Rekomendasi SEO Agency untuk Bisnis B2B dan Strategi Memilihnya

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
May 14, 2024
Updated:
May 14, 2024

Halo Teman Belajar yang tengah mencari strategi terbaik untuk mengangkat bisnis B2B-mu ke level berikutnya melalui layanan SEO! Memilih agen SEO yang tepat bisa menjadi langkah krusial dalam perjalananmu menuju kesuksesan online. 

Dalam era di mana persaingan bisnis semakin ketat, keberadaan di dunia digital menjadi tidak bisa dihindari. Dan disinilah peran sebuah agen SEO yang berkualitas dan berpengalaman menjadi penting. Namun, di tengah banyaknya pilihan, bagaimana kamu bisa memilih yang terbaik untuk bisnis B2B-mu? Mari kita jelajahi bersama beberapa strategi cerdas yang dapat membantu kamu memilih SEO agency yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnismu. 

Perbedaan B2C dan B2B SEO

Ketika kamu memasuki dunia optimasi mesin pencari (SEO), kamu akan menemukan dua konsep yang sangat umum: B2C (Business to Consumer) dan B2B (Business to Business) SEO. Mungkin terdengar mirip, tapi sebenarnya ada perbedaan penting antara keduanya. Yuk, mari kita pelajari lebih lanjut!

1. Target Audiens

B2C biasanya menargetkan individu sebagai pelanggan utama. Strategi SEO mereka lebih fokus pada memenangkan perhatian konsumen langsung. Kata kunci yang digunakan cenderung lebih umum dan berorientasi pada kebutuhan konsumen individu.

Di sisi lain, B2B menargetkan perusahaan atau organisasi sebagai pelanggan. Oleh karena itu, strategi SEO mereka lebih berfokus pada menarik perhatian para pengambil keputusan dalam organisasi tersebut. Kata kunci yang digunakan lebih spesifik dan berorientasi pada solusi bisnis.

2. Jenis Kata Kunci

Kamu mungkin akan menggunakan kata kunci yang lebih spesifik dan terfokus pada produk atau layanan tertentu dalam B2C SEO. Contohnya, "sepatu lari terbaik". Di sisi lain, dalam B2B SEO, kata kunci mungkin lebih berorientasi pada solusi bisnis, seperti "layanan konsultasi manajemen operasional".

3. Pendekatan Konten

B2C cenderung menggunakan konten yang lebih ringan dan berorientasi pada perasaan. Mereka sering menggunakan gambar, video, dan konten yang lebih mudah dipahami oleh konsumen. Konten mereka cenderung lebih langsung terkait dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Sebaliknya, B2B cenderung menggunakan konten yang lebih mendalam dan informatif. Mereka lebih sering menggunakan whitepaper, studi kasus, dan konten yang mendukung proses keputusan bisnis. Konten mereka cenderung lebih terfokus pada memberikan solusi atas masalah bisnis.

4. Proses Pembelian

Siklus pembelian dalam B2C cenderung lebih singkat dan impulsif. Konsumen sering membuat keputusan pembelian berdasarkan keinginan atau kebutuhan saat ini.

Namun, siklus pembelian dalam B2B biasanya lebih panjang dan melibatkan beberapa tahap. Keputusan pembelian seringkali melalui proses evaluasi yang lebih ketat dan lebih terencana.

5. Keterlibatan dalam Media Sosial

Sosial media memainkan peran yang besar dalam B2C SEO karena banyaknya konsumen yang aktif di platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Namun, dalam B2B, fokusnya mungkin lebih pada platform profesional seperti LinkedIn, di mana kamu bisa terhubung dengan para pengambil keputusan bisnis.

6. Strategi Link Building

Strategi link building termasuk bagian dari SEO Off page, untuk B2C sering lebih terfokus pada membangun jumlah tautan dan meningkatkan otoritas domain secara umum.

Sedangkan dalam B2B, strategi link building lebih berfokus pada membangun hubungan dengan situs-situs otoritatif dalam industri yang relevan. Kualitas tautan menjadi lebih penting daripada kuantitasnya.

7. Pengukuran Kinerja

Kinerja SEO dalam B2C sering diukur berdasarkan metrik seperti peringkat kata kunci, lalu lintas organik, dan tingkat konversi langsung.

