10 Alasan Kenapa Harus Belajar Digital Marketing Sekarang

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
May 4, 2023
Updated:
June 10, 2024

Sebenarnya banyak alasan kenapa kamu harus belajar digital marketing. Bayangkan, perkembangan industri sekarang jelas tidak bisa lepas dari kemajuan teknologi. Sistem pemasaran konvensional sudah hampir orang tinggalkan dan beralih ke digital marketing.

Berpijak dari satu latar belakang besar tersebut, kamu tentu bisa menerka seberapa banyak tenaga digital marketer yang perusahaan butuhkan saat ini. Peluang kariernya luas, bahkan dari level paling dasar. Apakah kamu sendiri pernah kepikiran untuk berkarier pada bidang ini?

Selagi kamu masih kuliah, tidak ada salahnya mulai sedikit-sedikit mempelajari tentang pemasaran digital. Apalagi bidang ini tidak terbatas hanya pada latar belakang pendidikan tertentu. Siapa saja bisa belajar digital marketing, bahkan di usia berapa pun.

Biar makin bisa meyakinkan kamu, Tim Belajar Lagi sudah menyiapkan ulasan mengenai kenapa sih kamu harus belajar digital marketing. Kamu juga bisa melihat beberapa manfaat belajar secara online serta rekomendasi tempat belajarnya. Simak baik-baik ya!

Kenapa belajar digital marketing?

Alasan kenapa belajar digital marketing

Selain berfokus pada disiplin ilmu saat ini, kamu bisa memperluas pengetahuan dan pengalaman dengan menjajal bidang lain. Digital marketing menjadi salah satu bidang yang cukup menjanjikan buat kamu pelajari. Terutama untuk kamu yang tengah serius memikirkan pilihan karier setelah lulus kuliah.

Cakupan dari digital marketing sendiri sangatlah luas. Mulai dari search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), content marketing, influencer marketing, email marketing, hingga social media management. Dari situ, kamu bisa membayangkan betapa banyaknya skill yang mesti disiapkan untuk jadi digital marketer

Inilah sepuluh alasan yang siapa tahu bisa makin mendorong rasa ingin tahumu seputar seluk-beluk digital marketing. Yang jelas sih, betulan bisa jadi prospek karier yang bagus!

1. Kenaikan kebutuhan digital marketer

Seperti sudah kamu baca sebelumnya, banyak perusahaan kini memilih strategi pemasaran secara digital daripada konvensional. Alasannya sederhana, yakni hampir semua orang kini terhubung lewat internet. Contohnya saja, orang lebih banyak menghabiskan waktu di media sosial daripada duduk menikmati acara di depan televisi.

Memanfaatkan berbagai channel digital marketing tentu lebih tepat untuk menjaring lebih banyak audiens. Bahkan, digital marketing juga mampu membidik audiens dengan lebih tepat. Jangkauan pemasaran pun makin luas karena tidak terbatas oleh tempat ataupun waktu.

Dengan meningkatnya kebutuhan akan kegiatan digital marketing, perusahaan tentu membutuhkan lebih banyak tenaga untuk menjalankannya. Ini bisa kamu jadikan alasan paling kuat kenapa mesti belajar digital marketing dari sekarang. Siapa tahu peluang karier bidang ini dapat terbuka lebar buatmu setelah lulus nanti.

2. Cocok untuk berbagai latar pendidikan

Digital marketing itu sifatnya sangat fleksibel, sampai-sampai bisa dipelajari oleh siapa pun. Tidak ada batasan usia, apalagi latar belakang pendidikan. Kelebihan dari digital marketing adalah kamu dapat bekerja dalam bidang tersebut sekaligus belajar untuk mendalami ilmu.

Apa pun pilihan kuliahmu, kesempatan untuk belajar digital marketing terus terbuka lebar. Maka, peluang buat loncat atau lintas karier pun besar juga. Kesannya penuh tantangan ya, tetapi sebenarnya sangat menyenangkan kok.

Jadi, tidak perlu minder kalau kamu merasa tidak punya latar belakang kuliah pemasaran. Dengan cakupan yang luas, banyak hal bisa kamu pelajari dari digital marketing. Entah itu analisis data, menulis, desain, dan masih banyak lagi.

3. Kesempatan karier luas

Sampai di sini kamu mulai bertanya-tanya, sebenarnya belajar digital marketing itu nantinya bekerja jadi apa? Sangat wajar pertanyaan ini muncul di benakmu. Pasalnya, bidang pemasaran digital memang belumlah sepopuler karier lain seperti dokter, guru, insinyur, dan lain-lain.

