Sekolah Digital Marketing, Sebenarnya Penting Nggak Sih?

Sekolah khusus mempelajari digital marketing mungkin masih sangat jarang kamu temui. Padahal, mempelajari bidang tersebut di era saat ini sangat penting.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]
Secngkir kopi dan laptop berada di atas meja
Belajar digital marketing

Teman Belajar, sekolah digital marketing rasanya masih kurang familiar untuk orang Indonesia. Seperti kamu tahu, belum banyak perkuliahan atau tempat belajar yang benar-benar secara khusus mengajarkan digital marketing. Selama ini, segala hal tentang pemasaran digital lebih banyak orang dapatkan secara otodidak atau lewat mengikuti kursus.

Berkaca dengan perkembangan zaman yang kian pesat, keberadaan sekolah digital marketing sepertinya sangat dibutuhkan. Apalagi kini makin banyak perusahaan mulai mencari sumber daya yang ahli dalam bidang tersebut. Pasalnya, digital marketing mulai menjadi opsi terbaik perusahaan dalam memasarkan produk ataupun jasa.

Untuk mendalami lebih lanjut mengenai belajar digital marketing, Tim Belajar Lagi sudah menyiapkan artikel khusus buatmu. Kali ini, kamu dapat belajar mengenai pentingnya digital marketing hingga tips untuk mempelajarinya. Simak ya!

Kenapa belajar digital marketing?

Seorang wanita enggunaakan headset sambil membuka laptop
Alasan perlu belajar digital marketing

Memutuskan disiplin ilmu yang hendak kamu terapkan memang tidak mudah. Terlebih jika pada akhirnya itu akan menentukan karier di masa depan. Nah, digital marketing menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kamu pelajari selagi masih kuliah. Melansir dari Indeed, berikut beberapa alasannya:

Bagus untuk karier entry level

Kelebihan berkarier dalam digital marketing adalah tidak terlalu menitikberatkan pada latar belakang pendidikan. Siapa pun, dengan jurusan kuliah apa saja, sangat mungkin untuk bekerja pada bidang ini. Sebagai fresh graduate, kamu akan punya banyak kesempatan untuk mendalami digital marketing.

Makin kamu menyiapkan diri mengenal digital marketing sejak dini, kian besar peluang kamu memasuki entry level dengan nyaman. Kalau entry level-nya saja sudah bagus, bisa kamu bayangkan potensi perkembangan kariernya nanti.

Banyak pilihan kariernya

Belajar digital marketing membuka peluang pada banyak pilihan karier lho. Sebut saja social media specialist, SEO specialist, content writer, copywriter, dan lain-lain. Dengan banyaknya pilihan, kamu dapat menentukan bidang mana yang mau kamu pelajari dulu.

Jangan salah nih, digital marketing sangat memungkinkanmu belajar banyak hal. Kamu tidak hanya akan jago pada satu bidang saja. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat mempelajari hal lain hingga nantinya kemampuanmu makin komplit.

Prospek masa depan bagus

Hingga saat ini, digital marketing merupakan bidang yang akan terus berkembang. Pemasaran online masih menjadi opsi terbaik sejauh ini dan akan terus dibutuhkan setidaknya sepuluh tahun ke depan. Itu artinya, prospek masa depan dari bidang ini masihlah bagus.

Dengan mempelajari digital marketing mulai sekarang, kamu dapat menyusun langkah kecil menuju karier impianmu kelak. Bagaimana nih, sudah mulai tertarik mendalami atau mengikuti sekolah digital marketing belum?

Opsi mengembangkan skill

Seorang wanita sedang berdiri dan memegang sebuah tab

Belajar digital marketing memperluas kemampuanmu

Dengan belajar digital marketing, kamu punya kesempatan mengenal beragam keterampilan. Kamu dapat mengasah kemampuan dalam SEO, analisis data, copywriting, desain grafis, hingga media sosial. Makin banyak peran yang kamu coba, digital marketing menjadi ladang menyenangkan buat kerja kok.

Kompetensinya serba guna

Kompetensi pada digital marketing juga memudahkan seseorang untuk berpindah karier. Keterampilan digital marketing sifatnya fleksibel, artinya mudah dipelajari selagi bekerja. Misalnya, seseorang yang menekuni SEO secara tidak langsung mesti mengasah diri dalam menulis.

Contoh lainnya, seorang digital marketer yang bertanggung jawab mengurus ads campaign biasanya juga mahir dalam copywriting. Intinya, semua kompetensi digital marketing yang ada akan sangat serba guna untuk berbagai jenis karier,

Potensial gaji menjanjikan

Pendapatan yang nanti kamu dapatkan dari berkarier digital marketing juga cukup menjanjikan. Untuk entry level, kamu biasanya bisa memperoleh gaji setara atau sekitar UMR. Namun, nominal gaji akan terus bertambah seiring naiknya level atau kemampuanmu.

