Managerial Skills: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Managerial skills menjadi hal penting bagi seorang manajer, lalu apa saja jenis dan contoh dari managerial skills? Simak selengkapnya di sini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Manajer merupakan seorang yang memiliki kemampuan untuk mengelola, mengatur, serta memimpin para orang yang bekerja di bawah pimpinannya. Menjadi seorang manajer bukanlah suatu hal yang mudah, karena kamu mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap karyawan dan juga atasan di sebuah perusahaan.

Sebagai atasan bagi para karyawan, seorang manajer tentu harus memiliki kemampuan dalam pembuatan rencana, mencari solusi, hingga mengatur dan memimpin karyawan untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Oleh karena itu, managerial skills perlu dimiliki bahkan dikuasai bagi kamu yang ingin menjadi seorang manajer. Pahami dengan baik tentang managerial skills sebelum kamu melamar pekerjaan menjadi manajer.

Apa itu Managerial Skills?

Sebenarnya apa itu managerial skills, dan mengapa seorang manajer harus memiliki kemampuan tersebut?

Nah, menurut laman gramedia, managerial skills adalah suatu kemampuan seorang manajer dalam mengatur dan mengorganisir karyawan untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga setiap orang yang menjadi manajer dituntut untuk memiliki managerial skills.

Managerial skills bisa dilatih dengan pengalaman secara langsung ketika menjadi seorang manajer, serta mengikuti kelas dan pembelajaran tentang managerial skills. Dengan kemampuan ini, manajer dapat membangun komunikasi yang baik dengan karyawannya dan mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan bersama karyawannya.

Kemampuan dalam manajerial yang baik juga bisa membawa perusahaan untuk dapat lebih berkembang. Karena dengan managerial skills, manajer akan membentuk sebuah tim dengan anggota yang kompak dalam pekerjaan.

Jenis Managerial Skills yang Harus Dimiliki

Terdapat 5 jenis kemampuan manajerial yang harus dimiliki oleh manajer. Berikut ini adalah jenis managerial skills.

1. Kemampuan Membuat Keputusan

Sebagai pemimpin, kamu harus bisa menentukan keputusan dengan benar dalam kondisi seperti apapun. Seorang manajer tidak boleh melibatkan perasaan pribadi dan egonya ketika mengambil sebuah keputusan. Semua keputusan yang diambil, harus sesuai dengan kenyataan dan kondisi yang bisa membantu perusahaan keluar dari masalahnya. 

Selain itu, manajer juga harus bisa melakukan identifikasi terhadap permasalahan yang timbul dalam pekerjaan. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi manajer untuk dapat menemukan solusi dan mengambil keputusan yang tepat.

Manajer yang mempunyai kemampuan tersebut, bisa menjadi kunci untuk majunya sebuah perusahaan karena mempunyai kemampuan dalam penyelesaian masalah yang baik.

2. Keterampilan dalam Conceptual Skills

Selain mampu membuat keputusan dengan tepat, manajer juga harus memiliki keterampilan dalam conceptual skills. Kemampuan yang satu ini juga sama pentingnya dalam kegiatan memimpin sebuah anggota tim (karyawan). Bukan hanya manajer, kemampuan dalam membuat konsep juga perlu dimiliki oleh atasan perusahaan seperti direktur perusahaan, CFO, CEO, dan yang lainnya.

Konsep bisa diibaratkan sebagai pondasi yang membangun sebuah perusahaan agar berjalan dengan arah yang benar. Seorang manajer, dituntut untuk bisa membuat konsep dari perencanaan setiap proyek yang akan dikerjakan. Setelah itu, manajer akan menyampaikan kepada anggota tim untuk melaksanakannya dengan baik sesuai arahan.

Konsep yang dibuat akan membawa perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah dibuat sebelum membentuk sebuah perusahaan. Konsep ini dibuat secara matang, agar menghasilkan sebuah rencana dan strategi yang tepat untuk nantinya direalisasikan oleh para karyawan atau anggota tim dari manajer.

3. Kemampuan dalam Melakukan Komunikasi

Kemampuan lain yang perlu dimiliki oleh manajer dalam managerial skill adalah kemampuan dalam melakukan komunikasi, baik dengan karyawan maupun atasannya. Kemampuan komunikasi termasuk ke dalam interpersonal skill dimana seorang individu membangun sebuah hubungan dan interaksi dengan individu lainnya.

Seorang manajer harus bisa menempatkan dan menyesuaikan diri dengan siapa kamu berbicara. Hal utama, yang diperhatikan dalam melakukan interaksi dengan orang lain adalah kesopanan. Selain itu, ada beberapa perbedaan ketika manajer melakukan komunikasi dengan karyawan, atasan, dan juga klien.

Ketika berbicara dan berhubungan dengan karyawan, manajer harus bisa membentuk sebuah interaksi yang bersifat mengajak, mudah dipahami, tidak memperlihatkan kesenjangan karena perbedaan jabatan, sehingga karyawan akan merasa nyaman sekaligus segan terhadap manajer.

Berbeda jika manajer dihadapkan dengan atasan, manajer harus bisa menyampaikan maksud dan tujuan dengan baik supaya atasan merasa yakin bahwa kamu adalah orang yang kompeten.

Namun saat bertemu dengan seorang klien, manajer akan melakukan komunikasi yang baik dengan tujuan untuk membangun kepercayaan klien terhadap manajer dan perusahaan. Untuk itu, berbicaralah dengan bahasa yang mudah dipahami namun tetap sopan, dan juga berusahalah untuk tidak terlihat gugup.

4. Keterampilan Technical Skills

Technical skills merupakan salah satu dari managerial skills yang juga harus dikuasai oleh manajer. Kemampuan technical skill mengarah kepada pekerjaan yang melibatkan banyak hal teknis mulai dari pemahaman software hingga pelaksanaan suatu proyek. Manajer perlu memahami teknologi yang terus mengalami perubahan dan perkembangan, untuk menghasilkan ide-ide cemerlang supaya perusahaan dapat berkembang.

Manajer bisa memulai untuk membuat sebuah program kerja yang berhubungan dengan dunia digitalisasi seperti halnya digital marketing yang saat ini banyak diperlukan oleh berbagai perusahaan.

5. Soft Skills

Soft skill merupakan hal utama yang menjadi nilai seorang manajer, hal ini biasanya sudah tertanam pada seseorang dan hanya perlu dilatih saja. Seorang manajer diharuskan memiliki soft skill seperti kemampuan dalam mengatur waktu dan juga kemampuan untuk berkolaborasi dengan anggota tim.

Contoh Managerial Skills

Sebelumnya, sudah dibahas mengenai jenis-jenis dari managerial skills. Lalu bagaimanakah contoh dari managerial skills yang harus dimiliki oleh seorang manajer? Nah, berikut ini ada beberapa contoh managerial skills yang perlu diketahui:

  • Mampu Menyesuaikan Diri
  • Memiliki Sifat Kepemimpinan
  • Mengatur Berbagai Hal terkait Pekerjaan
  • Membuat Perencanaan yang Baik
  • Mampu Berkoordinasi dengan Tim 
  • Mandiri
  • Empati
  • Resourcefulness
  • Penyelesaian Konflik
  • Advokasi

Itu dia penjelasan mengenai managerial skills yang perlu dipahami dengan baik. Setelah itu, kamu bisa berusaha untuk menjadi manajer dengan managerial skills agar dapat menjadi atasan yang baik bagi para karyawan, dan menjadi manajer yang bisa diandalkan bagi perusahaan.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.