Investasi Ikut Digital Marketing Bootcamp, Masih Worth it gak sih?

Tim Belajarlagi merangkum beberapa keuntungan dan bagaimana cara mencari digital marketing bootcamp yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Penghasilan rata-rata yang didapat oleh digital marketer berada di kisaran 80 juta atau lebih per tahun.  Pendapatan tersebut diperoleh dari level staff hingga level manager dan lebih dari 2500 lowongan digital marketer tersedia saat ini. 

Kamu ingin jadi digital marketer atau pindah karir menjadi seorang digital marketer? Coba baca kriteria  terlebih dahulu. Memahami apa yang dicari oleh perusahaan atau lapangan kerja akan membantu kamu merancang strategi sebelum memasuki lapangan kerja. Untuk memasuki digital marketer level pemula, biasanya tempat kerja menginginkan para pelamarnya memiliki pengalaman atau portofolio. 

Memahami gambaran lengkap mengenai digital marketing memang tidak mudah dilakukan secara otodidak. 

Jadi, dalam artikel ini, Tim Belajarlagi merangkum beberapa keuntungan dan bagaimana cara mencari digital marketing bootcamp yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kenapa strategi marketing harus berubah?

“As customer behavior changes, marketing must change too!”

Digitalisasi sudah jadi bagian hidup sehari-hari. Para konsumen menghabiskan sebagian besar hidupnya di internet dan belanja online. Seperti yang kita alami saat ini, teknologi digital telah mengubah cara pelanggan ataupun konsumen menelusuri, membeli, dan berinteraksi dengan pelaku bisnis.

Dalam beberapa tahun terakhir, konsumen mengalami perubahan perilaku berbelanja, mereka meminta brand untuk bertindak dan membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi dan selaras dengan nilai-nilai yang diyakini oleh konsumen. 

Data McKinsey pada 2020 mengatakan bahwa orang Indonesia termasuk banyak yang mengalami proses digitalisasi dengan menggunakan media sosial, mereka juga menyatakan bahwa Indonesia merupakan rumah bagi startup teknologi di Asia Tenggara. Meskipun kita ketahui bersama dampak tech winter sepanjang 2021-2022 lalu tak dapat terelakkan. 

Ekosistem digital tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara produsen baik untuk kebutuhan lokal maupun manca negara, sekaligus konsumen barang-barang manca negara. Keterlibatan konsumen secara digital ini digunakan untuk mengakses layanan yang sangat beragam, mulai dari layanan streaming, pembelajaran jarak jauh, kesehatan, bisnis makanan dan minuman, hingga kebutuhan pesan-antar belanja sehari hari. 

Karena tujuan pemasaran sebagian besar adalah mendorong penjualan dengan memahami pelanggan, jadi, bisnis dan marketer perlu memahami bagaimana proses target konsumen berubah dan gimana cara mendapatkannya. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM maupun perusahaan unruk mengaktifkan kanal-kanal digital yang dimiliki untuk mendapatkan pelanggan. Oleh sebab itu, kebutuhan talenta digital yang menguasai digital marketing juga terbilang tinggi.  

Banyak yang masih mengira, digital marketing itu gak jauh-jauh dari aktivitas admin. Padahal, jadi admin itu hanya salah satunya aja. Nyatanya bidang digital marketing itu luas dan banyak cabangnya loh, Teman Belajar. Sebab, membangun citra bisnis di gunia digital banyak alirannya juga. Beberapa di antaranya adalah

  1. Search Engine Marketing (SEO) dan Website 

Kalau mau membeli sesuatu, hal yang pertama kita lakukan adalah mencoba mencari informasi melalui Google. Baik berupa ulasan maupun informasi yang dirilis oleh perusahaan. Oleh sebab itu, memiliki website menjadi penting untuk pelaku bisnis guna meningkatkan kredibilitas perusahaan. 

Visibilitas produk yang dipasarkan di internet akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand. Untuk mencapai visibilitas produk atau jasa yang ditawarkan, perusahaan membutuhkan SEO specialist yang mumpuni agar website dan informasi keunggulan produk lebih mudah dijumpai oleh konsumen. 

