Rekomendasi Pelatihan Social Media Specialist buat Pemula

Pelatihan social media specialist bisa menjadi pilihan kegiatan belajar yang menarik. Yuk, simak rekomendasi beberapa kelasnya lewat ulasan ini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]
Kelas pelatihan social media specialist

Tertarik belajar menjadi social media specialist lewat pelatihan khusus? Kamu tentu tahu bahwa keberadaan media sosial sekarang sangat penting bagi bisnis. Maklum saja, zaman sekarang berjualan produk hingga membangun brand awareness dapat dilakukan lewat berbagai platform media sosial.

Pada akhirnya, media sosial tidak lagi sebagai sarana untuk terkoneksi dengan banyak orang saja. Dengan keterampilan mengelola media sosial, banyak brand memanfaatkannya untuk memperkuat bisnis. Maka, tidak heran jika kemudian profesi sebagai social media specialist kini sangat dicari dan dibutuhkan.

Buat Teman Belajar yang suka mengulik berbagai media sosial, bisa jadi kamu juga kepikiran untuk berkarier di bidang ini. Kali ini Tim Belajar Lagi sudah menyusun beberapa rekomendasi pelatihan social media specialist yang bisa kamu coba. Simak dan cermati satu per satu, ya!

Serba-serbi social media specialist

Berkenalan dengan social media specialist

Sebelum mengenal apa saja pelatihan untuk social media specialist, kamu pelajari dulu ruang lingkup dari pekerjaan ini. Melansir dari Indeed, social media specialist merupakan profesi yang banyak bertanggung jawab untuk mengelola media sosial dalam lingkup pemasaran.

Tugasnya cukup beragam, merancang isi konten, membuat jadwal unggahan konten, mempublikasikan konten, sampai melakukan analisis terhadap kinerja media sosial. Kebanyakan orang sering menyamakan pekerjaan ini dengan admin media sosial, padahal kedua profesi ini jelas berbeda, lho.

Seorang social media specialist tidak hanya bertugas menjawab komentar ataupun pesan yang masuk. Pekerjaan ini menuntut kreativitas tinggi dalam strategi pemasaran, baik secara soft selling maupun hard selling. Interaksi dengan audiens bisa dijadikan patokan untuk merancang konten agar sesuai kebutuhan pelanggan.

Selain itu, kemampuan riset juga sangat penting bagi social media specialist. Orang yang menekuni karier ini harus mengikuti perkembangan tren yang ada serta penggunaan hashtag yang berpotensi menjangkau audiens lebih banyak.

Dalam praktiknya, social media specialist akan bekerja dalam sebuah tim. Mulai dari copywriter, desainer grafis, editor video, dan lain-lain. Beberapa tugas dari social media specialist antara lain:

  • Mampu mengembangkan media sosial brand lewat perencanaan detail
  • Mampu memantau segala aktivitas audiens untuk menentukan strategi terbaik
  • Mampu meningkatkan jangkauan dan interaksi dengan audiens
  • Mampu mengidentifikasi peluang untuk lebih terkoneksi dengan audiens
  • Mampu meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelanggan melalui media sosial

Kualifikasi social media specialist

Selama ini social media specialist bisa bekerja untuk suatu perusahaan tertentu ataupun terlibat dalam tim digital agency. Tugas utamanya adalah memastikan representasi perusahaan sudah tepat dalam berbagai platform media sosial.

Sering kali social media specialist akan banyak bersinggungan dengan marketing untuk memantau jalannya sebuah campaign. Ketika hendak membuat campaign, marketing biasanya akan meminta social media specialist untuk ikut terhubung dengan influencer atau partner kerja sama lainnya.

Dengan cakupan tugas yang cukup luas, maka dibutuhkan beberapa kualifikasi tertentu untuk menjadi social media specialist. Dalam sebuah lowongan untuk profesi ini, kebanyakan perusahaan akan memberikan kualifikasi sebagai berikut:

  • Punya ketertarikan tinggi akan media sosial
  • Memahami karakteristik berbagai media sosial (Facebook, Instagram, LinkedIn, TikTok, YouTube, dan lain-lain)
  • Berpikir kritis, kreatif, kemampuan komunikasi yang baik, manajemen waktu, dan mampu memecahkan masalah
  • Kemampuan storytelling yang cukup untuk membantu meningkatkan brand awareness
  • Mahir melakukan riset audiens
  • Familiar dengan desain dan copywriting

Peluang karier social media specialist

Profesi social media specialist sangat erat dengan pemasaran digital, maka potensi karier ini jelas masih amat terbuka hingga tahun-tahun mendatang. Tengok saja, hampir semua brand di Indonesia pun menggunakan media sosial untuk memudahkan terhubung ke pelanggan.