Selain itu, kenaikan level pada bidang digital marketing tidaklah terlalu lama. Selama kamu menekuni pekerjaan dan mau belajar kemampuan lain, jenjang kariermu akan naik lebih cepat. Setidaknya butuh waktu tiga sampai lima tahun untuk naik level ke manager.

Kesempatan berkolaborasi besar

Belajar digital marketing tidak akan pernah membosankan karena kamu akan terhubung dengan banyak orang. Pada dasarnya, kerja dari digital marketing semacam upaya bersama. Contohnya, sebuah campaign tidak akan dibuat tanpa adanya kerja sama antara copywriter, desainer grafis, campaign manager, dan lain-lain.

Kolaborasi menjadi kunci penting dalam digital marketing. Oleh sebab itu, kamu pun secara tidak langsung akan sekaligus belajar banyak hal saat bekerja dengan tim lain.

Adanya perkembangan industri

Sebagai sebuah industri, pertumbuhan dari digital marketing tergolong naik secara signifikan. Menurut laporan dari U.S. Bureau of Labor Statistics (BLS), kenaikan lowongan kerja untuk digital marketing dapat menyentuh angka 10% hingga 2030 mendatang. Dengan mempelajari bidang ini, kamu punya peluang untuk berkarier di dunia digital marketing.

Skill digital marketing

Meja kantor yang diatasnya ada kopmputer dan beberapa alat kantor

Skill penting dalam digital marketing

Sebelum memutuskan ikut sekolah digital marketing, sebaiknya kamu kenali dulu kemampuan apa saja yang kamu butuhkan. Menurut Michael Page, tujuh skill ini menjadi pilar penting dalam digital marketing:

1. Analisis data

Pada dasarnya, kemampuan analisis data mengacu pada kegiatan mengumpulkan segala informasi dari interaksi online dengan pelanggan. Bentuk interaksi tersebut dapat dari konten media sosial, kueri penelusuran, dan lain-lain.

Dengan bantuan aneka tools, analisis data dapat menjadi lebih mudah. Nantinya, hasil analisis pada data dan informasi akan sangat membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang relevan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menyimpan sekaligus mengelola database pelanggan dari tahun ke tahun.

2. Pembuatan konten

Seperti kamu tahu, inti dari digital marketing terletak pada konten yang nantinya dapat menarik hati pelanggan. Dalam hal ini, pembuatan konten tidak hanya berfokus pada aturan SEO atau mengacu pada hal yang sedang populer semata. Butuh kemampuan untuk lebih jeli menyiapkan konten yang relevan dan dekat dengan pelanggan.

Maka, sebagian digital marketer mencoba membikin konten yang sifatnya “evergreen”. Maksudnya, konten tersebut akan terus relevan ke pelanggan meski sudah bertahun-tahun berlalu. Dengan begitu, informasi yang ada pada konten akan tetap sesuai dengan kebutuhan orang dalam jangka waktu panjang.

3. SEO

Karena algoritma dari mesin pencari seperti Google kerap berganti, maka kemampuan untuk mendalami SEO sangat dibutuhkan. Kemampuan memahami SEO sepertinya menjadi hal wajib untuk semua pekerjaan digital marketing. Setidaknya mengerti apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.

Meski bagian ini sebenarnya adalah tanggung jawab SEO specialist, bukan berarti pekerjaan seperti content writer dan copywriter bisa mengabaikan SEO. Tanpa memahami rambu-rambu SEO, tentu sulit juga membuat konten berkualitas yang berpotensi muncul pada ranking teratas.

4. CRM

Selain kemampuan teknis, digital marketing juga mengedepankan soft skill berupa komunikasi dengan pelanggan. Customer relationship management sangat penting jika perusahaan ingin benar-benar tahu kebutuhan pelanggan. Tanpa adanya CRM yang baik, strategi dalam upaya memaksimalkan kenyamanan pelanggan pasti akan kurang optimal.

Loyalitas pelanggan dapat terbangun baik jika sudah ada ikatan emosional antara perusahaan dengan pelanggan. Maka, soft skill seperti komunikasi dan empati sifatnya sangat wajib jika berada di area CRM ini.

5. Komunikasi

Keterampilan komunikasi bukan hanya dibutuhkan digital marketer yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Kemampuan komunikasi di sini sifatnya jauh lebih luas, yakni bisa berupa verbal dan non verbal. Terutama jika hubungannya dengan pembuatan konten.

