Jasa Digital Marketing dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

Jasa digital marketing merupakan salah satu opsi terbaik bagi perusahaan untuk memasarkan produk lebih luas. Simak peran dan manfaatnya di ulasan berikut yuk!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Jasa digital marketing merupakan sebuah layanan yang menyediakan jasa pemasaran digital secara komprehensif bagi perusahaan. Seiring perkembangan teknologi, mau tidak mau sebuah brand atau perusahaan harus menyesuaikan kebiasaan pelanggan. Seperti kamu tahu, konsumen zaman sekarang tidak bisa lepas dari marketplace, media sosial, dan lain-lain.

Konsumen kini lebih suka berbelanja secara online. Bayangkan, apa jadinya jika perusahaan masih melakukan pemasaran secara konvensional? Berapa besar kemungkinan produk yang perusahaan jual akan bisa tepat sasaran?

Nah, pada aspek inilah sebuah digital marketing agency akan mengambil peran penting. Terutama buat perusahaan yang belum mampu punya tim untuk mengelola digital marketing. Daripada mencoba membangun tim dalam waktu singkat, memakai jasa digital marketing adalah jawaban terbaik.

Kali ini Tim Belajar Lagi sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai serba-serbi digital agency. Mulai dari pengertian, manfaat, hingga jenis-jenisnya. Simak dan pelajari baik-baik ya!

Apa itu jasa digital marketing?

Pengertian digital agency‍

Jasa digital marketing secara umum menawarkan aneka layanan untuk pemasaran, mulai dari media sosial, SEO, pembuatan konten, website, iklan, dan lain-lain. Pertanyaan selanjutnya, apa yang orang-orang digital agency lakukan untuk mencapai target perusahaan? Bagaimana jika perusahaan bahkan sama sekali belum memulai pemasaran digital?

Fokus terpenting dari digital marketing sebenarnya memasarkan produk ke audiens dengan lebih akurat. Entah perusahaan sudah punya konsumen loyal atau belum, digital marketing sangatlah penting. Apalagi jika perusahaan butuh menjaring konsumen baru.

Lebih dari itu, digital marketing juga memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan brand awareness lebih dalam. Misalnya, sebuah brand fashion perempuan tidak hanya akan sekadar menjual baju, melainkan juga menyampaikan value perusahaan ke audiens. Bentuknya bisa macam-macam, entah itu video di TikTok, iklan di YouTube, dan lain-lain.

Intinya, keberadaan digital agency akan sangat membantu perusahaan menjangkau lebih banyak pelanggan lewat berbagai channel. Ini menjadi strategi paling bagus untuk meningkatkan pemasaran, terutama secara online.

Kenapa perusahaan butuh jasa digital marketing?

Alasan harus memakai digital agency‍

Dengan adanya digital agency, perusahaan dapat menganalisis teknik pemasaran yang selama ini berjalan. Data-data penting mengenai kebiasaan konsumen pun dapat perusahaan olah untuk menentukan strategi pemasaran selanjutnya. Hal ini tidak bisa perusahaan dapatkan dari sekadar pemasaran konvensional.

Katakanlah perusahaan membuat iklan komersial di televisi, kemudian terdapat kenaikan penjualan. Perusahaan yakin banyak konsumen membeli barang setelah menonton iklan. Namun, itu hanya sebatas asumsi karena belum tentu keberadaan iklan benar-benar mendorong konsumen bertindak.

Lain halnya dengan digital marketing. Lewat pemasaran digital, perusahaan dapat mengukur rasio klik audiens terhadap email marketing, website, ataupun iklan di media sosial. Dari situ, perusahaan bisa tahu, seberapa banyak konsumen yang benar-benar tertarik membeli karena sebuah konten atau iklan.

Dengan begitu, perusahaan jadi paham strategi mana yang bekerja dan mana yang tidak. Intinya, jasa digital marketing akan membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnis. Baik itu meningkatkan pemasaran maupun membantu memberikan gambaran rencana selanjutnya secara lebih tepat.

Jenis bisnis yang butuh digital marketing agency

Digital marketing untuk bisnis‍

Pada dasarnya, hampir semua bisnis membutuhkan jasa digital marketing. Apalagi perusahaan tentu akan senang jika lebih banyak konsumen berbondong-bondong mendatanginya. Terlebih penggunaan internet oleh konsumen makin tinggi, bahkan hingga tahun-tahun ke depan.

