10+ Manfaat Artificial Intelligence (AI) untuk Kehidupan Manusia

Manfaat Artificial Intelligence sangat berdampak positif dalam kehidupan manusia. Dengan teknologi yang kian maju, kamu juga mesti mempelajarinya dari sekarang!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Manfaat Artificial Intelligence (AI) bisa menjadi salah satu bagian dari rencana dan prioritasmu dalam menyiapkan karier kelak. Zaman terus maju seiring dengan perkembangan teknologi, salah satunya dengan keberadaan kecerdasan buatan. Suka tidak suka, pekerjaan di masa depan bisa jadi bergantung pada AI sehingga kamu perlu membangun masa depan dengan Artificial Intelligence.

Saat ini, beberapa industri sudah memanfaatkan AI untuk membantu meningkatkan efektivitas pekerjaan. Mulai dari penerjemahan, penulisan, pemasaran, dan lain-lain. Bahkan, kini AI pun sudah sanggup menciptakan lagu yang biasa dibuat para pekerja seni, lho.

Yuk, pelajari apa saja sih manfaat belajar AI untuk pengembangan karier seseorang. Tim Belajar Lagi sudah siapkan ulasannya lewat artikel berikut ini!

Kenapa Belajar AI Itu Penting?

Buat kamu yang berlangganan layanan streaming tertentu, pasti pernah merasakan cara kerja AI ini. Misalnya, kamu baru saja menonton dua atau tiga film tertentu di layanan streaming. Begitu selesai, platform streaming tersebut pasti memberikan beberapa tontonan lain yang tema atau ceritanya mirip dengan film-film sebelumnya. Nah, ini termasuk contoh AI.

Di masa depan, kerja AI diprediksi akan lebih kompleks sekaligus canggih. Kemampuan dalam menyerap data juga bakal lebih banyak dan cepat. Bahkan, AI akan kian mahir memproses data dan memberikan instruksi lebih akurat buat pengguna.

Inilah yang menjadi landasan mengapa sangat penting belajar AI sedari dini. Setidaknya tiga alasan ini bisa memperkuat keinginanmu mempelajari AI:

  • AI punya dampak besar ke berbagai industri. Banyak sektor diprediksi akan sangat terbantu dengan adanya AI. Misalnya, kesehatan, manufaktur, finansial, dan lain-lain. Adanya AI akan mendongkrak efektivitas, kinerja, serta persaingan dengan kompetitor.
  • Sumber daya AI masih terbatas. AI semakin maju, tetapi sumber daya yang mahir di bidang tersebut masih sedikit. Maka, kamu bisa bayangkan betapa tenaga profesional dalam hal AI bakal amat dibutuhkan di masa depan. Ini bisa menjadi peluang karier menarik, kan?
  • Potensi inovasi tinggi. Kecerdasan buatan nantinya turut menyumbang berbagai inovasi dalam industri. Turut menjadi bagian di dalamnya tentu akan membuatmu makin berkembang.

Baca Juga: 8+ Platform Untuk Belajar AI Gratis di 2024 Secara Lengkap!

Manfaat Artificial Intelligence (AI) untuk Kehidupan

Manfaat Artificial Intelligence

1. Peluang karier lebih luas

Sebagai pengguna AI, seseorang cukup memakai tools AI yang berhubungan spesifik pekerjaan. Misalnya, orang yang bekerja sebagai content writer sangat mungkin sering menggunakan ChatGPT untuk membantu mengelola ide ataupun menulis.

Namun, peluang karier akan jauh lebih luas ketika kamu mampu memahami seluk-beluk AI secara mendalam. Itu artinya, kamu butuh belajar AI dari dasar-dasarnya. Bukan hanya sebagai pengguna AI, melainkan nanti akan bertindak sebagai spesialis AI.

Potensi kerja sebagai ahli AI ini masih sangat luas, lho. Sejauh ini, tenaga atau sumber daya yang betul-betul menguasai AI cukup terbatas. Jika kamu ingin memiliki peluang karier lebih cemerlang di masa depan, mempelajari kecerdasan buatan bisa jadi pertimbangan terbaik.

Jangan lupa juga bahwa kemungkinan akan lebih banyak bidang dan sektor industri menggunakan AI. Dengan begitu, kamu juga bakal punya kesempatan untuk mengembangkan karier secara lebih luas.

2. Potensi gaji lebih baik

Dalam bidang IT, profesional AI berpeluang mendapatkan pendapatan lebih tinggi daripada profesi lainnya. Dengan permintaan akan kebutuhan dan pengembangan AI yang terus meningkat, maka gaji dari ahli AI pun kian naik.

Ini jugalah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi para fresh graduate ataupun mahasiswa. Potensi karier di masa depan kian tidak terbatas. Bidang AI yang masih sangat minim tenaga berpengalaman pun dapat menjadi peluang terbaik.

Sebelum belajar AI, kamu harus paham dulu keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Setidaknya empat keterampilan dasar yang sebaiknya dikuasai:

  • Machine learning: kemampuan untuk membangun model AI yang belajar berdasarkan data hingga pengambilan keputusan otomatis.
  • Deep learning: kemampuan menggunakan artificial neural network untuk masalah kompleks (misalnya penerjemahan atau pengenalan gambar).
  • Natural language processing: kemampuan memproduksi bahasa manusia (contoh: asisten virtual, chatbot, dan lain-lain).
  • Data analysis: kemampuan melakukan analisis untuk data-data besar guna menciptakan AI yang lebih efektif.

Jika kamu tertarik mempelajari AI dan ingin memperoleh gaji signifikan saat bekerja nanti, coba deh siapkan dirimu mulai sekarang. Belajar Lagi punya mini bootcamp AI Prompting dan Automation yang bisa kamu ikuti, lho. Di situ kamu akan mengenal AI mulai dari dasarnya hingga case study-nya dalam pekerjaan.

