Pemula Wajib Simak! Berikut Rekomendasi Pelatihan Digital Marketing Gratis

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
November 20, 2023
Updated:
November 20, 2023

Saat ini, sangat mudah menemukan pelatihan digital marketing gratis. Pasalnya, pekerjaan digital marketer menjadi salah satu pekerjaan dengan demand yang cukup tinggi.

Alhasil, banyak perusahaan yang membuka pelatihan di bidang tersebut. Namun sebelum peserta mengambil full package, biasanya akan ada sesi trial pelatihan digital marketing gratis untuk melihat kecocokan antara peserta dan kurikulum yang ditawarkan.

Mengutip Hostinger, digital marketing adalah komponen pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi digital berbasis online seperti komputer desktop, telepon seluler, serta media dan platform digital lainnya untuk mempromosikan produk dan layanan.

Jadi, diperlukan pemahaman tentang internet dan teknologi supaya bisa menjalankan pemasaran berbasis digital ini.

Jika kamu tertarik untuk mencari pelatihan digital marketing gratis, gak ada salahnya untuk simak artikel berikut ini! Ada rekomendasinya juga, lho.

Alasan Harus Ikut Pelatihan Digital Marketing Gratis

Salah satu hal di dunia ini yang paling cepat perubahannya secara cepat yaitu digitalisasi. Banyak cara yang mau tidak mau tergerus dan tergantikan  oleh cara yang lebih baru, mudah dan cepat.

Pelatihan Digital Marketing

Gak hanya mendapat ilmu secara cuma-cuma, simak alasan lainnya mengapa kamu harus mulai ikut pelatihan digital marketing gratis:

  • Mengikuti pelatihan digital marketing akan membuka wawasan kamu terhadap cara pemasaran yang modern
  • Dengan mengikuti pelatihan digital marketing juga dapat mengembangkan hard skill yang dibutuhkan semua marketer.
  • Mampu menyusun strategi penggunaan media online berdasarkan tujuan serta kategori produk
  • Mampu menentukan model dasar pelaksanaan online online yang bisa dijalankan sesuai dengan kondisi pasar di Indonesia.
  • Mampu mewujudkan digital branding dengan cost yang lebih efektif.
  • Tidak menerapkan digital marketing, maka kompetitor akan meraih perhatian konsumen.
  • Dengan digital marketing memberitahu informasi yang rinci tentang pelanggan.

Apa Manfaat Mengikuti Pelatihan Digital Marketing Gratis?

Selain dapat mempelajari bagian-bagian dari digital marketing secara secara gratis, berikut ini adalah manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh melalui pelatihan digital marketing gratis:

1. Membangun Product Branding

Tanpa kamu sadari, saat membangun bisnis maka sangat diperlukan faktor kepercayaan dari konsumen, bukan? semakin konsumen percaya produk kamu maka kredibilitas bisnis juga akan meningkat.

Sehingga membangun personal dan product branding sangat dibutuhkan pada digital marketing saat ini. Personal branding sendiri dapat terbentuk dengan pribadi atau perilaku yang baik dan profesional.

2. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Saat bisnis sudah terkoneksi dengan jaringan internet, maka secara otomatis bisnis tersebut akan terhubung dengan relasi pengguna internet di seluruh dunia.

Jadi dengan menerapkan digital marketing, akan membantu bisnis kamu dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk dan jasa secara efektif dan efisien.

3. Lebih Murah Dan Efektif

Manfaat selanjutnya yaitu tidak memerlukan sumber yang besar atau dapat dikatakan minim dari sisi modal. Sebab setiap orang bisa menjalankan bisnis dengan memanfaatkan internet tanpa  biaya yang besar.

4. Pengetahuan dan Keahlian yang Diperluas

Pelatihan digital marketing gratis menawarkan basis pengetahuan yang komprehensif di berbagai aspek penting di bidang ini, seperti Search Engine Optimization (SEO), pembuatan konten, dan analisis data. 

Dengan demikian, mempelajari beragam keterampilan yang dibutuhkan dan penting untuk sukses dalam industri digital marketing.

5. Pertumbuhan Karir Jangka Panjang

Mengutip Emeritus, pelatihan digital marketing gratis tidak hanya membekali pelajar dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan, namun juga menunjukkan pada klien bahwa mereka proaktif dalam mengikuti perkembangan tren industri terkini dan praktik terbaik. 

Oleh karena itu, berinvestasi dalam pelatihan pemasaran digital dapat memposisikan seseorang untuk kesuksesan karir jangka panjang dan kemajuan dalam pemasaran.

6. Menjadi Digital Marketer Profesional

Menurut Global Strategic Business Report 2023, pasar periklanan dan digital marketing global diproyeksikan mencapai $1,5 triliun pada tahun 2030.

