Begini Prospek Jenjang Karir sebagai Digital Marketer, Menarik Loh!

Tertarik bekerja sebagai digital marketer, tetapi masih bingung dengan prospek jenjang karir dari bidang tersebut? Coba simak artikel ini terlebih dahulu ya!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Bagaimana prospek jenjang karir sebagai digital marketer? Pada zaman sekarang, pertanyaan ini mungkin kerap muncul di kepalamu. Pasalnya, pekerjaan sebagai digital marketer cukup populer beberapa tahun belakangan ini.

Hampir semua perusahaan membutuhkan sumber daya pada bidang digital marketing. Mulai dari perusahaan konvensional hingga perusahaan rintisan. Maka, tidak heran jika anak-anak muda masa kini berbondong-bondong belajar tentang bidang tersebut.

Pertanyaannya, apakah berkarier digital marketing memiliki prospek bagus hingga tahun-tahun mendatang? Agar punya gambaran tentang profesi ini, Teman Belajar dapat menyimak ulasan singkatnya berikut ini. Kamu akan belajar tanggung jawab serta bidang kerja digital marketer, sekaligus prospeknya pada tiap level.

Pengertian Digital Marketer

Pada dasarnya, seorang digital marketer adalah orang yang ruang lingkup kerjanya berhubungan dengan segala hal digital marketing. Nah, digital marketing sendiri mudahnya bisa kamu anggap sebagai pemasaran produk secara online.

Melansir dari LinkedIn, perkembangan teknologi membuat orang sangat bergantung pada digital marketing dalam berbisnis. Maka, tidak heran juga jika kemudian prospek karir sebagai digital marketer ikut berkembang pesat. Hal ini sebanding dengan kebutuhan perusahaan yang kian tinggi akan peran digital marketer.

Tanggung Jawab Digital Marketer

Sebelum membahas bidang kerja serta prospek jenjang karir digital marketer, kamu perlu memahami tanggung jawab kerjanya. Selain itu, terdapat beberapa skill alias kemampuan yang perlu kamu miliki sebagai bekal menjadi seorang digital marketer.

Menurut My Great Learning, digital marketer bertanggung jawab atas pengembangan, implementasi, serta manajemen segala kegiatan yang berkaitan dengan promosi produk secara daring. Misalnya, membangun brand awareness, meningkatkan traffic web, menentukan konsumen potensial, dan lain-lain.

Berikut beberapa kemampuan yang mesti kamu siapkan jika ingin jadi digital marketer handal:

  • Advertising expertise. Digital marketing sangat erat hubungannya dengan ads. Sebuah iklan yang baik nantinya harus bisa sampai ke target market tepat.
  • Sales skills. Sales bukan berarti hanya mampu memberikan leads sebesar-besarnya, tetapi juga paham bagaimana cara menjual yang baik. Menjual “brand” tentu sangat berbeda dengan hanya sekadar menjual “barang.”
  • Accurate thinking. Keakuratan berpikir menjadi kunci utama menjadi seorang digital marketer. Bukan hanya mengandalkan passion, tetapi juga bagaimana menerapkan rencana pemasaran paling strategis.
  • Analytical and creative abilities. Dalam dunia digital marketing, berpikir kritis mesti diimbangi dengan berpikir kreatif. Pada dasarnya, pemasaran online memang membutuhkan inovasi. 

Bidang Kerja Digital Marketer

Digital marketing mempunyai jenis bidang kerja yang beragam. Maka, tiap orang tentu akan punya peran berbeda-beda sesuai bidang kerjanya. Berikut beberapa contoh bidang kerja pada digital marketing menurut LinkedIn.

Search Engine Optimization (SEO)

Ketika perusahaan butuh menjadi nomor satu dalam mesin pencari, maka bidang SEO inilah yang paling berperan. Orang yang bekerja pada bidang ini bertugas mengoptimasi website agar mudah konsumen temukan. Peran ini cukup krusial mengingat konsumen sering berselancar di mesin pencari sepanjang hari.

Pekerjaan yang erat dengan SEO ini antara lain SEO specialist, SEO content writer, SEO manager, hingga Senior SEO director. Selain memastikan web mudah konsumen temukan, orang-orang SEO juga bertugas menyiapkan konten berkualitas untuk menarik hati konsumen.