Jangan lupa juga, tren media sosial pun terus meroket. Tidak menutup kemungkinan akan muncul platform baru yang nantinya jadi wadah untuk social media marketing. Selama kepopuleran media sosial tak meredup, profesi ini akan terus dibutuhkan.

Algoritma media sosial yang mudah berubah juga mau tidak mau memaksa brand ataupun perusahaan untuk terus menyesuaikan. Tanpa adanya social media specialist, brand tentu akan sangat kesulitan mengelola social media marketing.

Saat pertama kali memasuki profesi ini, kamu akan berada pada entry level sebagai social media specialist. Seiring pengalaman dan kemampuan yang terus bertambah, besar kemungkinan kamu akan menjadi social media manager. Pada level tertinggi di beberapa perusahaan, ada pula posisi head of social media marketing.

Intinya, peluang karier sebagai social media specialist sangatlah luas. Dengan latar pendidikan apa pun, kamu dapat menekuni karier ini, kok. Kemampuan dalam media sosial sendiri bisa kamu pelajari secara mandiri lewat kelas atau pelatihan tertentu. 

Pelatihan social media specialist untuk pemula

Belajar social media marketing lewat pelatihan

Seperti sudah kamu baca sebelumnya, kamu butuh membekali diri dulu sebelum menjadi social media specialist. Sekarang akses belajar untuk berbagai profesi juga sangat mudah, salah satunya lewat daring. Tanpa terikat ruang dan waktu tertentu, kamu bisa mempelajari social media marketing secara mandiri.

Berikut beberapa rekomendasi pelatihan social media marketing yang dilansir dari HubSpot. Beberapa di antaranya sangat cocok untuk para pemula sehingga bisa kamu coba. Pelajari satu persatu, yuk!

1. Social Media Certification (HubSpot)

HubSpot menyediakan kelas gratis untuk belajar strategi menjalankan media sosial buat bisnis. Kelas ini lebih pas untuk level intermediate, tetapi tidak ada salahnya kamu coba untuk pengalaman.

Social Media Certification merupakan kursus yang HubSpot rancang khusus untuk brand menarik pelanggan serta membangun loyalitas merek. Dalam hal ini, HubSpot menekankan pentingnya peran media sosial dalam pemasaran masa kini.

Kursus ini sifatnya fleksibel sehingga kamu bisa menyesuaikan waktunya dengan baik. Topik-topik penting yang ada pada kelas ini misalnya mengukur ROI, bagaimana memperluas jangkauan, pembuatan konten untuk media sosial, hingga social listening.

Social Media Certification akan mengajarkan peserta tentang:

  • Bagaimana mengembangkan strategi digital marketing untuk meningkatkan brand awareness
  • Bagaimana menggunakan media sosial untuk mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan
  • Bagaimana memperluas jangkauan digital dengan menggunakan influencer untuk menarik audiens baru
  • Bagaimana mendapatkan keuntungan maksimal lewat media sosial

Karena topik-topik tadi lebih banyak bicara tentang strategi, kelas dari HubSpot ini bisa diikuti oleh orang-orang yang sudah bekerja di bidang social media marketing. Terutama untuk mereka yang sudah punya sedikit pengalaman sebagai entry level.

2. Fundamentals of Digital Marketing (Google)

Nah, pelatihan social media specialist dari Google ini sifatnya gratis dan cocok banget buat para pemula. Dalam kelas ini, kamu akan belajar dari dasar-dasar tentang pemasaran digital. Salah satu di dalamnya tentu saja social media marketing.

Fundamentals of Digital Marketing juga berisi materi lain seperti SEO, optimasi website, pembuatan konten, dan lain-lain. Kursus ini banyak menjelaskan serba-serbi digital marketing, baik secara organik maupun berbayar.

Uniknya, kamu bisa memperoleh sertifikat resmi dari Google usai menyelesaikan kelas ini. Lumayan banget nih buat kamu tambahkan ke resume ataupun akun profesional seperti LinkedIn.

Karena dirancang khusus bagi pemula, kamu menjadi lebih memahami social media marketing melalui dasar-dasarnya. Ini sangat bagus buat menjadi bekal sebagai social media specialist.

