10 Cara Mengembangkan UMKM, Ikuti Strategi Ini!

Ashya Ravika
8 Min Read
Published:
June 22, 2024
Updated:
June 25, 2024

Mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seringkali dianggap sebagai tantangan besar, terutama di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Namun, dengan strategi yang tepat, kita bisa membawa bisnismu ke level berikutnya dengan lebih mudah. 

Artikel ini akan membahas berbagai cara mengembangkan UMKM yang efektif, mulai dari pemanfaatan teknologi hingga optimalisasi pemasaran. Dengan mengikuti strategi-strategi ini, kita akan memiliki panduan yang jelas untuk meningkatkan kinerja usahamu dan meraih kesuksesan yang lebih besar. Siap untuk membawa UMKM-mu berkembang pesat? Mari kita mulai!

Mengapa UMKM harus dikembangkan?

Mengembangkan UMKM merupakan langkah penting yang tidak hanya menguntungkan bisnismu sendiri, tetapi juga memberikan kontribusi UMKM yang positif bagi perekonomian secara keseluruhan. Berikut beberapa alasan mengapa UMKM harus dikembangkan:

1. Menciptakan Lapangan Kerja

Dengan mengembangkan UMKM, kita dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Ini membantu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan sosial.

2. Mendorong Inovasi

UMKM yang berkembang cenderung lebih inovatif karena mereka sering kali lebih fleksibel dan responsif terhadap perubahan pasar. Inovasi ini tidak hanya bermanfaat bagi bisnismu tetapi juga bisa menjadi inspirasi bagi pelaku usaha lainnya.

3. Meningkatkan Pendapatan

Dengan memperluas bisnis, kita bisa meningkatkan pendapatan dan profitabilitas. Ini memungkinkanmu untuk berinvestasi kembali dalam bisnismu, memperbaiki produk atau layanan, dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

4. Stabilitas Ekonomi

Kontribusi UMKM sangat kuat terhadap stabilitas ekonomi lokal dan nasional. Dengan meningkatkan daya saing dan produktivitas, UMKM membantu menciptakan perekonomian yang lebih berkelanjutan.

5. Memperluas Pasar

Pengembangan UMKM membuka peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ini tidak hanya memperbesar pangsa pasar bisnismu tetapi juga memperkenalkan produk lokal ke dunia.

6. Pemberdayaan Komunitas

Mengembangkan UMKM juga berarti memberdayakan komunitas tempat bisnismu berada. kita dapat berperan dalam mengedukasi masyarakat tentang kewirausahaan dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Baca Juga: 20 Contoh Usaha UMKM di Desa yang Berpotensi Menguntungkan

Bagaimana Cara Mengembangkan UMKM?

Mengembangkan bisnis UMKM memerlukan pendekatan strategis agar dapat tumbuh secara berkelanjutan. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa kita terapkan:

bagaimana cara mengembangkan umkm?

1. Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Yang pertama, fokus pada peningkatan mutu produk dan layananmu melalui inovasi dan feedback pelanggan. Hal ini akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan kita. Selalu lakukan riset produk terus menerus agar bisa bersaing.

2. Manfaatkan Teknologi Digital

Cara mengembangkan UMKM yang penting adalah manfaatkan teknologi digital. Gunakan media sosial, website, dan platform e-commerce untuk memasarkan produk. Teknologi digital dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi operasional. Tentu saja, produk kita akan mudah dikenali karena sebagian masyarakat kini sudah melek digital. Bisa juga dengan kolaborasi bareng influencer atau KOL agar produkmu cepat viral.

Baca Juga: Kenalan dengan Collaborative Marketing

3. Buat Diversifikasi Produk

Tawarkan variasi produk atau layanan baru yang masih terkait dengan bisnismu untuk menarik lebih banyak pelanggan dan mengurangi risiko ketergantungan pada satu produk. Ini ampuh sebagai cara mengembangkan UMKM.

4. Bangun Brand Awareness

Bangun kesadaran merek melalui strategi pemasaran UMKM yang efektif, seperti iklan, promosi, dan kolaborasi dengan influencer. Ini akan meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnismu. Bisnis UMKM bisa bekerjasama dengan jasa pemasaran digital dari Belajarlagi agar memudahkan kelancaran usaha sehingga tak perlu repot mengurus setiap saat.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Bisnis Perlu Mencoba Digital Ads

5. Kembangkan Network dan Kemitraan

Jalin hubungan dengan pemasok, distributor, dan komunitas UMKM lainnya untuk memperluas peluang bisnis dan mendapatkan dukungan tambahan. Jika memiliki banyak network atau kemitraan pasti produk kita akan mudah berkembang. Seperti kini sedang ramai kemitraan es teh yang telah merajalela di setiap sudut jalan.

