Training Digital Marketing Paling Lengkap di Indonesia

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
July 19, 2023
Updated:
July 19, 2023

Training Digital Marketing Paling Lengkap di Indonesia

Halo Teman Belajar, selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang pelatihan digital marketing paling lengkap di Indonesia! Sadar kah kamu, dunia digital telah menjadi wadah yang sangat penting bagi perkembangan bisnis saat ini? Betul, dalam era di mana teknologi terus berkembang dengan pesat, memiliki pemahaman yang mendalam tentang digital marketing adalah suatu keharusan.

Sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan internet tercepat di dunia, Indonesia menawarkan berbagai peluang di bidang digital marketing. Pertanyaannya sekarang, apakah kamu tertarik mempelajari atau bahkan menekuni profesi digital marketing? Jika iya, simak langsung informasi lengkapnya di sini!

Rekomendasi Training Digital Marketing di Indonesia

Rekomendasi Training Digital Marketing di Indonesia‍

Berikut adalah rekomendasi tempat training digital marketing yang bisa kamu coba:

1. Full-Stack Digital Marketing di Belajar Lagi

Belajar Lagi adalah platform pelatihan yang telah beroperasi selama beberapa tahun, dengan fokus utama pada pendidikan digital dan pemasaran online.

Dengan Belajar Lagi, kamu dapat mengakses program pelatihan kapan saja dan di mana saja melalui platform online. Hal ini memberimu fleksibilitas dalam menyesuaikan jadwal belajarmu dengan keterbatasan waktu dan lokasi yang kamu miliki.

Menyediakan training digital marketing dengan biaya yang berkisar 700 ribu sampai 5 juta rupiah, program di Belajar Lagi menekankan pembelajaran interaktif dengan menggunakan materi yang berisi. Kamu akan terlibat dalam studi kasus, latihan praktis, dan proyek yang memungkinkanmu untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang kamu pelajari secara langsung.

Belajar Lagi menyediakan akses ke komunitas online yang aktif dan fasilitas mentorship. Kamu dapat berinteraksi dengan sesama peserta pelatihan dan mengajukan pertanyaan kepada instruktur atau mentor yang berpengalaman untuk mendapatkan bimbingan tambahan.

2. Skill Academy by Ruangguru

Training Digital Marketing di Skill Academy telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin mengembangkan keterampilan digital marketing. 

Skill Academy menawarkan training Digital Marketing yang dapat diakses secara online. Dengan modul yang mudah diikuti dan konten yang terstruktur dengan baik, training ini cocok bagi mereka yang ingin belajar secara mandiri dan fleksibel. Kamu akan mendapatkan pemahaman yang kuat tentang SEO, SEM, media sosial, dan lain sebagainya. 

Bicara soal instruktur, Skill Academy menyediakan tenaga pengajar yang berpengalaman luas dalam industri pemasaran digital. Instruktur yang akan mengajarkanmu merupakan praktisi terampil yang dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang berguna.

Rentang harga pelatihan di Skill Academy dapat bervariasi tergantung pada program yang dipilih. Perlu diperhatikan bahwa biaya pelatihan mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa alternatif lainnya. 

Jika berminat, kamu perlu merogoh kocek 1-5 juta rupiah dengan satu paket kelas yang akan dibagi menjadi beberapa sesi pertemuan. Tak perlu khawatir, perlu diingat bahwa biaya tersebut mungkin sebanding dengan kualitas dan manfaat yang kamu peroleh.

3. Alterra Academy

Alterra Academy adalah salah satu institusi training atau bootcamp terkemuka di Indonesia.  Telah beroperasi selama beberapa tahun dan terbukti memiliki reputasi yang baik dalam memberikan program pelatihan yang berkualitas, Alterra Academy menyusun kurikulum pembelajaran yang berfokus pada penerapan praktis. 

Di sini, kamu akan belajar melalui kasus sungguhan dan simulasi yang mirip dengan situasi yang akan kamu hadapi dalam pekerjaan di dunia nyata. 

