10+ Universitas Dengan Jurusan Digital Marketing: Ada Mata Kuliah Unggulan!

Ayu Novia
8 Min Read
Published:
November 22, 2025
Updated:
November 22, 2025

Jurusan digital marketing adalah opsi terbaik untuk kamu yang punya prospek dan mapping kerja di industri ini. Sayangnya, masih belum banyak yang tahu kalau jurusan digital marketing tersebar di berbagai kampus di seluruh Indonesia. Bahkan, ada yang menyediakan jenjang pendidikan mulai dari D3 hingga setara S1.

Tenang, kali ini kita akan kupas tuntas daftar lengkap kampus-kampus yang punya jurusan digital marketing. Cocok buat kamu yang akan masuk dunia perkuliahan maupun berminat melanjutkan pendidikan pascasarjana. Yuk, baca selengkapnya melalui artikel di bawah ini!

Universitas Dengan Jurusan Digital Marketing

1. Telkom University, D3 Digital Marketing

Bisa juga disebut dengan program D3 Manajemen Pemasaran Reguler dengan jadwal perkuliahan Senin sampai Jumat. Kegiatan akademiknya bisa ditempuh secara efektif selama 3 tahun atau 6 semester. Memasuki semester 6, kamu berhak mengikuti kegiatan magang selama 4 bulan.

Selain fokus pada pengembangan akademik, D3 Digital Marketing Telu menawarkan program-program upskilling, seperti sertifikasi dan pelatihan. Salah satu yang telah berjalan adalah AI-Driven Digital Marketing Course & Certification sebagai komitmen jurusan untuk mengikuti tren di dunia marketing serta teknologi.

2. Politeknik Ubaya, D3 Digital Business & Marketing

Jurusan ini berkomitmen untuk menghasilkan angkatan siap kerja. Dengan sekitar 70 SKS yang harus ditempuh, kurikulumnya sudah termasuk Statistika Bisnis, Komunikasi Bisnis, Bahasa Inggris, maupun Kewirausahaan dan Inovasi. Selain hard-skill, D3 Digital Business & Marketing menekankan adanya capability soft-skill setiap mahasiswa.

Beberapa fasilitas penunjangnya sudah termasuk laboratorium digital marketing, trekkers selling lab, dan ruang kuliah teater. Jurusan ini juga terbuka untuk mengembangkan kegiatan aktif mahasiswa, seperti mengikuti lomba di berbagai bidang. Ada banyak prestasi yang telah dicetak oleh mahasiswa maupun para alumninya.

3. Universitas Padjajaran, D4 Pemasaran Digital

jurusan digital marketing unpad

Berdiri sejak 2019, program ini didirikan oleh pihak kampus untuk memenuhi demand bisnis digital yang terus mengalami peningkatan pesat. Kurikulum program studinya menerapkan kurikulum modular yang terintegrasi dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). 

Sistem pembelajarannya termasuk project based learning dan problem based learning dengan berbagai studi kasus yang telah disesuaikan dengan kebutuhan DUDI. Bahkan, jurusan ini juga menawarkan sertifikat kompetensi Manajer Pemasaran Digital melalui LSP Universitas Padjadjaran.

4. Universitas Nasional, S1 Bisnis Digital

Kegiatan perkuliahan di jurusan ini menggunakan sistem Learning Management System (LMS). Kamu bisa pilih program secara fleksibel dalam bentuk Kelas Reguler maupun Kelas Karyawan. Dengan biaya pendidikan yang relatif terjangkau, kamu bisa dapatkan akses ke kurikulum yang suportif dengan fasilitas memadai.

Bahkan, kamu akan mendapatkan layanan lowongan pekerjaan di bagian Career Development Center (CDC). Pilihan yang cukup menarik untuk menyiapkan diri sebagai profesional siap kerja bergelar sarjana. 

5. Universitas Bunda Mulia, S1 Bisnis Digital

Program studi yang ditawarkan memanfaatkan kurikulum komprehensif dan berbasis praktik. Beberapa topik penting yang diajarkan adalah digital consumer management, digital marketing, serta business analytics. Lokasinya juga strategis dan bertempat di Jakarta Utara (Ancol)  serta Tangerang (Serpong).

Koneksinya cukup luas, ada perusahaan dan startup yang bisa menjembatani kelanjutan kariermu setelah mengenyam pendidikan. Lulusannya akan memperoleh gelar S. Bns. dan berpotensi menjadi digital marketing specialist, business data analyst, CRM specialist, dan sebagainya.