Seorang digital marketer seharusnya cukup jeli melihat masalah dari berbagai perspektif berbeda. Selain itu, ide yang muncul juga mesti diwujudkan menjadi sesuatu yang mudah dipahami audiens. Dengan kemampuan komunikasi bagus, audiens pun dapat merasa lebih dekat ke konten.

6. Media sosial

Saat ini, media sosial menjadi ruang bicara publik yang tak pernah berhenti. Itu sebabnya digital marketing pun memanfaatkan keberadaan media sosial untuk banyak berkomunikasi dengan pelanggan. TIga faktor penting dalam hal ini adalah kualitas konten, relevansi konten, serta keterlibatan dengan audiens.

Karena setiap platform media sosial memiliki algoritma dan karakteristik tersendiri, butuh kemampuan untuk menguasai dan memahaminya. Jika Teman Belajar suka mengulik pembuatan konten di media sosial, sangat mungkin untuk terjun ke digital marketing lho.

7. Kemampuan dasar desain

Konten visual belakangan ini menjadi media paling ampuh buat menarik pelanggan daripada konten tulisan. Bentuk konten visual yang disukai pelanggan dapat berupa desain grafis hingga video. Maka, kemampuan dasar dalam desain wajib dimiliki jika ingin mendalami digital marketing.

Seorang digital marketer setidaknya punya dasar Adobe Creative Suite cukup baik. Mulai dari Photoshop, InDesign, dan lain-lain. Untuk para pemula, sebaiknya mampu membuat desain dengan menggunakan Canva.

Baca Juga: Ikuti Langkah Awal Belajar Canva dan Rekomendasi Kursusnya!

Belajar digital marketing tanpa sekolah

Laptop dan buku ang berada di atas meja

Mempelajari digital marketing tanpa sekolah khusus

Meski bekal kemampuan dan keterampilan untuk digital marketing cukup kompleks, kamu masih bisa kok mempelajarinya secara mandiri. Sebelum memutuskan akan ikut kursus atau sekolah digital marketing, coba dulu deh beberapa cara ini:

Belajar lewat video atau blog

Berbagai video tentang digital marketing dapat kamu akses dengan mudah di internet. YouTube menjadi salah satu media belajar terbaik. Beberapa channel YouTube yang banyak memberikan info mengenai digital marketing antara lain Semrush, HubSpot, dan The GaryVee Video Experience.

Selain belajar lewat video, maksimalkan juga berselancar di dunia maya lewat blog. Setiap kamu mengetikkan kata kunci digital marketing di Google, pasti akan muncul banyak blog yang bisa kamu baca. Mulailah dari rajin membaca pengetahuan yang ada di situ dulu ya.

Mulai membuat website sendiri

Mau belajar sambil praktik sendiri? Mungkin membuat website sendiri adalah jawabannya. Mengelola website pribadi menjadi cara paling seru untuk mendalami digital marketing lho.

Lewat blog pribadi, kamu dapat sedikit belajar mengenai dasar-dasar penggunaan SEO. Seperti kamu tahu, SEO menjadi salah satu aspek terpenting dalam pemasaran digital. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan website pribadi sebagai portofolio juga. Seru kan!

Dengarkan podcast

Setiap orang punya cara berbeda-beda dalam belajar. Jika dua pilihan sebelumnya bersifat visual dan praktik, maka yang selanjutnya ini juga unik. Podcast juga merupakan media belajar yang paling fleksibel karena bisa kamu nikmati sambil melakukan hal lain.

Sekarang banyak kok podcast yang berisi tentang digital marketing, bahkan dari para ahlinya. Kamu bebas mendengarkannya di mana saja dan kapan saja. Beberapa rekomendasi podcast-nya antara lain Social Pros Podcast, Social Media Marketing with Michael Stelzner, dan lain-lain.

Tips memilih sekolah digital marketing

Seorang wanita sedang membuka laptop sambil mendengarkan musik

Tips pilih sekolah digital marketing

Nah, kalau kamu tertarik menjajal kursus khusus digital marketing, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Pahami kebutuhanmu

Jauh sebelum memutuskan tempat sekolah digital marketing yang tepat, ada baiknya kamu buat daftar alasan mengapa ingin belajar bidang tersebut. Saat tujuanmu jelas, itu akan memudahkanmu dalam memilih kelas yang lebih tepat.

Contoh pertanyaan yang bisa kamu tanyakan ke diri sendiri:

  • Mengapa saya butuh belajar digital marketing?
  • Dengan mengikuti kelas, apa yang ingin saya kembangkan? Sekadar skill atau menjadikannya sebagai karier?
  • Apakah saya butuh kursus digital marketing dengan materi terlengkap atau hanya satu spesialisasi bidang saja?