Melansir dari Hennessey, berikut beberapa jenis bisnis yang punya prospek bagus saat menggunakan digital agency:

  • Ecommerce: Bagi perusahaan yang memanfaatkan pemasaran lewat ecommerce, menggunakan digital marketing adalah hal wajib. Terutama jika membutuhkan memakai kata kunci tepat guna memenangkan persaingan SEO.
  • Restoran: Meski berjualan langsung tatap muka dengan pelanggan, bukan berarti restoran tidak butuh digital marketing. Dengan digital marketing, restoran dapat menargetkan audiens lebih tepat, terutama yang berlokasi di sekitar area restoran.
  • UMKM: Dalam skala lebih kecil, keberadaan UMKM tak bisa lepas dari digital marketing. Apalagi jika menyediakan jasa pengantaran ke luar kota. Pastinya akan butuh jangkauan audiens lebih luas.
  • Online service: Bagi perusahaan yang menyediakan jasa, terlebih secara online, pasti akan sangat bergantung pada digital marketing.

Selain jenis-jenis usaha tersebut, perusahaan-perusahaan besar yang sudah lama malang-melintang di dunia bisnis juga butuh digital marketing. Sekali lagi, pergeseran pola atau kebiasaan konsumen haruslah perusahaan imbangi dengan strategi pemasaran lebih tepat.

Baca Juga: 10 Strategi Terbaru Digital Marketing 2023, Wajib Paham Nih

Manfaat digital marketing agency

Benefit dari jasa digital marketing‍

Dengan begitu besarnya peran digital marketing pada sebuah pemasaran, tentu perusahaan juga memerlukan sumber daya manusia yang tepat. Bayangkan saja, perusahaan mesti memiliki website yang terkelola baik. Belum lagi berbagai channel media sosial juga harus perusahaan urus, termasuk jenis konten-kontennya.

Selain itu, perusahaan haruslah melakukan riset secara menyeluruh sebelum menjalankan strategi digital marketing. Andai perusahaan punya masalah pada keterbatasan waktu dan sumber daya, maka jasa digital marketing adalah jawabannya. Bekerja sama dengan orang-orang yang sudah ahli pada bidangnya akan mempermudah perusahaan mengelola pemasaran digital.

Menurut The Brains Marketing, berikut beberapa manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dari jasa digital marketing:

1. Mendapatkan masukan pemasaran

Tim digital agency memiliki sumber daya yang sudah berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Mulai dari strategi digital marketing, proses pembuatan konten, hingga pengelolaan ads. Saat bekerja sama dengan digital agency, perusahaan akan mendapatkan copywriter berpengalaman, desainer grafis terbaik, social media specialist, dan lain-lain.

Paket lengkap dari tim tersebut nantinya akan membantu perusahaan menjalankan pemasaran digital secara lebih efektif. Pasalnya, mereka jauh lebih paham mengenai lingkup pekerjaan dan strategi yang mesti perusahaan jalankan. Tidak hanya itu, perusahaan juga bisa memperoleh insight atau masukan berharga dari digital agency.

Digital agency bisa memberikan analisis objektif atas strategi pemasaran yang sebelumnya perusahaan jalankan. Bisa jadi selama ini perusahaan sudah membuat beberapa campaign, tetapi belum membuahkan hasil. Nah, di situlah peran digital agency untuk mencari celah dalam memperbaikinya.

Bukan hanya menghemat waktu dalam bekerja, perusahaan bahkan sanggup memperoleh hasil lebih baik ketika bekerja sama dengan digital agency. Pada akhirnya, proses kerja kolaborasi ini akan meningkatkan pemasaran perusahaan.

2. Memiliki rencana pemasaran yang lengkap

Memanfaatkan jasa digital marketing tidak cuma semata-mata demi tujuan meningkatkan penjualan, tetapi juga memperoleh strategi marketing lebih baik. Tim digital agency juga akan membuat, melaksanakan, hingga memantau strategi pemasaran. Alhasil, hasil dari pekerjaan itu bakal lebih tepat sasaran.

Dalam prosesnya, tim digital agency membutuhkan waktu untuk mengenal perusahaan beserta para target audiens. Dari situ, mereka akan mengembangkan rencana secara komprehensif dengan berpedoman pada prinsip SMART. SMART di sini artinya specific, measurable, achievable, relevant, dan timely.

Perusahaan juga bisa memilih layanan apa saja yang dibutuhkan untuk digital marketing. Bisa jadi full service digital marketing, SEO, social media, dan lain-lain. Jenis-jenis layanan ini bisa kamu baca pada bagian selanjutnya ya.

