8 Trik Belajar Artificial Intelligence untuk Pemula, Cara Rahasia Mahir 2024

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
May 21, 2024
Updated:
May 29, 2024

Bagaimana ya trik dan cara belajar artificial intelligence untuk pemula agar mahir di tahun 2024? Artificial intelligence merupakan sebuah teknologi baru yang belakangan ini populer. Saking populernya, kini makin banyak bisnis dan usaha menggunakan AI untuk meningkatkan efektivitas kerja hingga menaikkan keuntungan.

Sementara, tidak sedikit pula orang yang agak skeptis dengan kehadiran AI. Pasalnya, AI dinilai bakal menggantikan peran dan kerja manusia sepenuhnya. Padahal, keberadaan AI ini sebenarnya bisa manusia pakai sebagai supporting yang sangat bermanfaat, lho.

Dengan kebutuhan akan AI yang terus meningkat, maka potensi karier di bidang ini pun makin menarik. Kalau kamu tertarik merintis profesi di area kecerdasan buatan, kamu mesti menyiapkan diri mulai sekarang. Berikut ini ada beberapa tips belajar AI yang cocok untuk para pemula, simak ya!

Mengapa Belajar Artificial Intelligence untuk Pemula Penting demi Masa Depan?

Artificial intelligence adalah sistem komputer yang disimulasikan mampu melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh manusia. Cakupan kerja AI meliputi pembelajaran, penalaran, hingga pengambilan keputusan. Dengan adanya AI, beberapa pekerjaan manusia bisa menjadi lebih ringan, apalagi yang sifatnya rutinitas dan berpola.

Kecerdasan buatan ini juga memberi manfaat di banyak industri. Misalnya, adanya asisten virtual yang membantu pekerjaan menjadi lebih efisien. Dalam bidang kesehatan, AI dapat dimanfaatkan untuk membantu diagnosis penyakit serta mengembangkan perencanaan perawatan bagi setiap pasien.

Secara umum, keuntungan menggunakan artificial intelligence (AI) dalam bisnis antara lain:

  • Membantu riset dan analisis
  • Minimalisasi human error
  • Meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja
  • Membantu pengambilan keputusan
  • Otomatisasi pekerjaan
  • Mengembangkan bisnis ke arah yang lebih besar

Berdasarkan hal-hal tadi, nyata bahwa AI di zaman sekarang mempunyai peran penting dalam bisnis dan industri. AI bahkan akan terus berkembang seiring dengan permintaan pasar yang kian meningkat. Itu artinya, di masa depan akan lebih banyak dibutuhkan para profesional AI.

Nah, bidang AI dapat kamu jadikan jalur karier yang menarik. Sebagai pemula, kamu mesti belajar AI mulai dari sekarang. Siapa tahu, kelak kamu akan menjadi bagian dari perubahan dan pengembangan teknologi AI yang luar biasa.

Trik Belajar Artificial Intelligence untuk Pemula Terbaru 2024

trik belajar ai

Pada dasarnya, AI sangat berhubungan erat dengan matematika dasar dan statistik dasar. Bisa jadi bidang kuliah yang kamu ambil tidak ada relevansinya dengan dua hal tersebut. Memang kebanyakan dari spesialis dan profesional AI berasal dari lulusan IT, sistem komputer, dan lain-lain.

Namun, bukan berarti kamu tidak punya kesempatan untuk mempelajarinya. Apalagi matematika dan statistik yang dipakai masih sangat dasar. Misalnya, aljabar, probabilitas, matriks, regresi, dan distribusi.

Bagi pemula, belajar AI memang butuh waktu yang lebih lama. Itu sebabnya kamu dapat mulai menyiapkannya selagi masih kuliah. Berikut beberapa trik dari Tim Belajarlagi yang bisa kamu praktikkan:

1. Tentukan tujuan belajar

Sebelum memulai belajar, hal terpenting yang mesti kamu lakukan adalah menentukan tujuan. Dengan mengetahui tujuan dengan jelas, kamu dapat memilih dan menyusun metode belajar yang lebih sesuai. Orang yang ingin belajar AI sebagai profesional tentu berbeda dengan orang yang belajar AI sebagai pengembangan pengetahuan saja.

