Daftar Film yang Bisa Melatih Kemampuan Berpikir Kritis

Critical thinking menjadi salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan setiap orang. Berpikir kritis mencakup kemampuan untuk mengasimilasi informasi, memahami keterkaitan antara dua hal atau lebih, membuat kesimpulan dan hipotesis serta membuat sebuah penilaian berdasarkan pemahaman maupun pengamatan kita terhadap sesuatu yang terjadi di sekitar. 

Daftar Film yang Bisa Melatih Kemampuan Berpikir Kritis


Critical thinking menjadi salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan setiap orang. Berpikir kritis mencakup kemampuan untuk mengasimilasi informasi, memahami keterkaitan antara dua hal atau lebih, membuat kesimpulan dan hipotesis serta membuat sebuah penilaian berdasarkan pemahaman maupun pengamatan kita terhadap sesuatu yang terjadi di sekitar. 


Berpikir kritis, disertai dengan berpikir logis, membantu kita untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan orang sekitar dan membangun kemampuan berpikir analitis. Lebih dari itu, critical thinking juga membantu kita dalam self discovery atau menemukan karakter diri kita sesungguhnya.


Banyak sumber yang bisa kita manfaatkan untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Salah satunya melalui media film. Dengan menghadirkan berbagai perspektif dalam cara yang menarik dan emosional, film memungkinkan kita untuk mendapatkan pemahaman terhadap suatu hal dengan lebih baik. 


Individu dapat belajar untuk menyelidiki, mengevaluasi, mensintesis dan belajar memahami suatu hal dengan menggunakan plot film sebagai katalis. Beberapa film bahkan mampu “masuk” dan bermain dengan emosi penonton yang pada akhirnya membantu meningkatkan kemampuan berpikir. Ada ketegangan dan lika liku di setiap tahap fim yang memaksa kita untuk berpikir secara kritis. 


Berikut beberapa film yang bisa ditonton untuk melatih kemampuan critical thinking:

  1. “Eternal Sunshine of the Spotless Mind” (2004)
    Film fiksi ilmiah romantis ini memiliki alur cerita yang nonlinier. Plot cerita yang unik dan banyak pertanyaan yang muncul dalam film ini membuat kemampuan berpikir kritis kita sangat ditantang saat menontonnya.
  1. “Life of Pi” (2012)
    Life of Pi adalah salah satu film yang menantang pikiran sekaligus membantu kita menghadapi dunia nyata. Dengan genre drama adventure, film karya Ang Lee ini berkisah tentang seorang remaja India yang bercerita mengenai usahanya untuk survive dari kapal karam kepada seorang novelis. 
    Life of Pi mengisahkan perjuangan remaja untuk menyelamatkan hidupnya yang memunculkan karakteristik individu critical thinker.
  1. “Inside Out” (2015)
    Penonton diajak untuk masuk ke dalam pikiran seorang anak berusia 11 tahun. Inside Out menunjukkan berbagai emosi yang kita hadapi setiap hari dari rasa marah, takut hingga jijik. Ragam emosi yang ditampilkan ini mengajarkan banyak hal kepada penonton mengenai kebahagiaan, memberikan pesan untuk tidak menekan atau menyembunyikan emosi. Akan lebih baik dan manusiawi untuk mengekspresikannya.
  1. “Moneyball” (2011)
    Film biografi Amerika ini diambil dari kisah nyata tentang mantan manajer Oakland Athletic. Beberapa film memungkinkan penontonnya untuk berpikir out of the box dan Moneyball adalah salah satunya. Moneyball menunjukkan cara unik dalam membangun tim dan menampilkan beberapa karakteristik seorang critical thinker, termasuk saat mengambil keputusan yang tepat.
  1. “The Lego Movie” (2014)
    FIlm yang menghadirkan beberapa karakter Lego seperti Gandalf, Superman, Superwoman dan Batman ini berupaya memberikan pesan bahwa setiap orang sangat unik apabila mereka percaya dengan kemampuan spesial mereka. 
    Meski animasi dan terkesan kekanakkan, banyak pelajaran ‘orang dewasa’ yang disampaikan The Lego Movie. Misalnya, untuk mencapai kesuksesan, dibutuhkan berbagai keahlian dan rasa percaya terhadap diri sendiri maupun tim. 
    Nilai lain yang ingin ditanamkan adalah, terdapat lebih dari satu cara untuk melakukan sesuatu dan sikap pantang menyerah adalah fondasi penting untuk bisa terus berkembang.
  1. “Harry Potter”
    Serial Harry Potter tidak hanya berbicara tentang kisah trio remaja di kehidupan sekolahnya yang unik. Lebih dari itu, Harry Potter memiliki beberapa nilai yang menarik untuk diterapkan dalam keseharian. Di antaranya, betapa pentingnya pertemanan dan komunitas, berbicara untuk berbagi, percaya dengan diri sendiri dan tidak mudah menyerah.
  1. “Apollo 13” (1995)
    Apollo 13 mengisahkan tentang kembalinya pesawat ruang angkasa yang seharusnya menjadi misi pendaratan ketiga NASA di bulan. Pendaratan dibatalkan karena kegagalan tangki oksigen. 
    Film ini memberikan pesan secara gamblang kepada penonton untuk belajar dari kegagalan. Meski tidak bisa mendarat di bulan, misi Apollo 13 dianggap sebagai kegagalan yang sukses karena para kru dan tim mendapatkan banyak insight saat menghadapi krisis.
    Mereka juga berhasil mendapatkan foto atau gambaran permukaan bulan yang dijadikan sebagai pemicu semangat untuk terus berkembang.


Sumber:

https://numberdyslexia.com/movies-about-critical-thinking/

https://konshius.com/top-5-movies-for-kids-to-watch-for-enhancing-critical-thinking/

Join Our Newsletter and Get the Latest Posts to Your Inbox

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.