3. Fokus pada tim marketing internal

Dalam menjalankan sebuah bisnis, perusahaan harus menentukan prioritas dalam pekerjaan. Untuk pengelolaan digital marketing secara tepat, perusahaan harus memiliki orang-orang yang kompeten di bidangnya. Sementara, pekerjaan marketing secara global tetap mesti berjalan.

Bekerja sama dengan digital agency berarti bekerja dengan para tenaga profesional. Dengan jasa digital marketing, perusahaan dapat lebih berfokus pada tim marketing internal yang sudah ada. Keberadaan tim digital agency dapat membantu perusahaan memutuskan langkah atau rencana selanjutnya.

4. Tetap update pada perubahan

Tren pemasaran akan senantiasa berubah, bahkan makin lama makin cepat. Perusahaan mungkin tidak punya banyak waktu dan energi untuk mengikuti perubahan tersebut. Namun, tim digital agency pastinya selalu siap dengan segala perubahan.

Tim tersebut akan terus memastikan bahwa strategi pemasaran digital sudah sesuai dengan tren yang ada. Misalnya, memperbanyak konten video untuk pemasaran lewat Instagram karena tren reels sedang meningkat.

Selain itu, digital agency juga mahir mengolah berita yang sedang viral menjadi sebuah konten yang menarik minat audiens. Perusahaan tidak perlu ambil pusing soal apa yang sedang tren karena pada dasarnya itu adalah “makanan sehari-hari” para pekerja kreatif.

Yang paling penting, digital agency benar-benar sudah berpengalaman dalam menghadapi banyaknya perubahan yang serba cepat. Mereka sudah ahli menangani berbagai produk dan jasa dengan target audiens yang tidak kalah beragam.

5. Pemasaran lebih tepat sasaran

Kelebihan dari digital marketing adalah mampu menarget audiens dengan lebih tepat sasaran. Ketika perusahaan mesti bersaing dengan kompetitor secara online, tim digital agency dapat membantu memetakan strategi agar tujuan perusahaan tercapai. Apalagi jika bicara tentang iklan berbayar alias ads.

Tim digital agency mampu menargetkan sebuah iklan secara lebih tepat ke pelanggan. Tidak hanya itu, mereka juga akan terus memantau perilaku atau habis konsumen. Dengan begitu, pembuatan konten pun dapat menyesuaikan selera konsumen.

Meskipun sebenarnya perusahaan bisa saja memasang ads sendiri tanpa bantuan digital agency, belum tentu hasilnya bisa sama. Terlebih tim digital agency lebih mahir dalam menganalisis dan mengelola ads.

6. Fokus pengembangan bisnis

Ketika perusahaan memilih layanan penuh dari digital agency, maka perusahaan lebih punya waktu untuk mengembangkan bisnis. Baik itu dari segi produksi, inovasi, pemasaran, penjualan, bahkan hingga pemberdayaan karyawan.

Namun, bukan berarti proses digital marketing akan berjalan dengan sendirinya hanya mengandalkan digital agency. Perusahaan tetap memiliki kendali penuh atas semua keputusan dan strategi pemasaran online. Bekerja secara kolaborasi dengan digital agency berarti menghemat tenaga untuk melakukan pekerjaan yang sifatnya teknis saja.

Jenis-jenis jasa digital marketing

Macam jasa digital marketing‍

Lalu, perusahaan dapat memanfaatkan layanan apa saja dari digital agency? Melansir dari Semrush, berikut beberapa jenis layanan yang ditawarkan oleh jasa digital marketing. Perusahaan dapat memilih layanan sesuai kebutuhan mereka.

1. Full service jasa digital marketing

Pada layanan ini, digital agency akan menawarkan paket lengkap untuk segala kebutuhan digital marketing. Sebut saja mulai dari SEO, PPC, email marketing, media sosial, dan masih banyak lagi. Digital agency akan membantu perusahaan dalam merencanakan strategi pemasaran digital dari segala aspek.

Selain itu, mereka juga akan menganalisis masing-masing strategi sehingga dapat memberikan masukan lebih komprehensif pada perusahaan. Intinya, full service ini akan menyodorkan layanan paling lengkap serta berkelanjutan untuk proses digital marketing perusahaan.

Tujuan utama dari layanan ini: membangun brand awareness, meningkatkan leads dan konversi, serta revenue. Perusahaan juga bisa memanfaatkan full service ini untuk membangun brand image lewat beraneka konten.

