5 Pilihan Kursus Copywriting, Makin Jago Rangkai Kata Deh!

Mempelajari copywriting menjadi bekal penting buat kamu yang ini menjadi digital marketer andal. Berikut rekomendasi kursus copywriting yang bisa kamu ikuti.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

5 Pilihan Kursus Copywriting, Makin Jago Rangkai Kata Deh!

Mempelajari copywriting lewat kursus sangat penting untuk menunjang karier, terutama bidang digital marketing. Pasalnya, copywriting menjadi salah satu kemampuan paling banyak perusahaan cari belakangan ini. Nah, apakah Teman Belajar punya keinginan untuk jadi copywriter sebagai pilihan karier?

Jika jawabannya adalah iya, Teman Belajar harus baca ulasan mengenai copywriting berikut ini nih. Bukan hanya mengulik singkat tentang copywriting, tetapi juga ada pilihan tempat belajar yang pas buat kamu. Simak dan cermati baik-baik ya!

Copywriting Itu Seperti Apa Sih?

Menurut HubSpot, copywriting merupakan elemen terpenting dalam marketing dan periklanan. Copywriting bukan hanya sekadar rangkaian kata-kata, melainkan harus menarik bagi calon pembeli. Lewat sebuah copywriting, orang bukan hanya membaca, tetapi juga berpikir, merasakan, sampai akhirnya merespon.

Ringkasnya, copywriting merupakan teknik penulisan pada materi publikasi produk atau jasa yang bertujuan mendorong orang melakukan suatu tindakan. Misalnya, membeli barang, mengunjungi situs, menghubungi kontak, dan lain-lain.

Bentuk copywriting juga bermacam-macam. Bisa berupa sebuah teks, video, maupun audio. Kalau kamu pernah menonton iklan dan salah satu tagline-nya selalu terngiang-ngiang, maka itulah kehebatan dari copywriting. Sebuah copywriting yang baik akan membuat audiens selalu mengingatnya, bahkan sangat lekat pada pikiran semua orang.

Dari penjelasan tersebut, jelas kan bahwa copywriting itu bukan sekadar keahlian membuat kalimat semata. Rangkaian kata-kata dan kalimat yang ada mesti mampu menggerakkan rasa ingin tahu sekaligus minat para audiens.

Kenapa Mesti Menjajal Kursus Copywriting?

Teman Belajar mungkin penasaran kenapa ya banyak orang berbondong-bondong mengikuti kursus copywriting? Sebenarnya seberapa besar sih efek dari copywriting ini?

Secara umum, kebanyakan orang belajar copywriting untuk keperluan menunjang karier, contohnya yang ingin bekerja pada area digital marketing. Dalam lingkup bidang tersebut, copywriting memainkan peranan terpenting dalam menjangkau sekaligus menarik konsumen. Jadi, wajar jika beberapa orang ingin menjadi copywriter andal.

Namun, kemampuan dalam merangkai kata sebenarnya bukanlah tugas copywriter semata loh. Andai kamu punya rencana untuk mengembangkan bisnis, kemampuan copywriting sangatlah kamu perlukan. Ingat, copywriting sejatinya merupakan kegiatan berjualan lewat kata-kata bukan?

Jadi, pada dasarnya kebanyakan orang butuh kursus copywriting. Ini bukan hanya tentang pemasaran, tetapi juga kemampuan untuk berkata-kata secara persuasif. Jika kamu tekuni secara mendalam, bisa jadi copywriting menjadi dasar karier yang bagus buatmu di masa depan loh.

Referensi Tempat Kursus Copywriting

Nah, berikut ini ada beberapa kelas yang bisa kamu ikuti untuk belajar tentang copywriting. Simak dan pelajari terlebih dahulu, mana tahu ada yang cocok untukmu.

The Well-Fed Writer

Tidak hanya belajar copywriting, kursus The Well-Fed Writer juga menyediakan pembelajaran untuk corporate writing dan marketing writing. Materi yang terdapat pada situs ini cukup berdaging sehingga sangat bagus buat jadi bekal menjadi copywriter.

Bacaan yang tersedia pada bagian blog juga dapat membantu meningkatkan pengetahuan sekaligus kapasitas dalam copywriting. Secara keseluruhan, The Well-Fed Writer sebenarnya merupakan tempat untuk menyiapkan seseorang menjadi penulis berbayar. Baik nantinya sebagai pekerja lepas maupun terikat ke perusahaan.

Kopiwriting Kourse

Tempat belajar copywriting selanjutnya ini bersifat gratis dan memberikan dasar-dasar copywriting buat pemula. Pembelajarannya berupa video lengkap dengan ringkasan materi. Materi paling utama dalam Kopiwriting Kourse adalah penggunaan prinsip AIDA pada copywriting.

Terdapat pula materi khusus berupa tips dan trik dalam membuat racikan copywriting yang menarik. Kursus ini lebih cocok untuk pelajar atau mahasiswa yang berkeinginan merintis karier sebagai copywriter. Namun, tak menutup kemungkinan juga cocok untuk para karyawan yang hendak menggali ilmu baru tentang marketing.

Marketing Copywriting Course - LinkedIn

LinkedIn juga menyediakan kursus copywriting loh, bahkan tidak tanggung-tanggung selama satu bulan. Kelas dari Marketing Copywriting Course bagus untuk para copywriter pemula yang baru merintis karier.

Beberapa silabus yang tersedia seperti menulis copy, editing, rewriting copy, menyusun struktur copywriting, sampai pemilihan tipografi. Peserta juga akan mendapat latihan dan kuis untuk memperdalam pemahaman materi. Buat Teman Belajar yang ingin meningkatkan kemampuan copywriting, sangat direkomendasikan ikut kursus dari LinkedIn ini.

Confident Copywriting - University of the Arts London

Kalau kamu tertarik mempelajari copywriting dari pakarnya langsung, Confident Copywriting dari University of the Arts London ini bisa jadi pilihanmu. Para mentor yang ada merupakan profesional yang sudah lama terjun ke copywriting, terutama untuk digital channel.

Kelas ini juga menekankan pentingnya poin komunikatif dalam segala bentuk copywriting. Kelasnya cukup interaktif sehingga memungkinkan kamu berkomunikasi dengan mentor serta peserta lain. Jika ingin lanjut ke level lebih tinggi, kamu dapat meneruskan dengan sistem berbayar.

Full Stack Digital Marketing - BelajarLagi

Ingin mengikuti kursus copywriting yang lebih aplikatif buat digital marketing? Kamu bisa menemukannya di BelajarLagi. Dalam kelas Full Stack Digital Marketing, terdapat silabus marketing copywriting yang bermanfaat banget untuk karier sebagai digital marketer.

Beberapa hal yang akan kamu dapat antara lain pentingnya copy pada marketing, pelatihan penulisan copy untuk berbagai media, serta bagaimana membangun brand lewat copywriting. Bekal copywriting ini nantinya akan bermanfaat dengan silabus lainnya, seperti brand building, performance ads, dan lain-lain.

Wah, ternyata di BelajarLagi ibaratnya mendapat paket lengkap buat belajar ya! Materi copywriting-nya sangat aplikatif untuk para digital marketer. Menarik kan?

Itulah tadi beberapa pilihan tempat buat kursus copywriting. Gimana nih, Teman Belajar? Sudah mulai tertarik buat bangun karier sebagai copywriter? Jangan takut untuk belajar hal baru selagi masih mampu ya!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.