Fundamentals of Digital Marketing akan mengajarkan tentang:

  • Bagaimana cara menguasai dasar digital marketing (optimasi, pencarian, pemasaran konten, social media marketing, dan lain-lain)
  • Bagaimana memulai mengelola media sosial secara efektif
  • Bagaimana menetapkan tujuan atau target dari platform media sosial yang ada
  • Bagaimana cara membuat strategi media sosial untuk jangka panjang

3. Social Media Specialization (Northwestern University)

Coursera menjadi tempat belajar pilihan bagi para pemula. Pasalnya, kelas-kelas yang ada pada Coursera kebanyakan bersifat gratis dan beberapa menyediakan sertifikat. Ada salah satu kelas di Coursera yang khusus membahas tentang social media marketing juga, lho.

Social Media Specialization dari Northwestern University ini mengajarkan strategi social media marketing untuk meningkatkan jangkauan sekaligus jumlah pengikut. Selain itu, kelas ini juga berfokus tentang peningkatan leads yang kaitannya langsung berhubungan dengan penjualan.

Secara umum, kursus ini lebih pas untuk pemula yang sama sekali belum pernah mengulik media sosial untuk keperluan pemasaran. Cocok juga untuk para pebisnis baru yang hendak menjajal pemasaran lewat media sosial secara organik.

Hal-hal yang bisa kamu pelajari dari Social Media Specialization antara lain:

  • Apa itu media sosial
  • Mengapa perlu membuat rancangan dan strategi media sosial
  • Bagaimana menerapkan strategi media sosial ke dalam pemasaran

4. Social Media Marketing Course (Acadium)

Acadium sebenarnya semacam program magang dan bimbingan yang di dalamnya terdapat beberapa materi mengenai social media marketing. Kursus ini mencakup berbagai topik, mulai dari jenis platform media sosial, penentuan platform yang tepat, hingga cara meningkatkan performa media sosial.

Social Media Marketing Course bagus untuk pemula, termasuk pelajar atau orang-orang yang belum berpengalaman kerja. Jadi, kamu bisa mencobanya sebagai dasar untuk mengenal social media marketing. Apalagi kelas ini sifatnya gratis!

Beberapa materi yang diajarkan antara lain:

  • Cara memulai membuat platform media sosial
  • Bagaimana strategi terbaik untuk mengunggah konten
  • Bagaimana membangun media sosial yang terlihat berbeda dan berkarakter

5. Social Media Marketing Foundations (Brian Honigman)

Untuk kamu yang aktif di LinkedIn, kamu bisa juga nih mengikuti kelas tentang social media marketing dari situ. Salah satunya kursus dari Brian Honigman ini. Dia merupakan konsultan media sosial yang punya banyak pengalaman di digital marketing.

Social Media Marketing Foundations khusus memberikan topik atau bahasan untuk pemula, termasuk dasar-dasar dalam bermedia sosial. Lewat kelas ini, kamu bisa juga belajar bereksperimen untuk membuat berbagai konten yang menarik bagi audiens.

Inti dari kelas ini adalah untuk mempelajari dasar media sosial yang berfokus pada interaksi dengan audiens untuk meningkatkan peluang bisnis. Karena targetnya lebih ke audiens, maka materi yang akan kamu dapat antara lain:

  • Apa itu social media marketing
  • Bagaimana memaksimalkan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan
  • Bagaimana memanfaatkan metrik untuk meningkatkan bisnis

Baca Juga: Simak! Tahapan Mudah Belajar Sosial Media Marketing dari Nol untuk Pemula

6. Social Media Marketing Professional Certificate (Meta)

Meta, atau yang dulu kamu kenal dengan sebutan Facebook, juga menyediakan pelatihan social media specialist buat pemula di Coursera. Kalau kamu serius tertarik pada bidang digital marketing, harus mencoba ikut kelas ini. Pasalnya, kursus ini sifatnya gratis.

Social Media Marketing Professional Certificate ini mencakup hal-hal penting untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran media sosial. Selain itu, ada juga kelas tambahan berupa periklanan yang bisa kamu dapatkan.

Tambahan nih, kelas ini juga memberikan pendekatan dan pemahaman tentang cara beriklan di Facebook dengan tepat. Jadi, pas kalau kamu sedang penasaran dengan kinerja dan tips Facebook ads. Pada akhir kelas, kamu akan mendapatkan sertifikasi juga, lho.

