Ingin Belajar Spreadsheet? Ini Nih Rekomendasi Tempat Kursusnya!

Belajar menggunakan spreadsheet bermanfaat untuk banyak aspek, baik akademis maupun pekerjaan. Yuk, kenali dulu apa itu spreadsheet sekaligus tempat belajarnya!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Ingin Belajar Spreadsheet? Ini Nih Rekomendasi Tempat Kursusnya!

Apakah belajar spreadsheet sama halnya seperti menggunakan Excel? Pertanyaan ini mungkin kerap muncul pada benak para Teman Belajar. Sekilas dua tools ini memang mirip, apalagi sama-sama berbasis angka, fungsi, dan formula.

Selama ini Teman Belajar lebih banyak menggunakan yang mana nih, spreadsheet atau Excel? Ternyata ada sedikit perbedaan loh antara keduanya. Buat kamu yang belum begitu familiar dengan spreadsheet dan ingin mempelajarinya, ulasan ringkas berikut mungkin dapat membantu. Simak ya!

Perbedaan Spreadsheet dan Excel

Baik spreadsheet maupun Excel sama-sama merupakan program aplikasi yang berguna untuk mengolah data yang sifatnya numerik. Keduanya dapat orang pakai untuk berbagai keperluan, mulai dari bisnis, kerja, bahkan akademik.

Seperti yang tercantum pada laman Google Workspace Learning Center, ada perbedaan mendasar antara spreadsheet dan Excel. Sebelum memutuskan belajar spreadsheet, berikut beberapa poin yang wajib kamu pahami:

Fungsi dan Formula

Sederhananya, function alias fungsi merupakan rumus yang tersedia pada spreadsheet dan Excel yang dapat melakukan perhitungan secara cepat. Sebut saja jumlah, rata-rata, nilai maksimal, dan lain-lain.

Excel memiliki fungsi sebanyak 477 formula, sementara spreadsheet hanya 432 formula. Meski begitu, bukan berarti Excel serta merta lebih unggul daripada spreadsheet. Cocok tidaknya sebuah aplikasi akan sangat bergantung pada tujuan penggunaannya.

Andai kamu membutuhkan pengolahan angka yang sederhana, penggunaan spreadsheet sudah lebih dari cukup. Sementara, Excel lebih cocok untuk pengguna yang mesti memakai visualisasi data lebih akurat, misalnya pembukuan besar skala perusahaan.

Penyimpanan dan Akses

Perbedaan selanjutnya terletak pada poin penyimpanan serta akses. Untuk mengakses Excel, orang tidak membutuhkan koneksi internet. Berbeda dengan spreadsheet yang mesti tersambung ke jaringan internet.

Selain itu, semua dokumen spreadsheet akan otomatis tersimpan dalam Google Drive. Sementara, penyimpanan dokumen Excel ada pada komputer atau hard disk internal.

Fitur Komentar

Baik spreadsheet maupun Excel sama-sama memberikan fitur komentar yang memungkinkan pengguna lain memberikan review atas suatu dokumen. Dengan begitu, dua tools ini sebenarnya cocok untuk pekerjaan yang sifatnya proyek bersama.

Spreadsheet lebih memungkinkan sesama pengguna berkomentar satu sama lain secara real time. Hal ini tidak dapat terjadi pada Excel. Kalaupun bisa, pengguna mesti mengatur ulang terlebih dahulu setting pada Excel tersebut.

Kerja Kolaborasi

Dalam lingkup kerja secara kolaborasi, sebenarnya spreadsheet lebih unggul. Saat membuat dokumen kolaborasi, kamu cukup memasukkan email para pengguna lain ke dokumen spreadsheet. Kamu juga bisa mengatur akses pengguna lain, apakah ikut mengedit atau sekadar melihat dokumen.

Sementara, seseorang harus memastikan bahwa pengguna lain memakai email Outlook jika ingin berbagai dokumen Excel. Oleh sebab itu, Excel sendiri memang lebih banyak diaplikasikan ke perusahaan besar yang menyediakan Outlook untuk para karyawannya.

Manfaat Belajar Spreadsheet

Lalu, apakah penting untuk belajar spreadsheet? Tentu saja jawabannya penting sekali. Spreadsheet sangat cocok untuk tipe pekerjaan yang sifatnya kolaborasi alias kerja sama dalam tim.

