Mengenal tentang UI/UX dan Prospek Kerjanya

UI/UX sangat dibutuhkan di era digitalisasi. Jika tertarik, beberapa prospek kerja ini bisa kamu jadikan pilihan!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

UI/UX merupakan sebuah profesi yang saat ini sudah banyak dikenali dan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan karena perkembangan teknologi saat ini yang semakin meningkat. 

UI sendiri merupakan singkatan dari user interface, sedangkan UX merupakan singkatan dari user experience. UI dan UX memiliki kesamaan fungsi dalam mengembangan suatu desain produk tertentu.

Pengertian UI/UX

Walaupun UI dan UX sering disebutkan secara beriringan, namun sebenarnya keduanya memiliki pengertian dan juga tugas yang berbeda dalam penerapannya. Karena itu, mari pahami pengertian dari UI/UX secara mendalam.

UI atau user interface merupakan tampilan dari sebuah produk yang bisa menimbulkan ketertarikan seseorang ketika melihat suatu website. Seseorang yang memiliki profesi di bidang UI ini seringkali disebut sebagai UI designer. UI designer akan mengelola tampilan website, mulai dari bentuk, pemilihan warna yang bagus, hingga mengatur tulisan-tulisan untuk dibuat semenarik mungkin dan mudah untuk dibaca. Sebenarnya UI termasuk dalam bagian dari UX atau user experience

Berbeda dengan user interface, user experience merupakan sebuah profesi yang bekerja untuk membuat situs atau aplikasi mudah untuk digunakan oleh pengguna nantinya. UX akan mendesain tools dan fitur-fitur dari suatu website dengan simple supaya dapat dimengerti dengan baik oleh siapapun yang membuka dan membaca website tersebut.

UI dan UX ini bekerja secara beriringan, ketika seorang UX designer mengatur fitur yang bisa mempermudah pengguna dalam menggunakan suatu website, seorang UI designer lah yang akan memperindah tampilan website tersebut supaya terlihat menarik bagi para pengguna.

Skill yang perlu dimiliki UI/UX designer

Agar bisa membuat situs website yang menarik, dibutuhkan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan dari profesi UI/UX. Berikut ini ada kumpulan skill yang perlu dimiliki oleh seorang yang bekerja di bidang UI dan juga UX.

1. Kemampuan desain dan visualisasi 

Skill pertama yang wajib dimiliki oleh seorang UI/UX designer adalah skill dalam mendesain suatu website. UI designer harus bisa mendesain website semenarik mungkin mulai dari memilih warna sebagai ciri khas dari website, dan mencampurkan warna-warna yang sesuai. Bukan hanya itu, UI designer juga akan menyelaraskan gambar, font dan ukuran huruf, serta animasi yang ada di dalam website untuk menghasilkan visualisasi yang bagus dan menarik dan nyaman bagi pengguna. Sedangkan UX designer harus bisa mendesain tools dan elemen yang memudahkan pengguna ketika mengakses situs website dan hendak mencari informasi.

2. Kemampuan melakukan riset

UI/UX designer juga perlu menguasai kemampuan riset atau penelitian untuk dapat memahami klien, mulai dari tujuan yang ingin dicapainya hingga bisnis lain yang merupakan kompetitor dari klien. UI/UX designer akan melakukan berbagai riset untuk mengumpulkan data serta informasi penting terkait produk milik klien. Data tersebut akan mempermudah dalam penyusunan rencana untuk merealisasikan kebutuhan dan keinginan klien.

3. Kemampuan melakukan analisis

Kemampuan yang satu ini berguna untuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh dari riset yang sebelumnya sudah dilakukan. Data dan informasi tersebut akan dikumpulkan dan dirangkum, untuk masuk dalam rencana memajukan bisnis.

4. Melakukan iterasi

Kemampuan yang harus dimiliki selanjutnya adalah iterasi. Iterasi ini dilakukan dengan melihat saran dari pengguna situs website yang sudah dibuat oleh UI/UX designer. Hal ini dilakukan untuk dapat mengetahui keinginan sebenarnya dari pengguna terhadap suatu website. Hasil dari penelitian ini dapat membantu UI/UX designer untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika menggunakan website, baik saat melihat tampilan ataupun saat mengakses website.

Tanggung jawab seorang UI/UX 

Sama seperti profesi lainnya, seorang UI/UX juga mempunyai tanggung jawabnya sendiri. Berikut ini tanggung jawab dari UI/UX:

  • Menyusun rencana untuk desain yang akan diterapkan pada website
  • Membuat gambaran dari desain menggunakan storyboard
  • Bertanggung jawab dalam peningkatan dan penggunaan wireframe, prototype, serta pengembangan mockup dan prototype visualisasi UI untuk menjelaskan fungsi dan performa dari suatu produk
  • Melakukan hubungan kolaborasi bersama divisi lain seperti copywriter dan developer
  • Memberikan gambaran untuk dijelaskan kepada tim

Jika kamu ingin menjadi seorang UI/UX designer, berarti kamu harus sudah siap untuk menjalankan tanggung jawab dengan baik.

Jenjang karir UI/UX

Seperti yang kamu ketahui, perkembangan teknologi membuat desain visual kini diminati oleh banyak orang, termasuk perusahaan bisnis untuk dapat tetap maju di era digitalisasi. Karena itu, prospek kerja atau jenjang karir UI/UX sangat luas seperti halnya menjadi UI/UX designer untuk mendesain sebuah website atau aplikasi, menjadi senior UI/UX designer, head of UI/UX designer, hingga product manager.

Berbicara tentang teknologi dan digitalisasi memang tidak ada habisnya, sehingga peluang kerja di bidang ini juga akan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. 

Untuk kamu yang mempunyai keinginan untuk bekerja di bidang UI/UX mulailah untuk mempelajari dan mengasah skill yang harus dimiliki ketika menjadi seorang UI/UX designer, ataupun pekerjaan lain yang serupa. 

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.