Pertumbuhan ini juga mencerminkan tingginya permintaan akan digital marketer yang profesional dan terampil. Alhasil, ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi mereka yang tertarik untuk mengejar karir di bidang ini.

7. Work-Life Balance

Istilah ini pasti tidak asing lagi ya di kalangan milenial dan GenZ? 

Tekanan pekerjaan yang makin besar tiap harinya, membuat keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari menjadi sulit ditemukan.

Nah, berkarir menjadi seorang digital marketer menawarkan hal yang disebut work-life balance. Pasalnya, posisi digital marketing bisa dilakukan dimana saja, tidak harus berkelut di kantor saja.

Ini bisa jadi pilihan tepat untuk ibu rumah tangga yang ingin tetap berkarir dari rumah, seorang traveler yang suka menjelajah, maupun orang-orang yang memang menyukai bekerja di rumah saja. 

Jika kamu tertarik akan hal serupa, maka ini saat yang tepat untuk ikut pelatihan digital marketing gratis!

8. Meningkatkan Networking

Pelatihan digital marketing gratis juga dapat membantu para profesional dalam memperluas jaringan mereka. 

Selama pelatihan, para profesional akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai industri dan bidang. Hal ini dapat membuka peluang untuk membuat koneksi baru dan memperluas jaringan profesional mereka. 

Para profesional juga dapat bergabung dengan komunitas online atau offline untuk bertukar informasi dan ide dengan para profesional lain dalam industri mereka.

Jenis-jenis Pelatihan Digital Marketing Gratis

Umumnya, pelatihan digital marketing gratis menawarkan paket kelas secara satuan. Alasannya, agar kamu lebih mudah mencari minat dan bakatmu sebelum mengambil kelas secara keseluruhan.

pelatihan digital marketing yang bisa diakses online

Ini dia jenis-jenis kelas yang bisa kamu ambil saat pelatihan digital marketing gratis:

1. Search Engine Marketing (SEM)

Memiliki fokus pada promosi produk melalui mesin pencarian seperti Google. Yang dilakukan melalui pembuatan website, landing page dan lainnya.

2. Website

Dengan penggunaannya ini sangat mampu untuk menjangkau target user secara lebih luas dari seluruh penjuru daerah. Dan juga dapat digunakan untuk sarana memperkenalkan profil sebuah perusahaan.

3. Video Marketing

Menggunakan media berupa video cukup efektif saat banyak orang menghabiskan waktu untuk mengakses internet. Disini kamu dapat menampilkan informasi mengenai usaha.

4. Sosial Media Marketing

Kamu bisa menerapkan janis yang satu ini dengan memanfaatkan berbagai media sosial seperti YouTube, Tiktok, Instagram, Facebook dan media lainnya.

5. Email Marketing

Pemasaran yang dilakukan melalui surat elektronik yang cocok untuk diterapkan oleh usaha dengan model business to business (B2B).

6. Digital Advertising

Jenis digital marketing ini berupa pemasangan iklan di berbagai channel online. Beberapa channel digital Ads terpopuler seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube dan TikTok Ads.

Strategi Digital Marketing yang Akan Dipelajari

Sudah menentukan ingin mengambil keseluruhan pelatihan digital marketing gratis? Jika iya, kamu wajib simak strategi-strategi yang akan kamu pelajari nantinya berikut ini.

Alhasil, kamu sudah bisa mencari info terlebih dahulu dan tanyakan yang kurang kamu mengerti saat pelatihan berlangsung.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi yang pertama yaitu usaha mendapatkan lebih banyak pengunjung website secara organik tanpa memasang iklan.

2. Social Media Activation

Strategi digital marketing yang kedua ini sudah pasti sangat lekat dengan para audiens masa kini.

Kamu bisa mempromosikan brand serta konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Tiktok dan media sosial lainnya. 

Bila disertai dengan konten yang menarik dan disesuaikan dengan audiens yang ingin dijangkau, optimasi media sosial bisa jadi hal yang sangat jitu untuk mempromosikan bisnis.

3. Affiliate Marketing atau Dropshipping

Saat kamu menerapkan strategi digital marketing yang satu ini, kamu bisa mendapatkan profit dari dropshipper untuk membantu mereka mencari keuntungan.

Gak hanya mengembangkan bisnismu, tapi kamu juga bisa membantu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

4. Content Marketing

Jenis digital marketing ini berupa konten baik berbentuk tulisan, audio, gambar atau video. Yang biasanya dilakukan beriringan dengan social media marketing, email, atau digital Ads.

Ada banyak jenis content marketing yang pasti kamu sudah familiar. Seperti carousel dan reels di instagram, video di TikTok, maupun audio di Spotify.