Sedangkan dalam B2B, pengukuran kinerja SEO sering lebih kompleks dan melibatkan metrik seperti peningkatan kesadaran merek, generasi prospek berkualitas, dan retensi klien.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Jasa SEO Agency Untuk Perkembangan Bisnis

Cara Memilih SEO Agency Terbaik untuk B2B

b2b seo agency

1. Pahami Kebutuhan Bisnismu

Pertama-tama, kamu perlu memahami bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan yang unik. Sebuah agen SEO yang cocok untuk satu bisnis mungkin tidak sesuai dengan yang lain. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami kebutuhan spesifik bisnismu. 

Apakah kamu membutuhkan peningkatan trafik situs web, perbaikan peringkat pencarian, atau fokus pada konversi pelanggan? Mengidentifikasi tujuan bisnis yang jelas akan membantu kamu memilih agen SEO yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Teliti Portofolio dan Pengalaman

Pertama-tama, ketika kamu mencari agen SEO untuk bisnis B2B-mu, penting untuk memeriksa portofolio mereka. Portofolio akan memberikanmu gambaran tentang kualitas pekerjaan yang mereka hasilkan untuk klien sebelumnya. Perhatikan jenis bisnis yang telah mereka layani sebelumnya dan apakah ada kesamaan dengan bisnismu. Ini dapat memberikan indikasi apakah agen tersebut memiliki pemahaman yang baik tentang industri dan target pasar B2B.

Selain itu, pengalaman juga merupakan faktor kunci dalam memilih B2B SEO Agency. Semakin lama agen tersebut telah beroperasi dan semakin banyak klien yang mereka layani, semakin besar kemungkinan bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keahlian yang luas dalam bidang SEO. Namun, bukan berarti kamu harus mengabaikan agen yang relatif baru. Beberapa agen muda mungkin memiliki ide segar dan energi untuk menghadirkan strategi yang inovatif bagi bisnismu.

Selama proses pemilihan, jangan ragu untuk bertanya kepada calon agen SEO tentang pengalaman mereka. Tanyakan tentang klien yang pernah mereka layani sebelumnya, hasil yang telah mereka capai, dan bagaimana mereka merencanakan strategi untuk bisnis B2B seperti milikmu. Diskusi ini akan membantumu memahami apakah agen tersebut memiliki pengetahuan yang cukup tentang industri dan apakah mereka mampu menghadirkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Ingatlah bahwa memilih B2B SEO Agency yang tepat adalah investasi untuk masa depan bisnismu. Dengan teliti mengevaluasi portofolio dan pengalaman mereka, kamu dapat meningkatkan peluang untuk bekerja dengan agen yang dapat membantu bisnismu mencapai tujuan SEO-nya dengan lebih efektif.

3. Perhatikan Reputasi dan Ulasan

Reputasi sebuah agensi adalah cerminan dari kualitas dan keandalannya dalam industri tersebut. Kamu dapat menilai reputasi agensi dengan mencari informasi mengenai pengalaman mereka, klien yang mereka layani sebelumnya, dan proyek-proyek yang telah berhasil mereka selesaikan. Ketika sebuah agensi memiliki reputasi yang baik, ini menandakan bahwa mereka telah membangun kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui kinerja yang konsisten.

Selain itu, ulasan dari klien sebelumnya dapat memberikan wawasan berharga mengenai pengalaman kerja sama dengan agensi tersebut. Ketika kamu melihat ulasan yang positif, itu menunjukkan bahwa agensi tersebut mampu memberikan hasil yang memuaskan dan layanan yang berkualitas tinggi kepada klien mereka. Namun, jangan hanya terpaku pada ulasan positif saja. Penting juga untuk memperhatikan ulasan yang mungkin mencerminkan kelemahan atau masalah yang pernah terjadi dalam kerja sama dengan agensi tersebut. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang kinerja agensi tersebut.

Selanjutnya, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mengevaluasi reputasi dan ulasan sebuah B2B SEO Agency. Pertama, cari informasi tentang agensi tersebut melalui situs web mereka, media sosial, dan platform review seperti Google Review atau Yelp. Selain itu, kamu juga bisa meminta referensi langsung dari agensi tersebut dan berbicara dengan klien-klien sebelumnya untuk mendapatkan pandangan mereka secara langsung.