  1. Social Media Marketing

Dari membuka mata sampai mau tidur pun kita lekat mengakses media sosial. Brand, UMKM, maupun perusahaan dapat menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran yang dapat membangun citra brand dan meningkatkan eksposure kepada target pasar. Apalagi beberapa media sosial seperti Instagram dan TikTok memiliki ruang untuk berbelanja. 

Pemasaran melalui media sosial dapat menjadi alat yang efektif karena dapat menjangkau beragam kalangan.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

Optimasi perusahaan agar mudah ditemukan di internet bisa juga melaui SEM. SEM menargertkan website kita di pencarian teratas. Oleh sebab itu, perusahaan juga banyak membutuhkan talenta digital yang menguasai algoritma iklan untuk website. 

  1. Content Marketing

Content Marketing biasanya jualan barang atau jasa melalui konten kreatif untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target pasar kita. Konten yang dimaksud bisa berupa video, artikel, infografis, serta konten lain yang dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Ciri khas content marketing ini lebih mengedepankan informasi dan soft selling

  1. Email Marketing

Biasanya Teman Belajar menerima berapa pesan e-mail dalam sehari? Email marketing ini membutuhkan keterampilan penulisan sekaligus skill jualan yang halus. Ada banyak jenis e-mail marketing, ada yang berbentuk news letter, cold email, ataupun outreach. 

Biasanya email marketing digunakan pada perusahaan Business to Bussines (B2B), akan tetapi saat ini banyak perusahaan Business to Consumer (B2C) yang menggunakan strategi ini untuk meningkatkan engagement dengan konsumennya. 

  1. Influencer Marketing

Sejak marak penggunaan platform Instagram untuk bisnis dan munculnya content creator, cara yang satu ini menjadi trend baru di kategori bisnis menengah atas untuk meningkatkan brand awareness. Influencer marketing menggunakan cara marketing tradisional dengan digital yang menggabungkan kreativitas manusia dan algoritma digital. 

Untuk menjembatani antara brand dengan content creator, biasanya ada Key Opinion Leader (KOL) specialist yang berperan untuk melakukan riset, merumuskan campaign yang relevan bagi brand dan citra influencernya. 

Keuntungan ikut digital marketing bootcamp

Teman Belajar bisa mengakses pembelajaran dan aliran digital marketing melalui bootcampnya, ini adalah beberapa keuntungan jika kamu mengikuti digital marketing bootcamp

Meningkatkan peluang karir

Meskipun gelar pendidikan formal masih menjadi syarat pelamar kerja, namun pemberi kerja sebenarnya mengutamakan keterampilan yang dimiliki individu sesuai dengan posisi yang dilamar. Gelar dapat berfungsi sebagai penambah “nilai jual” di dalam CV 

Memperluas keahlian

Punya gelar manajemen dan mengenyam pendidikan selama empat tahun memang membuka peluang kerja yang lebih potensial. Kendati demikian, perusahaan menyadari kalau Teman Belajar punya keahlian yang lebih spesifik. Dengan memiliki sertifikat digital marketing dari bootcamp, hal tersebut dapat menunjang profesi maupun spesialisasi kamu di bidang digital marketing. 

Mengembankan keterampilan komunikasi dan analitis

Menjadi seorang digital marketer adalah keniscayaan berkomunikasi dengan orang. Pengalaman dalam digital marketing bootcamp akan mengarahkan Taman Belajar untuk mengembangkan keterampilan untuk, mengetahui kehendak suatu brand untuk menyampaikan value sebuah produk, hingga memahami perilaku konsumen agar mereka tertarik untuk membeli hingga menjadi konsumen yang loyal. 

Belajar digital marketing di dalam bootcamp yang intensif juga mengajarkan kamu untuk berpikir kritis dan taktis tentang apa yang meotivasi calon konsumen untuk mengambil sebuah tindakan, misalnya saja mengikuti akun media sosial brand yang sedang kamu tangani dan lain sebagainya.

Menambah penghasilan

Anak muda lekat banget dengan istilah side hustle. Keinginan untuk dapat tambahan penghasilan memang beragam motifnya. Ada yang ingin mengembangkan usaha selain bekerja di pekerjaan full time nya saat ini, menambah jumlah tabungan, atau ada juga yang mengikuti digital marketing bootcamp untuk menambah penghasilan buat menghidupi hobinya. 