Penggunaan spreadsheet juga pas untuk para pekerja dengan sistem remote atau work from home. Saat bekerja jarak jauh, para pengguna biasanya membutuhkan masukan dan review secara real time. Jadi, sangat bermanfaat kan?

Secara umum, spreadsheet tidak kalah hebat daripada Excel kok. Penggunaan spreadsheet masih dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna, contoh:

  • Menyajikan data lewat tabel
  • Membuat grafik dari data tabel
  • Menyaring data
  • Menyimpan data lewat cloud

Tempat Belajar Spreadsheet Online

Belajar spreadsheet pada akhirnya tidak akan pernah ada ruginya karena pemakaiannya sangat luas. Mau itu pelajar, mahasiswa, bahkan karyawan. Maka, penting nih buat Teman Belajar membekali diri dengan kemampuan menggunakan spreadsheet secara tepat.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi kursus belajar spreadsheet yang bisa kamu coba. Tenang, sifatnya online. Jadi, pasti praktis dan fleksibel!

Google Cloud Skills Boost

Kursus dari Google ini sifatnya gratis dan pastinya mudah untuk kamu ikuti. Dalam tiap materinya, terdapat video, materi pembelajaran, serta kuis. Melalui kursus ini, belajar spreadsheet pun bisa kamu praktikkan langsung.

Silabus yang akan kamu dapatkan dari kursus ini antara lain pengenalan akan spreadsheet, pengolahan data, pengoperasian function dan chart, hingga kolaborasi kerja. Kelas ini pas untuk para mahasiswa atau pelajar yang masih awam dengan spreadsheet deh.

Kelas Spreadsheet Profesional - Tech In Asia

Tech In Asia juga menyediakan kelas untuk mempelajari spreadsheet secara lebih mendalam, terutama untuk profesional. Kelas Spreadsheet Profesional menyediakan empat studi kasus dengan pendekatan berbeda. Nantinya, peserta akan belajar menerapkan formula apa yang paling tepat.

Secara umum, kursus ini memang mengarah ke para profesional kerja yang butuh keakuratan tinggi dalam data. Harapannya, produktivitas dan keterampilan dalam menggunakan spreadsheet dapat meningkat setelah ikut kelas ini.

Google Spreadsheet Basics - Udemy

Udemy juga menyediakan beberapa kursus spreadsheet yang bagus untuk pemula. Salah satunya adalah Google Spreadsheet Basic. Kursus ini khusus mengkaji penggunaan spreadsheet bagi orang-orang yang sudah terbiasa memakai Excel.

Materi yang tersedia antara lain pengolahan data ke dalam bentuk grafik, pembuatan formula untuk data, sampai menarik data dari website. Pada akhir kelas, peserta akan mendapatkan sertifikat dan langsung dapat mengaplikasikan spreadsheet ke pekerjaan.

Spreadsheets for Beginners Using Google Sheets - Coursera

Kursus spreadsheet dari Coursera ini sangat pas buat para pemula. Materi yang akan kamu dapat benar-benar dari dasar. Mulai dari basic data entry, basic function, advanced function, conditional formatting, sampai basic charts.

Secara keseluruhan, kursus ini cocok untuk para pelajar atau mahasiswa. Video yang ditampilkan mudah untuk kamu ikuti dan dilengkapi dengan contoh kasus. Praktis untuk kamu praktikkan langsung dan bisa kamu putar ulang juga.

Bookkeeping for Small Business Using Google Sheets - Skill Share

Nah, kursus spreadsheet dari Skill Share ini sedikit berbeda. Penggunaan spreadsheet ini lebih banyak merujuk untuk keperluan bisnis atau usaha. Jadi, bagus nih untuk Teman Belajar yang kerap memanfaatkan spreadsheet dalam pembukuan.

Lewat kelas ini, peserta akan belajar bagaimana menggunakan spreadsheet untuk detail pembukuan. Mulai dari invoice, revenue book, expense book, profit and loss statement, dan lain-lain. Pokoknya sangat aplikatif untuk bisnis deh.

Dari penjelasan serta tempat kursus spreadsheet, apakah Teman Belajar mulai tertarik untuk belajar? Tidak ada kata terlambat buat belajar. Entah masih mahasiswa atau sudah profesional, terus asah kemampuanmu untuk menunjang karier masa depan ya!

Kalau Teman Belajar juga tertarik menekuni karier di bidang digital marketing, bisa loh cek kelas-kelas menarik yang tersedia di BelajarLagi. Langsung saja meluncur ke website untuk info lebih lanjut!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.