2. SEO agency

Tujuan dari SEO marketing adalah mendapatkan jangkauan lebih luas melalui mesin pencari, misalnya Google. Dalam hal ini, digital agency dapat membantu perusahaan dalam riset kata kunci, pembuatan artikel, hingga optimasi website. Dengan begitu, audiens mudah menemukan produk atau jasa perusahaan saat mencarinya di Google.

Tujuan utama dari layanan ini: meningkatkan pengunjung website untuk memberikan informasi yang audiens butuhkan. Harapannya, perluasan jangkauan ini mampu juga menciptakan konversi bagi perusahaan.

3. Digital ad agency

Buat perusahaan yang perlu bantuan dalam pengelolaan iklan berbayar, jenis layanan ini adalah solusinya. Digital agency akan membantu mengelola ads, baik itu dalam bentuk iklan bersponsor di mesin pencari, iklan YouTube, iklan Facebook, dan lain-lain.

Digital agency akan merencanakan strategi berdasarkan target audiens yang perusahaan minta. Kemudian, tim tersebut akan melaporkan kinerja dari iklan. Mulai dari rasio klik per tayang, ROI, sampai konversi. Perusahaan dapat ikut mengevaluasi dan menyesuaikan pengelolaan ads sesuai bujet yang ada.

Tujuan utama dari layanan ini: memastikan iklan yang ada tayang untuk orang-orang yang tepat. Konten iklan mesti menarik dan relevan dengan audiens agar dapat bekerja dengan lebih baik.

4. Market research agency

Nah, ada juga jenis layanan dari digital agency yang berfokus pada riset market. Ini sangat penting karena dalam menjalankan digital marketing, perusahaan benar-benar harus paham karakter target market.

Digital agency akan mengumpulkan data perihal kebiasaan pelanggan, masalah pelanggan branding perusahaan, hingga apa yang jadi solusi buat pelanggan. Penelitian ini sifatnya amat komprehensif sehingga bagus untuk menjadi modal dalam merencanakan strategi digital marketing.

Tujuan utama dari layanan ini: mengumpulkan data audiens sebaik mungkin agar rencana pemasaran yang perusahaan lakukan dapat lebih tepat.

5. Social media marketing agency

Pemasaran lewat media sosial kini tidak kalah penting lho. Apalagi jika target utama perusahaan adalah para konsumen di usia muda hingga dewasa. Tanpa memasuki ranah media sosial, perusahaan akan kesulitan bersaing dengan para kompetitor.

Tujuan utama dari layanan ini: meningkatkan engagement dengan audiens dan menumbuhkan brand awareness. Perusahaan dapat juga memasang iklan berbayar lewat media sosial. Interaksi dengan pelanggan pun makin erat jika melalui media sosial.

6. B2B marketing agency

Khusus perusahaan yang menjual produk atau jasa ke sesama perusahaan, keberadaan B2B marketing agency sangat penting. Pasalnya, strategi memasarkan produk ke konsumen langsung berbeda dengan ke perusahaan. Kuncinya ada pada jenis konten dan cara pemasarannya.

Digital agency bisa membantu perusahaan dalam merencanakan strategi B2B marketing secara lebih efektif dan tepat sasaran. Misalnya, memaksimalkan penggunaan newsletter, membangun konten lewat media sosial profesional, dan lain-lain.

Tujuan utama dari layanan ini: mempromosikan jasa atau produk ke industri atau perusahaan yang tepat sehingga menghasilkan konversi.

Baca Juga: Social Media Marketing:Belajar Bagaimana Media Sosial Bekerja untuk Bisnis

Kesimpulan

Keberadaan jasa digital marketing sangat membantu sebuah perusahaan untuk menjalankan pemasaran digital dengan lebih komprehensif. Dengan digital agency, perusahaan bisa lebih berfokus dalam pengembangan bisnis dan karyawan.

Jenis layanan dari digital agency sendiri beragam, misalnya full service digital marketing, SEO, media sosial, iklan berbayar, dan lain-lain. Perusahaan dapat memilih layanan sesuai kebutuhan dan bujet yang ada.

Selain lebih mudah menjalankan digital marketing, perusahaan juga mendapatkan masukan berharga dari digital agency untuk strategi marketing selanjutnya. Pada akhirnya, berkolaborasi dengan jasa digital marketing akan turut menaikkan penjualan produk atau jasa perusahaan.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.