Memiliki kompetensi dan mampu memberikan materi yang berharga, instruktur di Alterra Academy berasal dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia. Selain itu, kamu berkesempatan untuk berinteraksi dengan instruktur dan sesama peserta training dengan berbagi pengalaman dan memperluas relasi dalam industri digital marketing.

Setelah menyelesaikan program pelatihan, Alterra Academy memberikan dukungan pasca-pelatihan kepada peserta. Ini termasuk akses ke sumber daya pembelajaran tambahan, konsultasi, dan pembaruan terkini mengenai tren yang sedang populer di digital marketing. 

Dukungan ini pastinya dapat membantu kamu untuk terus memperdalam pengetahuan dan tetap relevan dalam industri yang terus berkembang.

Untuk mendapatkan semua keuntungan tersebut, kamu bisa membayar sebesar 1-1.5 juta dengan durasi kelas selama 3 bulan. Training digital marketing di Alterra Academy bisa dilakukan secara online atau offline dengan mendatangi lokasinya yang berada di Malang, Jawa Timur.

4. Sailendra Institute

Mau ikut training digital marketing dengan anggota kelas yang sedikit supaya bisa belajar secara intensif? Coba saja daftar ke Sailendra Institute! Sailendra Institute membatasi jumlah peserta dalam setiap kelas untuk memastikan interaksi yang lebih personal antara instruktur dan peserta. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengajukan pertanyaan, berbagi pengalaman, dan mendapatkan materi yang lebih mendalam.

Sailendra Institute merupakan lembaga pelatihan yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dalam bidang digital marketing. Program Digital Marketing di Sailendra Institute dirancang untuk membantu kamu memahami konsep, strategi, dan alat-alat yang biasa digunakan di profesi ini.

Di sini, kamu akan diajari oleh instruktur yang tidak hanya memiliki banyak pengalaman, tetapi juga wawasan tentang tren terbaru dan materi terbaik dalam digital marketing. 

Setelah menyelesaikan program pelatihan, Sailendra Institute memberikan sertifikat yang diakui. Sertifikasi ini bisa menjadi bukti kompetensi kamu dalam digital marketing dan dapat meningkatkan nilai jual di pasar kerja.

Dengan rentang harga mulai dari 1-2.5 juta, kamu sudah bisa mengembangkan keterampilan yang dicari dalam digital marketing, seperti analisis data, pengelolaan campaign, penulisan konten, dan pengoptimalan mesin pencari.

5. MySkill

MySkill adalah platform pelatihan online yang menawarkan berbagai program pelatihan, termasuk Digital Marketing. Program Digital Marketing di MySkill dirancang untuk membantu kamu memahami konsep dasar, strategi, dan teknik yang terkait dengan pemasaran digital.

Sebagai platform pelatihan online, MySkill memberikan akses fleksibel ke program pelatihan mereka. Kamu dapat belajar kapan saja dan di mana saja sesuai jadwal yang kamu bisa, mengikuti materi pelatihan sesuai kecepatan belajarmu sendiri.

MySkill menyediakan dukungan dan bimbingan melalui forum diskusi dan sesi tanya jawab online. Untuk mengikuti training digital marketing di MySkill, kamu bisa membayar sebesar 500 ribu sampai 1 juta rupiah untuk setiap satu paket kelas. 

6. Digitalent by Kominfo

Kamu fresh graduate yang mau mencari pengalaman dengan ikut training dan dapat uang saku? Ikuti saja Digitalent by Kominfo!

Digitalent by Kominfo merupakan inisiatif dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) untuk meningkatkan literasi digital di Indonesia. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lengkap tentang strategi digital marketing. 

Di sini, kamu tidak hanya dapat materi lengkap tentang digital marketing secara gratis, tapi juga diberikan uang saku selama mengikuti proses kelas sampai selesai. 

Kamu wajib menyelesaikan kelas yang dilaksanakan selama 1 bulan dengan kurikulum digital yang akan bermanfaat untuk menambah pengalaman.

