5 Rekomendasi Kursus Digital Marketing dan Materi yang Dipelajari

Secara umum, kamu tentu akan belajar mengenai dasar digital marketing, hingga hal mendasar mengenai brand. Saat ini ada lima kategori yang penting bagi bisnis dan pengembangan skill kamu di bidang digital marketing, seperti paid ads, e-mail marketing, Search Engine Optimization (SEO), Sosial Media Marketing, dan Video Marketing.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Selain menjadi pengguna internet yang masif, Indonesia juga membutuhkan banyak talenta digital lho. Digitalisasi membuka peluang untuk 600 ribu talenta per tahun di level dasar dan menengah guna mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Sedangkan ketersediaan talenta digital kini masih di angka 100 ribu orang. Menurut penelitian McKinsey, tren ini kemungkinan besar bertahan hingga 2030 mendatang. 

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Smart Insight, potensi di bidang digital marketing terbilang cukup besar, mengingat pengguna internet di dunia juga berkembang semakin pesat. Pemanfaatan kemampuan digital marketing secara optimal dan efektif dapat menunjang pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), usaha rintisan, ataupun perusahaan dalam memasarkan maupun memberikan informasi layanan. 

Meskipun kamu baru mencoba bidang ini, Teman Belajar tidak perlu khawatir! Kamu tetap bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar meningkatkan keterampilan secara mandiri melalui berbagai kursus digital marketing atau online platform yang ramah untuk pemula.

Apa Sih Digital Marketing Itu?

Sebelum lanjut melihat list kursus, yuk kita pahami dulu tentang istilah digital marketing tersebut.

Tahukah kamu, istilah digital marketing sudah mulai dikenal sejak 1990an, seiring dengan mulai ramainya penggunaan internet di masyarakat. Setelah world wide web (www) marak digunakan, iklan digital pertama yang dijalankan merupakan e-mail yang menyajikan informasi produk perusahaan tertentu.

Melansir dari laman Hubspot, digital marketing bisa dipahami sebagai seluruh cara pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan maupun pelaku bisnis melalui saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, surat elektronik, maupun website untuk terhubung dengan calon pelanggan.

Singkatnya, menurut Anna Makrides, digital marketing dan saluran digital tersebut adalah cara interaksi brand dengan pelanggan di mana saja, dan kapan saja.

Dengan adanya kursus digital marketing bagi pemula secara online, kamu dapat bisa mendapatkan serangkaian materi pembelajaran mengenai dasar digital marketing hingga praktik langsung dengan brand yang kamu tangani. 

Kursus Digital Marketing Belajar tentang Apa Saja?

Secara umum, kamu tentu akan belajar mengenai dasar digital marketing, hingga hal mendasar mengenai brand. Saat ini ada lima kategori yang penting bagi bisnis dan pengembangan skill kamu di bidang digital marketing, seperti paid ads, e-mail marketing, Search Engine Optimization (SEO), Sosial Media Marketing, dan Video Marketing. Namun, tiap-tiap tempat kursus tentu memiliki ciri khas kurikulum yang menyesuaikan kebutuhan para pembelajarnya.

Kami merangkum beberapa beberapa pilihan tempat kursus yang bisa kamu coba untuk mengasah kemampuan digital marketing.

1. Hubspot Academy

Pengembang perangkat lunak marketing HubSpot membuka kursus digital marketing yang diberi nama HubSpot Academy. Dengan mendaftar di laman HubSpot, kamu bisa memilih kursus gratis dengan beragam pilihan. 

Kamu bisa belajar mengenai cara berpikir kritis, penggunaan tools marketing, ataupun digital marketing secara menyeluruh. 

2. Digital Garage - Google

Kursus yang ditawarkan oleh Google ini patut kamu coba karena bisa diikuti secara gratis. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan level kompetensi untuk memulai pembelajaran. 

Bagi kamu yang masih pemula, kamu hanya perlu mempelajari 26 modul dan mengerjakan ujian untuk mengukur kompetensimu di kelas Fundamental of Digital Marketing secara online. 

Google Digital Garage pun menyediakan sertifikat jika  kamu telah menyelesaikan seluruh materi yang ada.

3. Skillup Digital Marketing Strategy - Simplilearn

Selain Digital Garage maupun HubSpot Academy, Skillup dari Simplilearn juga menawarkan kursus digital marketing yang dibuat khusus untuk level pemula. Sehingga materinya pun mudah untuk dipahami. 

Ada sekitar 30 jenis kursus yang bisa kamu ikuti secara gratis dengan melihat rekaman materinya. Bagi kamu yang punya aktivitas harian yang cukup padat, kelas ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Pastikan kamu menyelesaikan materi yang ada dan mengambil sertifikatnya, ya. 

4. The Complete Digital Marketing Course - Udemy

Sebagai platform kursus keterampilan digital terbesar di dunia, Udemy juga telah menyediakan program untuk kelas digital marketing. 

Kursus digital marketing yang ditawarkan Udemy ini meliputi riset pasar, copywriting, marketing untuk platform online, dan Google Analytics. Kamu bisa mendengarkan kelas yang dipaparkan oleh Rob Percival dan Daragh Walsh kapan dan di mana saja. 

Meskipun materi disampaikan menggunakan bahasa Inggris, Udemy menawarkan kemudahan akses untuk penggunanya. Kamu bisa memilih teks terjemahan ke bahasa Indonesia untuk memahami materinya.

5. Full Stack Digital Marketing - Belajarlagi

Kalau kamu lebih nyaman belajar dengan penjelasan materi yang mudah dipahami dan lengkap, kamu juga bisa mencoba kursus Fullstack Digital Marketing (FSDM) dari Belajarlagi. Kursus ini cocok untuk kamu yang masih merasa ‘asing’ dengan digital marketing. 

Kursus intensif ini bisa kamu ikuti selama tujuh hingga delapan pekan saja dengan harga yang terjangkau, loh. 

Selain itu, kamu juga akan didampingi oleh fasilitator dan mengerjakan studi kasus dari UMKM bersama teman-teman. Jadi, kamu bisa berdiskusi secara realtime dengan fasilitator maupun instructor sehingga proses belajar akan lebih interaktif dan menyenangkan.   

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kursus digital marketing yang bisa kamu coba sekarang. Jika kamu tertarik untuk mendalami bidang digital marketing, target market  bahkan peluang karir sudah ada dalam genggaman mu. 

Jadi, selamat belajar lagi!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.