Akses digital marketing bootcamp lebih mudah

Saat ini gak ada ketentuan khusus latar belakang pendidikan jika ingin mendalami digital marketing melalui program bootcamp. Dengan memasukkan kata kunci digital marketing bootcamp di mesin telusur, kamu bisa menemukan informasi tempat kursus yang beragam baik dari luar negeri maupun di Indonesia. Mereka menyediakan banyak kemudahan yang bisa Teman Belajar pilih, mulai dari metode pembayaran, akses materi, hingga komunitas yang mendukung setelah program bootcamp berakhir. Salah satunya adalah program Full Stack Digital Marketing dari Belajarlagi

Cara memilih digital marketing bootcamp biar gak boncos

Setelah mengetahui keuntungan dan pentingnya digital marketing saat ini untuk pengembangan bisnis dan karir, apakah kamu juga siap untuk mencoba kesempatan tersebut? 

Tapi, sebelum asal daftar, akan lebih baik jika kamu melakukan riset untuk mencari informasi yang cukup membuatmu yakin menentukan pilihan. 

Proaktif cari informasi

Kamu bisa berselancar di internet, memanfaatkan media sosial untuk mengetahui informasi mengenai digital marketing bootcamp. Hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah tempat kursus yang kredibel. Kredibilitas tentu saja berpengaruh terhadap ilmu yang akan kamu dapatkan. Hal ini bisa dilihat dari sertifikat yang dimiliki oleh penyedia bootcamp.

Tak hanya itu, kamu juga bisa kepo tentang instructor sekaligus latar belakangnya, pengalaman belajar kepada alumni yang pernah mengikuti digital marketing bootcamp dan portofolio yang dihasilkan. Selain itu, banyak bootcamp digital marketing yang menawarkan sertifikat. Pastikan lembaga tersebut mengeluarkan sertifikat setelah kamu menyelesaikan rangkaian bootcamp, ya. Sertifikat tersebut bisa kamu gunakan menunjang CV mu untuk melamar pekerjaan.

Pahami kebutuhanmu

Teman Belajar pasti punya tujuan tertentu ketika memutuskan untuk mengikuti digital marketing bootcamp, entah untuk meningkatkan pemahaman terhadap digital marketing, mendalami ilmu dengan memperkaya isu-isu digital marketing terkini, atau belajar untuk mengelola bisnis pribadi.  Oleh karena itu, pastikan kalau materi belajar sesuai dengan tujuan kamu.

Terlebih dunia digital mengalami perubahan yang dinamis. Oleh karena itu kamu membutuhkan skill digital yang up-to date dan mumpuni agar bisa terus selaras dengan perubahan yang terjadi.

Kalau seandainya kamu masih bingung dalam menentukan karir digital marketing yang ingin kamu ambil, kamu bisa menentukan apa saja skill yang ingin didapatkan dengan mengikuti bootcamp. Misalnya kamu ingin mendalami visualisasi data dan SEM, maka cari bootcamp yang memiliki kurikulum tersebut. 

Pastikan kamu memilih bootcamp yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya, Teman Belajar! 

Cek kurikulum yang ditawarkan 

Kualitas kursus digital marketing juga bisa dilihat dari modul pembelajaran dan kurikulum yang ditawarkan. Apakah mereka membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan belajar mu? Apakah kurikulumnya terus menerus diperbarui? Misalnya saja digital marketing bootcamp Belajarlagi menyediakan 12 modul untuk program Social Media Organic Specialization, dan 11 modul belajat untuk program Search Engine Optimization. 

Cek Ekosistem belajarnya

Belajar di usia dewasa memang butuh komitmen yang besar. Itu sebabnya, beberapa orang perlu memiliki teman belajar untuk saling menjaga semangat. Di Belajarlagi kamu bisa mendapatkan fasilitator dan teman belajar dan komunitas alumni yang suportif dan siap membantumu mempelajari, berdiskusi, dan saling berbagi informasi mengenai digital marketing baik saat di kelas maupun saat mengerjakan tugas-tugasnya. 