Beberapa materi yang diajarkan dalam kelas ini:

  • Bagaimana membuat strategi pengelolaan media sosial
  • Bagaimana cara membuat iklan di media sosial, terutama Facebook
  • Bagaimana mengukur dan menganalisis hasil serta kinerja media sosial

7. Digital Marketing 101 (Boot Camp Institute)

Nah, kelas selanjutnya ini sebenarnya lebih cocok untuk level lanjutan. Fokus dari kursus Digital Marketing 101 sebenarnya lebih ke strategi dalam bisnis. Khusus untuk pemasaran media sosial, kamu akan belajar mengenai tren media sosial, karakteristik media sosial, hingga penyusunan strateginya.

Kelas ini menyediakan video dengan materi komprehensif yang bisa juga diikuti pemula, meskipun dalam praktiknya akan banyak berguna bagi yang sudah berpengalaman. Boot Camp Institute menyediakan berbagai kelas dan hal penunjang untuk digital marketing. Misalnya, informasi seputar ROI, digital marketing template, dan lain-lain.

Berbeda dengan kursus sebelumnya, Digital Marketing 101 ini berbayar, ya. Topik pembahasannya meliputi:

  • Bagaimana memulai digital marketing melalui media sosial
  • Mengapa strategi media sosial itu penting
  • Tren media sosial apa saja yang mesti diperhatikan

8. Social Media Marketing Masterclass (Mark Timberlake and Philomena Timberlake)

Kelas pemasaran media sosial ini bisa kamu jumpai di Udemy. Social Media Marketing Masterclass bagus untuk pemula, sekalipun kelasnya sendiri memang berbayar.

Berbeda dari kursus untuk level pemula kebanyakan, Mark Timberlake dan Philomena Timberlake sengaja menyusun materi yang berfokus pada strategi pemasaran digital dan media sosial. Termasuk di antaranya bagaimana membuat jadwal konten agar sejalan dengan target pemasaran.

Selain itu, peserta kelas juga akan diajak mempelajari media sosial yang terintegrasi dengan bisnis, email marketing, hingga membangun komunitas online. Pada akhir kelas, peserta bisa memperoleh sertifikat jika telah lulus.

Dalam Social Media Marketing Masterclass, topik yang dibahas antara lain:

  • Cara membuat konten yang menarik di media sosial
  • Bagaimana memanfaatkan komunitas media sosial untuk meningkatkan brand awareness
  • Bagaimana memilih platform media sosial yang tepat
  • Bagaimana memanfaatkan tools sederhana untuk membuat konten berkualitas

9. Social Media Organic Bootcamp (Belajar Lagi)

Buat kamu yang mencari pelatihan social media specialist khusus dari dalam negeri, Tim Belajar Lagi punya informasi menarik, nih. Kamu bisa mengikuti Social Media Organic Bootcamp dari Belajar Lagi buat mengasah berbagai keterampilan untuk berkarier sebagai social media specialist.

Bootcamp ini tak kalah lengkap karena membahas banyak topik seputar media sosial yang berkaitan dengan pemasaran. Termasuk di dalamnya tentang brand building, copywriting, pembuatan konten, serta beberapa cara mengembangkan media sosial secara organik. Tak lupa juga kamu akan belajar melakukan analisis terhadap kinerja media sosial.

Apa saja yang bisa kamu pelajari dari Social Media Organic Bootcamp?

  • Pengenalan dasar media sosial
  • Pengenalan media sosial tingkat lanjut
  • Campaign dan ide konten
  • Brand building
  • Copywriting
  • Pengenalan spreadsheet untuk analisis
  • Analisis dan evaluasi
  • Desain dan video
  • KOL manajemen
  • Pengelolaan tim media sosial

Wah, menarik dan padat banget ya materi-materinya! Biar nggak ketinggalan info pembukaan kelasnya, pastikan kamu selalu update di website Belajar Lagi, ya!

Baca Juga: Social Media Marketing:Belajar Bagaimana Media Sosial Bekerja untuk Bisnis

Kesimpulan

Social media specialist menjadi pilihan karier menarik, terlebih di tengah melesatnya pemasaran digital. Sebelum merintis karier sebagai social media specialist, bekali dulu dirimu dengan pelatihan yang mencukupi. Pastikan kamu pahami dasar-dasar penting dalam pemasaran media sosial.

Kini banyak kelas social media marketing yang mudah kamu ikuti secara daring. Tinggal pilih saja yang berbayar atau gratis. Apa pun pilihanmu, pastikan kamu berkomitmen buat mengikuti kursusnya, ya. Yuk, belajar pemasaran media sosial sekarang!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.