7+ Sertifikasi dan Kursus AI Terbaik Untuk Pemula dan Profesional (2024)

Kamu ingin menguasai teknologi AI? Intip tips memilih dan daftar kursus AI terbaik yang efektif untuk pemula dan profesional di sini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Mengapa kursus AI penting untuk diikuti di era ini? Bayangkan dunia di mana mobil dapat mengemudi sendiri, perangkat cerdas dapat memahami bahasa manusia, dan sistem kesehatan dapat mendiagnosa penyakit dengan akurasi tinggi. Semua ini adalah contoh nyata dari keajaiban AI yang telah merubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi.

Kursus AI memungkinkan kamu untuk memahami dasar-dasar teknologi yang mendukung kemajuan ini. Dengan mempelajari AI, kamu akan memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan solusi AI di berbagai bidang, seperti kesehatan, transportasi, keuangan, dan lainnya.

Di artikel ini kamu akan menemukan panduan lengkap rekomendasi kursus AI yang sesuai dengan kebutuhan dan minatmu. Ayo, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Persiapan Awal Memulai Kursus AI

Pemahaman tentang AI

Sebelum memulai kursus AI, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang matematika dan statistik. Konsep seperti probabilitas, aljabar, dan statistik merupakan dasar dari banyak teknik AI, seperti pembelajaran mesin (machine learning). Memiliki pemahaman yang kuat tentang prasyarat ini akan mempermudah pemahamanmu terhadap materi yang diajarkan dalam kursus AI.

Bahasa Pemrograman

Kebanyakan kursus AI menggunakan bahasa pemrograman tertentu, seperti Python, sebagai alat utama untuk mengimplementasikan algoritma dan teknik AI. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang bahasa pemrograman yang digunakan dalam kursus yang ingin kamu ikuti. Python sering kali menjadi pilihan yang populer karena kesederhanaannya dan banyaknya dukungan dan sumber daya yang tersedia.

Alat dan Sumber Daya

Pastikan kamu memiliki akses ke alat dan sumber daya yang diperlukan untuk memulai kursus AI. Ini termasuk perangkat lunak dan platform pembelajaran yang diperlukan, seperti lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) untuk Python, serta akses ke buku, tutorial online, dan sumber daya lainnya yang dapat membantumu memahami konsep-konsep AI dengan lebih baik.

Baca Juga: 12 Tips dan Manfaat Mengikuti Kursus AI yang Harus Dipahami

Materi Umum dalam Kursus AI

Machine Learning

Dalam kursus AI, materi pembelajaran mesin (machine learning) merupakan salah satu konsep dasar yang penting untuk dipelajari. Machine learning adalah cabang dari kecerdasan buatan yang berkaitan dengan pengembangan teknik komputer yang memungkinkan sistem untuk belajar dari data secara mandiri tanpa perlu pemrograman eksplisit.

Dalam materi machine learning, kamu akan mempelajari tentang berbagai teknik dan algoritma yang digunakan untuk mengajar komputer agar dapat mengenali pola dalam data dan membuat prediksi atau keputusan berdasarkan pola-pola tersebut. Ini termasuk jenis-jenis pembelajaran seperti pembelajaran terawasi, tak terawasi, dan semi-terawasi.

Artificial Neural Networks

Dalam materi Artificial Neural Networks, kamu akan mempelajari tentang struktur dasar dari jaringan saraf tiruan, termasuk neuron, layer, dan koneksi antara neuron. Neuron dalam jaringan saraf tiruan bertindak seperti unit pemrosesan informasi, yang menerima input, menghitung output berdasarkan bobot dan bias yang terkait, dan mengirimkan output ke neuron berikutnya.

Selain itu, kamu akan mempelajari tentang berbagai jenis arsitektur jaringan saraf tiruan, seperti feedforward neural networks, recurrent neural networks, dan convolutional neural networks, serta aplikasi praktis dari masing-masing jenis arsitektur tersebut dalam bidang seperti pengenalan gambar, pengenalan suara, dan pemrosesan bahasa alami.

Natural Language Processing

Ketika kamu mempelajari materi Natural Language Processing, kamu akan diajarkan tentang berbagai teknik dan algoritma yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks dalam bahasa manusia. Ini termasuk pemrosesan teks, pemodelan bahasa, analisis sentimen, pemahaman bahasa alami, dan generasi bahasa.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang berbagai aplikasi praktis dari NLP dalam berbagai bidang, seperti pencarian web, chatbot, penerjemahan otomatis, analisis sentimen media sosial, dan banyak lagi. Kamu akan belajar bagaimana memanfaatkan teknik-teknik NLP untuk mengekstrak informasi yang berharga dari teks, memahami maksud dan konteks dari dokumen teks, dan menghasilkan output yang bermakna dalam bahasa manusia.

Computer Vision

Ketika kamu mempelajari materi Computer Vision, kamu akan diajarkan tentang berbagai teknik dan algoritma yang digunakan untuk memproses, menganalisis, dan memahami gambar dan video secara komputerisasi. Ini termasuk deteksi objek, pengenalan pola, segmentasi gambar, pengenalan wajah, dan banyak lagi.

Baca Juga: 8+ Platform Untuk Belajar AI Gratis di 2024 Secara Lengkap!

Rekomendasi Kursus AI Terbaik

1. Kursus AI dari Belajarlagi

Mini Bootcamp AI Belajarlagi adalah program singkat yang diadakan secara daring dan interaktif, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman AI peserta dari berbagai latar belakang, termasuk yang baru mengenal AI atau yang sudah memiliki dasar.

kursus AI terbaik dari Belajarlagi

Hadir dengan opsi kelas gratis AI dengan konten terbatas dan berbayar dengan materi lebih mendalam, Mini Bootcamp AI Belajarlagi menawarkan fleksibilitas. Hanya dengan Rp 449.000, kamu bisa mengakses materi lebih mendalam.