Social Media Marketing (SMM)

Seperti kamu tahu, media sosial makin menjamur setidaknya dalam waktu 10 tahun belakangan ini. Maka, tidak perlu heran jika ranah digital marketing pun kian meluas pada media sosial. Sebut saja Facebook, Instagram, YouTube, hingga TikTok.

Sejauh ini, media sosial menjadi tools paling ampuh untuk menjaring banyak konsumen. Pekerjaan pada bidang social media marketing pun amat beragam. Mulai dari copywriter, content writer, graphic designer, videographer, editor, social media specialist, hingga social media manager.

Content Marketing

Landasan terpenting yang tidak bisa kamu lepas dari digital marketing adalah pembuatan konten. Itu sebabnya bidang content marketing juga punya peran vital. Sebagus apa pun strategi digital marketing, tentu akan sia-sia tanpa persiapan konten yang mumpuni.

Content marketing memiliki tanggung jawab merumuskan konten yang tepat untuk promosi produk. Konten tersebut nantinya akan diaplikasikan ke berbagai platform, entah itu website ataupun media sosial. Pekerjaan yang berhubungan dengan bidang ini antara lain copywriter, content specialist, content strategist, hingga content manager.

Prospek Jenjang Karir Digital Marketer

Buat kamu yang tertarik menjadi seorang digital marketer, berikut gambaran prospek jenjang karir yang bisa kamu pelajari dulu. Pada dasarnya, bidang kerja digital marketing sama seperti pekerjaan lain kok. Hanya saja, makin banyak skill yang kamu kuasai, makin besar pula peluang naik level lebih cepat.

Entry Level

Posisi entry level menjadi awal mula berkarir di dunia digital marketing. Beberapa jabatan yang termasuk entry level antara lain content writer, copywriter, social media staff, graphic designer, editor, dan lain-lain. Intinya, kamu akan masuk ke tim kreatif sebagai dasar sebelum terjun ke digital marketing lebih mendalam.

Posisi entry level ini bisa kamu lalui antara satu hingga dua tahun, tergantung kecakapan kerjamu. Selama kamu tidak membatasi diri pada satu keahlian saja (misalnya: menulis, desain, dan lain-lain), kamu punya kesempatan untuk berkembang lebih cepat.

Specialist

Prospek jenjang karir digital marketer selanjutnya adalah specialist. Pada level ini, seseorang dapat menjadi leader kecil untuk para entry level. Contoh pekerjaannya seperti SEO Specialist, Content Specialist, E-Commerce Specialist, Social Media Specialist, dan lain-lain.

Para specialist biasanya bertanggung jawab atas pekerjaan-pekerjaan kreatif dan non kreatif. Nantinya semua laporan dari specialist akan diberikan ke Digital Marketing Lead. Level specialist ini bisa kamu jalani selama dua sampai lima tahun sebelum masuk ke jenjang selanjutnya.

Digital Marketing Lead

Tidak semua perusahaan memiliki jenjang digital marketing lead ini. Untuk perusahaan skala kecil, posisi ini biasanya tidak ada. Namun, untuk perusahaan berskala besar yang butuh banyak koordinasi, jabatan digital marketing lead sangat krusial.

Tanggung jawab seorang digital marketing lead meliputi seluruh pembuatan konten, penciptaan brand awareness, penentuan target market, strategi pemasaran, dan lain-lain. Semua pekerjaan yang menjadi lingkup kerja entry level dan specialist akan diawasi oleh digital marketing lead.

Digital Marketing Manager

Prospek jenjang karir paling tinggi dari digital marketer ada pada level ini. Seorang digital marketing manager bertugas mengelola dan mengawasi seluruh kegiatan pemasaran online. Baik itu lewat website, media sosial, email marketing, marketplace, dan lain-lain.

Jika kamu sudah berada pada posisi ini, bisa dipastikan kamu pernah menjajal hampir semua keahlian digital marketing. Seseorang yang bisa memperoleh posisi ini setidaknya sudah punya pengalaman lima sampai tujuh tahun pada industri digital marketing.

Nah, itulah tadi penjelasan serta beberapa prospek jenjang karir sebagai digital marketer. Melalui ulasan tersebut, semoga kamu bisa mendapat gambaran untuk merintis karir selanjutnya ya!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.