Bagaimana Menentukan Mana yang Benar?

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
January 27, 2022
Updated:
June 11, 2024

Mengapa Verifikasi Fakta Penting?

Verifikasi fakta adalah langkah krusial dalam memastikan informasi yang kita terima dan sebarkan adalah benar dan dapat diandalkan. Di era digital ini, di mana informasi dapat dengan mudah diproduksi dan disebarkan secara massal, risiko penyebaran informasi palsu atau menyesatkan meningkat secara signifikan. Informasi yang tidak diverifikasi dapat mengarah pada kesalahpahaman, keputusan yang buruk, dan bahkan kerusakan reputasi. Selain itu, penyebaran berita palsu dapat memicu ketegangan sosial dan politik, serta mengurangi kepercayaan publik terhadap media dan institusi. Oleh karena itu, kemampuan untuk memverifikasi fakta tidak hanya penting untuk individu tetapi juga untuk menjaga integritas informasi di masyarakat luas.

Baca Juga: 5 Cara Menentukan Sumber Informasi yang Tepat

Bagaimana Cara Menentukan Informasi yang Benar?

Berpikir adalah proses formulasi gagasan dan keputusan secara aktif atau sadar dengan target berupa suatu output yang benar dan terjustifikasi dengan baik. Gagasan atau keputusan yang terbentuk kalau bisa didukung oleh penjelasan dan pertimbangan dari informasi-informasi yang sudah kita anggap benar. 

Akan tetapi, bagaimana cara kita tahu mana yang benar dan mana yang tidak? Secara mendasar, hanya ada empat cara untuk kita mengetahuinya.

1. Kita saksikan langsung

Apabila kita melihat langsung suatu kejadian, apakah itu banjir, kebakaran, kecelakaan, atau apapun fenomenanya, maka kita bisa pastikan bahwa informasi yang kita dapat adalah sebuah fakta. Sebab, dalam hal ini, kita menjadi saksi langsung, paling tidak bagi kita sendiri.

Apalagi jika yang menyaksikan tidak kita sendirian. Kita dapat lebih memastikan bahwa kita tidak sedang berhalusinasi, mengigau, atau ingatan kita salah. Pengetahuan yang kita dapat dari persaksian langsung ini sering disebut pengetahuan empiris.

2. Menerima informasi dari orang lain yang kita anggap benar

Harus diakui, kita tidak bisa menyaksikan semua fenomena. Tentu saja kita terbatasi oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu, pada dasarnya, sebagian besar, atau bahkan hampir semua, pengetahuan yang kita miliki berasal dari kabar orang lain. 

Lebih spesifik lagi, kita menerima pengetahuan itu dari orang yang kita anggap benar dan kita percaya. Pihak ini kita kerap sebut sebagai otoritas. 

Misalnya, kita tidak menyaksikan langsung  bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Tapi, kita dengarkan itu dari guru sejarah, buku sejarah atau dari orang tua kita. 

Pengetahuan versi kabar ini mengambil porsi terbesar dalam sistem pikiran kita mengingat hal yang kita saksikan langsung dalam hidup pada dasarnya hanya sedikit. Dalam hal ini, memilih otoritas yang tepat menjadi kunci utama. Kita harus menentukan siapa yang kita percaya atau siapa yang kita anggap benar. 

Kita mendengar banyak kabar setiap harinya, dari teman, tetangga, guru, berita, bahkan orang yang tidak kita kenal. Tanpa mekanisme pemilihan otoritas yang ketat, semua bisa jadi kebenaran dalam kepala kita. Memilah informasi yang benar bisa disederhanakan menjadi memilah sumber yang benar. 

3. Simpulkan dari pengetahuan lain

Tidak semua informasi pengetahuan sifatnya konkret dan berasal dari kejadian langsung. Ada banyak pengetahuan yang sifatnya abstrak. Sebut saja teori alam ataupun hubungan antar manusia. 

Kita tidak bisa menyaksikan secara langsung gravitasi, namun kita dapat simpulkan keberadaan gravitasi itu dari kejadian-kejadian lain, di mana benda di permukaan bumi pasti jatuh ke bawah. Kita juga tidak bisa menyaksikan secara langsung “sistem pemerintahan”, tapi itu merupakan hal yang dikonstruksikan dan dirasionalisasi oleh pikiran.

Dalam hal ini, kemampuan reasoning atau rasionalisasi terhadap sesuatu menjadi hal penting. Proses ini membantu kita untuk memformulasikan gagasan baru dengan baik dari pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Pengetahuan versi ini merupakan produk pikiran yang sesungguhnya. 

4. Hati-hati terhadap hal yang kita asumsikan

Bagaimana kita mendapatkan pengetahuan baru dari pengetahuan lain sebenarnya merupakan proses berantai. Kita tidak bisa tiba-tiba menyimpulkan C tanpa ada pertimbangan A dan B. Karena ini proses berantai, maka pasti harus ada awalnya, yakni sesuatu yang sudah kita anggap benar tanpa perlu melalui proses berpikir. 

Premis awal ini bisa berasal dari pengetahuan empiris atau kabar. Akan tetapi, karena keterbatasan keduanya, banyak yang tetap perlu diasumsikan. 

Dalam hal ini, asumsi yang dimaksud bisa berupa keyakinan atau preferensi, sesuatu yang sudah kita anggap benar tanpa perlu bersumber dari apapun. Contoh dari hal ini adalah keberadaan jin atau isi pikiran orang lain. Kita tidak bisa mengetahui kedua hal ini dengan cara apapun selain dengan cukup meyakini atau menduganya.

Baca Juga: Ternyata Ada “Dua Dunia” di Pikiran Kita

5. Menggunakan Alat Verifikasi Online

Gunakan situs web pemeriksa fakta seperti Snopes, FactCheck.org, atau Hoax-Slayer untuk memverifikasi klaim atau berita yang mencurigakan.

Google Reverse Image Search: Alat ini dapat membantu memverifikasi keaslian gambar dengan melacak sumber asli gambar tersebut dan melihat apakah gambar telah digunakan dalam konteks yang berbeda.

6. Konsistensi Informasi

Periksa apakah informasi tersebut konsisten dengan laporan dari sumber lain yang kredibel. Jika banyak sumber terpercaya melaporkan hal yang sama, kemungkinan besar informasi tersebut akurat.

Pastikan informasi tersebut up-to-date. Informasi yang sudah lama mungkin tidak lagi relevan atau akurat.

7. Analisis Konten

Evaluasi apakah klaim yang dibuat didukung oleh bukti yang kuat dan logika yang masuk akal. Informasi yang benar biasanya disertai dengan data, statistik, atau studi yang mendukung. Periksa apakah informasi tersebut memiliki bias tertentu. Sumber yang netral biasanya memberikan perspektif yang seimbang dan tidak memihak.

8. Klarifikasi dari Sumber Asli

Jika memungkinkan, hubungi sumber asli atau pihak yang terlibat untuk mendapatkan klarifikasi langsung. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk memastikan keaslian informasi.

Baca Juga: Mengetahui Bagaimana Proses Berpikir Itu Terjadi dalam Otak

Perpaduan sumber ini membentuk pengetahuan yang kita miliki dan gunakan untuk berpikir. Dalam proses berpikir yang baik, kita harus menyadari setiap sumber dengan jelas, sehingga kita tahu asal mula pertimbangan pikiran kita tanpa asal berpendapat atau menyimpulkan.

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.