Beberapa tujuan belajar yang bisa kamu renungkan antara lain:

  • Apakah kamu ingin menjadi pengolah data yang andal?
  • Apakah kamu ingin mengembangkan aplikasi AI secara inovatif?
  • Apakah kamu hanya butuh memahami konsep-konsep dasar AI?
  • Apakah kamu ingin merintis karier di bidang AI sedari nol hingga nanti profesional?

Yang perlu menjadi catatan adalah tidak ada tujuan yang benar atau salah. Kamu bebas menentukan tujuanmu, tanpa harus membandingkannya dengan orang lain. Ingat, penetapan tujuan juga sangat bergantung pada kebutuhan belajarmu.

2. Pelajari dasar-dasar AI

Pemula yang tertarik belajar AI harus memahami dulu dasar-dasar AI, misalnya bagaimana cara kerja AI dan apa saja sih konsep-konsep dalam AI itu sendiri. Tanpa memahami dasar secara umum, kamu jelas akan kesulitan ketika mempelajarinya nanti.

Misalnya, konsep AI itu sebenarnya ada empat: reactive machine, limited memory, theory of mind, dan self-aware. Kamu dapat mencari tahu tentang hal-hal tersebut dari sumber literasi online ataupun buku tertentu. Pastikan juga kamu mendalami bagaimana cara kerja AI, mulai dari input, processing, data outcomes, adjustment, hingga assessment.

Selain itu, dasar-dasar AI bisa juga kamu peroleh dari orang yang sudah terjun duluan di bidang itu. Kamu boleh mencoba menanyakan tentang ruang lingkup kerjanya seperti apa sehingga kamu punya cukup bayangan mengenai AI.

3. Praktik dari proyek kecil

Trik belajar AI khusus untuk kamu yang mempelajari IT ataupun sistem komputer di bangku kuliah, kamu dapat mempelajari AI langsung melalui praktik kecil. Coba deh membuat model machine learning atau aplikasi sederhana berbasis AI. Dari situ kamu bukan cuma mempraktikkan keterampilan teknis, melainkan makin mendalami bagaimana cara kerja dan konsep AI.

Agar lebih menyenangkan, kamu boleh mengajak beberapa teman untuk terlibat dalam proyek kecilmu. Belajar AI terasa makin seru ketika kamu juga bisa melakukannya bersama orang lain.

4. Pelajari dari buku atau bacaan online

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kamu harus memperkaya diri dengan membaca. Baik itu buku maupun referensi online. Maka, banyak-banyaklah membaca dan mencari tahu tentang AI mulai sekarang, ya.

Hal yang paling mudah kamu lakukan adalah rutin mencari tahu serba-serbi AI lewat mesin pencari. Kamu cukup memasukkan kata kunci tertentu, misalnya manfaat artificial intelligence untuk kehidupan manusia, what is artificial intelligence, tipe machine learning, dan lain-lain. Pilih beberapa sumber yang akurat dan mulailah mempelajarinya.

Memang tidak mungkin kamu memahami AI dalam waktu singkat, apalagi hanya sekali baca. Yang kamu butuhkan adalah membangun kebiasaan membaca dan mempelajari AI setiap hari. Makin sering kamu membaca dan mendalaminya, makin besar pula kamu memahaminya.

5. Ikut kursus AI

Selain belajar mandiri dari bacaan dan sumber relevan, trik belajar AI akan jauh lebih baik jika kamu memilih belajar melalui kelas kursus AI. Sebagai pemula, cara belajar AI ini dinilai paling tepat. Kamu dapat memperoleh pengetahuan langsung dari pakarnya dengan kurikulum tertentu.

kursus AI dari belajarlagi

Pertimbangkan pula untuk mengikuti kursus online yang mudah diakses. Belajar Lagi merupakan platform tepat bagi kamu yang tertarik belajar AI. Ada Mini Bootcamp AI Prompting and Automation yang akan memberikan pemahaman akan pengenalan AI hingga praktiknya.

Kalau penasaran kelasnya seperti apa, langsung cek saja di website Belajarlagi, ya. Jangan sampai ketinggalan update pembukaan kelasnya!

6. Bangun koneksi dengan komunitas AI

Untuk memperkuat semangat belajar AI, bergabunglah ke komunitas AI yang ada. Sekarang banyak lho komunitas AI yang muncul di forum online, grup diskusi, hingga media sosial. Komunitas bisa menjadi media untuk berbagi pikiran dan memperluas pengetahuanmu tentang AI.