2. Kenali metode belajar yang tepat

Kemudahan teknologi membuka dua pilihan belajar untukmu: belajar otodidak atau belajar dengan mentor berpengalaman? Maka, pertanyaan yang mesti kamu jawab adalah:

  • Apakah saya butuh suasana kelas yang mendukung?
  • Apakah saya lebih nyaman belajar sendirian?

Sebagai pemula, belajar dalam suasana kelas dapat meningkatkan semangat belajar. Apalagi beberapa hal menjadi mudah dipahami jika dipelajari bersama-sama. Namun sekali lagi, kebutuhan tiap orang biasanya berbeda-beda ya.

3. Cermati mentor sekolah digital marketing

Seseorang sedang melakukan meeting online

Belajar digital marketing langsung dari mentor berpengalaman

Digital marketing mencakup banyak hal, mulai dari SEO, analisis data, hingga media sosial. Dengan jangkauan bidang yang luas tersebut, kamu butuh belajar dari para mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya. Dengan begitu, proses belajar pun menjadi lebih menyenangkan.

Oleh sebab itu, jangan lupa lakukan riset untuk mencermati para mentor dari kelas yang hendak kamu pilih. Sekolah digital marketing semestinya menawarkan pengajar yang sudah cukup lama makan asam garam di bidangnya.

4. Pelajari sistem belajarnya

Yang tidak kalah penting, cek baik-baik sistem belajarnya. Termasuk di dalamnya jadwal kelas, ada tidaknya rekaman video, materi, hingga pemberian tugas. Mencermati sistem belajar sudah cukup memberikan gambaran buat kamu mengenai kelas tersebut nantinya berjalan seperti apa.

Ukur kemampuan dirimu juga, apakah kamu sanggup mengikuti sistem belajar yang ada. Maka, penting sekali untuk mengatur waktu agar kelas digital marketing tersebut tidak tumpang tindih dengan kegiatanmu yang lain.

Nah, Belajar Lagi memiliki kelas Fullstack Digital Marketing yang dapat membantumu jadi digital marketer sukses. Sistem belajarnya sangat ramah buatmu dengan materi komprehensif. Tertarik mencobanya?

5. Periksa peluang karier setelah pelatihan

Mentor atau fasilitator yang berdedikasi dapat membantu kamu mengidentifikasi kemampuanmu, bahkan hingga peluang karier. Jika kamu berencana berkarier di digital marketing setelah kursus, coba pertimbangkan hal-hal ini:

  • Apakah kelas tersebut memberikan saya sertifikasi?
  • Apakah kelas tersebut membantu saya menyusun resume dan portofolio lebih baik?
  • Apakah saya akan mendapatkan tugas komprehensif?
  • Apakah saya bisa mendapatkan koneksi baru dari kelas tersebut?

6. Pertimbangkan bujet

Khusus untuk kursus digital marketing yang berbayar, jangan lupa pertimbangkan biaya yang mesti kamu keluarkan. Andai biayanya belum mencukupi, kamu bisa menabung dulu sampai nanti bisa ikut kelas di batch selanjutnya. Tidak perlu memaksakan diri mengikuti kelas mahal, yang penting sesuai dengan kemampuanmu saja.

Setelah itu, dedikasikan waktu dan komitmen untuk ikut kelas digital marketing sampai akhir. Sayang kan kalau bujet yang besar malah kamu sia-siakan dengan jarang masuk kelas?

Baca Juga: 10 Strategi Terbaru Digital Marketing 2023, Wajib Paham Nih

Kesimpulan

Dengan adanya perkembangan zaman yang cepat, keberadaan sekolah digital marketing saat ini sangat penting. Apalagi tidak banyak institusi pendidikan yang menyediakan spesialisasi khusus tentang digital marketing. Mempelajari digital marketing di luar kelas formal menjadi sesuatu yang bisa kamu coba.

Sebelumnya, pahami dulu beberapa skill yang dibutuhkan dalam digital marketing. Mulai dari analisis data, pembuatan konten, SEO, CRM, komunikasi, media sosial, hingga desain. Dengan begitu, kamu dapat menyiapkan diri dulu dengan mempelajari dasar-dasar skill tersebut.

Sekolah digital marketing membantu mengasah keterampilan-keterampilan tadi. Dengan sistem daring yang fleksibel, kamu dapat mengikuti kelas dengan nyaman. Pastikan kamu mengecek dulu pilihan kursusnya, sistem belajar, sampai mentor agar kamu memperoleh kelas yang tepat.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.