4. Tinjau Metodologi dan Strategi Mereka

Kamu perlu meninjau metodologi kerja dari agen SEO yang kamu pertimbangkan. Metodologi ini mencakup langkah-langkah apa saja yang mereka ambil untuk meningkatkan peringkat pencarian dan visibilitas online klien mereka. Pastikan agen tersebut memiliki pendekatan yang sistematis dan terukur dalam melakukan optimasi SEO. Tanyakan tentang proses riset kata kunci, analisis pesaing, optimasi konten, dan pembuatan tautan. Sebuah agen yang transparan dengan metodologi kerjanya akan memberikan keyakinan tambahan kepada kamu.

Selanjutnya, tinjau strategi yang mereka terapkan. Strategi SEO haruslah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis B2B, yang seringkali berbeda dengan bisnis konsumen langsung. Kamu ingin memastikan bahwa agen tersebut memiliki pemahaman mendalam tentang industri B2B dan audiens target yang ingin kamu capai. Mereka harus mampu menghasilkan strategi konten yang relevan dan berharga bagi target pasar B2B-mu, serta memahami pentingnya kualitas dalam menghasilkan tautan balik (backlink) yang berkualitas tinggi.

5. Diskusikan Biaya dan Kesepakatan Kontrak

Ketika kamu mencari B2B SEO Agency, pastikan untuk memahami struktur biaya mereka dengan jelas. Beberapa agen mungkin mengenakan biaya bulanan tetap, sementara yang lain mungkin menggunakan model biaya berdasarkan proyek atau hasil. Penting untuk mengerti apa yang termasuk dalam biaya mereka dan apakah ada biaya tambahan yang perlu kamu pertimbangkan. Jangan ragu untuk bertanya kepada agen tentang struktur biaya mereka sehingga kamu bisa membuat perbandingan yang akurat antara berbagai pilihan.

Selain biaya, kamu juga perlu memperhatikan kesepakatan kontrak dengan cermat. Pastikan untuk membaca dan memahami semua detail dalam kontrak sebelum kamu menandatanganinya. Hal-hal yang perlu diperhatikan termasuk durasi kontrak, lingkup layanan yang disediakan, dan klausul pembatalan. 

Kamu juga harus mencari tahu apakah ada biaya atau konsekuensi yang terkait dengan pembatalan kontrak sebelum waktu yang ditentukan. Dengan memahami dengan baik kesepakatan kontrak, kamu dapat menghindari masalah di kemudian hari.

6. Ajukan Pertanyaan Penting

Sebelum kamu memilih B2B SEO Agency, perlu dipastikan bahwa mereka memiliki pemahaman mendalam tentang pasar B2B. Ajukan pertanyaan tentang pengalaman mereka dalam industri ini. Pastikan mereka memahami karakteristik unik dari bisnis B2B, seperti siklus penjualan yang lebih panjang dan target audiens yang berbeda.

Kemudian, penting untuk mengetahui metode mereka dalam mengukur kesuksesan kampanye SEO. Tanyakan bagaimana mereka mengukur peningkatan trafik, peringkat kata kunci, dan konversi. Pastikan mereka memiliki sistem pelaporan yang transparan dan dapat diakses dengan mudah, sehingga kamu bisa melacak perkembangan kampanye secara berkala.

Selanjutnya, perhatikan juga apakah mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang teknis SEO. Tanyakan tentang pendekatan mereka dalam optimasi on-page dan off-page, serta strategi mereka dalam menghadapi perubahan algoritma mesin pencari. Pastikan mereka menggunakan praktik terbaik dan mengikuti pedoman etika SEO yang disetujui.

Selain itu, pastikan juga untuk menanyakan tentang tim mereka. Siapa saja yang akan bekerja pada kampanye SEO-mu? Apakah mereka memiliki keahlian yang diperlukan dan pengalaman dalam industri B2B? Juga, pastikan mereka dapat berkomunikasi dengan baik dan responsif terhadap pertanyaan dan permintaan kamu.

Rekomendasi SEO Agency untuk Bisnis B2B

Memilih B2B SEO Agency yang tepat adalah langkah penting dalam meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnismu secara online. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat memastikan bahwa kamu akan bekerja dengan agensi yang kompeten dan dapat dipercaya. Belajarlagi menyediakan SEO agency untuk membantu kebutuhan SEO perusahaan. Hubungi kami sekarang!

#
SEO
#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.