Simak Pentingnya Sertifikat Digital Marketing untuk Jenjang Kariermu!

Ingin memiliki jenjang karir sebagai digital marketer? Salah satu pendukungnya adalah dengan sertifikat digital marketing yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Simak Pentingnya Sertifikat Digital Marketing untuk Jenjang Kariermu!

Profesi digital marketer kini semakin dicari perusahaan, sehingga sertifikat digital marketing menjadi penunjang yang banyak dicari jika seseorang berencana berkarir di bidang ini.

Untuk mendapatkan sertifikat digital marketing, kamu harus mengikuti rangkaian kelas yang mempelajari seputar cara menggunakan berbagai channel digital untuk menjangkau customer, membangun brand awareness, serta mempromosikan produk/ service. 

Karena pada intinya, digital marketer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengerjakan kampanye marketing, termasuk melakukan market research, menyusun strategi marketing, dan membuat konten untuk channel digital.

Mengapa Sertifikat Digital Marketing Penting?

Melansir Digital Marketing Institute, menambahkan sertifikat digital marketing ke resume adalah salah satu cara menunjukkan keseriusan dan kesiapan diri dalam jenjang karier sebagai digital marketer.

Dikutip dari Brain Station, digital marketing akan membantu mencapai target pasar yang lebih optimal dan juga membangun branding dengan biaya yang cukup murah dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Menjadi seorang digital marketer bukan hal yang mudah. Banyaknya pengusaha di Indonesia yang menerapkan ini pun tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Maka dari itu, para pelaku usaha sangat membutuhkan orang-orang yang ahli dan handal untuk menjadi seorang digital marketer.

Oleh karena itu, memahami dasar-dasar pemasaran digital dan menganalisisnya dengan benar menjadi penting. Mempelajari dasar-dasar pemasaran digital dan memahami hasil kampanye adalah modal awal seorang digital marketer. 

Agar menjadi lebih kompeten dalam dunia digital marketing, seorang marketer sebaiknya mengikuti program sertifikasi untuk mendapatkan sertifikat digital marketing yang saat ini sudah banyak disediakan oleh beberapa Lembaga Sertifikasi Profesi. 

Rekomendasi Lembaga Sertifikasi Digital Marketing Gratis

Ingin mendapatkan sertifikat digital marketing dan menjadi seorang digital marketer? Maka, saatnya kamu mengikuti kelas khusus yang akan melatih skillmu dan meningkatkan kemampuanmu dalam bidang digital marketing.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir dengan biaya karena banyak sudah banyak kelas-kelas untuk mendapatkan sertifikat digital marketing secara gratis!

Berikut ini, kami sudah merangkum beberapa rekomendasi lembaga untuk mendapatkan sertifikat digital marketing gratis yang bisa kamu ikuti.

1. Google Analytics Individual Qualification

Jika membahas tentang dunia digital, maka Google tidak bisa dikecualikan.

Mesin pencarian terbesar ini, menyediakan sertifikat digital marketing secara gratis bagi kamu yang mengikuti kelas Google Analytics Individual Qualification.

Selama proses pelatihan, kamu akan mempelajari seputar perencanaan, implementasi, pengumpulan data, administrasi, konversi, metrik, dan laporan dalam Google Analytics.

Untuk mendapatkan sertifikat digital marketing dari Google, kamu harus melalui 3 tahap yaitu lulus Google Analytics for Beginner, Advance Google Analytics, dan mengerjakan google Analytics Individual Qualification exam dengan passing score 80%.

Meskipun mayoritas data Google Analytics berupa angka dan statistika, namun kamu jangan khawatir. Kamu  juga dapat menemukan fakta menarik terkait efektivitas pemasaran digital dan perilaku pelanggan saat sudah memahami cara kerjanya. 

2. Facebook Blueprint

Siapa yang tidak mengenal Facebook?

Selain jadi media sosial, Facebook juga membuka kesempatan buat kamu yang ingin mendapatkan sertifikat digital marketing melalui platform Facebook Blueprint, lho.

Facebook Blueprint menyediakan sejumlah kursus online yang yang mempelajari tentang pemanfaatan fitur pemasaran secara maksimal, terutama di Facebook. Ada juga topik terkait lainnya seperti belajar membangun brand awareness dan membuat Instagram untuk bisnis. 

3. HubSpot Academy

HubSpot merupakan perusahaan yang memiliki produk berupa perangkat lunak yang terfokus pada Customer Relationship Management (CRM) yang terdiri dari beberapa segmen yang berbeda, seperti Marketing Hub, Sales Hub, CMS Hub, dan Service Hub. HubSpot telah berdiri sejak tahun 2006 di Amerika Serikat.

Selain software CRM tersebut, HubSpot juga punya layanan sertifikasi yang bernama HubSpot Academy untuk kamu yang ingin belajar dan mendapatkan sertifikat digital marketing.  

Selama proses pelatihan, terdapat lebih dari 10 sertifikasi di bidang ini, mulai dari content marketing, media sosial, dan search engine optimization. Materi akan diberikan dalam format video yang sudah direkam dan dalam bahasa Inggris. Bagaimana, berminat?

4. Google Ads Certification

Satu lagi sertifikat digital marketing dari Google yang bisa kamu dapatkan adalah dengan mengikuti Google Ads Certification.

Dalam prosesnya, Google menyediakan materi untuk membuatr layanan pengiklanan dalam berbagai pilihan: Search, Video, Shopping, Display dan App. Kamu bisa menguasai dasar dari masing-masing pilihan dengan mengambil kelas dan mengerjakan Google Ads Certification.

Untuk mendapatkan sertifikasi, kamu perlu mengikuti semua modul di kelas dan lulus dari exam dengan passing grade 80%. Jika tidak lulus, kamu harus menunggu 7 hari untuk mengambilnya kembali.

5. LinkedIn Learning

Tidak hanya menjadi platform antara job seeker dan job recruiter, LinkedIn juga menyediakan sertifikasi untuk kamu yang ingin mendapatkan sertifikat digital marketing di LinkedIn Learning.

Ada lebih dari 15.000 kelas di LinkedIn Learning yang bisa diakses dan diikuti secara gratis. 

Jika kamu ingin mendalami dan memperoleh sertifikat digital marketing, pilihlah kelas Become a Digital Marketing Specialist. Kamu akan mempelajari pemahaman dasar, google analytics, SEO, Google Ads, content marketing, social media marketing, email marketing dan graphic design.

Nah, itu dia informasi seputar pentingnya sertifikat digital marketing dan bagaimana cara mendapatkannya. Kini, Teman Belajar sudah tidak perlu pusing lagi karena banyak sertifikasi online yang bisa diikuti secara gratis.

Jadi, siap Belajar Lagi?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.