Kabar baiknya, kesempatan karier dari digital marketing ini amat luas. Kalau kamu suka menulis, kamu berpeluang menjadi copywriter ataupun content writer. Andai kamu gemar membuat konten, pekerjaan seperti social media specialist bisa jadi cocok buatmu.

Selain itu, masih banyak sekali prospek karier dari digital marketing. Sebut saja SEO specialist, SEM specialist, content manager, dan lain-lain. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu bisa mengembangkan karier lebih luas setelah beberapa tahun menggeluti digital marketing.

Selain itu, berkarier di digital marketing sangat ramah untuk para entry level. Sekalipun belum punya banyak pengalaman, kamu bisa memulai karier ini dari paling dasar.

4. Modal ilmu membangun bisnis sendiri

Nah, sebagian orang mempelajari digital marketing karena berencana membangun bisnis. Untuk sebuah bisnis skala kecil hingga menengah, bisa jadi belum ada bujet tersendiri untuk merekrut karyawan khusus digital marketing. Belajar digital marketing secara mandiri pun kemudian jadi opsi terbaik.

Sekarang banyak kok UMKM yang mendalami pemasaran digital lewat berbagai kelas atau kursus. Meski skalanya belum besar, setidaknya mereka bisa memasarkan produk secara lebih efektif lewat media sosial.

Untuk kamu yang tertarik mengembangkan bisnis sendiri setelah lulus kuliah, bolehlah membekali diri dengan digital marketing. Sebelum menjalankan bisnis, dalami dulu seluk beluk pemasaran dengan tepat agar kelak usaha berjalan lebih lancar.

5. Bagus untuk pengembangan skill

Ini salah satu alasan bagus kenapa harus belajar digital marketing. Bidang ini membutuhkan banyak sekali skill sehingga kamu butuh mengasahnya sedari dini. Makin banyak skill kamu pelajari, kualitasmu pun akan makin meningkat.

Pada akhirnya, kemampuanmu terus bertambah seiring jangka waktu karier yang kamu jalani. Katakanlah awalnya kamu memasuki digital marketing sebagai content writer. Lalu, kamu punya kesempatan untuk membuat tulisan yang lebih menjual lewat copywriting.

Dari situ, kariermu masih berlanjut. Yang awalnya hanya menguasai tulisan, lama-lama kamu tertarik pada bidang konten. Setelah bergeser jadi content creator, kamu pun dapat menggeluti karier sebagai social media specialist.

Mulai kebayang kan betapa digital marketing ini menawarkan perkembangan beragam skill untukmu? Secara tidak langsung, jenjang dan prospek kariermu pun dapat kian baik dari waktu ke waktu.

6. Gaji cukup menjanjikan

Alasan selanjutnya ini tidak kalah penting nih. Ya, potensi gaji dalam bidang digital marketing memang cukup menjanjikan. Selama kamu tekun dan tertarik mempelajari banyak hal, peluang kariermu akan makin bagus.

Untuk entry level, gajinya berada pada kisaran 5-8 juta rupiah. Posisi entry level ini mencakup beberapa posisi, misalnya content writer, content strategist staff, social media staff, copywriter, dan lain-lain.

Berlanjut ke mid level, kisaran gaji antara 8-11 juta rupiah. Yang termasuk mid level dalam hal ini seperti SEO specialist, e-commerce specialist, social media specialist, dan lain-lain. Pada level ini, riwayat pengalaman kerja juga berpengaruh ke gaji yang diterima.

Nah, untuk senior level sendiri kisaran gajinya mulai dari 12 juta sampai 18 juta rupiah. Posisi ini biasanya diisi para manager, mulai dari social media manager, content marketing manager, dan lain-lain. Makin kamu serius menggeluti bidang ini, bukan tidak mungkin nantinya kamu berada di posisi senior level ini.

Baca Juga: Intip Gaji Digital Marketing Freelance, Sampai Dua Digit?

7. Kesempatan kolaborasi besar

Berkarier pada bidang digital marketing akan membuka kesempatan luas untuk bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang. Sistem kerja pemasaran digital memang kolaborasi, bukan individu. Buat yang kamu tertarik sekaligus tertantang pada pola kerja semacam ini, bisa lho mencoba berkarier di sini.

Bahkan, kesempatan untuk terkoneksi dengan banyak orang pun bisa kamu dapatkan sejak belajar digital marketing. Katakanlah kamu mengikuti suatu kelas atau kursus digital marketing. Maka, bisa dipastikan kamu akan bertemu orang-orang baru dengan berbagai latar belakang.

Kamu tidak akan tahu kan, siapa tahu ada kesempatan bekerja atau berkolaborasi dengan peserta atau bahkan mentornya. Alhasil, kamu bukan cuma mendapatkan ilmu baru, tetapi juga pengalaman belajar yang menyenangkan. Seru kan?