7. Digital Marketing Bootcamp oleh MarkPlus Institute

Kamu mungkin pernah mendengar tentang program training di MarkPlus Institute. Ya, pelatihan digital marketing ini memang lebih difokuskan pada praktik langsung dan pembelajaran kolaboratif. MarkPlus Institute menawarkan pendekatan yang interaktif dan memungkinkan kamu untuk belajar dari praktisi yang berpengalaman. 

Selain itu, MarkPlus Institute menekankan pentingnya strategi marketing berbasis data dan mengintegrasikan disiplin pemasaran tradisional dengan elemen digital. Pelatihan ini cocok untuk kamu yang ingin menggabungkan pengetahuan konvensional dengan keterampilan digital marketing yang lebih modern.

Saat mengikuti training di MarkPlus Institute, kamu tidak hanya mesti fokus pada teknik dan taktik yang akan diambil, tetapi juga akan diajarkan pemahaman yang mendalam tentang strategi marketing secara keseluruhan, dengan mempertimbangkan goals untuk jangka panjang.

Harga yang ditawarkan oleh MarkPlus Institute dibagi menjadi 2, yaitu untuk umum seharga 900 ribu dan pelajar 700 ribu. 

8. Google Ads Certification Program

Google Ads Certification Program adalah program sertifikasi yang disediakan oleh Google kepada siapapun yang ingin memperluas pengetahuan dan keterampilan dalam bidang periklanan digital menggunakan platform Google Ads. Program ini dirancang untuk membantu kamu memahami dan menguasai konsep dasar, strategi, dan praktik terbaik dalam menjalankan campaign periklanan yang efektif melalui Google Ads.

Sertifikasi yang didapatkan mencakup berbagai mata pelajaran yang termasuk dalam Google Ads, seperti penargetan iklan, penelusuran keyword, penulisan iklan yang efektif, pengelolaan kampanye, analisis data, dan lainnya. Melalui pelatihan dan ujian online, kamu berkesempatan untuk mempelajari fitur-fitur utama, tools, dan metrics yang relevan dengan Google Ads.

Mendapatkan sertifikasi Google Ads dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi karier atau bisnis kamu. Sertifikasi ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas kamu sebagai profesional periklanan digital di mata klien atau perusahaan. Selain itu, sertifikasi ini juga dapat membuka peluang baru dalam dunia periklanan digital, seperti peluang pekerjaan, klien baru, atau meningkatkan performa campaign periklanan yang kamu kelola.

Untuk mendapatkan sertifikasi Google Ads, kamu perlu melewati serangkaian ujian online yang diselenggarakan oleh Google. Ujian ini menguji pemahaman kamu tentang konsep dan praktik periklanan digital yang terkait dengan Google Ads. Setelah lulus ujian, kamu akan mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diakui secara resmi oleh Google dalam bidang periklanan digital menggunakan Google Ads.

Dalam rangka mempertahankan sertifikasi, Google juga mewajibkan kamu untuk memperbarui sertifikat setiap tahun. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu tetap mendapatkan pengetahuan terbaru dan mengikuti perkembangan dalam platform Google Ads.

Dengan mengikuti dan menyelesaikan Google Ads Certification Program, kamu dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang digital marketing.

9. Creativepreneur Academy

Berlokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat, Creativepreneur Academy adalah sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan dalam bidang kreativitas dan kewirausahaan kepada siapapun yang ingin mengembangkan keterampilan dalam dunia industri kreatif.

Dalam Creativepreneur Academy, kamu akan mendapatkan akses ke berbagai kursus dan program pelatihan yang dirancang untuk mengasah kemampuan dalam bidang desain grafis, fotografi, seni digital, penulisan kreatif, hingga digital marketing. 

Academy ini didirikan dengan tujuan untuk membantu para peserta dalam menjembatani kesenjangan antara kreativitas dan bisnis, sehingga lulusannya dapat menjadi entrepreneur yang sukses.