Tak cuma itu, sering kali komunitas AI mengadakan acara gathering yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun koneksi dengan para ahli AI. Ambil sebanyak mungkin ilmu lewat obrolan atau bahkan kamu bisa memperoleh kesempatan kerja dari beberapa koneksi yang ada.

7. Ikut konferensi AI

Sebagai pemula, kamu dapat pula belajar AI melalui konferensi atau seminar yang diadakan perusahaan tertentu. Dalam konferensi tersebut, kamu biasanya bisa melihat langsung presentasi dan penjelasan AI dari para profesional. Ini adalah trik belajar AI yang tak kalah manjur. Bahkan, kamu berkesempatan menanyakan hal-hal yang tidak kamu pahami.

Menghadiri konferensi AI sangat membantumu dalam meningkatkan pengetahuan seputar tren AI terbaru. Oleh sebab itu, usahakan kamu aktif di komunitas atau lingkungan yang sering membagikan info mengenai acara-acara penting seputar AI.

8. Konsisten belajar

Belajar bidang AI tidak bisa secara instan, melainkan membutuhkan waktu tertentu. Bisa jadi pemula sepertimu memerlukan waktu lumayan panjang, misalnya tahunan. Berbeda dengan orang yang sudah punya latar belakang pendidikan di IT atau sistem komputer, bisa jadi waktu belajarnya lebih cepat.

Triknya bukan pada cepat atau lambatnya belajar, tetapi konsistensi. Sekalipun kamu pemula, kamu punya kesempatan besar untuk menguasai AI selama kamu konsisten mempelajarinya.

Misalnya, kamu tidak hanya cukup merampungkan kelas AI dalam periode waktu tertentu. Untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan, kamu mesti mengambil kelas lagi di waktu berikutnya. Selain itu, kamu juga perlu mempraktikkannya agar tidak lupa.

9. Ikuti perkembangan AI

Meski masih pemula belajar AI, kamu sebaiknya mengikuti segala hal yang berkaitan dengan perkembangan AI, seperti beragamnya contoh platform AI. Kamu bisa memperolehnya dari bacaan jurnal, berita terkini tentang AI, seminar, dan lain-lain.

Karena AI akan terus berkembang hingga tahun-tahun mendatang, tentunya kamu mesti bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang serba cepat. Jadi, pastikan kamu jangan ketinggalan informasi terkini tentang AI juga, ya.

Baca Juga: 8 Manfaat AI untuk Bisnis dan Cara Kerjanya, Wajib Dipahami!

Siap Berkarir di Bidang AI

Ketika kamu sudah menyelesaikan kursus AI, mulailah persiapkan diri untuk berkarir di bidang tersebut. Hal pertama yang bisa kamu kerjakan adalah membuat CV sekaligus membangun portofolio. Masukkan proyek-proyek kecil yang kamu kerjakan selama kursus sekaligus yang menunjukkan minatmu pada AI (pembelajaran mesin, pengolahan bahasa alami, dan lain-lain).

Jika ada proyek yang kamu kerjakan bersama orang lain, kamu pun dapat memasukkannya ke portofolio. Memperkuat portofolio menjadi trik sukses untuk memulai karier sebagai profesional AI.

Selain itu, mulai juga cari peluang atau lowongan kerja AI. Cermati dan pahami apa saja kualifikasinya. Jika perlu, coba buat daftar beberapa perusahaan yang kamu incar beserta posisinya.

Dengan persiapan awal ini, setidaknya kamu lebih siap berkarier di bidang AI. Tidak ada salahnya ‘kan menyiapkan semuanya jauh-jauh hari?

Baca Juga: 8+ Platform Untuk Belajar AI Gratis di 2024 Secara Lengkap!

Kesimpulan

Sekalipun masih awam dan pemula, kamu tetap punya kesempatan buat belajar AI. Pembelajaran AI pada dasarnya terbuka untuk siapa saja, tak terbatas oleh latar belakang pendidikan.

Mungkin pada awalnya kamu akan kewalahan mempelajari hal-hal baru. Namun, lama-lama kamu pun akan menjadi terbiasa dengan polanya. Maka, pastikan kamu memahami dasar-dasar AI dulu secara mandiri sebelum memutuskan belajar secara mendalam.

Selamat mencoba mempelajari AI, ya!

#
Karir
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.