Untuk informasi lebih lanjut, pastikan kamu rutin memperoleh update-nya di laman Belajar Lagi, ya!

3. Turut berkontribusi pada perubahan teknologi

Kemajuan teknologi kian bergerak cepat akhir-akhir ini. Cek saja deh, dalam lima tahun terakhir ini pasti kamu merasakan banyak perubahan dalam berbagai aspek industri. Ini bukan sekadar munculnya tren baru dalam waktu singkat, melainkan juga bagaimana teknologi terus berkembang.

Nah, manfaat Artificial Intelligence merupakan bagian dari perubahan teknologi yang paling memberikan warna ke pekerjaan. Lima tahun lalu kamu mungkin tidak membayangkan bahwa pekerjaan menulis kini bisa sangat dibantu oleh kecerdasan buatan. Kini, hampir banyak sektor industri sudah bisa memanfaatkan AI.

Itu artinya, mempelajari AI mulai sekarang turut menjadikanmu sebagai bagian dari perkembangan teknologi. Nantinya kamu akan punya kesempatan untuk memberikan dampak lebih besar juga ke teknologi. Seru juga kan kalau kariermu kelak akan sangat bersinggungan dekat dengan perubahan teknologi!

4. Mengelola Data Lebih Efisien 

AI memiliki kemampuan untuk mengelola data dengan lebih efisien. Dengan cepatnya AI dalam memahami dan mengekstrak data yang relevan, proses analisis menjadi lebih lancar. Ini bisa membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan akurat.

5. Membantu Pengambilan Keputusan yang Lebih Mudah

Menurut laporan dari Forbes, AI dapat membantu dalam pengumpulan dan penyusunan informasi secara cepat. Dengan keahliannya ini, AI menjadi alat yang efektif untuk memudahkan pengambilan keputusan.

6.Hemat Waktu dan Sumber Daya dalam Pekerjaan

Dengan kemampuan AI dalam memahami data dan otomatisasi tugas-tugas, waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dapat dihemat. Hal ini mengakibatkan penyelesaian tugas yang lebih cepat dengan biaya yang lebih rendah.

7. Pengolahan Teks dan Gambar Otomatis

Manfaat Artificial Intelligence dapat mengolah teks secara otomatis sesuai dengan instruksi yang diberikan pengguna. Contohnya adalah penggunaan ChatGPT, di mana pengguna dapat meminta AI untuk melakukan berbagai proses pengolahan teks.

8. Rekomendasi yang Tepat dengan Bantuan AI

Manfaat Artificial Intelligence dapat menganalisis data, mengenali pola, dan memberikan rekomendasi kepada pengguna. Sistem rekomendasi berbasis AI ini sering digunakan dalam berbagai platform, seperti Netflix atau YouTube, di mana AI menganalisis preferensi pengguna untuk memberikan rekomendasi yang sesuai.

9. Kesehatan dan Kedokteran

AI telah digunakan dalam pengembangan diagnosis penyakit yang lebih cepat dan akurat, pengobatan yang dipersonalisasi, dan penelitian medis yang lebih efisien. Teknologi AI juga membantu dalam pemantauan kesehatan, deteksi dini penyakit, dan pengelolaan data medis.

10. Kemajuan Pendidikan

AI mendukung pendidikan dengan menyediakan platform pembelajaran adaptif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu. Teknologi ini membantu guru dalam menyesuaikan kurikulum, memberikan umpan balik, dan mempersonalisasi pengalaman belajar siswa.

11. Pemberdayaan Lingkungan

AI digunakan dalam pengelolaan sumber daya alam dan perlindungan lingkungan. Contohnya, manfaat Artificial Intelligence dapat membantu dalam pemantauan polusi udara dan air, analisis data cuaca, serta pengelolaan sistem energi yang lebih efisien.

12. Membantu Pelayanan Konsumen

Dengan kemajuan dalam pemrosesan bahasa alami dan analisis sentimen, AI digunakan dalam layanan konsumen untuk meningkatkan pengalaman pengguna, memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi, dan meningkatkan responsivitas perusahaan terhadap masukan pelanggan.

13. Membantu Keamanan

AI digunakan dalam pengembangan sistem keamanan yang lebih cerdas, termasuk deteksi ancaman siber, pengawasan kamera video yang otomatis, dan analisis data untuk identifikasi pola perilaku yang mencurigakan.

14. Penelitian dan Inovasi

AI mempercepat proses penelitian dan inovasi dalam berbagai bidang, termasuk ilmu pengetahuan, teknologi, dan industri. Teknologi ini memungkinkan analisis data yang lebih mendalam, simulasi kompleks, dan penemuan pola baru yang dapat memajukan pengetahuan manusia.

Baca Juga: Tips Belajar AI buat Para Pemula, Dari Dasar-Dasarnya Nih!

Kesimpulan

Manfaat Artificial Intelligence begitu beragam dalam kehidupan manusia dan digunakan untuk memudahkan dan membantu kegiatan manusia. Belajar AI mulai sekarang dapat menjadi modal untuk merintis karier di masa depan. Selagi masih kuliah, tidak ada salahnya kamu menjajal bidang baru ini. Apalagi ada potensi AI akan terus berkembang dan makin dibutuhkan di masa-masa mendatang.

Yuk, persiapkan diri sebaik mungkin dengan mempelajari AI sedari dini bersama Belajarlagi! Ingat, banyak prospek karier cerah menantimu jika kamu mampu menjadi profesional AI yang handal! Daftar mini bootcamp AI sekarang!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.