Selain itu, Creativepreneur Academy juga menyediakan peluang relasi dengan para profesional dan entrepreneur yang sudah lebih dulu mencapai kesuksesan. Kamu berkesempatan untuk terhubung dengan sesama peserta dan membangun koneksi yang bermanfaat dalam industri kreatif.

10. General Assembly

Di General Assembly, kamu dapat menemukan berbagai pelatihan dan program pendidikan yang berkaitan dengan digital marketing. General Assembly menawarkan serangkaian kursus dan workshop yang dirancang untuk membekali kamu dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam bidang digital marketing.

Program-program tersebut meliputi berbagai topik seperti sosial media, web analytics, SEO, kampanye iklan digital, dan lain sebagainya. Training digital marketing di General Assembly menggabungkan teori dan praktik terkini dalam industri untuk memberikanmu materi tentang cara memanfaatkan berbagai tools secara efektif.

Selain itu, General Assembly juga menyediakan forum diskusi dan peluang ikatan relasi yang memungkinkan para peserta kursus untuk terlibat dalam pertukaran ide dan pengalaman dengan para profesional pemasaran digital lainnya. 

Dengan mengambil program digital marketing di General Assembly, kamu akan mendapatkan kemampuan yang relevan dalam bidang ini, yang dapat membantu kamu untuk berhasil di dunia kerja yang terus berkembang pesat.

11. Growthzilla

Growthzilla adalah lembaga pelatihan yang fokus pada pemasaran digital dan pertumbuhan bisnis. Pelatihan digital marketing di Growthzilla dirancang untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi ahli digital marketing yang kompeten. 

Training ini menawarkan program yang komprehensif, mulai dari dasar-dasar hingga strategi marketing yang lebih canggih. 

Growthzilla menyediakan fasilitas dan lingkungan belajar yang mendukung. Jika kamu ikut training di sini, kamu bisa mendapat akses ke sumber pembelajaran online yang lengkap, termasuk materi belajar, video tutorial, dan platform interaktif untuk berkolaborasi dengan instruktur dan peserta lainnya.

Setelah menyelesaikan pelatihan digital marketing di Growthzilla, kamu akan mendapatkan sertifikat yang diakui sebagai bukti keahlian kamu dalam bidang digital marketing. Sertifikat ini nantinya dapat meningkatkan kredibilitas dan peluang kerja kamu di dunia digital marketing.

Growthzilla juga sering mengadakan acara dan workshop yang dapat membantu kamu membangun jaringan dengan profesional lain dalam industri pemasaran digital. Ini adalah kesempatan yang sangat berharga untuk bertukar ide, berbagi pengalaman, dan mendapatkan wawasan baru.

Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Training Digital Marketing

Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Training Digital Marketing‍

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus ikut training digital marketing:

  • Pertumbuhan Karir: Keahlian dalam digital marketing sangat dibutuhkan di dunia bisnis saat ini. Dengan mengikuti training, kamu dapat meningkatkan peluang karir di industri yang terus berkembang ini. Kamu akan menjadi lebih berharga bagi perusahaan dan memiliki peluang untuk naik jabatan atau mengejar pekerjaan yang lebih baik.
  • Adaptasi dengan Perubahan: Lingkungan bisnis terus berubah, terutama di era digital. Training digital marketing akan membantu kamu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan tren dan teknologi baru. Kamu akan mampu memanfaatkan peluang yang muncul dan mengatasi tantangan yang datang dengan perkembangan digital.
  • Komunikasi yang Efektif: Digital marketing melibatkan interaksi dengan audiens melalui berbagai platform. Dalam training, kamu akan belajar cara berkomunikasi secara efektif dengan audiens target melalui konten yang relevan dan menarik. Kemampuan ini akan membantu kamu membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan potensial.
  • Analisis dan Pengukuran: Salah satu keunggulan pemasaran digital adalah kemampuannya untuk mengukur dan menganalisis hasil kampanye dengan lebih akurat. Training digital marketing akan mengajarkanmu cara menggunakan alat analisis dan menginterpretasikan data untuk mengambil keputusan yang tepat dan meningkatkan kinerja pemasaran.
  • Kreativitas dan Inovasi: Digital marketing membutuhkan pemikiran kreatif dan inovatif. Melalui training, kamu akan mendapatkan wawasan tentang strategi pemasaran yang unik dan cara berpikir di luar kotak. Ini akan membantu kamu mengembangkan ide-ide baru yang menarik dan membedakan brand atau produk dari pesaing.
  • Peluang Wirausaha: Jika kamu memiliki ambisi untuk menjadi wirausaha atau memulai bisnis online, training digital marketing adalah langkah awal yang penting. Kamu akan mempelajari strategi pemasaran yang dapat membantu kamu membangun dan mengembangkan bisnis secara online dengan efektif.