5. Pay per Click

Merupakan sebuah cara untuk mengarahkan traffic pengunjung untuk masuk ke website kamu dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google Adwords, Facebook Ads dan lainnya.

6. Influencer Marketing

Seseorang yang memiliki pengaruh besar dimana seseorang akan dipengaruhi atau diarahkan saran yang diberikan oleh influencer tersebut.

7. Google Bisnisku

Saat kamu menggunakan ini tentunya akan mendapatkan banyak sekali kemudahan. Fungsinya sendiri untuk memberikan informasi secara lengkap seperti nama perusahaan, jam kerja, alamat kantor dan lainnya.

Rekomendasi Pelatihan Digital Marketing Gratis

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, digital marketing menjadi suatu keharusan untuk menjaga daya saing. 

Jika bisnismu tidak hadir secara online dan tidak memanfaatkan potensi digital marketing, kamu berisiko kehilangan peluang dan terlampaui oleh pesaing kamu yang memanfaatkannya.

Siap untuk mengikuti pelatihan digital marketing gratis untuk meningkatkan jenjang karir dan mengembangkan bisnis? Ini dia beberapa rekomendasinya yang bisa kamu ikuti!

Belajar digital marketing gratis

1. SEMRush Academy

Mengutip dari laman resmi SEMRush Academy, website ini menyediakan pelatihan digital marketing gratis yang berfokus pada SEO.

Kamu akan mempelajari strategi dan praktik terbaik untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web di mesin pencari, serta untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran digital.

SEMrush Academy menyediakan materi pelajaran dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, dan Rusia. 

Saat belajar di SEMrush Academy, kamu juga akan mendapatkan akses ke alat SEMrush, yang merupakan platform berguna dalam analisis SEO dan pemasaran digital. 

2. Google Skillshop

Jika membahas tentang internet dan teknologi beserta segala hal di dalamnya, jelas kita tidak bisa melupakan Google.

Google Skillshop yang merupakan tempat pelatihan digital marketing gratis yang difasilitasi langsung oleh Google untuk mempelajari produk-produk mereka secara GRATIS. 

Ada 8 topik yang dapat kamu pelajari saat mengikuti kursus ini, yaitu:

  • Google Ads
  • Google Marketing Platform
  • Analytics Academy
  • Google My Business
  • Google Ad Manager
  • Google AdMob
  • Authorized Buyers
  • Waze

Kamu juga dapat mengambil sertifikasi kursus digital marketing, khusus untuk topik Google Google Ads, Google Marketing Platform, Analytics Academy, dan Waze.

3. Meta Blueprint

Dulu, tempat kursus digital marketing ini identik dengan nama Facebook Ads Blueprint.

Namun setelah Facebook mengganti nama perusahaan induknya menjadi Meta, Facebook Blueprint berganti nama menjadi Meta Blueprint (Dengan Facebook Blueprint ada di dalamnya).

Ada 3 platform digital marketing yang difokuskan di sini, yaitu Facebook Marketing, Instagram Marketing, dan WhatsApp Marketing.

Untuk topik dari pelatihan digital marketing gratis yang ditawarkan sendiri total ada 10, yaitu:

  • Prepare to Bring Your Business Online
  • Establish Your Presence
  • Attract an Audience
  • Build Relationships
  • Improve Your Creative Strategy
  • Optimize Your Strategy
  • Sell Your Products Online
  • Start Advertising from Your Page
  • Enhance Your Ads in Ads Manager
  • Monetise Your Content

4. LinkedIn Learning

LinkedIn Learning menawarkan katalog kursus yang luas tentang digital marketing. 

Disini, kamu dapat memilih dari berbagai topik, mulai dari dasar-dasar pemasaran digital hingga strategi lanjutan seperti:

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Digital Marketing
  • Google Analytics
  • Social Media Marketing
  • WordPress
  • Online Marketing

LinkedIn Learning terintegrasi dengan profil LinkedIn, sehingga kamu dapat menambahkan sertifikasi dan kursus yang telah kamu selesaikan ke profil kamu. Ini dapat meningkatkan kredibilitas dan menarik perhatian perekrut atau klien potensial.

5. eMarketing Institute

Sedikit berbeda dengan pelatihan digital marketing gratis yang lain, eMarketing Institute memfasilitasi para calon pemasar untuk belajar melalui e-book digital marketing yang telah mereka sediakan.