8. Sistem kerja lebih fleksibel

Kamu punya impian bekerja dengan lebih fleksibel tanpa perlu terlalu terikat waktu dan tempat? Berkarier di digital marketing bisa menawarkan hal itu. Dengan memanfaatkan teknologi, digital marketing tak melulu mesti bertatapan muka saat bekerja.

Pekerjaan setiap orang dalam suatu tim dapat dilakoni bersamaan dari tempat yang berbeda-beda. Sekarang ini banyak sekarang tools digital marketing yang mempermudah kerja kolaborasi. Mulai dari Drive, Clouds, Trello, Asana, dan lain-lain.

Tanpa terlalu sering menghabiskan waktu di perjalanan, kerja pun menjadi lebih efektif. Sepertinya sih ini jadi jenis karier impian para anak generasi Z ya. 

9. Meningkatkan kreativitas

Belajar digital marketing secara tidak langsung akan meningkatkan kreativitasmu. Seperti sudah kamu baca sebelumnya, pekerjaan ini bersinggungan dengan banyak skill. Ide-ide mesti bermunculan untuk membuat konten menarik yang jadi pilar utama dari digital marketing.

Inilah yang kemudian menjadikan proses belajar makin terasa menyenangkan. Otakmu akan senantiasa terasah untuk menangkap dan mengolah ide. Memperluas keterampilan dan kemampuan digital marketing juga akan menaikkan kreativitas.

Sampai sini, jadi makin terbayang betapa serunya berkarier di digital marketing ya. Apakah kamu mulai tertarik buat mempelajarinya?

10. Industri digital terus berkembang

Terakhir, rasanya tidak akan sia-sia mempelajari digital marketing sejak sekarang. Pasalnya, industri bidang ini bakal senantiasa berkembang. Bahkan, perubahannya pun selalu cepat.

Jadi, sayang jika kamu tidak ambil bagian dari perkembangan industri ini. Kemajuan teknologi akan terus mendorong banyak perusahaan memanfaatkan pemasaran secara daring. Apalagi kebiasaan pelanggan zaman sekarang pun tidak bisa lepas dari internet.

Prospek karier digital marketing masih cerah dan luas. Belajar dari nol pun tidak masalah. Selama proses berkarier pun, kamu akan tetap punya banyak kesempatan untuk mendalaminya.

Baca Juga: Pelatihan Digital Marketing dan Berbagai Peluang Kariernya

Benefit belajar digital marketing lewat kursus

Manfaat belajar digital marketing online‍

Seusai mempelajari alasan kenapa harus belajar digital marketing, sekarang waktunya kamu mempertimbangkan mengambil kelas atau kursus. Sejauh ini, kursus digital marketing paling banyak dilakukan secara online. Berikut beberapa manfaatnya:

Memahami digital marketing lebih mendalam

Meski diselenggarakan dengan sistem daring, kelas digital marketing tetap memberikan materi atau kurikulum yang mendalam. Hal ini tidak kalah bagus dibandingkan kelas tatap muka lho. Apalagi biasanya setiap kelas menyajikan berbagai topik digital marketing langsung dari mentornya.

Daripada belajar sendiri secara otodidak, kursus digital marketing dapat membimbingmu secara lebih detail. Materinya pasti komprehensif dan lengkap serta menyesuaikan kebutuhan digital marketing saat ini. Jadi, jangan kuatir soal kualitas kursus digital marketing secara daring ya.

Fleksibel bisa dari mana saja

Keuntungan paling orang sukai dari kelas online adalah sifatnya yang fleksibel. Karena tidak terikat tempat, kursus digital marketing online dapat kamu ikuti dari mana saja. Kuncinya cuma satu, pastikan koneksi internetmu baik dan stabil.

Selain itu, ada pula beberapa kelas yang menyediakan media belajar lewat rekaman. Dengan begitu, kamu dapat menonton ulang materi yang disampaikan jika tidak sempat hadir. Pokoknya serba fleksibel, efektif, dan tepat guna deh.

Praktik lewat tugas atau studi kasus

Bukan hanya memberikan materi digital marketing yang komprehensif, kelas online juga mengasah keterampilan lewat praktik langsung. Biasanya akan ada tugas yang mesti kamu kerjakan setelah mengikuti kelas. Bahkan, ada juga tugas yang sifatnya dari studi kasus nyata di lapangan.

Dengan begitu, kamu sudah membekali diri dengan tugas-tugas digital marketing yang nantinya kamu jumpai saat bekerja. Tugas-tugas dari kelas digital marketing bisa pula kamu jadikan portofolio lho. Jadi, kepercayaan dirimu juga ikut meningkat selepas lulus dari kelas tersebut.

