SEO Specialist? Ini Dia 5 Rekomendasi Bootcamp SEO!

Bagaimana Cara Kerja SGE?

Cara kerja SGE (Search Generative Experience) cukup menarik dan berbeda dari pencarian tradisional. Ketika kita memasukkan pertanyaan atau kata kunci ke dalam mesin pencari, SGE menggunakan jenis AI untuk memahami konteks dan maksud di balik pertanyaan kita. Teknologi ini menganalisis berbagai sumber data untuk menyusun jawaban yang paling relevan dan informatif.

SGE tidak hanya menampilkan daftar link, tetapi juga memberikan jawaban langsung di halaman hasil pencarian. Memang sih, manfaat AI ini mampu mengintegrasikan informasi dari berbagai situs web, artikel, dan sumber lainnya untuk memberikan jawaban yang lengkap dan terperinci. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan informasi yang kita butuhkan dengan lebih cepat dan efisien, tanpa harus mengklik banyak tautan dan membuka beberapa halaman web.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Jasa SEO Agency Untuk Perkembangan Bisnis

Apa Manfaat SGE?

SGE (Search Generative Experience) menawarkan beberapa manfaat yang bisa kita rasakan langsung dalam pengalaman pencarianmu. Manfaat dari SGE yang bisa kita rasakan meliputi:

1. Jawaban Lebih Relevan

SGE memberikan jawaban yang lebih tepat dan mendetail, sehingga kita bisa mendapatkan informasi yang kita butuhkan dengan cepat tanpa perlu membuka banyak tautan.

2. Pemahaman Kontekstual

Dengan menggunakan kecerdasan buatan, SGE memahami konteks pertanyaanmu, menghasilkan hasil pencarian yang lebih akurat dan personal.

3. Efisiensi Pencarian

SGE membuat pengalaman pencarian menjadi lebih efisien dan intuitif, menghemat waktu dan usaha kita dalam mencari informasi.

4. Sumber Terintegrasi

SGE mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber, memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang topik yang kita cari.

Baca Juga: Panduan Lengkap Belajar SEO Off-Page

Apa Tantangan SGE?

Selain memiliki manfaat, terdapat juga tantangan dalam menggunakan SGE mencakup beberapa aspek yang perlu kita pertimbangkan:

search generative experience (SGE)

1. Kualitas Data

Salah satu tantangan SGE adalah memastikan bahwa data yang diintegrasikan oleh SGE berasal dari sumber yang terpercaya dan akurat.

2. Pemahaman Konteks

Meskipun SGE menggunakan AI, memahami konteks yang sangat kompleks atau ambigu dalam pertanyaan kita masih bisa menjadi kendala.

3. Privasi dan Keamanan

Menggunakan AI untuk mengumpulkan dan menganalisis data dapat menimbulkan kekhawatiran tentang privasi dan keamanan informasi pribadi.

4. Ketergantungan Pada Teknologi

Bergantung pada AI dan teknologi canggih lainnya berarti kita perlu beradaptasi dengan perubahan dan pembaruan yang cepat dalam teknologi tersebut.

5. Biaya Implementasi

Mengembangkan dan memelihara sistem SGE dapat memerlukan investasi yang signifikan dalam hal biaya dan sumber daya.

Baca Juga: Panduan Belajar SEO On Page, Lengkap dan Cocok buat Pemula!

Pengaruh Penggunaan SGE ke SEO

Penggunaan SGE dapat memberikan pengaruh tersendiri pada penggunaan SEO. Berikut impact SGE terhadap SEO yang wajib kita tahu!

Pengaruh Penggunaan SGE ke SEO

1. Penurunan Organic Click

Dengan SGE memberikan jawaban langsung di halaman hasil pencarian, jumlah klik organik ke situs web mungkin mengalami penurunan karena pengguna mendapatkan informasi tanpa harus mengunjungi situs.

2. Perubahan Prioritas Konten

SEO perlu menyesuaikan prioritas kontennya untuk memberikan jawaban yang relevan dan terperinci agar tetap bersaing dalam lingkungan SGE yang menekankan pada informasi instan.

3. Voice Optimization

Dengan popularitas asisten suara seperti Google Assistant dan Amazon Alexa, SEO harus mengoptimalkan konten untuk pertanyaan dan jawaban suara, mengingat SGE dapat mempengaruhi tampilan hasil suara.

4. Konten Berkualitas

Meskipun SGE memberikan jawaban langsung, konten yang berkualitas tetap penting untuk mendukung kredibilitas situs web dan mempengaruhi penempatan di hasil SGE.

5. Perubahan Algoritma

SGE dapat mengakibatkan perubahan dalam algoritma mesin pencari, mempengaruhi strategi SEO yang harus beradaptasi dengan cara baru mesin pencari menyajikan hasil.

6. Penyesuaian Strategi

SEO harus terus menyesuaikan strateginya dengan perubahan dalam algoritma mesin pencari yang disebabkan oleh penggunaan SGE, untuk tetap efektif dalam meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web.

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Sertifikasi SEO Terbaik (Gratis & Berbayar)

Tips Untuk SEO Ditengah Maraknya Penggunaan SGE

1. Optimalkan Konten untuk Pertanyaan

Untuk para SEO specialist yang sedang berjuang di luar sana, fokus pada pembuatan konten yang memberikan jawaban terperinci dan relevan untuk pertanyaan yang sering diajukan user, untuk bersaing dengan hasil langsung yang disajikan oleh SGE.

2. Gunakan Structured Data

Implementasikan structured data untuk membantu mesin pencari memahami konten kita dengan lebih baik, sehingga meningkatkan kemungkinan ditampilkan dalam hasil SGE.

3. Perhatikan Local SEO

Jika kita memiliki bisnis lokal, pastikan untuk mengoptimalkan situs web kita untuk pencarian lokal dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan wilayah geografis dan memiliki profil bisnis yang lengkap di direktori lokal.

4. Pertahankan Kualitas Konten

Pastikan konten kita informatif, relevan, dan berkualitas tinggi untuk mempertahankan kredibilitas situs web kita dalam mata mesin pencari, serta meningkatkan kemungkinan mendapatkan lalu lintas organik.

Baca Juga: Lancar Bikin Konten, Ini Contoh Content Pillar dan 4 Tips Cara Membuatnya

5. Analisis dan Reporting

Teruslah memantau kinerja SEO kita dengan analisis terhadap perubahan trafik dan peringkat, serta beradaptasi dengan perubahan dalam algoritma mesin pencari yang dipengaruhi oleh SGE.

pelatihan SEO

Itulah dia perbedaan hingga dampak SGE terhadap SEO yang wajib kita ketahui. Para SEO specialist jangan panik dahulu, untuk memaksimalkan kemampuan SEO mu tetap update di tengah gempuran SGE, tidak ada salahnya untuk mengikuti Bootcamp SEO di Belajarlagi! Diajarkan oleh instruktur yang ahli dibidangnya, kita akan mendapatkan berbagai ilmu dan tips yang pastinya akan membantu pekerjaanmu sebagai SEO Specialist! 

#
SEO
Belajarlagi author:

Ashya Ravika

SEO Writer dengan pengalaman lebih dari 5 tahun yang biasa menulis untuk berbagai macam topik dan gaya bahasa. Memiliki passion di bidang penulisan dan pendidikan.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.