Ekosistem belajar yang inklusif dan suportif dapat membantu kamu bertumbuh lebih cepat, loh, Teman Belajar!

Adanya komunitas yang menjaga ekosistem belajar bisa kamu manfaatkan untuk membangun koneksi dengan mereka yang memiliki minat dan ketertarukan yang sama dengan kamu. 

Ikut free class dulu, yuk!

Kalau kamu masih bimbang, pertimbangan untuk mengikuti program kelas gratis mereka juga tidak ada salahnya. Perhatikan materi yang disampaikan dan bagaimana cara penyampaiannya oleh instructornya. 

Belajar tentang apa saja?

Biasanya, platform ataupun program digital marketing bootcamp menawarkan program belajar digital marketing secara umum atau biasa disebut dengan Full Stack Digital Marketing (FSDM) dan program spesialisasi. 

Kursus tersebut diperuntukkan bagi Teman Belajar atau siapapun yang ingin memulai aktivitas digital marketing. Baik untuk menjalankan bisnis pribadi, atau memulai karir profesional dalam ranah digital marketing. Dalam digital marketing bootcamp dasar-dasar mengenai digital marketing yang kamu butuhkan akan diberikan secara lebih komprehensif. 

Melalui program tersebut, Teman Belajar gak hanya mendapat teori saja, kok. Melainkan juga keterampilan praktis melalui hands-on saat kelas berlangsung.  

  1. Belajar konsep dasar digital marketing

Kamu akan belajar mengenai konsep utama tentang strategi digital marketing, mulai dari riset pasar, cara mengakuisi calon konsume, retensi pelanggan, serta proses analisisnya. Tenang, seluruh proses tersebut bisa dikerjakan bersama-sama dengan petunjuk step-by-step yang pada akhirnya diginakan untuk menyiapkan campaign Ads di facebook, instagram, google, maupun YouTube. 

  1. Mengembangkan strategi

Setelah Teman Belajar memahami tentang inti dan gambaran umum mengenai digital marketing, saatnya praktik mengembangkan strategi yang konkret. Dengan adanya instructor yang memandu kamu, proses mempersiapkan campaign mulai dari copywriting, content pillar, dan lain sebagainya bisa jauh lebih mudah. Kamu bisa mengembangkan strategi campaign mulai dari awal, mengukur metrik campaign. Target utama dari campaign tersebut biasanya adalah mengakuisisi calon konsumen baru bagi brand maupun UMKM. Di bagian ini, Teman Belajar akan lebih banyak belajar mengenai berbagai jenis iklan digital berbayar seperti Facebool. Instagram, Adwords.

Tidak hanya menyusun campaign dan metriknya saja, di bagian ini kamu juga akan banyak belajar mengenai analisis data. Apakah campaignnya berjalan efektif, atau ada bagian-bagian yang dapat dioptimalkan lagi?

  1. Digital Marketing yang organik

Di bagian ini, Teman Belajar akan lebih banyak megulik tentang strategi retensi. Bagian ini juga tidak kalah pentingnya untuk mempertahankan konsumen yang sudah kita dapatkan melalui campaign dengan lebih efektif. Teman Belajar bisa mempelajari elemen digital marketing secara organik, mulai dari Search Engine Optimization (SEO), Customer Relation Management (CRM) serta menargetkan ulang campaign melalui mailchimp atau e-mail marketing lainnya. 

Digital marketing bootcamp untuk siapa?

  • Untuk pemula yang tertarik dan ingin mendalami digital marketing.
  • Untuk pengusaha yang ingin mengubah strategi pemasaran menggunakan digital marketing biar bisnis makin sukses.
  • Pemilik UMKM yang ingin memperluas jangkauan konsumen melalui digital marketing.
  • Fresh graduate yang ingin berkarir atau pindah haluan kerja di ranah digital marketing.

Digital marketing bootcamp biasanya memiliki durasi yang pendek, mungkin sekitar 2-3 bulan. Melalui pengalaman tersebut, digital marketing bootcamp bisa kamu gunakan sebagai batu loncatan untuk memahami digital marketing yang bergina untuk mendapatkan peluang kerja baru, menjalankan bisnis pribadi, atau meningkatkan kemampuan diri untuk kenaikan jenjang karir.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.