6. Universitas Sebelas Maret, S1 Bisnis Digital

Kampus yang satu ini sadar akan kebutuhan digital marketing yang tinggi, namun tidak dibarengi dengan lembaga formal yang tersedia. Selain pengelolaan digital marketing, fokus lain dari kurikulumnya adalah fintech atau teknologi keuangan. Soft-skill yang dipromosikan lewat prodi ini adalah digital strategy, digital policy, dan digital standard.

Kerjasama dikembangkan dengan banyak pihak untuk menuntaskan misi di bidang fintech, regulasi, dan akademik. Aktivitas pendukung lainnya termasuk ke dalam program MBKM, seperti magang, pertukaran pelajar, riset, dan kewirausahaan sebagai lahan basah untuk mempraktikkan ilmu-ilmu teknis di bidang pemasaran.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, S1 Bisnis Digital

Salah satu kelebihan jurusan ini adalah kesempatan koneksi, career development, kerjasama global domestik, dan alumni. Bahkan, mahasiswa berhak mendapatkan kans untuk ter-expose secara global lewat kuliah tamu dan double degree program

Kurikulumnya dirancang untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menavigasi business landscape di era digital. Lulusannya juga bisa mengejar karir di bidang e-commerce, analisis bisnis, manajemen produk, dan sebagainya.

Program ini akan membangun keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh lingkungan bisnis yang bergerak cepat.

8. Universitas Paramadina, S2 Digital Marketing

Salah satu kampus swasta yang membuka program S2 Digital Marketing untuk karyawan. Kamu bisa pilih ingin menghadiri Kampus Kuningan, Cipayung, atau Cikarang. Soal ketentuan daftar juga lebih fleksibel karena tidak ada batasan umur atau tahun kelulusan pendidikan terakhir. Cenderung inklusif untuk menimba ilmu digital marketing saat ini.

Dengan update terkini seputar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), berbagai sektor yang terpapar inovasi digital harus bersiap. Melalui program studi ini, Universitas Paramadina ingin membuka kesempatan formal buat kamu yang ingin menguasai dan menjadi pelopor akademik di taraf S2.

9. Universitas Pelita Harapan, S2 Pemasaran Digital

Dengan durasi belajar 1,5 tahun, kamu akan meraih gelar Magister Manajemen. Konsentrasi digital marketing yang diangkat UPH bertumpu pada ilmu marketing serta turunannya di dunia bisnis. Jurusan digital marketing ini membagi kurikulumnya setara dengan kebutuhan zaman dan industri, terkurasi seoptimal mungkin supaya kamu lulus tepat waktu.

Jalur karier yang bisa dieksplor melalui gelar ini adalah market analyst, social media analyst, brand and product specialist, maupun product development specialist. Format kuliahnya fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kesibukanmu di dunia profesional.

10. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, S2 Technomarketing

jurusan technomarketing

Bidang studi techno marketing membahas aspek fundamental dalam dunia bisnis teknologi seperti manajemen bisnis dan aspek strategis pemasaran bisnis teknologi. Prospek karier yang ditawarkan adalah business development, marketing specialist, brand management, dan product manager.

Prodi ini juga membuka kesempatan magang yang dibimbing langsung oleh Guru Marketing, Founder & Chairman, MarkPlus, Inc, Dr. (HC) Hermawan Kartajaya. Walau sudah terjun di dunia profesional, program ini bersifat inklusif untuk memaksimalkan potensi setiap mahasiswa yang bergabung.

11. IDB Bali, S2 Magister Digital

jurusan bisnis digital

Program ini memadukan kurikulum bisnis dan teknologi secara komprehensif, termasuk analisis data digital, pemanfaatan AI dan teknologi terbarukan, serta transformasi operasional digital. Fasilitas yang bisa dimanfaatkan adalah co-working space, creative gallery, studio workshop, serta laboratorium.

IDB Bali memakai pendekatan Integrated Curriculum, yaitu ketiadaan penugasan yang berbeda-beda di setiap mata kuliah. Mahasiswa boleh memilih tugas akhir dalam bentuk proyek atau penelitian Bisnis Digital.