Proses pendaftaran mudah, cukup kunjungi situs web AI Belajarlagi atau langsung isi formulir pendaftaran di bit.ly/MBAI2Registration. Setelah itu, kamu akan menerima konfirmasi serta detail jadwal dan materi.

2. Kursus AI dari Google

Tak heran Google menawarkan beragam kursus AI online. Salah satunya, Jalur Pembelajaran AI Generatif, memberikan gambaran tentang AI generatif, model bahasa besar, dan penggunaan AI dengan tanggung jawab. Terdiri dari lima kursus, disajikan melalui program Skills Boost Google Cloud. Konten gratis, tetapi untuk mengikuti "Lab" perlu berlangganan atau memiliki cukup kredit. Berlangganan gratis selama satu bulan pertama, kemudian $29 per bulan.

3. Kelas AI dari Universitas Pennsylvania

Kursus ini mencakup empat modul dan memberikan gambaran menyeluruh tentang berbagai aspek AI untuk pemimpin bisnis. Diajarkan oleh profesor di Wharton School, menyelesaikan kursus ini sekitar satu bulan, dengan 10 jam per minggu. Uji coba gratis selama tujuh hari, kemudian $79 per bulan.

4. Kelas AI dari DeepLearning.AI

DeepLearning.AI, yang dipimpin oleh Dr. Andrew Ng, tokoh terkemuka dalam dunia kecerdasan buatan, berkomitmen untuk pendidikan AI global. Dengan berbagai kursus AI yang ditawarkan, platform ini menonjol karena harganya yang terjangkau, mulai dari $39 hingga $79. Selain itu, sebagai salah satu pendiri Coursera, kursus Andrew Ng, AI untuk Semua, mendapat pujian besar. Dengan lebih dari satu juta peserta dan 40.000 ulasan positif, kursus ini memberikan wawasan komprehensif tentang integrasi AI dalam bisnis dan dampaknya pada masyarakat. Meskipun waktu penyelesaian diiklankan kurang dari 10 jam, konten yang luas, mencakup empat modul dengan 8-10 video setiap modul dan kuis, mungkin membutuhkan lebih banyak waktu. Menawarkan uji coba gratis selama 7 hari, diikuti oleh $79/bulan.

5. Kursus AI dari LinkedIn

LinkedIn Learning, sebuah platform yang menyelenggarakan berbagai konten pendidikan, termasuk kursus AI. Kursus ini, yang fokusnya adalah memanfaatkan AI generatif dalam pengaturan profesional, mencakup topik seperti generasi prompt, pembuatan konten, penelitian, dan generasi gambar di Midjourney. Dikemas sebagai lintasan pembelajaran yang koheren, kursus ini membutuhkan waktu sekitar 15 jam untuk diselesaikan, diakhiri dengan Sertifikat Profesional dari Microsoft, yang meningkatkan profil LinkedIn seseorang. Pelanggan dapat mengakses kursus ini secara gratis selama uji coba bulan pertama, diikuti oleh biaya langganan sebesar $39.99/bulan atau $14.99/bulan, dengan pembayaran tahunan.

6. Kursus AI dari Kominfo

Kursus AI di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep dasar AI dan aplikasinya dalam berbagai industri.

Salah satu kelebihan utama dari Kursus AI di Kominfo adalah reputasi dan kredibilitasnya sebagai lembaga resmi pemerintah. Dengan mengikuti kursus ini, kamu dapat yakin bahwa materi yang diajarkan telah disusun dengan cermat dan dipresentasikan oleh para ahli yang memiliki pengalaman luas dalam bidang AI.

Selain itu, Kursus AI di Kominfo juga menawarkan akses ke sumber daya dan fasilitas yang mungkin tidak tersedia di tempat lain. Kamu dapat memperoleh informasi terbaru tentang perkembangan AI dari sumber yang terpercaya, serta memanfaatkan dukungan dan bimbingan dari para instruktur dan tenaga ahli yang tersedia.

7. Kelas AI dari Tokopedia Academy

Adanya Kursus AI di Tokopedia Academy bertujuan untuk membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam dunia AI.

Kursus AI di Tokopedia Academy menawarkan pendekatan pembelajaran yang praktis dan terarah. Kamu akan diberikan kesempatan untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam proyek-proyek praktis yang relevan dengan dunia bisnis dan industri. Ini memungkinkan kamu untuk memperoleh pengalaman nyata dalam menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan solusi AI.

8. Kursus AI dari Indonesia.AI

Kursus AI di Indonesia.AI dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep-konsep AI serta aplikasinya dalam berbagai bidang.

Salah satu kelebihan utama dari Kursus AI di Indonesia.AI adalah kurikulumnya yang komprehensif dan terstruktur dengan baik. Kamu akan diajarkan oleh para ahli dan praktisi industri yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang AI. Materi pembelajaran mencakup berbagai topik, mulai dari dasar-dasar AI hingga teknologi-teknologi terbaru dalam industri.

Apa Rekomendasi Kursus AI Terbaik?

Belajarlagi adalah rekomendasi kursus AI terbaik yang menawarkan kelas gratis dan intensive mini bootcamp bersama pengajar profesional ternama. Ikuti Mini Bootcamp AI Belajarlagi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang AI tanpa biaya tambahan, belajar langsung dari para ahli, serta memperluas jaringan dengan sesama peserta dan pembicara.

Jangan lewatkan kesempatan berharga ini untuk mendalami AI. Bergabunglah dengan Belajarlagi sekarang juga di sini!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.