Baca Juga: Mengulik Strategi Aerostreet yang Suka Sold Out di Produk Kolaborasinya

6. Tingkatkan Kompetensi

Cara agar UMKM berkembang selanjutnya yakni harus bisa Investasi melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan karyawan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja. SDM yang kompeten juga sangat penting agar operasional UMKM kita berjalan efektif dan bisa bersaing. Tak hanya itu, ikuti kursus skill digital dari Belajarlagi yang terdiri dari kursus digital marketing, kursus SEO, pelatihan media sosial, hingga pelatihan iklan digital dengan harga terjangkau dan dilatih oleh ahlinya.

pelatihan skill kompetensi digital umkm

7. Kelola Keuangan dengan Baik

Banyak usaha UMKM yang boncos dan tidak memantau secara detail cashflow keuangan bisnisnya. Lakukan pencatatan keuangan yang rapi dan perencanaan keuangan yang matang untuk memastikan kesehatan finansial bisnismu agar kedepannya bisa mengembangkan UMKM dengan lancar.

8. Manfaatkan Data dan Analisis Pasar

Cara mengembangkan UMKM yang tak kalah penting adalah harus bisa memanfaatkan data. Baik itu data analisis pasar, riset kompetitor, market plan, dan lainnya. Manfaatkan data ini untuk memahami tren pasar dan perilaku konsumen. Analisis ini membantumu membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

9. Buat Inovasi Terus Menerus

Terus berinovasi dalam segala aspek bisnismu, baik produk, layanan, maupun proses bisnis, untuk menjaga relevansi dan daya saing di pasar. Kunci utama cara mengembangkan UMKM memang harus bisa berinovasi karena persaingan bisnis sudah di depan mata. Bayangkan jika produk, layanan, maupun segala proses bisnis masih ketinggalan jaman. Tentu tidak bisa berkembang.

10. Tingkatkan Layanan Pelanggan

Berikan layanan pelanggan yang unggul dengan respons cepatl, dan pengalaman pelanggan yang menyenangkan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.  Terapkan strategi CRM agar pelanggan bisa kembali ke usaha kita.

Baca Juga: 10 Daftar Konsultasi Bisnis Gratis untuk UMKM

Upaya Pemerintah untuk Mempercepat Perkembangan UMKM di Indonesia

Pemerintah terus berupaya untuk menciptakan ekosistem yang dapat mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Indonesia. Tentunya, upaya tersebut diharapkan UMKM dapat berperan lebih besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

peran pemerintah dalam mengembangkan umkm

1. Pemberian Bantuan dan Subsidi

Pemerintah menyediakan bantuan dan subsidi untuk UMKM, baik dalam bentuk bantuan modal, pelatihan, maupun bantuan teknis lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM.

2. Sarana dan Prasarana

Pemerintah juga membangun Infrastruktur yang memadai akan membantu UMKM dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar mereka. Baik itu infrastruktur berupa pusat perbelanjaan dan pasar modern, serta aksesibilitas ke pasar ekspor.

Pembangunan infrastruktur konektivitas digital terus dikembangkan, seperti Satelit Palapa Ring dan Base Transceiver Station, sehingga pelaku usaha yang berada di daerah terpencil akan terhubung secara digital.

3. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Program pelatihan kewirausahaan dan manajemen bisnis diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi pengusaha UMKM dalam mengelola bisnis mereka dengan lebih baik.

4. Peningkatan Akses Keuangan

Inisiatif untuk mempermudah UMKM mengakses pembiayaan dari lembaga keuangan, termasuk bank-bank pembangunan daerah (BPD) dan lembaga keuangan mikro (LKM), serta program kredit usaha rakyat (KUR).

5. Digitalisasi UMKM

Di tahun 2024, Pemerintah menargetkan 40 juta digitalisasi UMKM. Upaya ini dapat memberikan banyak manfaat bagi UMKM, termasuk efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing. Hingga Januari 2022, sebanyak 17,2 juta UMKM telah terdigitalisasi. 

6. Pengurangan Biaya dan Kemudahan Berbisnis

Langkah-langkah deregulasi dan pengurangan birokrasi diterapkan untuk menciptakan lingkungan bisnis yang lebih kondusif bagi UMKM, seperti pemangkasan izin usaha dan peraturan yang membebani.

7. Penguatan Iklim Investasi

Pemerintah mendorong investasi dalam UMKM melalui insentif pajak dan fasilitas lainnya, serta memfasilitasi kerjasama antara UMKM dengan perusahaan besar untuk meningkatkan rantai pasokan dan pemasaran.

8. Promosi dan Pemasaran

Kampanye promosi produk UMKM baik di dalam negeri maupun mancanegara untuk meningkatkan popularitas dan daya saing produk UMKM Indonesia di pasar global. 

Baca Juga: Jasa Digital Marketing dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

Dengan mengikuti cara mengembangkan umkm yang telah dibahas, kita memiliki kunci untuk mengembangkan UMKM-mu dengan lebih mudah dan efektif. Jangan lupa untuk selalu evaluasi dan sesuaikan strategi sesuai dengan kondisi pasar dan kebutuhan bisnismu. Dengan konsistensi dan tekad yang kuat, kita dapat mengatasi tantangan dan meraih kesuksesan dalam mengembangkan UMKM-mu. 

#
UMKM
Belajarlagi author:

Ashya Ravika

SEO Writer dengan pengalaman lebih dari 5 tahun yang biasa menulis untuk berbagai macam topik dan gaya bahasa. Memiliki passion di bidang penulisan dan pendidikan.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.