Baca juga: 15+ Jurusan yang Banyak Peluang Kerja di Masa Depan

Jurusan Bagi yang Ingin Berkarier di Digital Marketing

Namun, masuk ke dunia digital marketing nggak melulu melalui jalan yang linear. Ada beberapa rekomendasi jurusan yang bisa membantu kamu menuju karier di industri ini, yaitu:

Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi membantu kamu mengasah kemampuan untuk menyampaikan pesan secara tepat di berbagai channel media. Skill yang akan dikuasai adalah copywriting, storytelling, media planning, content production, creative concepting, dan public relations digital.

Manajemen Pemasaran

Fondasinya tetaplah marketing. Namun, kamu akan belajar lebih detail seputar manajemen yang tepat dalam pengelolaan marketing and business activation. Kamu akan mendapat ilmu praktik di bidang consumer behavior, marketing strategy, digital promotion, market research, dan brand management.

Sistem Informasi

Walau tergolong jurusan IT, nggak dipungkiri kalau digital marketing sekarang mengandalkan data dan analisis. Penguasaan skill yang akan berguna untuk digital marketing adalah automation tools, SEO techniques, digital product, data analytics, dan website development.

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Digital marketing juga erat dengan pengaplikasian materi pemasaran secara visual. Inilah yang menjadikanmu unggul ketika mengerjakan marketing campaign. Skill yang bisa didapat berupa graphic design, motion graphic, video editing, UI/UX, visual branding, dan komunikasi kreatif.

Advertising

Jurusan ini akan memprioritaskan pembuatan iklan yang efektif dan marketing campaign yang booming di zaman modern. Sebagian besar skill yang berkaitan dengan digital marketing adalah creative advertising, media buying & planning, marketing communication, dan creative direction.

Public Relation

Digital marketing juga berkaitan dengan strategi komunikasi yang sehat dengan masyarakat. Apalagi, pertemuan brand dengan audiens condong kearah online. Skill yang akan berguna, yaitu reputation management, social listening, crisis communication strategy, serta media relation digital.

Mata Kuliah Unggulan Digital Marketing

Digital marketing strategy

Core idea dari segala keilmuan digital marketing yang wajib dikuasai. Mahasiswa akan diminta menyusun strategi secara lengkap, mulai dari target audiens, customer journey, digital channel, dan reporting. Kamu akan memahami berbagai framework yang banyak dipakai, seperti AIDA, STP, maupun marketing funnel.

Brand management

Kalau digital marketing sebatas activation yang kompleks, branding butuh aktivasi yang lebih sustainable lagi. Kamu akan mengekplorasi brand identity, tone of voice, brand consistency, positioning, dan differentiation pada brand building. Output mata kuliah ini bisa berupa brand guideline dan rebranding proposal.

Digital business & innovation

Beberapa hal yang akan dipelajari adalah monetization, product thinking, hingga digital transformation. Selain membuat konten, kamu perlu mengandalkan critical thinking untuk menghasilkan value dan pundi-pundi melalui digital opportunities. Contoh tugas yang diberikan lewat jurusan digital marketing, antara lain business model canvas dan MVP plan.

Entrepreneurship dan digital startup

Merupakan mata kuliah tentang pembuatan bisnis dari nol, mulai dari ideation sampai eksekusinya. Sifatnya lebih kearah praktik dan case study di dunia digital marketing serta turunannya. Skill yang akan dikuasai lewat materi ini, yaitu pitch deck presentation, business prototype, teamwork, sekaligus leadership.

Kesimpulan

Jurusan digital marketing di Indonesia terus beradaptasi dengan demand masa kini. Dengan memproyeksikan minatmu sejak awal, kamu bisa menyiapkan diri sebagai profesional siap kerja di dunia digital marketing. Entah itu di tingkat pendidikan vokasi, sarjana, magister, maupun doktor.

Kamu juga bisa lho, menguatkan fondasi dengan program informal Full Stack Digital Marketing by Belajarlagi. Diajar langsung oleh talenta professional dan berpengalaman di bidangnya. Dapatkan akses menuju komunitas seumur hidup dan materi yang bisa diakses kapan saja.

Ada juga program Meta Certification dari CertiHub untuk perkuat posisimu bersaing di dunia digital marketing, terutama performance marketing. Bisa retake exam dan materi pembelajaran yang bisa diakses secara mandiri. Yuk, konsultasikan kebutuhanmu dan daftarkan diri sekarang juga!

#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Ayu Novia

A Strategist and Copywriter with more than 3 years in the creative industry. Passionate in data-driven writing for various niches of content.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.