3 Rekomendasi Tempat Belajar Performance Marketing, dan Cara Kerjanya

Belajar performance marketing bisa dilakukan dengan ikut kursus secara online, lho. Simak cara mengembangkan bisnis menggunakan teknologi pemasaran di sini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

3 Rekomendasi Tempat Belajar Performance Marketing, dan Cara Kerjanya

Dunia semakin mengalami perkembangan dalam bidang teknologi maupun informasi. Saat ini, berbagai informasi bisa dijangkau dengan mudah. Bukan hanya itu, teknologi pemasaran juga ikut mengalami perkembangan dan semakin canggih. 

Dengan teknologi pemasaran yang berkembang, pastinya bisa memberikan keuntungan baik bagi perusahaan yang menyediakan produk atau jasa, maupun bagi para konsumen karena bisa mencari tahu dengan mudah terkait produk atau jasa yang dibutuhkan.

Kini perusahaan bisa menggunakan performance marketing untuk memperluas bisnisnya dan juga menjangkau konsumen lebih banyak lagi. Kamu yang memiliki bisnis juga bisa memulai untuk menggunakan performance marketing dalam bisnis yang kamu jalankan. 

Kamu bisa mengikuti kursus atau kelas yang secara khusus mempelajari tentang performance marketing. Kamu juga tidak perlu kebingungan karena, sekarang sudah banyak kursus yang dilaksanakan secara online.

Mengapa Harus Belajar Performance Marketing?

Sebaiknya kamu perlu mengenal sedikit tentang performance marketing terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mengikuti kursusnya. Supaya kamu lebih memahami lagi tentang apa itu performance marketing.

Performance marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan secara online melalui iklan, dan kamu hanya perlu membayar iklan tersebut jika target bisnis yang kamu inginkan sudah tercapai.

Menurut Big Commerce, performance marketing memiliki tujuan yang lebih luas dalam peningkatan kinerja perusahaan. Pada performance marketing, perusahaan hanya akan membayar agen pemasaran jika afiliasi telah mencapai target dan memperoleh hasil yang diinginkan. 

Singkatnya, performance marketing merupakan strategi pemasaran dalam skala besar menggunakan teknologi pemasaran kerja yang lebih mudah.

Dilansir pada laman Glints yang mengatakan bahwa, performance marketing memiliki perbedaan dengan pemasaran yang biasa dilakukan secara umum (pemasaran konvensional). Marketing yang satu ini memiliki fungsi untuk dapat mengusut, memperhitungkan perilaku pengguna, melibatkan ROI (Return on Investment), pemasaran, hingga kegiatan yang dilakukan perusahaan.

Performance marketing juga melingkupi native advertising, affiliate marketing, sponsored advertising, search engine marketing, dan social media advertising.

Belajar performance marketing tentunya menjadi hal yang penting dalam proses pengembangan bisnis produk atau jasa yang kamu miliki. 

Cara Kerja Performance Marketing

Setiap strategi pemasaran pasti memiliki cara kerja yang berbeda, begitu juga dengan performance marketing yang memiliki cara kerjanya tersendiri untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran. Performance marketing sendiri merupakan strategi pemasaran yang dalam prosesnya melibatkan banyak platform di media sosial.

Biasanya, platform yang banyak dipakai dalam performance marketing adalah Google yang merupakan search engine, dan media sosial seperti halnya Instagram dan juga Facebook. Pemilihan platform mana yang akan digunakan tergantung dengan kualitas serta target pasar yang kamu inginkan.

Dalam pelaksanaannya, terdapat empat grup yang berperan dalam kesuksesan performance marketing. Berikut ini adalah empat grup yang harus ada dalam proses penerapan strategi performance marketing:

  • Advertiser atau perusahaan yang hendak memasang iklan untuk melakukan promosi baik produk maupun jasanya.
  • Affiliate yang merupakan orang yang membantu dalam pelaksanaan promosi seperti influencer, promosi melalui blog, dan review produk.
  • Affiliate network merupakan platform yang berperan dalam hubungan antara advertiser dan affiliate. Peran affiliate network ini sangat penting dalam keberlangsungan performance marketing.
  • Affiliate manager merupakan pihak yang bertugas untuk mengatur dan menyiapkan seluruh hal yang dibutuhkan oleh pihak advertiser dan affiliate. Affiliate manager yang biasa dikenal dengan OPM (Outsourced Program Management Companies) juga perlu memastikan bahwa kebutuhan keduanya terpenuhi dengan baik. 

Belajar Performance Marketing Mudah dengan Kursus Online

Setelah mengetahui tentang pengertian dari performance marketing dan cara kerjanya, sekarang kamu pasti sudah semakin yakin untuk belajar performance marketing melalui kursus-kursus yang disediakan oleh beberapa platform pembelajaran online. Berikut ini ada rekomendasi tempat kursus performance marketing secara online yang bisa kamu ikuti:

1. Glints

Glints merupakan marketplace yang menyediakan berbagai macam lowongan kerja bagi para pencari kerja dengan efektif dan mudah. Selain itu, Glints juga menyediakan kursus untuk memberikan pelajaran bagi kamu yang ingin memperluas pengetahuan dan melatih kemampuan di bidang pemasaran khususnya performance marketing dalam Glints Expert Class.

Di Glints Expert Class, kamu akan belajar performance marketing langsung dari pakarnya. Kamu juga bisa melakukan diskusi setelah sesi pembelajaran berakhir. Sertifikat juga akan diberikan ketika kamu telah berhasil menyelesaikan kursus dari awal hingga akhir.

2. Facebook atau Meta Blueprint Digital

Kamu bisa mempelajari tentang pemasaran di media sosial dengan baik, mulai dari mempelajari bagaimana cara menentukan target iklan yang tepat, mengelola iklan, dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan periklanan.

Dengan mengikuti kursus di Meta Blueprint Digital, kamu akan memahami lebih dalam tentang bagaimana melakukan pemasaran di media sosial supaya dapat mencapai target yang diinginkan.

3. Udemy

Udemy menyediakan berbagai kursus untuk pembelajaran di berbagai bidang yang salah satunya adalah performance marketing. Udemy siap memberikan pembelajaran yang bisa memperluas pengetahuan di bidang performance marketing, sehingga kamu bisa memajukan bisnis melalui teknologi pemasaran secara online dengan iklan.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.