Sertifikasi untuk memulai karier

Saat hendak memilih kelas untuk belajar digital marketing, carilah tempat yang memberikan sertifikat bagi peserta. Memiliki sertifikasi belajar digital marketing sangat membantumu dalam memulai karier. Kamu dapat melampirkannya saat melamar berbagai posisi digital marketing.

Namun, perhatikan juga untuk benar-benar mengikuti kelas dari awal sampai akhir ya. Tunjukkan kesungguhanmu tanpa absen hadir dan selalu mengerjakan tugasnya. Kamu berhak mendapatkan sertifikat ketika sudah menyelesaikan kelas dengan baik.

Referensi belajar digital marketing online

Kursus digital marketing daring

Kamu sudah tahu kenapa harus belajar digital marketing dan apa manfaatnya dengan mengikuti kelas atau kursus. Kini Tim Belajar Lagi menyiapkan beberapa rekomendasi kelas yang bagus untuk kamu ikuti. Coba deh pilih yang paling cocok untukmu:

1. Semrush Academy

Keunggulan dari Semrush Academy adalah menyediakan lebih dari 30 kursus yang mencakup banyak semua disiplin dari digital marketing. Mulai dari SEO, PPC, media sosial, hingga pemasaran konten. Semua kelas dari Semrush ini sifatnya online dan gratis, jadi bisa kamu ikuti sebagai dasar dalam belajar digital marketing.

Jika kamu ingin mendapatkan sertifikasi untuk bekal karier, kamu bisa mengikuti tes yang Semrush sediakan. Selama proses belajar, kamu dapat menyimak video dari berbagai mentor yang sudah berpengalaman. Paket lengkap buat para pemula deh!

2. Google Digital Garage

Kamu ingin menjajal kelas yang sifatnya gratis dulu? Tenang, lebih dari 126 kelas digital marketing gratis bisa kamu dapatkan lewat Google Digital Garage. Materi yang tersedia pun benar-benar dari dasar sehingga bagus buat pemula.

Materinya lengkap, baik untuk perorangan yang mau belajar digital marketing ataupun untuk pebisnis pemula. Misalnya, pembuatan konten, pengolahan data, pengantar ilmu komputer, perencanaan marketing, dan lain-lain. Tidak semua sertifikasi sifatnya gratis, namun tetap layak buat kamu coba kok.

3. Belajarlagi Full-Stack Digital Marketing Bootcamp

Nah, Full-Stack Digital Marketing Bootcamp dari Belajar Lagi ini bisa jadi opsi terbaik. Program pembelajarannya intensif. Kamu akan mendapatkan pemahaman akan digital marketing secara mendalam, baik melalui teori ataupun praktik.

belajarlagi - digital marketing bootcamp

Sistem belajarnya seperti apa? Tentu saja secara online sehingga mudah kamu ikuti dari mana saja. Selama 7-8 pekan, kamu akan mendapatkan berbagai materi seputar digital marketing dari para mentor berpengalaman.

Beberapa alasan kenapa harus belajar digital marketing di Belajar Lagi:

  • Belajar dari praktisi terbaik di digital marketing
  • Kurikulum lengkap
  • Terdapat fasilitator yang membimbing peserta dalam kelompok
  • Praktik dan tugas yang mengasah keterampilan dan kemampuan
  • Bonus mendapatkan komunitas baru yang pro aktif dan kreatif

Apakah Teman Belajar mulai tertarik? Kamu bisa baca informasi lebih lengkap seputar Full-Stack Digital Marketing Bootcamp di sini ya!

Baca Juga: Investasi Ikut Digital Marketing Bootcamp, Masih Worth it gak sih?

Kesimpulan

Prospek karier yang lebih baik dan luas menjadi alasan terbaik kenapa kamu mesti belajar digital marketing. Apalagi industri ini masih akan berkembang hingga tahun-tahun mendatang. Selagi masih kuliah, kamu dapat mendalami bidang ini mulai dari sekarang.

Selain memberikan gaji cukup menjanjikan, digital marketing juga menawarkan proses belajar yang berkelanjutan. Dalam digital marketing, kamu punya kesempatan loncat karier selama kamu terus mengembangkan skill. Peluang kolaborasi yang besar juga mendorongmu untuk terus maju.

Sebelum memilih kelas yang tepat untuk belajar digital marketing, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu. Pilih kelas yang sesuai kebutuhan dan bujetmu. Jadikan pengalaman belajarmu menjadi bekal terbaik untuk berkarier di digital marketing.

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.