Dengan mengikuti training digital marketing, kamu akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang berharga untuk sukses di era digital ini. Kamu akan dapat memanfaatkan peluang yang ada, memperluas jaringan profesional, dan mencapai tujuan pemasaran yang lebih baik.

Teknik Memilih Tempat Training Digital Marketing yang Bagus

Teknik Memilih Tempat Training yang Bagus‍

Ketika kamu berencana untuk mengikuti pelatihan atau kursus digital marketing, sangat penting untuk memilih tempat training yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk memilih tempat training digital marketing yang bagus:

  • Tinjau Kredibilitas dan Reputasi: Pertama-tama, kamu perlu meninjau kredibilitas dan reputasi lembaga atau penyedia training yang ingin kamu pilih. Carilah informasi tentang pengalaman dan prestasi mereka dalam bidang digital marketing. Kamu dapat membaca ulasan atau testimoni dari peserta sebelumnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kualitas training yang ditawarkan.
  • Periksa Kurikulum dan Materi Pelajaran: Pastikan bahwa tempat training tersebut menawarkan kurikulum yang komprehensif dan terkini. Digital marketing adalah bidang yang terus berkembang, jadi penting untuk memilih tempat training yang menyediakan materi pelajaran yang relevan dengan tren dan teknik pemasaran digital terbaru. 
  • Evaluasi Pengajar dan Tenaga Pengajar: Mengetahui latar belakang dan pengalaman mengajar adalah hal yang penting. Cari tahu apakah tempat training memiliki pengajar yang ahli dan berpengalaman dalam industri digital marketing. Pengajar yang berkualitas akan dapat memberikan wawasan mendalam dan praktik terbaik dalam digital marketing, serta dapat memberikan bimbingan yang tepat selama proses training.
  • Infrastruktur dan Fasilitas: Pastikan bahwa tempat training memiliki infrastruktur dan fasilitas yang memadai untuk mendukung pembelajaran digital marketing. Hal ini termasuk akses internet yang cepat dan stabil, perangkat lunak atau alat-alat yang diperlukan, serta ruang yang nyaman dan kondusif untuk belajar.
  • Perhatikan Metode Pembelajaran: Setiap orang memiliki preferensi belajar yang berbeda. Tinjau metode pembelajaran yang digunakan oleh tempat training tersebut. Apakah mereka menawarkan kombinasi antara teori dan praktek? Apakah ada diskusi kelompok atau proyek yang melibatkan peserta lain? Pilihlah tempat training yang menggunakan metode yang sesuai dengan gaya belajarmu, agar kamu bisa memaksimalkan pemahaman dan keterampilan dalam digital marketing.
  • Peluang Jaringan dan Kesempatan Kerja: Sebelum memilih tempat training, pertimbangkan juga peluang jaringan dan kesempatan kerja yang bisa kamu dapatkan. Beberapa tempat training memiliki koneksi industri yang kuat dan dapat membantu peserta mendapatkan kesempatan kerja atau magang setelah selesai training. Ini dapat menjadi nilai tambah yang penting dalam memilih tempat training yang tepat.
  • Harga dan Biaya: Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, perhatikan juga aspek harga dan biaya training.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang training digital marketing paling lengkap di Indonesia. Semoga bisa berguna untuk kamu, ya!

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.