Sampai tulisan ini dibuat, total ada 10 topik sertifikasi dari e-book digital marketing yang dapat kamu pelajari secara GRATIS, yaitu:

  • E-commerce Certification
  • Affiliate Marketing Certification
  • Blogging Certification
  • Content Marketing Certification
  • Email Marketing Certification
  • Online Marketing Fundamental Certification
  • SEO Certification
  • Social Media Marketing Certification
  • Search Engine Marketing Certification
  • Web Analytics Certification

6. Coursera

Bagi kamu yang sering mengikuti kelas-kelas gratis secara online, pasti sudah tidak asing lagi dengan Coursera. 

Coursera menawarkan katalog pelatihan digital marketing gratis dan juga beragam. Kamu dapat memilih dari berbagai kursus yang disediakan oleh universitas dan lembaga terkemuka di seluruh dunia. 

Kursus-kursus ini mencakup berbagai topik, termasuk SEO, pemasaran konten, analitik, media sosial, periklanan digital, dan banyak lagi.

Beberapa kursus di Coursera menawarkan proyek praktis yang memungkinkan kamu menerapkan pengetahuan yang telah kamu pelajari ke dalam situasi nyata. 

Selain itu, beberapa kursus juga menggunakan studi kasus aktual untuk memberikan wawasan tentang bagaimana digital marketing diterapkan dalam berbagai industri dan skenario.

7. Google Analytics Academy

Tempat pelatihan digital marketing gratis dari Google berikutnya adalah Google Analytics Academy. 

Ada 3 platform analisis data yang dapat dipelajari secara gratis, yaitu Google Analytics, Google Data Studio, dan Google Tag Manager. 

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan kesesuaian serapan materinya, karena kelasnya disesuaikan dengan level atau tingkatan peserta. Diantaranya ada fitur Google Analytics untuk pemula hingga tingkat lanjut.

Nah, bagi kamu yang bermimpi menjadi seorang ekspert di bidang ini, bisa belajar terlebih dahulu melalui pakar digital marketing yang akan diperkenalkan saat proses pembelajarannya. 

Google Analytics Academy juga banyak menghadirkan instruktur international, yang tak patut diragukan lagi pengalamannya.

8. Udacity

Selanjutnya ada Udacity, di mana mereka mengusung materi pembelajaran serta memberikan pemahaman yang dirancang oleh berbagai Universitas terkemuka.

Sehingga sangat memungkinkan menemukan wawasan praktis dari para pengajarnya. Topik pelatihan yang ditawarkan pun seputar teknologi modern, sehingga pembahasan tentang Digital Marketing pun tak tertinggal.

Sebagian besar kursus di sini berbayar, namun masih terdapat beberapa kelas pelatihan digital marketing gratis yang bisa diikuti, seperti:

  • Marketing Fundamental
  • Marketing Data & Technology
  • Social Media Marketing (Elective)
  • SEO Essentials (Elective)
  • Search Engine Marketing
  • Digital Advertising
  • Email Marketing

9. Hootsuite Academy

Kemampuan sosial media yang bisa digunakan sebagai tempat memasarkan produk tak perlu diragukan lagi. Namun perlu teknik khusus agar pemasaran di media sosial bisa berhasil.

Hootsuite Academy adalah salah satu lembaga pendidikan digital yang fokus pada social media marketing. 

Di Hootsuite Academy, kamu bisa mempelajari berbagai teknik seperti penggunaan Hootsuite untuk mengelola media sosial, membuat kampanye sosial media, dan mengukur hasil campaign secara gratis.

10. MOZ Academy

Moz Academy adalah platform yang mengkhususkan diri dalam SEO (Search Engine Optimization) dan pemasaran konten. 

Kamu akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang strategi SEO, teknik optimasi situs web, dan pemasaran konten yang efektif. 

Moz Academy menawarkan berbagai kursus yang mencakup topik seperti SEO dasar, teknik lanjutan dalam SEO, pemasaran konten, analitik, dan lainnya. 

Setelah menyelesaikan kursus, kamu dapat mengikuti ujian dan jika lulus, kamu akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara industri. 

Saat belajar di Moz Academy, kamu juga akan mendapatkan akses ke alat Moz, seperti Moz Pro, yang membantu dalam analisis dan pengoptimalan SEO. 

Kamu dapat menggunakan alat ini untuk melacak peringkat kata kunci, menganalisis tautan balik, dan memonitor kinerja SEO situs web.

Kesimpulan

Itu dia informasi dan rekomendasi pelatihan digital marketing gratis. Seperti yang kita ketahui, digital marketing adalah bidang yang diminati dengan demand yang cukup tinggi. 

Nah, dengan mengikuti pelatihan digital marketing gratis akan membantu dirimu untuk mengambil langkah pertama menuju karir yang sangat sukses dalam pemasaran digital. 

Ingat, jangan lupa juga diaplikasikan dan terus latihan agar kamu bisa membangun portofolio digital marketing yang menjanjikan.

#
Digital Marketing
#
Personal Development
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.